60 Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik


Indonesia memang negara yang sangat kaya dengan tempat wisata. Setiap daerah memiliki wisata yang menarik dan unik. Tempat wisata selalu membawa kekhasan dari daerahnya masing-masing yang membuatnya berbeda dari wisata di daerah lain. (baca juga : Tempat Bulan Madu di Bogor)

Bagaimana dengan pariwisata di daerah Jabodetabek atau? Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ini selalu terkenal dengan wisata hutan betonnya. Dimana-mana anda pasti akan selalu menemui gedung tinggi pencakar langit. Tapi jangan salah. Jabodetabek juga memiliki tempat wisata alam yang tidak kalah menarik dengan kawasan perbelanjaannya. Di balik bangunan yang menjulang tinggi itu ternyata terdapat kebun dan pantai yang dapat anda kunjungi bersama keluarga di akhir pekan. Berikut ulasan tempat wisata alam di daerah Jabodetabek, sebagai berikut:

1. Kebun Raya Bogor

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - kebun raya bogorSiapa yang tidak mengenal Kebun Raya Bogor? Kebun yang berada di kota hujan ini dibangun di atas tanah seluas 87 hektare. Kebun Raya Bogor terletak di belakang Istana Bogor atau di Jl. Ir. Haji Djuanda No.13, Paledang, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Kebun yang dikembangkan oleh Thomas Stamford Raffles ini memiliki setidaknya 15.000 koleksi tanaman dari berbagai spesies. (baca juga : Tempat Wisata Keluarga di Bogor)

Wisata alam Jabodetabek di Kebun Raya Bogor anda dapat melihat-lihat berbagai jenis tanaman. Mulai dari anggrek sampai bunga terbesar di dunia asal Sumatera, yakni Bunga Rafflesia Arnoldi dapat anda jumpai disini. Selain itu, anda juga dapat menemui beberapa spot menarik berikut ini:

  • Monumen Lady Raffles

Monumen ini akan anda temui begitu memasuki Pintu Masuk Utama Kebun Raya Bogor. Lady Raffles atau Olivia Mariamne Devenish merupakan istri pertama dari Thomas Stamford Raffles. Lady Raffles meninggal pada tahun 1814 karena penyakit Malaria. Sebagai pengabdian, didirikanlah monumen untuknya di Kebun Raya Bogor. (baca juga : Wisata Murah di Bogor)

  • Danau Gunting

Danau ini tidak begitu besar. Anda dapat menyebutnya sebagai kolam atau danau. Danau ini berlokasi di Jalan Kenari 1 yang memiliki area parkir roda empat.

Di danau ini anda dapat duduk santai sembari dikelilingi pepohonan rindah dan menikmati pemandangan danau atai Istana Bogor. Di sekitar danau terdapat burung pemangsa ikan yang terbang di atasnya.

  • Patung The Little Mermaid atau Si Duyung Kecil

Patung ini terlihat seperti anak kecil yang seorang gadis kecil yang merenungi sesuatu sambil melihat riak air di kolam teratai. Patung ini merupakan replika dari patung The Little Mermaid, karya Hans Christian Andersen. Patung yang dipahat oleh Edvan Eriksen ini merupakan tanda persahabatan dari Kerajaan Denmark kepada Indonesia pada tahun 1958.

  • Pemakaman Belanda Kuno

Disini terdapat pemakanan beberapa oarang penting bagi Kebun Raya Bogor. Misalnya, Heinrich Kuhl dan J.C. Van Hasselt yang merupakan penginventarisir berbagai jenis flora dan fauna yang ada di Indonesia.

  • Taman dan Tugu Teijsman

Ditengah-tengah Taman Teijsman terdapat tugu berbentuk obelisk Johanes dengan tinggi sekitar 3 meter. Elias Teijsman merupakan direktur Kebun Raya Bogor sekitar tahun 1830 hhingga 1869. Teijsman membawa dampak besar terhadap Kebun Raya Bogor. Ia mengumpulkan berbagai spesies tanaman dari seluruh dunia. Sebelum ia menjabat jumlah spesies tanaman 918, ketika Teijsman menjabat jumlah spesies tanaman membengkak menjadi 10.000 spesies. (baca juga : Tempat Wisata Lebaran di Bogor)

  • Museum Zoologi

Di dalam museum ini terdapat berbagai hewan dan tumbuhan yang diawetkan. Salah satu koleksinya adalah kerangka paus biru yang merupakan mamalia terbesar di dunia. Berbagai hewan ditunjukkan lewat diorama.

  • Griya Anggrek

Di dalam Griya Anggrek terdapat kurang lebih 500 spesies Anggrek. Jumlah tersebut didapat dari berbagai jenis Anggrek yang ada di Indonesia dan anggrek hibrida atau hasil silangan.

2. Pulau Tidung

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - pulau tidungPulau Tidung termasuk dalam wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta. Anda dapat mencapai Pulau Tisung dengan kapal Ferry Tradisional selama 2-3 jam dari pelabuhan Muara Angke Jakarta. Wilayah Kepulauan Seribu selalu menjadi tujuan wisata favorit warga Jakarta. Di pulau Tidung sendiri suasananya masih terbilang asri. Cocok bagi anda yang ingin melepas penat di akhir pekan. (baca juga : Tempat Prewedding di Bekasi)

Pulau Tidung terdiri atas dua pulau, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Kedua pulau ini disambungkan oleh sebuah jembatan. Penduduk lokal menyebutnya Jembatan Cinta. Terdapat sebuah mitos yang mengatakan bahwa pasangan yang melewati jembatan itu akan menjadi langgeng, para jomblo akan segera mendapat pasangan dan jika anda baru putus akan mendapat pasangan yang lebih baik. Di jembatan ini anda juga dapat menikmati sunset di ufuk barat. (baca juga : Tempat Wisata di Bekasi)

Di pulau Tidung anda dapat menikmati pantai dan laut biru nan jernih yang sangat indah. Di sepanjang bibir pantai anda akan menemui pepohonan rindang untuk tempat anda berteduh sembari menikmati pemandangan. Anda juga dapat bermain berbagai wahana permainan air, seperti:

  • Banana boat
  • Cano
  • Angsa laut
  • Donut boat
  • Jetsky
  • Snorkling dengan biaya menyewa alat snorkling sebesar Rp 35.000.
  • Diving

Untuk snorkling di area perairan yang lebih jauh, anda perlu menyewa kapal berkapasitas 60 orang. Anda dapat menyewa kapal ini dengan harga Rp 800.000. Di sekitar Jembatan Cinta terdapat penyewaan foto underwater dengan harga Rp 150.000. Terdapat tiga jenis alat transportasi yang tersedia disini, becak motor, sewa sepeda dan jalan kaki. Untuk satu kali antar dengan becak motor anda harus membayar Rp 35.000. Untuk menyewa sepeda selama satu hari anda diharuskan membayar sebesar Rp 100.000. jalan kaki? Tentu saja gratis. (baca juga : Tempat Prewedding di Tangerang)

Di Pulau Tidung terdapat banyak tempat penginapan yang dapat anda singgahi. Anda dapat memilih homestay atau tinggal dengan warga setempat. Atau penginapan modern dengan harga lebih tinggi dan fasilitas lebih lengkap tentunya.

Sponsors Link

3. Taman Wisata Alam Angke Kapuk

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - angke kapukTaman Wisata Alam Angke Kapuk terdapat di sekitar Pantai Indah Kapuk. Disini anda dapat menikmati pemandangan hutan bakau yang terdapat di sepanjang bibir pantai. Biaya masuk ke wisata ini dibanderol seharga Rp 25.000 per orang. Biaya parkir di tempat ini seharga Rp 10.000. (baca juga : Tempat Prewedding di Bogor)

Jika anda ingin berkeliling dengan menaiki perahu, anda bisa menyewanya dengan tarif sekitar Rp 300.000 tiap satu kali perjalanan yakni 20 menit. Anda juga dapat menanam mangrove bakau besar, bakau merah/slindur, tancang atau yang lainnya dengan tarif sekitar Rp 150.000. Disini anda juga dapat menyewa sampan dayung dengan tarif Rp 100.000 selama 40 menit. (baca juga : Tempat Wisata di Cibodas Bogor)

Untuk anda yang ingin berfoto-foto ria saja, pastikan anda menggunakan kamera ponsel saja. Kenapa? Untuk membawa kamera SLR di kawasan ini anda diharuskan untuk membayar 1 juta rupiah. (baca juga : Spot Foto di Bogor)

Berikut beberapa tips jika anda ingin pergi ke wisata alam satu ini:

  • Pakai pakaian yang nyaman
  • Gunakan sunblock, topi lebar dan kacamata
  • Perbanyak minum atau buah
  • Hati-hati saat membawa anak
  • Jangan datang terlalu siang
  • Hindari membawa tripod atau monopod

4. Kebun Binatang Ragunan

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - ragunanKebun Binatang Ragunan atau Taman Margasatwa Ragunan dibangun di atas tanah seluas 140 hektar di Jalan Harsono RM. No. 1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Bonbin (Kebun Binatang) ini telah didirkan sejak tahun 1864. Tiket masuk ke wisata edukatif ini dibanderol dengan harga Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak.

Kebun Binatang adalah sebagai wisata alam Jabodetabek ini sangat cocok untuk dijadikan tempat wisata keluarga. Selain menyenangkan nan sejuk juga mengedukasi. Anak-anak dapat belajar berbagai fauna di kebun binatang pertama di Indonesia ini. (baca juga : Taman Wisata Matahari Bogor)

Kebun binatang ini menyimpan setidaknya 295 spesies fauna yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia. Beberapa diantara hewan tersut juga didatangkan dari luar negeri. Disana, fauna dikelompokkan menjadi 4 jenis yakni, mamalia, kadal, burung dan ikan. Disini juga terdapat banyak pohon tinggi, sehingga anda tidak akan terasa panas dan gerah. Selain hewan, pengelola bonbin juga menyediakan beberapa fasilitas, seperti:

  • Taman Marga Satwa, di taman ini anda dapat berjalan-jalan atau duduk santai sembari menikmati suasana taman. Disini juga terdapat batu refleksi yang dapat digunakan secara gratis untuk pijat. Di sekitar taman terdapat patung orang utan, komodo dan gajah. (baca juga : Air Terjun Bidadari Sentul Bogor)
  • Pusat Primata Schmutzer, di dalam Pusat Primata Schmutzer terdapat mamalia dari ordo biologi primates yakni, monyet, lemur, tarsius, kera, gorila dan orang hutan. Disini juga terdapat teater tentang satwa primata.
  • Taman Satwa Anak, di bagian ini terdapat burung kakatua, ikan arapaima, ular condrophyton dan satwa lain. Selain itu, disini juga terdapt ayunan anak-anak, jaring laba-laba, perosotan dan lainnya.
  • Gajah Tunggang dan Onta Tunggang, fasilitas ini hanya tersedia di hari sabtu, minggu dan hari libur saja dengan tarif Rp 7.500.
  • Kereta Keliling, jika anda tidak ingin berjalan kaki, anda dapat menikmati fasilitas Kereta Keliling dengan tarif Rp 7.500.
  • Sewa Sepeda, tarif sepeda tunggal sebesar Rp 10.000 sedangkan untuk sepeda ganda Rp 15.000.
  • Taman Perahu Angsa, fasilitas yang satu ini dapat anda gunakan untuk menikmati danau dengan tarif Rp 15.000.
  • Pentas Satwa, dengan Rp 4.000 anda dapat melihat atraksi kakatua bermain gelang warna-warni dan beruang bersepeda. Pentas Satwa hanya buka pada jam 10.00-15.00.
  • Kuda Bendi, angkutan ini dapat anda nikmati pada jam 10.00-15.00 dengan tarif Rp 10.000.
  • Kuda Tunggang, anda juga dapat menyewa Kuda pony dan pemandu dengan tarif Rp 5.000. (baca juga : Tempat Wisata Air Terjun di Bogor)
ads

5. Pantai Muara Beting

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - pantai mutiara betingPantai Muara Beting berlokasi di Desa Pantai Bahagia, Kecamatan Muara Gembing, Bekasi. Tidak seperti pantai lain, Pantai Muara Beting memiliki pasir berwarna cokelat terang. Tapi pesona pantai ini tidak kalah dengan pantai lainnya. (baca juga : Wisata Anak di Jakarta)

Selain pantai, anda juga dapat menikmati berbagai flora dan fauna di sekitar pantai. Di sepanjang bibir pantai terdapat hutan bakau dengan luas kurang lebih 70 hektare. Faunanya? Anda dapat menemui kawanan burung yang bermigrasi dari Laut Cina Selatan menuju Pantai Muara Beting. Masa migrasi burung-burung ini biasanya pada bulan september hingga februari.

Pantai Muara Beting bisa dibilang masih perawan. Belum banyak orang yang mengunjungi pantai ini. Bagi anda yang membutuhkan tempat melarikan diri dari rutinitas kantor, pantai ini tempat yang tepat. Di pantai ini terdapat beberapa fasilitas, seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • Mushola

Anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk, tapi hanya tiket parkir saja. Untuk menyewa perahu anda akan dikenai tiket sebesar Rp 20.000. (baca juga : Tempat Wisata Jakarta Murah Meriah)

6. Agrowisata Gunung Mas

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - agrowisata gunung masAgrowisata Gunung Mas terletak di Jalan Raya Pucak, Cisarua, Bogor atau sekitar 87 Km dari pusat kota Jakarta. Jika anda masih bingung dengan lokasinya, agrowisata ini terletak diantara Taman Saafari Indonesia Cisarua dan Masjid Attaawun, Kasawan Puncak Pass. Kalau anda berangkat dari Jakarta anda dapat mencapai tempai ini dalam waktu 2 jam dengan motor. Kalau dari pintu Tol Ciawi sekitar 20 Km. (baca juga : Penginapan Pulau Harapan Murah)

  • Disini anda dapat menikmati perkebunan teh yang sangat luas, indah dan dingin. Karena wisata ini terletak pada ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, suhu rata-rata di tempat ini sekitar 18-22 derajat celcius.
  • Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Salak dan Gunung Gede dari kejauhan. Jika anda tidak ingin berjalan kaki, anda dapat menyewa kuda untuk berkeliling.
  • Anda juga dapat mengunjungi pabrik pengolahan teh. Namun anda harus menyewa pemandu sebagai pendamping.
  • Di pabrik pengolahan teh anda dapat melihat langsung proses pengolahan teh hingga menjadi teh kemasan yang siap dipasarkan. (baca juga : Pulau Sepa Kepulauan Seribu)

Anda dapat memasuki wisata ini dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000. Jika anda membawa mobil anda harus membayar tiket parkir sebesar Rp 7.500. Sedangkan untuk motor Rp 2.500. Wisata ini buka pada jam 8 pagi sampai 6 malam. Di area ini anda juga dapat menikmati beberapa fasilitas, seperti:

  • Kolam renang.
  • Tea walk.
  • Teh corner dan teh cafe.
  • Berkuda keliling kebun teh.
  • Terbang dengan Paralayang. (baca juga : Wisata Lebaran Jakarta)

7. Taman Bunga Wiladatika

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - taman bunga wiladatikaTaman Bunga Wiladatika wisata alam Jabodetabek yang berlokasi di Cibubur, Depok. Taman ini dibangun di atas tanah seluas 15 hektar. Sejak tahun 1980 taman ini sudah diresmikan oleh Presiden kedua RI yakni Soeharto. Posisi taman ini dekat dengan pintu tol Cibubur. (baca juga : Tempat Prewedding Jakarta)

Karena usianya yang sudah tua, taman ini memiliki banyak pohon tua yang rindang. Anda dapat menikmati pepohonan hijau dengan berjalan kaki atau duduk berkumpul bersama keluarga. Anda tidak akan merasa kepanasan karena udara di taman ini terasa sejuk. Di taman ini terdapat beberapa fasilitas lainnya, seperti:

  • Kereta api mini.
  • Bola air.
  • Becak mini.
  • Perahu air.
  • Sepeda.
  • Flying fox.
  • Kolam renang.
  • Air mancur.
  • Masjid.
  • Gazebo (harus di booking terlebih dahulu).
  • Gedung (harus di booking terlebih dahulu).

Anda juga dapat berfoto ria namun dengan biaya tertentu. Foto prewed dikenai biaya Rp 275.000. Foto iklan dikenai biaya Rp 550.000. Foto amatir dikenai biaya Rp 100.000. Jika anda berniat shooting film disini, anda akan dikenai biaya Rp 2.500.000. Untuk memasuki Taman Bunga Wiladatika anda diharuskan untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 4.00 per orang. Jika anda membawa rombongan lebih dari 50 orang anda akan mendapat diskon tiket masuk sebesar 10%, jika rombongan anda 100 orang 20%. (baca juga : Spot Foto di Jakarta)

8. Danau Cibeureum

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - danau cibeureumDanau Cibereum berlokasi di Desa Lambing Sari Kecamatan Tambun, Bekasi. Danau ini memiliki luas sekitar 2 hektare. Uniknya di tengah-tengah danau terdapat pulau kecil dengan satu pohon ditengah pulau. Untuk menyeberang ke pulau di tengah danau anda harus membayar biaya sebsar Rp 15.000 per orang, sebagai berikut keterangan list tempat ini:

  • Di pinggir danau ini terdapat banyak saung. Disana anda dapat bersantai sambil menikmati lukisan alam. (baca juga : Tempat Wisata yang Tidak Jauh dari Jakarta)
  • Karena banyak pohon disekeliling danau, angin dapat berhembus dengan sejuknya. Selain itu, terdapat pula penjual minuman dan makanan untuk teman bersantai. Makanan berat dan makanan ringan tersedia disini, misalnya ketoprak, mie ayam, somay, batagor, tahu gejrot, cilok dan snack ringan.
  • Danau ini bagaikan oase di tengah-tengah perumahan yang ada di Bekasi. Bagi anda yang ingin melepas penat setelah seminggu bekerja di kantor tapi tidak ingin pergi ke luar kota, tempat ini cocok untuk anda.
  • Mengobrol bersama teman atau keluarga di sisi danau dengan ditemani makanan ringan pasti menyenangkan. (baca juga : Tempat Wisata Kuliner di Jakarta)

Bagi anda para fotografer, danau ini tentu sangat menarik untuk dijadikan obyek pemotretan. Kala senja merupakan saat Danau Cibeureum sedang cantik-cantiknya. Jangan lewatkan kesempatan memotret Cibeureum saat senja. Selain itu anda juga dapat memancing di danau ini. Terdapat beberapa jenis ikan yang hidup di danau seperti, ikan mujair, gabus, tawes dan keting.

Seperti wisata alam Indonesia pada umumnya, danau Cibeureum juga memiliki kisah mistis. Konon, di dasar danau terdapat kerajaan makhluk halus seperti siluman buaya putih. Para pekerja bangunan perumahan dan warga mengaku pernah melihat buaya putih di sekitar danau. Walaupun angker, kisah tersebut dapat memancing pengunjung berdatangan ke danau ini. Terdapat beberapa fasilitas yang tersedia di danau ini misalnya, saung bambu, warung makan, kios suvenir, area parkir dan toilet umum. Untuk memasuki kawasan Danau Cibeureum, anda tidak perlu membayar biaya tiket masuk alias gratis. (baca juga : Tempat Wisata di Cengkareng Jakarta Barat)

9. Bendungan Pintu Air Sepuluh

Wisata Alam Jabodetabek Paling Terbaik - bendungan pintu air sepuluhBendungan Pintu Air Sepuluh atau Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane berada di Jalan Sangengo, Karawaci, Tangerang. Disini tidak tersedia area parkir. Namun terdapat ruang lapang untuk memarkir mobil tanpa mengganggu aktivitas lalu lintas jalan, sebagai berikut:

  • Bendungan ini dialiri oleh sungai Cisadane. Sungai Cisadane merupakan sungai utama yang meengaliri Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat.
  • Sungai tersebut melintang sepanjang sekitar 80 Km dan bermuara di Laut Jawa. (baca juga : Wisata Kota Tua Jakarta)
  • Bendungan yang telah dibangun sejak tahun 1927 ini merupakan salah satu peninggalan zaman penjajahan Belanda. Penjajah Belanda membutuhkan waktu 5 tahun untuk membangun bendungan ini.
  • Sehingga bendungan ini baru dapat digunakan pada tahun 1932. (baca juga : Taman Mini Indonesia Indah Jakarta)

Sesuai dengan namanya, bendungan ini memiliki sepuluh pintu air dengan lebar masing-masing sepuluh meter. Bendungan ini merentang sepanjang 125 meter di atas sungai Cisadane. Disana anda dapat menikmati pemandangan bendungan sembari mengamati kehidupan yang berjalan di atas Sungai Cisadane.

Sponsors Link

Selain wisata alam di atas masih banyak wisata alam lainnya, seperti

  1. Puncak Pass.
  2. Rumah Pohon Dan Jembatan Kayu Gantung Curug Ciherang Jonggol.
  3. Goa Agung Garunggang.
  4. Curug Bidadari Sentul Paradise Park.
  5. Penangkaran Rusa Giri Jaya Cariu Bogor.
  6. Kebun Raya Cibodas.
  7. Gunung Pancar.
  8. Pulau Seribu.
  9. Pulau Pramuka.
  10. Pulau Sepa.
  11. Pulau Kelor.
  12. Pulau Cipir.
  13. Pulau Onrust.
  14. Taman Buaya Indonesia Jaya.
  15. Pantai Muara Gembong.
  16. Pantai Muara Bendera.
  17. Pantai Mekar.
  18. Keluarga Rumah Pohon Bekasi.
  19. Danau Marakas.
  20. Bumi Perkemahan Karang Kitri.
  21. Taman Kembang Pratama.
  22. Taman Safari.
  23. Curug Cigamea.
  24. Curug Bengkok Leuwi Hejo.
  25. Curug Ciburial.
  26. Curug Leuwi Lieuk.
  27. Danau Quarry.
  28. Bukit Alesano.
  29. Curug Nangka.
  30. Agrowisata Warso Farm.
  31. Pemandian Air Panas Ciparay.
  32. Taman Topi.
  33. Kampung 99 Pepohonan.
  34. Agrowisata Belimbing Dewa.
  35. Hutan Kota Depok.
  36. Studio Alam TVRI Depok.
  37. Situ Pengasinan.
  38. Cagar Alam Kota Depok.
  39. Situ Cipondoh.
  40. Pantai Tanjung Pasir.
  41. Pantai Tanjung Kait.
  42. Hutan Kota BSD (Bumi Serpong Damai).
  43. Pulau Cangkir.
  44. Taman Buaya Tanjung Pasir.
  45. Situ Genting.
  46. Situ Kelapa Dua.
  47. Curug Hordeng.
  48. Curug Cilember. (baca juga : Curug Cilember Bogor)
  49. Taman Wisata Mekarsari.
  50. Taman Kencana.
  51. Curug Cibaliung.

Itulah beberapa wisata alam yang berada di daerah Jabodetabek. Semoga ulasan tersenut dapat membantu anda memutuskan desstinasi wisata anda berikutnya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , , ,
Post Date: Friday 25th, August 2017 / 04:43 Oleh :
Kategori : Wisata Alam