30 Tips Liburan Lebaran paling Efektif


Lebaran adalah sebuah momen yang sangat ditunggu oleh kebanyakan orang. Bukan hanya karena bisa berkumpul bersama keluarga, melainkan juga karena saat lebaran ada hari libur nasional yang biasanya disertai dengan liburan cuti bersama. Momen itu biasanya dijadikan hari yang tepat untuk bersilaturahim sambil berlibur bersama keluarga.

Untuk kamu yang ingin berlibur selama lebaran, tentu ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar suasana lebaran tetap terjaga dan kebersamaan keluarga tetap terjalin. Perjalanan yang lancar dan juga destinasi wisata yang keren saja belum cukup untuk menemani liburan lebaran kamu. Berikut ini tips liburan lebaran yang harus kamu tahu.

Baca juga:

1. Memastikan Kondisi Kendaraan

Kondisi kendaraan yang baik tentu akan berpotensi untuk menciptakan liburan lebaran yang berkualitas. Apa jadinya jika kendaraan mogok di tengah jalan? Oleh karena itu, pastikan selalu kondisi kendaraan sebelum digunakan untuk liburan ketika hari raya. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat, harus selalu dicek kestabilan dan performanya. Jangan sampai menyesal di perjalanan.

2. Memastikan Anggota Keluarga

Memastikan jumlah anggota keluarga yang akan ikut berlibur juga penting. Karena hal itu akan berpengaruh pada ketersediaan kendaraan. Tidak mungkin hanya membawa sepeda motor jika anggota keluarga yang akan ikut liburan lebaran ternyata lebih dari lima, bukan? Oleh karena itu, pastikan jumlah personil untuk liburan. Jika perlu, dicatat juga siapa saja yang ikut dan kendaraan apa saja yang tersedia.

3. Mempersiapkan Bekal Makanan

Setelah mengetahui siapa saja yang ikut dan kendaraan apa yang perlu dipersiapkan, hal selanjutnya adalah dengan mempersiapkan bekal makanan yang cukup. Pastikan bekal apa saja yang perlu dibawa dan jenis makanan apa saja yang bisa dibawa dengan praktis. Jangan sampai kelaparan di tengah jalan, karena tidak setiap destinasi wisata menyediakan fasilitas untuk makan. Siapkan bekal yang disukai seluruh anggota keluarga dan jangan lupa untuk selalu membawa air minum yang cukup.

4. Isi Bensin Penuh

Walau memang di setiap jalan selalu ada pom bensin, tidak ada salahnya untuk mengisi bensin penuh saat hendak bepergian di hari raya. Hal ini dilakukan untuk antisipasi jika ada hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya macet atau tersesat. Karena tidak semua pom bensin bisa memenuhi kebutuhan bensin para pengguna jalan. Ingat selalu untuk mengisi bensin secara penuh saat akan liburan. Jangan sampai di perjalanan ada hal-hal yang tidak nyaman hanya karena kehabisan bensin dan kesulitan untuk menemukan pom bensin terdekat.

5. Destinasi Wisata yang Disukai

Jangan egois untuk menentukan destinasi wisata saat lebaran. Karena yang ingin menikmati liburan saat lebaran bukan hanya kamu saja. Mintalah pendapat orang-orang di sekitarmu sebelum menentukan tujuan wisata. Pastikan tidak ada pihak yang kecewa dengan pilihan wisata yang dibuat. Kebersamaan dan suasana lebaran itu lebih penting daripada hanya sekadar tempat wisata yang menarik, kok.

Baca juga:

6.Siapkan Berkas Berkendara

Berkas berkendara, mulai dari SIM hingga STNK, jangan sampai ketinggalan. Saat lebaran, banyak titik kemacetan dan tentu saja banyak polisi lalu lintas yang berjaga. Jangan melakukan kesalahan dalam berkendara. Selalu patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Termasuk selalu membawa berkas berkendara dengan lengkap. Jangan sampai ketika ada masalah di jalan, kamu kesulitan untuk menunjukkan SIM dan STNK kamu, karena tilang saat lebaran bisa jadi lebih mahal dari hari biasanya.

7. Siapkan Playlist Lagu

Agar perjalanan lebih menyenangkan bagi kamu dan keluarga, siapkan sebuah playlist yang bisa dinikmati dalam perjalanan. Menikmati perjalanan adalah salah satu kunci pengalaman yang berkualitas. Dan musik adalah salah satu hal yang bisa membantu mencairkan suasana ketika dalam perjalanan. Jika perlu, kumpulkan playlist favorit dari setiap anggota keluarga yang ikut agar lebih adil.

8. Tentukan Waktu Berlibur

Waktu berlibur, jam berlibur, dan hal-hal lainnya juga perlu diperhatikan. Sesuaikan waktu berlibur dengan tujuan atau destinasi wisata yang dikehendaki. Jangan sampai ketika mengunjungi pantai justru dilakukan pada malam hari. Atau saat mengunjungi rumah saudara malah dilakukan ketika saudara sedang berada di luar kota. Jaga komunikasi selalu dengan seluruh anggota keluarga dan saudara yang akan dikunjungi. Jangan sampai salah waktu, karena waktu tidak bisa dikembalikan.

ads

9. Ibadah Harus Dijaga

Walau sedang menikmati suasana liburan di hari raya, ibadah tetap harus dijaga. Sholat lima waktu tetap harus dilaksanakan. Oleh karena itu, selalu bawa alat beribadah seperti mukenah dan sarung. Perhatikan juga waktu masuk ibadah. Bila perlu, berhenti di masjid terdekat ketika mendengar suara adzan. Sambil beristirahat, sambil beribadah. Setelah itu baru perjalanan bisa dilanjutkan kembali.

10. Siapkan Kamera

Berlibur tidak asyik jika tidak membawa kamera. Sesuaikan jenis kamera saat liburan. Sesuaikan juga dengan kondisi destinasi wisata yang akan dituju. Jangan sampai kehilangan momen berharga dengan keluarga selama lebaran ini. Dan jangan lupa untuk selalu membawa baterai cadangan agar foto-foto tetap dapat dilakukan dengan lancar tanpa hambatan.

11. Bawa P3K

Obat-obatan ringan alias P3K itu juga penting. Tidak ada salahnya, kan membawa kotak P3K. Karena kita juga tidak pernah tahu hal apa yang akan terjadi di depan sana. Persiapkan obat-obatan ringan seperti obat flu, obat sakit kepala, obat-obatan oles, obat anti mabuk, balsem, koyo, dan sebagainya. Semua itu akan membantu kelancaran perjalanan.

12. Siapkan Kondisi Fisik

Walau berwisata lebaran tidak membutuhkan kondisi fisik yang sehat seperti ketika akan naik gunung atau olahraga ekstrem lainnya, namun menjaga kondisi fisik juga penting. Apalagi jika kamu bertugas untuk memegang kemudi mobil atau motor. Fisik yang sehat dan tidak mudah mengantuk tentu diperlukan. Kamu yang hanya menjadi penumpang juga penting untuk menjaga kesehatan. Jangan sampai mudah mabuk atau lainnya.

13. Jangan Jajan Sembarangan

Makanan pinggir jalan memang menggoda. Apalagi setelah lama berpuasa. Namun hal itu tidaklah sehat. Apalagi jika kita berwisata di kota orang, yang kita tidak tahu apakah benar makanan tersebut layak dikonsumsi atau tidak. Lebih baik menghindari makanan yang meragukan dan membeli makanan yang lebih layak. Walau sedikit mahal, namun makanan sehat tetaplah sehat dan aman untuk dikonsumsi.

Baca juga:

14. Bawa Baju Ganti

Baju ganti untuk berjaga-jaga itu juga penting. Apalagi untuk destinasi wisata yang rentan kehujanan atau kebasahan seperti pantai. Selalu gunakan pakaian kering agar tidak mudah terserang masuk angin. Perjalanan lebaran itu selalu menuntut kita untuk bisa tampil maksimal dan fresh. Apa jadinya jika baju yang dikenakan adalah baju basah. Selain tidak sehat, juga tidak fashionable.

15. Bawa Payung

Membawa payung, walaupun sedang tidak hujan, itu juga sangat dianjurkan dan merupakan tips liburan lebaran yang sangat direkomendasikan. Sedia payung sebelum hujan. Selalu siap sedia sebelum kehujanan. Apalagi saat ini cuaca lebih sering tidak menentu. Kita tidak akan pernah tahu ada kejadian apa di depan. Tidak ada salahnya untuk tetap membawa payung dalam liburan lebaran kali ini.

16. Bawa Kantong Plastik

Kantong plastik bukan hanya berfungsi untuk kamu yang suka mabuk dalam perjalanan. Melainkan juga berfungsi untuk keperluan lainnya. Sampah juga bisa dimasukkan ke dalam kantung plastik sebelum dibuang ke tempat sampah. Selain itu, banyak fungsi dari kantung plastik. Misalnya menyimpan pakaian basah, atau lainnya.

17. Selalu Jaga Kebersihan

Walau kamu sedang berlibur, kebersihan harus tetap dijaga. Tetap buanglah sampah pada tempatnya dan jaga kebersihan di dalam kendaraan. Kebersihan badan juga tetap harus dijaga, lho. Jangan sampai bau badan atau kulit kusam membuatmu tidak nyaman selama berlibur.

Baca juga:

Sponsors Link

18. Bawa Uang Lebih

Uang lebih harus tetap dipersiapkan untuk berjaga-jaga. Siapa tau macet yang terjadi selama berjam-jam mengharuskan kamu menginap di penginapan. Tentu akan ada rencana tidak terduga. Oleh karena itu, selalu siapkan uang yang lebih.

19. Siapkan Itinerary Matang

Rencana perjalanan yang matang harus dipersiapkan, lengkap dengan plan A, plan B, dan seterusnya. Dari sana akan diketahui apa saja yang diperlukan dan kapan saja waktu yang tepat untuk makan, beribadah, dan lain sebagainya.

20. Peralatan Make Up Seperlunya

Untuk wanita, tidak perlu membawa peralatan make up yang banyak. Bawa saja peralatan make up yang memang akan digunakan. Percaya atau tidak, peralatan make up adalah salah satu benda yang menghabiskan space untuk packing, lho. Selain itu, make up juga berat jika berada di dalam tas.

21. Siapkan Jalur Alternatif

Jalur yang utama memang akan lebih cepat. Namun, tidak ada salahnya jika kamu tetap mempersiapkan jalur alternatif untuk berjaga-jaga kalau-kalau ada kemacetan panjang dan sebagainya. Daripada mengantre dan bosan, lebih baik mengetahui jalur alternatif untuk menuju destinasi tujuan.

22. Selalu Bawa Pembalut

Pembalut adalah benda wajib yang harus dibawa kemana-mana. Walau sedang tidak menstruasi, tetap bawa satu atau dua pembalut untuk berjaga-jaga. Setidaknya, kamu akan merasa tenang. Siapa tau nanti ada anggota keluarga yang tiba-tiba kedatangan tamu bulanan. Daripada bingung membeli pembalut di jalanan, lebih baik membawa sendiri dari rumah.

23. Bawa Buku

Untuk menghindari bosan, siapkan buku atau bacaan lainnya. Bawa buku favorit kamu. Tidak perlu buku tebal, cukup buku ringan yang tidak membutuhkan daya nalar yang dalam. Buku atau bacaan ringan itu lebih baik untuk menghilangkan rasa bosan selama perjalanan daripada terus menerus bermain gadget.

24. Siapkan Baterai Cadangan

Baterai cadangan atau power bank adalah salah satu hal yang harus dibawa saat berlibur selama lebaran. Tentu kamu tidak ingin mati gaya hanya karena handphone kehabisan baterai. Selain kehilangan informasi, kamu juga tidak bisa mengabadikan momen bahagia bersama keluarga saat lebaran dengan handphone yang habis baterainya.

25. Pastikan Tiket Perjalanan

Jika kamu berlibur selama lebaran tanpa membawa kendaraan pribadi, pastikan bahwa kamu sudah mempersiapkan tiket kereta atau tiket pesawat jauh-jauh hari. Selalu cek jadwal pemesanan tiket dan persiapkan selalu perjalanan yang terencana dengan baik dengan tanggal kepergian dan kepulangan yang tepat.

26. Periksa Tanggal Tiket

Jika kamu berlibur dengan kendaraan umum, jangan lupa untuk mengingat tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan yang tertera pada tiket. Jangan sampai karena salah melihat tanggal, kamu harus ketinggalan kereta atau pesawat. Selain rugi uang, kamu juga akan rugi waktu.

Sponsors Link

27. Aksesoris yang Diperlukan

Kacamata, masker, topi, dan aksesoris lainnya juga diperlukan dalam liburan. Sesuaikan aksesoris yang dibutuhkan dengan jenis perjalanan dan juga destinasi wisata yang dituju. Aksesoris yang tepat akan membuat perjalanan semakin lancar. Kacamara dan topi bisa digunakan untuk menghalau sinar matahari. Sedangkan masker bisa digunakan untuk melindungi wajah dari debu dan polusi.

28. Jangan Mengandalkan GPS

Saat ini orang yang bepergian memang lebih dimudahkan dengan adanya GPS. Namun, hanya mengandalkan GPS juga tidak baik. Apalagi untuk daerah-daerah yang masih awam atau yang belum pernah dikunjungi. Bertanya pada penduduk sekitar atau orang yang ditemui di jalan pasti akan lebih akurat daripada hanya sekadar menggunakan GPS.

29. Lihat Ramalan Cuaca

Ramalah cuaca saat ini sudah cukup canggih. Walau tidak semua ramalan cuaca itu tepat dan akurat 100 persen, ada baiknya tetap melihatnya. Setidaknya akan diketahui gambaran umum mengenai cuaca dari daerah yang akan dituju pada hari tertentu, sehingga akan lebih mudah untuk menentukan rencana atau perbekalan yang perlu dibawa.

30. Mampir ke Rest Area

Perjalanan jauh pasti akan mengakibatkan rasa lelah yang menumpuk. Demi keselamatan, tidak ada salahnya mampir ke rest area selama perjalanan untuk sekadar melepaskan lelah. Utamakan keselamatan saat liburan lebaran. Beristirahat sejenak itu lebih penting daripada kelelahan di jalan.

Itulah beberapa tips liburan lebaran yang perlu diperhatikan. Semoga liburan lebaranmu menyenangkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga silaturahim dengan orang-orang di sekitar. Selamat liburan dan lebaran.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 10th, June 2017 / 02:28 Oleh :
Kategori : Tips Wisata