Sponsors Link

13 Tempat Wisata di Finlandia yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Finlandia adalah salah satu negara yang ada di Benua Eropa. Negara satu ini terkenal dengan pendidikan yang sangat baik. Selain itu, ternyata Finlandia juga mempunyai obyek wisata menarik dan patut untuk dikunjungi. Berikut beberapa referensi tempat wisata di Finlandia

  1. Aland

AlandAland adalah kepulauan yang terdiri dari beberapa pulau besar dan setidaknya ada 10.000 pulau kecil. Aland yang merupakan kawasan kepulauan otonom yang ada di antara Finlandia dan Swedia. Ada beberapa obyek wisata menarik dan sayang dilewatkan ketika berlibur ke Aland. Di antaranya adalah Museum Kapal Pommern, Museum Bahari, serta Museum Maritim yang berada di Mariehamn.

Museum-museum itu akan membuat anda dapat mengenal Aland dan sejarahnya dengan lebih baik lagi. Ada lagi Museum Jan Karls Garden di Kastelholm, di tempat ini anda dapat melihat simulasi kehidupan di Aland tahun 1890-an. Akan tetapi di balik itu semua, yang paling menarik adalah panorama dan keindahan alam Aland yang masih asri dan mempesona. Banyak pula restoran serta studio seniman yang sayang dilewatkan. Nah, jika anda berniat untuk mengunjungi Aland, anda dapat mencapai lokasi ini dari Stockholm naik pesawat berukuran kecil.

  1. Helsinki

HelsinkiSelanjutnya ada Kota Helsinki. Ini adalah ibukota dari Negara Finlandia sekaligus juga merupakan kota utama yang ada di Provinsi Uusimaa (Nyland). Saat anda berkunjung kemari, anda akan jumpai beragam obyek wisata yang indah dan menawan. Beberapa obyek wisata di Helsinki antara lain adalah Museum Kota Helsinki, Museum Nasional Finlandia, Galeri Seni Finlandia.

Di kota yang satu ini, banyak diadakan pameran seni baik pameran seni klasik dan juga modern. Beberapa peninggalan masa lampau yang dapat kita lihat di Helsinki antara lain adalah banyaknya gereja tua dan beberapa rumah pendeta yang pembuatannya dari batu yang berwarna abu-abu.

  1. Northern Lights

Northern LightsNorthern Lights, ini adalah cahaya yang berwarna hijau berasal dari utara dan jarang sekali muncul di bumi. Cahaya ini akan muncul antara bulan September sampai dengan bulan Maret. Dan bila anda ingin menyaksikan cahaya kehijauan ini, bisa datang ke Lapland, Finlandia.

Di bulan-bulan tersebut juga banyak pelancong yang berkunjung ke Lapland untuk menyaksikan keindahan Northern Lights. Hotel-hotel serta penginapan yang ada di sana juga banyak yang menyediakan khusus bagi mereka yang ingin melihat Northern Lights.

  1. Oulu

OuluTempat wisata selanjutnya adalah Oulu. Tempat yang berlokasi di utara Teluk Bothnia ini, selalu banyak dikunjungi wisatawan. Pada musim semi, menghabiskan liburan di sini sangat menyenangkan karena  akan banyak acara olahraga yang diadakan sebagai contoh adalah lomba ski yang selalu digelar di Oulu.

Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi antara lain adalah Tietomaa Science Center sebelah timur Oulu Botanic Garden. Ketika musim panas tiba, anda akan melihat banyaknya wisatawan yang menghabiskan waktu pagi mereka di Market Square. Tidak heran, sih, karena lokasi ini memang banyak pedagang yang menjajakan kuliner khas Finlandia sampai makanan tradisionalnya dengan harga sangat terjangkau.

  1. Hameenlinna

HameenlinnaLokasi Hameenlinna ada di kawasan Danau Vanajavesi. Pendirian kota ini dilakukan oleh Gubernur Swedia Pre Brahe pada 1639. Anda dapat temukan Bukit Hattelmala pada batas bagian selatan Hameenlinna. Salah satu obyek wisata yang khas dan populer dari tempat ini adalah kastil bata merah yang tepatnya ada di Aulanko Park. Hameenlinna juga terkenal sebagai kota kelahiran dari komponis Finlandia yang populer bernama Jean Sibelius (1865-1957) serta penyair Paavo Cajander (1846-1913).

Beberapa lokasi yang dapat kita kunjungi saat menghabiskan liburan di Hameenlinna antara lain adalah untuk di bagian tengah ada Market Square atau Kauppatori, untuk di timurnya ada Gereja Lutheran yang mempunyai Patung Paavo Cajander di taman depannya. Ada balai kota juga di selatan alun-alun. Jangan lupa pula untuk singgah di Hammenlinna Historical Museum yang lokasinya tidak jauh dari Taman Nasional Hammenlinna dan satu lagi yang menarik untuk didatangi yaitu kastil tepi Vanajavesi.

  1. Jyvaskyla

JyvaskylaTempat yang didirikan oleh Tsar Nicholas 1 pada 1837 ini merupakan sebuah kota kecil di mana berperan sebagai pusat budaya dan administrasi Finlandia, termasuk persimpangan lalu lintas juga. Pusat industri logam yang juga sibuk dengan berbagai kegiatan perdagangan ini mempunyai beberapa obyek wisata menarik dengan pemandangan indah.

Bangunan batu modern dan rumah kayu yang masih tradisional pun ada. Monumen penulis Finlandia yang bernama Minna Canth (1844-1897) pun dapat dikunjungi di sini. Kota yang satu ini juga kaya akan bangunan gereja tua, pelabuhan, dan juga teater yang menampilkan berbagai pertunjukan seni Finlandia. Salah satu acara festival di Finlandia yang menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung adalah festival budaya tahunan di bulan Juni.

  1. Tampere

TampereKota ini adalah yang paling indah di seluruh Finlandia. Letaknya ada di antara dua danau yaitu Danau Nasijarvi dan juga Danau Phyhajarvi. Tampere sering menampilkan teater yang terbuka, festival budaya, sampai dengan terkenal karena tim olahraga yang populer sekali.

Festival budaya dapat anda saksikan saat berkunjung ke Museum Lenin, Municipal Library, sampai dengan taman, danau, lokasi hiburan bernama Sarkanniemi. Ketika masuk kawasan Tampere, yang dapat dilihat wisatawan antara lain adalah desa tua Ruovesi dan Virrat, juga sebuah jalur termasuk untuk kapal motor Silverline serta kapal uap yang kuno.

sponsored links

  1. Lemmenjoki National Park

Lemmenjoki National ParkLokasi ini adalah taman yang paling besar di negara Finlandia dan juga taman nasional terluas di Daratan Eropa. Bagi anda para pecinta alam, tempat ini dapat menjadi pilihan tepat lokasi liburan anda. Nah, ada beratus-ratus mil jalan yang dapat dijelajahi di sini dan tentu saja sepanjang perjalanan akan banyak dijumpai tempat peristirahatan atau gubuk sewa dan lengkap dengan api unggunnya.

Dari taman ini pula anda dapat melihat Sungai Lemmenjoki yang sangat indah mengalir ke lembah pepohonan pinus yang menawan. Pengunjung yang datang dapat melakukan tur wisata dan ada beberapa hewan langka yang bisa anda lihat diantaranya adalah beruang cokelat, elang, serigala, sampai dengan rusa.

  1. Lake Saimaa dan Savonlinna

Lake Saimaa dan SavonlinnaJika anda penggemar wisata air, termasuk juga olahraga air, sangat tepat datang ke Finlandia bagian timur yang memang didominasi oleh kawasan perairan dibandingkan daratan. Ada puluhan ribu sungai, danau, rawa, dan juga kolam. Danau yang mendominasi wilayah ini adalah Danau Saimaa dengan pulau yang banyak ditumbuhi hutan-hutan pinus. Perlu diketahui bahwa Danau Saimaa mempunyai julukan danau seribu pulau. Untuk Savolinna sendiri adalah salah satu kota utama yang ada di Finlandia. Savolinna terkenal dengan resort serta spa liburannya.

Tempat ini diapit oleh Pihlajavesi (selatan) dan Haapavesi (utara). Castle Olavinlinna adalah salah satu tempat wisata andalan di Savolinna. Apabila anda ingin naik perahu wisata dari Savolinna ke kota yang lainnya, dapat melewati Danau Saimaa. Salah satu tujuannya adalah ke Punkaharju. Beberapa yang dapat anda temukan adalah Retretti paling besar di negara nordik, biara-biara Uusi Valamo juga Lintula. Jangan lupa untuk merasakan sensasi menarik berlayar menyusuri Kanal Saimaa ke Vyborg yang bermuara di Laut Baltik.

  1. Archipelago National Park

Archipelago National ParkArchipelago National Park atau disingkat dengan ANP ini berdiri tahun 1983. Tempat ini termasuk berhawa sejuk juga punya laut cukup tenang. Archipelago National Park mempunyai percampuran budaya antara Rusia, Finlandia, dan Swedia yang unik dan menarik wisatawan untuk berkunjung.

Di lokasi yang satu ini wisatawan bebas untuk memilih perahu untuk melakukan perjalanan wisata, mau menggunakan perahu layar atau bisa juga perahu motor. Bila anda ingin memperoleh tangkapan ikan trout besar datanglah kemari. Tiap tahunnya setidaknya ada lebih dari 60.000 pelancong yang datang berwisata. Pulau-pulau yang dapat dikunjungi saat kemari antara lain adalah Pulau Noto, Jurmo, uto, Aspo, dan Houtskar.

  1. Rauma

rauma....Kawasan di Finlandia yang masuk ke dalam situs warisan dunia dari UNESCO ini terkenal dengan kerajinan renda kualitas tinggi dan sekaligus jadi pelabuhan yang paling tua di Finlandia.

Yang menjadi daya tarik Rauma selanjutnya adalah arsitektur kayu antic dan pelabuhan paling besar ke lima di Finlandia sehingga tak heran jika rauma ini banyak yang mengunjugi dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang ingin melihat segala keindahan dan keunikan yang berada di rauma ini. Dan bagi anda yang sudah berada di finlandia dijamin tidak akan menyesal jika sudah berkunjung ke tempat wisata rauma ini.

  1. Koli National Park

Koli National ParkLokasinya di bagian Timur Finlandia. Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam yang menawan juga warisan budaya yang usianya sudah mencapai 250 tahun. Koli adalah habitat bagi banyak hewan dan tumbuhan langka.

Saat datang kesini, anda akan jumpai hutan boreal, padang rumput, rawa, dataran rendah, hutan Fennoscandian, sampai dengan batu silikat yang merupakan daya tarik tersendiri dari tempat wisata ini sehingga tempat wisata ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

  1. Helsinki Cathedral

Helsinki CathedralSelanjutnya ada Helsinki Cathedral. Katedral yang tergolong indah dan antik ini pembangunannya diperuntukkan bagi Grand Duke, Nicholas 1, Tsar Rusia. Sebelumnya gereja ini bernama gereja St. Nicholas sebelum Finlandia merdeka pada 1917.

Arsitektur nan mempesona dengan kubah hijau tinggi serta 4 buah kubah kecil bergaya neoklasik. Helsinki Cathedral termasuk dalam salah satu obyek wisata religi yang paling terkenal di Finlandia dan menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini yang membuat banyaknya para pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini dan dijamin tidak akan pernah menyesal..

Pendidikan di Finlandia

Membahas tentang negara yang satu ini, kurang lengkap tanpa mengetahui pendidikan yang diterapkan di negara dengan pendidikan terbaik di dunia ini. Bagaimana, ya, anak-anak di Finlandia bisa pandai-pandai? Berikut uraiannya.

Sponsors Link


1. Anak-anak Finlandia baru boleh sekolah setelah umur 7 tahun

Di Indonesia, para orang tua terkadang repot dengan urusan pendidikan anak-anaknya Bahkan anak yang usianya belum genap 3 tahun saja, orang tuanya sudah repot untuk mencari pre school paling bagus. Hal ini tentunya memiliki alasan dan pertimbangan. Ya, dengan sekolah awal yang bagus, diharapkan anak akan masuk ke SD, SMP, dan SMA yang bagus juga. Kalau di Finlandia tak ada orang tua yang merasa khawatir seperti itu, karena anak-anak baru boleh sekolah setelah umurnya 7 tahun. Lho, aneh, ya? Usia ini tentunya sangat terlambat bila dibandingkan dengan usia awal sekolah di negara-negara lainnya. Peraturan di Finlandia tersebut, bukan tidak berdasar. Dengan pertimbangan kesiapan mental anak untuk belajar yang sudah matang.

Orang-orang Finlandia juga meyakini begitu utamanya bermain dalam belajar, melatih imajinasi, dan menemukan jawabannya sendiri. Anak-anak yang masih usia dini malah didorong untuk lebih banyak bermain dan sosialisasi dengan teman yang sebaya. Tak ada penilaian tugas sampai dengan kelas 4 SD. Bahkan untuk jenjang SMA pun permainan interaktif masih mendominasi pembelajaran. Para pelajar di Finlandia sudah terbiasa untuk menemukan metode belajar yang efektif bagi dirinya sendiri. Karena itu, mereka tak akan merasa terpaksa untuk belajar. Pendidikan ala Finlandia terbukti efektif. Dibuktikan pada usia pelajar 15 tahun, mereka berhasil unggul dibanding pelajar dari negara lainnya dalam tes Internasional Programme for International Student Assessement (PISA).


2. Belajar ala Finlandia adalah 45 menit belajar dan 15 menit istirahat

Setiap pelajar Finlandia yang telah menghabiskan waktu belajar selama 45 menit, mereka berhak untuk dapat waktu istirahat selama 15 menit. Hal ini didasari oleh pendapat bahwa apabila para pelajar diberi kesempatan untuk mengistirahatakan otak sejenak maka kemampuan mereka dalam menyerap ilmu baru akan meningkat. Pada saat jam belajar, anak-anak pun jadi lebih produktif  karena yang tertanam di otak mereka adalah ‘sebentar lagi juga istirahat dan akan dapat bermain lagi’. Banyaknya jam istirahat, selain bermanfaat untuk meningkatkan fokus seperti yang telah di bahas sebelumnya, juga berguna untuk kesehatan. Dengan waktu istirahat panjang, anak-anak pun akan bermain dan bergerak aktif lebih banyak. Tak cuma duduk saja di kelas.


3. Sekolah negeri di Finlandia gratis, sekolah swasta harganya terjangkau

Untuk urusan biaya pendidikan di Finlandia, orang tua juga tak perlu pusing-pusing lagi memikirkannya karena untuk sekolah negeri semua gratis. Wow! Satu lagi, tak perlu bingung juga memilih mana sakolah yang paling baik untuk buah hatinya. Karena semua sekolah yang ada di Finlandia mempunyai kualitas yang sama bagusnya. Sistem pendidikan Finlandia dibangun atas dasar kesetaraan, bukan memberikan subsidi bagi mereka yang membutuhkan, tetapi menyelenggarakan pendidikan gratis dengan kualitas terbaik untuk semua.

Reformasi pendidikan yang mulai pada 1970 memiliki dasar kepercayaan, sehingga meniadakan ranking dan evaluasi, sehingga antara sekolah satu dengan lainnya tak perlu merasa bersaing. Hebatnya lagi, bukan hanya biaya pendidikan yang gratis. Fasilitas pendukung belajar seperti makan siang, angkutan sekolah, sampai dengan biaya kesehatan, semua free.


4. Semua guru di Finlandia diberikan biaya dan kesempatan untuk meraih gelar master

Di samping dana yang berasal dari pemerintah untuk fasilitas, kualitas yang sama antar sekolah juga ditemukan pada tenaga pengajarnya yang bermutu tinggi. Guru adalah salah satu pekerjaan yang paling bergengsi di negara ini. Guru di Finlandia wajib menyandang gelar master yang disubsidi penuh pemerintahnya sudah punya tesis yang telah dipublikasi, tak peduli pada jenjang apa mereka mengajar (SD,SMP, SMA). Perlu diketahui juga bahwa guru di Finlandia ini gajinya 2 kali lipat lebih besar dari guru yang ada di Amerika.

Negara ini benar-benar memahami bahwa ujung tombak mutu pendidikan yang baik terletak pada tenaga pengajar yang berkualitas. Ini demi generasi masa depan yang lebih baik. Finlandia benar-benar melakukan investasi besar-besaran di bidang pendidikan. Selain kualitas tenaga pengajar, Finlandia juga memastikan bahwa pengajar yang ada cukup untuk memenuhi kebutuhan akan pendidikan di sana. Kalau di Finlandia 12 murid ada 1 guru, jadi guru akan lebih memahami murid-muridnya dan dapat memberi perhatian khusus pada masing-masing siswanya.


5. Ujian nasional ditiadakan

Mutu tenaga pengajar yang tinggi dan kredibel memungkinkan pemerintah untuk menyerahkan pembentukan kurikulum langsung kepada tenaga pengajar. Hanya ada garis nasional cukup longgar yang harus ditaati. Ujian nasional sudah tidak diperlukan lagi karena mereka beranggapan gurulah yang paling tahu tentang penilaian yang terbaik untuk para siswa mereka dan juga paling tahu kurikulum. Yang menjadi tantangan adalah diversitas siswa yang mencakup antara lain keberagaman tingkat sosial, perbedaan kultur, dan sebagainya. Semua itu justru akan difasilitasi sehingga anak-anak dapat menggali potensi mereka secara maksimal.


6. Para siswa hanya bersekolah selama 4-5 jam sehari dan untuk siswa SMP-SMA

Di Finlandia tidak hanya memiliki jam istirahat yang panjang, akan tetapi juga jam belajar yang panjang. Mereka hanya belajar sekirar 4-5 jam sehari. Nah, untuk yang sudah SMP sampai dengan SMA, sudah seperi anak kuliahan. Mereka hanya datang ke sekolah pada mata pelajaran yang dipilih saja, sehingga tak ada paksaan karena itu pilihan mereka sendiri. Jam belajar yang pendek membuat mereka jadi lebih produktif. Biasanya juga pada awal semester guru akan tentukan target serta aktivitas belajar sendiri. Sehingga ketika masuk, mereka sudah siap dan merasa bersemangat untuk memulai proyek masing-masing.


7. Tidak ada ranking karena mereka percaya semua siswa seharusnya ranking 1

Pemerintah Finlandia tak percaya dan tak menerapkan sistem ranking pada pendidikan anak-anak mereka. Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa tiap-tiap anak memiliki potensinya masing-masing dan seharusnya ranking 1. Adanya sistem ranking, justu akan membuat lingkaran siswa yang pintar dan lingkaran siswa yang bodoh dan itu akan menimbulkan kesenjangan. Semua murid di sana dipatok sama dan bebaur, termasuk tak ada sistem akselerasi. Strategi tersebut membuahkan hasil, terbukti dengan predikat yang disandang Finlandia saat ini sebagai negara dengan kesenjangan pendidikan paling kecil di dunia.


Kuliner Finlandia

Berikut adalah beberapa kuliner khas finlandia yang menjadi buruan para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini , dan bagi anda wajib sekali untuk mencoba wisata kuliner finlandia ini :


1. Salmon asap dan sate rusa kutub

Keduanya memang makanan tradisional Finlandia yan banyak dinikmati oleh kaum Sami khususnya daging rusa kutub. Untuk salmon sendiri biasa dinikmati dengan cara yang sama seperti memakan sashimi segar ditambah mustard serta mayonaise. Terkadang juga ditambahkan tanaman herbal seperti rosemary. Daging salmon dapat juga diasap di sauna kemudian baru dipanggang disajikan bersama dengan kentang rebus. Variasi lain dari salmon adalah lohikaitto atau sup krim kental salmon dengan citarasa yang lezat dan berfungsi sebagai penghangat tubuh kala musim dingin tiba. Untuk sate rusa kutub kebanyakan diambil dari daging pundak rusa kutub yang dipotong tipis lalu dimasak dengn lemak rusa, bir dan juga krim.

Terkadang juga hanya dimasak dengan mentega dan minyak dengan dibumbui lada hitam, garam, daun bawang, serta jamur kuning bervitamin C. Kemudian penyajian dengan menaruh daging di atas kentang tumbuk atau roti yang telah diberi selai lingonberries khas dari artik serta acar timun. Pokoknya mengenyangkan. Daging rusa walau dipotong tipis tetap saja terasa juicy, ditambah mentega beserta jamur goreng, tambah lingonberries membuat lidah menari, sensasi segar dan gurih, juga pedas dari lada hitam. Menarik!


2. Squeaky Cheese atau Keju Karet

Sesuai dengan namanya, keju ini mempunyai tekstur yang alot bak karet. Nah, kalau dikunyah itu suaranya akan terdengar nyaring. Keju ini di bagian Finlandia utara kadang dibuat dari susu rusa. Cara pembuatanya adalah dengan memanggang keju sampai berwarna sedikit kecokelatan lalu tambah selai cloudberries atau gula bubuk. Makanan ini biasa dihidangkan sebagai makanan penutup. Lezatnya keju yang memiliki rasa nano-nano, manis, asam, asin ini menggoyang lidah. Akan tetapi bagi anda yang tidak suka dengan bunyinya, di Finlandia timur, keju karet dapat dinikmati dengan dicelup dalam secangkir kopi panas dan memakananya dengan empuk setelah menghabiskan kopi tentunya.


3. Vatkattu Marjapuuro

Ini biasa disebut juga dengan bubur Cranberry. Makanan penutup yang cocok dinikmati dalam suhu ruangan dengan tambahan cranberry segar dan juga saus krim. Pembuatan bubur dari cranberry, farina, dan gula. Kombinasi rasa asam dan manisnya sungguh menyegarkan.


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, March 2016 / 03:30 Oleh :
Kategori : Finlandia