23 Tempat Wisata di Perth Australia yang Wajib Dikunjungi


Perth adalah salah satu kawasan di Australia dan dikenal sebagai ibukota dari Australia Barat. Perth juga bisa dianggap sebagai salah satu tempat wisata yang difavoritkan oleh para wisatawan dunia. Kota yang juga memiliki sebutan sebagai Kota Lampu ini menghadirkan suasana yang pastinya akan membuat para pengunjungnya merasa betah dan rileks. Lalu, mana saja tempat wisata di Perth Australia yang perlu dijajah oleh Anda? dan merupakan tempat wisata di Australia. Berikut adalah beberapa tempat wisata di perth australia :

The Bell Tower

The Bell TowerBila berkunjung ke Perth, tentu tidak akan lengkap bila belum mendatangi Bell Tower yang menjadi ciri khas kota Perth. Bangunannya dibuat begitu unik karena bentuknya sangat terinspirasi dari paruh angsa sehingga dapat membuat para wisatawan terkagum akan arsitekturnya. Dijadikan sebagai penanda waktu di kota Perth, Bell Tower memiliki lonceng yang da di puncak menara dan dari sanalah dentang dapat terdengar oleh penduduk setempat.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk USD 14 atau sekitar Rp 183 ribu, sementara pengunjung anak-anak usia 5-14 tahun dikenakan USD 9 atau sekitar Rp 118 ribu.
  • The Bell Tower buka setiap hari dari jam 10 pagi, namun pada dasarnya jam operasional akan berbeda-beda menurut musimnya dengan jam masuk terakhir pada jam 3.45 sore. Tidak buka khusus di Jumat Agung atau Hari Natal.

DNA Tower Climb

DNA Tower ClimbDari namanya saja pasti sudah ketahuan bahwa diambil dari asam deksiribonukleat molekukl double-helix. Kerennya, bangunan ini adalah bangunang dengan titik pandang paling tinggi di Kings Park dengan panorama super mengagumkan.

Jika datang di hari yang cerah, maka Anda akan dapat mendapat suguhan pemandangan Samudra Hindia. Dibangun oleh D & H Fraser Consulting Engineers di tahn 1966, bangunan ini memiliki tangga setinggi 15 meter dengan 101 anak tangga yang memang pembuatannya terinspirasi dari tangga ganda di Perancis, tepatnya di sebuah istana di Blois.

  • DNA Tower Climb buka 24 jam, jadi pengunjung akan lebih fleksibel dalam melakukan kunjungan.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk dapat menikmati tempat wisata ini.

Katedral St. George

Katedral St. GeorgeBerlokasi di jantung kota Perth, katedral ini adalah tempat ibadah yang ditahbiskan di tahun 1888 di mana bangunan ini didirikan sebagai sebuah permata arsitektur yang dipersembahkan untuk kemuliaan Tuhan.

Dari sejumlah kecil katedral yang dibangun dari batu bata buatan tangan, Katedral St. George adalah salah satunya. Ibadah tradisional Anglikan adalah yang ditawarkan oleh katedral bersejarah satu ini dan terdapat sebuat komunitas Kristen dengan anggota dari segala usia. Bagi para wisatawan yang ingin berwisata religi, tempat ini terbuka bagi Anda.

  • Katedral St. George buka setiap hari pada jam 7 pagi sampai 6 petang, namun ketika musim dingin akan tutup pada jam setengah 6 sore, dan di hari Sabtu akan tutup jam 5 sore.
  • Untuk bagian kantor, buka dari Senin hingga Jumat dari jam 9 pagi sampai 5 sore kecuali di hari libur.

Katedral St. Mary

Katedral St. MaryKatedral satu ini menjadi salah satu lokasi wisata di Perth yang berada di puncah sebuah bukit di Perth Timur. Katedral ini pun dapat dijumpai ketika wisatawan berkunjung di Victoria Square. Dibangun dalam tiga fase utama, konstruksi fase yang pertama diproses dari tahun 1865 sampai dengan tahun 1930, fase kedua di tahun 1930 sampai 1999, lalu fase yang ketiga dari tahun 1999 sampai dengan sekarang.

  • Katedral St. Mary buka setiap hari 24 jam, namun untuk ibadahnya sendiri ada jadwal tersendiri yang dapat dilihat langsung di situs resminya.
  • Tidak dikenakan biaya untuk para pengunjung, tapi untuk parkir tarifnya adalah sekitar USD 10 atau Rp 131 ribu.

Taman Nasional Yanchep

Taman Nasional YanchepBagi yang berkesempatan untuk datang berkunjung bersama keluarga, Perth juga memiliki Yanchep National Park yang merupakan sebuah tempat wisata asyik bagi penggemar margasatwa. Terletak sekitar 42 kilometer di sisi utara Perth, lokasi ini betul-betul membawa kepuasan tersendiri bagi para pengunjungnya karena taman nasional ini lebih terkenal akan flora dan faunanya yang sangat beragam dan indah.

Di taman ini jugalah Anda akan dapat menjumpai habitat bagi sejumlah spesies mamalia, seperti Black-glove Wallaby, Western Grey Kangaroo, dan Quenda.

  • Pengunjung dewasa usia 16 tahun ke atas yang ingin ber-camping dengan tanpa fasilitas atau hanya fasilitas dasar dikenakan biaya sebesar USD 7.50 atau sekitar Rp 98 ribu, sementara anak-anak usia 6-15 tahun dikenakan USD 2.20 atau sekitar Rp 29 ribu.
  • Pengunjung dewasa usia 16 tahun ke atas yang ingin ber-camping dengan fasilitas seperti shower, dapur dan shelter untuk piknik dikenakan biaya sebesar USD 10 atau sekitar 131 ribu, sementara anak-anak usia 6-15 tahun dikenakan USD 2.20 atau sekitar Rp 29 ribu.
  • Taman Nasional Yanchep buka setiap hari dari jam setengah 9 pagi hingga 5 sore.

Perth Mint

Perth MintDi Perth Timur ada sebuah lokasi wisata yang bisa Anda kunjungi jika penasaran akan cara pembuatan emas. Perth Mint sebagai produsen perak dan emas paling besar di dunia yang dibuka di tahun 1899.

Bangunan tua ini adalah sebuah obyek wisata yang akan memberikan banyak wawasan kepada Anda dengan menyaksikannya sendiri. Anda akan mengetahui tentang bagaimana bongkahan emas kemudian disulap menjadi emas batangan dan bahkan perhiasan.

  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya AU$15 atau sekitar Rp 149 ribu, sedangkan anak-anak berusia 4-15 tahun dikenakan AU$5 atau sekitar Rp 50 ribu.
  • Perth Mint buka dari hari Senin sampai dengan Jumat dari jam 9 pagi hingga 5 sore.

Kings Park and Botanic Garden

Kings Park and Botanic GardenObyek wisata lainnya yang sangat patut untuk tidak dilewatkan adalah Kings Park dan Botanic Garden yang akan memanjakan Anda. Bagi pecinta wisata bangunan sejarah serta alam, di sinilah tempat yang tepat untuk menikmati liburan selama di Perth.

Lebih dianjurkan untuk berkunjung pada bulan September agar dapat menyaksikan spring wildflower yang dapat Anda abadikan. Dari pusat kota Perth, Anda dapat menaiki bus gratis menuju tempat ini.

  • Pengunjung sama sekali tidak dikenakan biaya masuk.
  • Kings Park dan Botanic Garden buka setiap hari.

London Court

London CourtInilah salah satu lokasi wisata di Perth yang memiliki 4 level atap terbuka di mana para pengunjung bisa bebas berbelanja. Didirikan di tahun 1937, bangunan tua ini dibangun oleh seorang pebisnis bernama Claude de Bernales dengan tujuan rumah huni dan komersial.

Terdapat banyak toko suvenir di dalam bangunan otentik ini sehingga para wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh dapat langsung menuju tempat ini. Namun bagi yang ingin berjalan-jalan atau nongkrong di kafe kecil, Anda akan dapat menikmati sedapnya kopi di sana.

  • London Court buka setiap hari. Dari Senin hingga Sabtu akan melayani pengunjung dari jam 5 pagi sampai dengan 9 malam. Khusus di hari Minggu buka agak siang jam 11 dan tutup seperti biasa jam 9 malam.

Fremantle

FremantleMasih di kawasan metropolitan Perth yang berlokasi di pantai barat Australia, terdapat sebuah kota bernama Fremantle yang hanya 19 kilometer saja di sisi barat daya Central Busniess District Perth. Berpenduduk sekitar 25 ribu jiwa, pembangunan kota ini diketahui sebagai bagian dari Swan River Colony di tahun 1829.

Jalan di kota ini bersuasana tenang dengan banyak toko yang dapat ditemukan di sepanjang jalan sisi kanan dan kiri. Bila ke Fremantle, jangan lupa untuk bertandang ke Penjara Fremantle yang dianggap sebagai obyek wisata unik namun masih terawat dengan baik. Dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

ads

Cottesloe Beach

Cottesloe BeachIngin berwisata pantai di Perth? Cottesloe Beach adalah tempat yang indah dan Anda bisa merasa rileks sesampainya di tempat ini. Berada dekat dengan pusat kota, pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi bila tiba sore hari hingga malam.

Bila Anda penggemar atau pemburu matahari terbenam, maka disarankan untuk datang pada sore hari menjelang malam karena ini adalah waktu terbaik untuk mendapatkan momen tersebut. Terdapat banyak kafe di area pantai sehingga yang suka berwisata kuliner pun akan tetap puas selama berada di pantai ini.

Barracks Arch

Barracks ArchLokasi dari bangunan ini adalah di sudut Jalan Malcolm dan Elder dan bangunan ini adalah hasil rancangan Richard Roach Jewell yang pembangunannya adalah dari tahun 1866. Memiliki tiga lantai bergaya Tudor, Barracks Arch merupakan bangunan yang bentuknya menyerupai sebuah kastil abad pertengahan.

Di tahun 1887, bangunan ini sempat hancur dilalap api pada bagian lantai kayu di sisi timur serta bagian tengah pada lantai dua, namun berhasil diselamatkan dan dibangun kembali. Obyek bersejarah ini adalah satu lokasi yang pas untuk tempat berfoto, bahkan di dekatnya Anda akan menemukan sebuah patung pria yang bisa juga menjadi obyek foto Anda.

Old Mill

Old MillBerada di Perth Selatan, tepatnya di Mill Point, Old Mill adalah sebuah menara pabrik yang sudah mengalami restorasi kembali ke kondisi seperti di tahun 1830-an. Bagi yang belum puas berwisata sejarah di Perth, tempat ini adalah salah satu obyek wisata yang atraktif karena merupakan landmark penuh histori di Perth.

Dibangun pada tahun 1835, bangunan berkincir dan bercat putih klasik ini menghadap ke pusat kota di sebelah selatan Swan River. Untuk dapat menjangkau tempat ini pun tidak sulit karena wisatawan dapat memanfaatkan bus atau naik kapal ferry dari Barrack Street Jetty ke Mends Street Jetty yang ada di pantai selatan.

  • The Old Mill buka dari Selasa hingga Minggu. Dari hari Selasa hingga Jumat buka dari jam 10 pagi sampai 4 sore dan di akhir pekan (Sabtu dan Minggu) buka dari 1 siang sampai 4 sore saja. Namun, jam operasional bisa berubah sewaktu-waktu.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk ke tempat ini.

Scarborough Beach

Scarborough BeachMemiliki pasir puting yang bersinar serta jernihnya perairan biru, pantai ini adalah salah satu pantai paling terkenal di Perth. Hamparan luas pasirnya terlihat sempurna dan dapat menampung banyak wisatawan yang datang secara berbondong-bondong di musim panas untuk bervoli pantai, berjemur berekreasi atau melakukan aktivitas lainnya.

Untuk pengunjung yang datang bersama keluarga dan membawa anak-anak, pantai ini tergolong aman karena ombaknya begitu tenang sehingga bisa bermain di air tanpa khawatir akan gelombang besar. Hanya saja kemudian sedikit pengunjung yang melakukan aksi selancar karena ombaknya kurang menantang. Di bagian belakang area pantai, terdapat kawasan berumput serta shower yang bisa digunakan untuk membersihkan diri setelah bermain-main dengan air laut dan pasir.

Scitech

ScitechBerlibur di Perth sekeluarga, apalagi membawa anak-anak, tentu Anda pun perlu memikirkan mereka dengan bertandang ke Scitech yang menyediakan wisata edukasi paling oke di Australia Barat. Tempat ini terbuka bagi umum dan di sinilah akan ditampilkan pameran interaktif yang akan membuat para pengunjung lebih tertarik terhadap ilmu pengetahuan.

Dikelola oleh sebuah organisasi non-profit dengan nama serupa, tujuan dari diadakannya obyek wisata seperti ini adalah untuk membuat minat, kemampuan dan kesadaraan orang-orang akan ilmu pengetahuan lebih meningkat. Dibuka di tahun 1988, Scitech mengadakan dua kali pameran berskala besar dalam setahun.

  • Scitech buka setiap hari. Dari hari Senin sampai Jumat beroperasi dari jam setengah 10 pagi hingga 4 sore, sementara di hari Sabtu dan Minggu buka dari jam 10 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar AU$17 sebesar Rp 169 ribu, sedangkan pengunjung anak-anak dikenakan AU$11 atau sekitar Rp 110 ribu.

City Beach

City BeachTidak seperti namanya, mungkin Anda mengira bahwa lokasi dari City Beach adalah di pusat kota, tapi sebenarnya tidak. City Beach termasuk pantai utama di pinggiran City Beach yang dapat menjadi tempat seru untuk berselancar dan berekreasi bersama keluarga.

Lokasinya yang begitu bersih dan tidak begitu padat akan memberikan sensasi tersendiri bagi setiap pangunjungnya walau memang pantai ini terbilang lebih kecil dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di sekitar kota Perth. Rumput hijau terdapat di bagian belakang pantai sehingga tersedia tempat piknik yang asyik dan meski pantai ini diminati peselancar, ombaknya cukup aman untuk para perenang.

Elizabeth Quay

Elizabeth QuayUntuk mendapatkan kesenangan dari kehidupan malam di Perth, begitu juga restoran dan hiburan lainnya, Elizabeth Quay dapat disambangi. Berlokasi di area pusat bisnis Perth di Esplanade dan tidaklah jauh dari Trinity United Church, Anda akan dapat sampai di tempat ini dengan memanfaatkan Perth Underground yang bisa dijumpai ketika Anda ke Stasiun Esplanade.

Berwisata kuliner di kawasan ini juga akan lebih puas karena berbagai masakan kontemporer kota dapat diicip, apalagi ketika Anda bertandang ke salah satu restoran alfresco; di sini Anda akan dapat berkuliner sambil berpiknik santai di sebuah ruang hijau yang cukup besar.

Hillarys Boat Harbour

Hillarys Boat HarbourSerunya berlibur di Perth akan bertambah ketika Anda dan keluarga mencoba mendatangi Hillarys Boat Harbour yang merupakan sebuah taman bermain pantai yang memang sangat populer di Perth. Dari yang gemar berbelanja hingga para pengamat paus datang ke tempat ini untuk menemukan sebuah kesenangan. Ketika musim semi tiba, jangan lupa untuk membeli tiket pelayaran whale-watching yang akan membuat Anda sekeluarga makin puas.

Walau tidak berada di perahu, Anda juga akan tetap senang hanya berjalan-jalan menelusuri dermaga marina dan banyak turis yang secara sederhana menikmati waktu mereka di Hillarys Boat Harbour seperti ini. Ketika berkunjung di hari yang cerah, tinggalkanlah beberapa jejak kaki Anda di pasir Australia ini. Tempat ini begitu sempurna untuk liburan keluarga karena tersedia juga taman bermain di mana anak-anak bisa bermain dan bersantai secara aman di sepanjang pantai.

Valley of the Giants

Valley of the GiantsBerada di Walpole-Nornalup National Park, inilah spot wisata yang menjadi rumah bagi ratusan Red Tingle Trees kuno dan bahkan terdapat Treetop Walk yang menjadi atraksi utama. Red Tingle Trees sendiri adalah pohon-pohon yang paling tinggi di dunia dan rata-rata bahkan usia pohon-pohon dengan lingkar batang sampai 50 kaki (15 meter) ini sudah mencapai 400 tahun lebih.

Selain Treetop Walk, di sini juga Anda akan mendapati Ancient Empire Walk yang keduanya memiliki panjang 600 meter yang sangat pas untuk dijelajahi oleh para pecinta aktivitas jalan kaki dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk backpacker.

  • Valley of the Giants buka setiap hari kecuali saat cuaca buruk dan Hari Natal.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar USD 15 atau sekitar Rp 196 ribu, sementara pengunjung anak-anak dikenakan USD 7.50 atau sekitar Rp 98 ribu.

Adventure World

Adventure WorldUntuk menuju ke tempat wisata ini, Anda hanya perlu menempuh jarak sekitar 20 kilometer dari Perth CBD. Taman hiburan ini begitu dibanggakan karena bayangkan saja bahwa sejumlah atraksinya ada yang sudah berusia 20 tahun dan keasliannya masih sangat dijaga dengan baik, sementara beberapa atraksi ada yang sudah melalui proses perbaikan dan penambahan. Destinasi liburan satu ini sangat sempurna untuk keluarga dengan adanya Ole Swimming Hole, Water Mountain, Skull Rock serta Enchanted Castle dan merupakan tempat yang cocok untuk anak muda.

  • Adventure World buka pada akhir bulan September hingga akhir bulan April dari jam 10 pagi hingga 5 sore untuk kunjungan terakhirnya, sedangkan tutup pada jam 7 malam.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar AUD$57 atau sekitar Rp 568 ribu dan anak-anak AUD$47 atau sekitar Rp 468 ribu.
    Sponsors Link

Monkey Mia

Monkey MiaKeluarga dan anak-anak pasti menyukai tempat liburan di Perth satu ini, yaitu Monkey Mia yang akan mengajak Anda berinteraksi dengan lumba-lumba. Lumba-lumba liar yang akan menyambut kedatangan para pengunjung akan menampakkan diri dua kali sehari untuk diberi makan dan difoto oleh para pengunjung.

Jika ingin menambah wawasan tentang bagaimana seluk-beluk perilaku lumba-lumba, jangan ragu untuk mendatangi pusat informasi lumba-lumba di Monkey Mia. Tidak hanya lumba-lumba, berpesiarlah untuk melihat hiu, duyung dan penyu; diving dan snorkeling pun dapat dilakukan di sini.

  • Monkey Mia Dolphin Resort buka setiap hari dan disarankan bagi pengunjung untuk berkunjung ke pantainya sekitar jam setengah 8 pagi.
  • Pengunjung dikenakan biaya antara AU86.50 – AU$308 atau sekitar Rp 862-3 jutaan.

Perth Zoo

Perth ZooSatu lagi tempat wisata yang asyik dikunjungi oleh keluarga, yaitu Kebun Binatang Perth yang menjadi nomor satu dalam hal penelitian serta konservasi demi mencegah supaya spesies-spesies langka dapat diselamatkan dan berkembang biak.

Dibandingkan kebun binatang lainnya, Anda akan menemukan lebih banyak spesies asli Australia di Perth Zoo. Gajah Asia, sun bears, orangutan Sumatra, pinguin kecil, serta buaya pun juga dapat dijumpai di sini.

  • Perth Zoo buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan 5 sore.
  • Pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk AU$21 atau sekitar Rp 209 ribu, sementara anak-anak usia 4-15 tahun dikenakan AU$10.50 atau sekitar Rp 105 ribu.

Margaret River

Margaret RiverSurga hiburan selanjutnya yang bisa dijumpai di Perth adalah Margaret River di mana terdapat berbagai kesenangan seperti taman bermain rekreasi, area selancar, anggur Australia dan makanan khas Australia.

Salah satu kawasan paling indah serta subur adalah Margaret River dengan adanya lahan pertanian, kebun anggur, hutan dan pantai yang berada dalam satu area. Agak berbeda dari lokasi pantai lainnya, di sini Anda akan dapat sepuasnya berkunjung ke kebun anggur dan mencicipi hasilnya di restoran winery.

  • Margaret River selalu terbuka bagi pengunjung setiap hari.
  • Pengunjung tidak usah membayar tiket masuk untuk menikmati Margaret River.

Wave Rock

Wave RockPerth pun memiliki sebuah gelombang granit yang sangat besar yang dipercaya sudah eksis dari 27 tahun yang lalu dnegan tinggi 14 meter menjulang ke atas dan panjang sekitar 110 meter. Bila melihat secara jeli, Anda akan menemukan adanya garis-garis vertikal dengan campuran nuansa abu-abu, kuning sreta merah.

Di sekitar kawasan Wave Rock, wisatawan bisa mendapatkan informasi lebih tentang formasi bebatuan lebih banyak, termasuk tentang The Humps, Mulka’s Cave, dan Hippo Yawn.

  • Wave Rock buka setiap hari dari jam 9 pagi hingga 5 sore.
  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar USD 10 atau sekitar Rp 131 ribu.

Serangkaian tempat wisata di Perth Australia telah diulas. Jadi makin ingin segera sampai di Perth dan menjelajahi lokasi-lokasi tersebut bukan? Sedikit tip untuk Anda, berliburlah ke Perth antara bulan Agustus hingga November karena suasana di waktu tersebut akan sangat sejuk dan bercuaca cerah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 26th, May 2016 / 10:14 Oleh :
Kategori : Perth