Sponsors Link

15 Tempat Wisata di Hanoi dan Kulinernya

Sponsors Link

Hanoi, Vietnam, sedang gencar mempromosikan obyek wisatanya ke Mancanegara. Ada 3 wilayah Vietnam, yang pertama Vietnam Utara, selanjutnya Vietnam Selatan, dan Vietnam Tengah. Untuk Vietnam Utara sendiri pusat wisatanya ada di Hanoi, banyak dijumpai wisata sejarah, budaya, serta pusat pemerintahan. Selanjutnya Vietnam Tegah ada Hue City dan Nha Trang (kerajaan dan wisata pantai). Lalu di Vietnam Selatan ada Ho Chi Minh yang merupakan pusat perdagangan dan juga pusat bisnis. Berikut beberapa obyek wisata Hanoi dan Vietnam lainnya yang dapat dijadikan referensi ketika anda melakukan perjalanan wisata ke Vietnam.

ads
  1. Danau Ho Tay

Danau Ho TayPemberian nama Ho Tay sudah dimulai sejak abad ke-15. Danau yang satu ini memiliki luas lebih dari 400 hektar dan merupakan danau paling luas di Kota Hanoi. Ya, karena banyak danau yang ada, Kota Hanoi sampai dijuluki sebagai Kota Seribu Danau. Apabila anda menempuh perjalanan dari Istana Kepresidenan ke Danau Ho Tay, anda membutuhkan waktu sekitar 300 meter.

Hanoi disebut juga dengan kota serbu danau, hal itu dibuktikan dengan banyaknya danau yang ada di Hanoi ni. Danau Ho Tay ini merupakan danau paling besar yang ada di kota Hanoi. Daanau Ho Tay memiliki area dengan luas lebih dari 400 ha. Jarak danau ini sekitar 300 meter dengan Istana Kepresidenan Vietnam. Dulunya danau Ho Tay tidak diberikan anma demikian, namun kemudian sejak abda ke 15 danau ini bernama “Ho Tay” sejak abad ke-15. Di tempat ini, Anda dapat menikmati suasana ‘sunset’ yang menakjubkan.Nah, di lokasi yang satu ini, anda pun bisa menyaksikan betapa indahnya matahari tenggelam/sunset menawan.

Baca : Danau Kaolin di Bangka

  1. Temple of Literature

Temple of LiteratureTempat yang disebut juga dengan nama Imperial College ini sekarang jadi universitas yang paling tua dan pertama berdiri di Vetnam. Di awal pembangunan, Imperial College dipergunakan untuk tempat belajar untuk putra mahkota dan juga tempat ibadah konfucu. Letak tepatnya ada di Jalan Van Mieu Street. Jam buka mulai 09.00-17.00. Kuil sastra ini didedikasikan untuk konfisius. Di dalam kuil ini pengunjung bisa menemukan kolam yang disebut dengan kolam surgawi. Patung patung pun ada di kuil sastra ni.

Sebuah contoh literature langka ada di kuil sastra ini. Kuil literature ini mengawetkan arsitekstur tradisional yang langka berasal dari Vietnam. Arsitekstut itu mendapatkan penghormana dan apresiasi tokoh tokoh sastra yang ada di dunia. Kuil sastra ini berada di situs universitas pertama Vietnam. Kuil ini didirikan  tahun 1076.  Universitas pertama Vietnam ini sangat unik dan distiap sudutnya sangat terasa sekali nuansa seni dan sastranya disini.

Baca : Tempat Wisata di Lumajang 

  1. History Museum dan Ho Chi Minh Mausoleum

history museumMuseum ini didirikan oleh Bangsa Perancis pada 1962. Ketika anda berkunjung ke History Museum, anda akan melihat dan mengetahui perkembangan Vietnam mulai dari zaman neolitikum, zaman perunggu, sampai dengan masa sekarang. Beberapa barang kuno yang dapat dijumpai antara lain adalah drum yang terbuat dari perunggu serta kepala panah yang ditemukan di Co Loa Citadel. Lokasi tepatnya ada di 1 Trang Tien Street. Perlu diketahui bahwa pada masa lalu History Museum dimanfaatkan oleh Perancis sebagai Museum Arkeologi Timur Jauh.

Ho Chi Minh adalah orang yang berjasa membebaskan Vietnam dari penjajahan dan kolonialisme. Tubuh/jasad Ho Chi Minh yang dibalsem dan mempunyai ruang tidur beton, dapat anda saksikan ketika berkunjung ke Ho Chi Minh Mousoleum. Ruangan tempat jasad tokoh berpengaruh ini dijaga dengan ketat oleh penjaga yang memakai pakaian putih-putih.

  1. Hanoi Army Museum

Hanoi Army MuseumTempai ini dinamai pula dengan Museum Bendera, salah satu museum bersejarah yang ada di Vietnam. Ketinggian museum yang sampai dengan 31 meter dengan luas keseluruhan sekitar 130 meter ini mulai dibangun pada 1805 dan selesai pada 1812. Alamat Museum di 28A Dien Bien Phu Street. Saat berkunjung kemari, anda akan temukan banyak foto, peta dan benda-benda yang memiliki nilai sejarah bagi Vietnam. Sejarah tentang Tentara rakyat Vietnam yang kala itu berada di bawah pimpinan Presiden Ho Chi Minh serta Partai Komunis.

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata bersejarah. Pengunjung yang datang kesini bisa meihat bagaimana perjuangan warga Hanoi untuk memperoleh kemerdekaannya. Mengenalkan peralatan perang dan senjata perang itu sangat wajib untuk dilakukan. Pengunjung bisa melihat kisah pedih yang ada di balik senjata perang tersebut. Tidak ada pertempuran yang enak dan menyenangkan. Semua peperangan dan pertempuran itu selalu menyedihkan.

Baca : Tempat Wisata di Bangkok

  1. Hoa Lo Prison

Hoa Lo PrisonPenjara yang juga terkenal dengan sebutan Hanoi Hilton ini, dibangun pada 1896 oleh kolonial Perancis. Dahulu dimanfaatkan oleh Perancis sebagai tempat tahanan politik, sampai pada akhirnya diambil alih oleh Vietnam dan dialih fungsikan sebagai tempat tahanan perang. Jika anda ingin berkunjung kemari, jangan pas waktu makan siang karena tutup. Penjara ini menampilkan penderitaan, kengerian dan jua esengsaran. Kaki mereka dipasung dan hanya bisa tidur di atas papan yang eras. Tidak ada tempat tidur yang lebih empuk dan nyaman di penjara tersebut. Awalnya penjara iini dimaksudkan untuk menampung 450 tahanan, namun pada akhirnya tahanan yang ada di pejara itu berjumlah 2000 orang.

Nah, jam berkunjung dimulai pukul 09.00-16.00. Di sinilah John Mc Chain yang merupakan mantan senator AS yang sekaligus pernah mencalonkan diri sebagai Presiden AS ini penah jadi tahanan.

  1. Danau Hoan Kiem

Danau Hoan KiemBila anda ingin melihat danau yang paling indah saat berwisata ke Hanoi, anda dapat berkunjung ke Danau Hoan Kiem. Danau satu ini mempunyai cerita legenda yang terkenal di balik namanya.

Nama Hoan Kiem yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Danau Pedang yang Dikembalikan ini konon pada masa lalu merupakan tempat pedang Thuan Thien dipulangkan oleh Kaisar Le Loi (Vietnam) pada Raja Naga (Long Vuong) lewat kura-kura raksasa yang ada di danau tersebut.

Le Loi adalah Raja Vietnam yang telah membebaskan negerinya dari kekuasaan Cina di tahun 1428 bersenjatakan Thuan Thien dari danau tersebut. Lokasi wisata yang satu ini pas sekali dijadikan tempat bersantai dan rileks sambil menikmati indahnya panorama sekeliling danau.

  1. Halong Bay

Halong BayWisata selanjutnya ada Halong Bay. Tempat ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita dan sangat populer sampai seluruh dunia. Halong Bay masuk dalam situs warisan dunia dan termasuk dalam daerah Vietnam Utara. Halong Bay didominasi oleh lautan di mana tersebar banyak pulau di kiri kanannya. Unik dan indah, pulaunya juga punya beragam bentuk serta ukuran. Sesuai namanya yang dalam bahasa Indonesia diartikan menjadi Teluk Halong ini luasnya kurang lebih 1500 km2 dan banyak di antara pulau-pulau tersebut tak bernama.

Di Halong Bay, anda dapat temukan banyak spesies flora serta fauna termasuk juga yang endemik. Halong Bay juga mempunyai kisah legenda yang menarik. Tempat ini konon adalah tempatnya para naga yang turun ke bumi dan menetap. Ya, naga-naga tersebut dikirim oleh dewa yang mendengar doa warga Vietnam yang terancam oleh pendudukan Cina kala itu. Akhirnya naga-naga dikirim ke bumi dan memuntahkan zamrud serta permata ke laut yang akhirnya bebatuan itu tumbuh menjadi pulau-pulau yang menghiasi Halong sekaligus menahan langkah armada Cina.
Saat anda berwisata ke Halong Bay, anda akan temukan keindahan alam yang memukau dengan naik kapal pesiar kecil terbuat dari kayu untuk berkeliling, termasuk juga masuk gua yang telah dipasangi lampu aneka warna. Membuat gua itu lebih menarik. Angin di Halong Bay ini lumayan kencang, lho. Dan itu akan membuat petualangan makin seru. Kapal pesiar kecil akan keliling selama 3 jam dan setelah itu kembali ke darat.

  1. Imperial Enclosure

Imperial EnclosureTempat yang terkenal juga dengan Hoang Thanh ini adalah obyek wisata yang mempunyai daya tarik pada pintu gerbangnya. Benteng kekaisaran yang mempunyai 4 buah pintu gerbang. Untuk bagian utaranya ada Hoa Binh (Peace Gate), selatan ada Ngo Mon (Noon Gate), timur ada Hien Nhon (Humanity Gate), dan barat ada Chuong Duc (Virtue Gate). Dari banyaknya gate atau gerbang yang ada di sini Ngo Mon atau Noon Gate adalah pintu gerbang utamanya dan biasa dipakai atau dilalui oleh para raja.

Imperial Enclosure merupakan bangunan benteng di dalam satu benteng. Tempat ini dulunya dijadikan sebagai perumahan untuk tempat tinggal kaisar Vietnam, kuil dan istana dan bangunan utama di tempat ini setinggi 6m, panjang didinginya sekitar  2.5 km pajangnya. Bangunan ini ada yang rusak hal itu diakibatkan dibom yang terjadi selama perang Perancis dan Amerika. Bangunan yang ada di dalam benteng hanya ada 20 dari 148 bangunan yang bisa  diselamatkan.

Baca juga : Tempat wisata di FilipinaTempat wisata di FilipinaTempat wisata di Asia Tenggara

ads
  1. Forbidden Purple City

Forbidden Purple CitySelanjutnya ada Forbidden Purple City yang dinamakan juga dengan Tu Cam Thanh. Tempat wisata yang berupa benteng dan termasuk unik ini hampir terisolasi dari dunia luar. Dulunya tempat ini dipakai untuk kepentingan raja-raja dan beberapa orang selirnya. Pintu gerbang masuk ke Forbidden City Purple ini ada 7 gerbang.

Keunikan tempat ini adalah tempat ini dikelilingi oleh parit sepanjang 10 km dan jumlah gerbang yang ada di tempat ini adalah 10.  Fungsi 10 benteng itu memiliki fungsi yang berbeda.  Misalnya saja adalah fungsi benteng pertama kebanyakan dihuni oleh rakyat jelata dan kebanyakan rakyat jelata itu tidak memiliki darah biru. Benteng berikutnya digunakan jika ada upacara penting yang dilakukan oleh pihak kerajaan. Benteng terakhir atau benteng yang ke 10 adalah benteng dimana kota adalah di mana Kota Purple Terlarang terletak. Selain royalti, satu-satunya yang diperbolehkan dalam tempat suci ini adalah kasim yang melayani keluarga dan selir kaisar.

Baca : Tempat Wisata Di Wonosobo

  1. Pantai Nha Trang

pantai Nha TrangPantai yang berlokasi dan masuk dalam wilayah Vietnam tengah ini mempunyai pasir putih, masih alami dan  kebersihannya begitu terjaga. Lokasi ini makin populer dan menjadi kebanggaan bagi warga Vietnam. Di sini pula pernah diadakan ajang Miss Universe Pageant 2008. Nha Trang tak cuma terkenal di Vietnam saja, namun keindahanya sudah sampai ke dunia.

Termasuk dalam salah satu pantai paling indah. Keindahan pantai sungguh eksotis, pengunjung dapat sewa kursi untuk berjemur dan menikmati panorama alam pantai.Yang paling indah ialah pada saat senja dan malam hari. Pantai ini memiliki hawa yang lumayan panas, sehingga jangan lupa untuk selalu membaw perlindungan kulit pribadi bagi anda yang ingin berjemur disini.  Saat kulit anda sudah dilindungi anda tidak perlu takut lagi dengan paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit anda mengalami masalah misalnya saja menjadi menghitam bahkan terkena sinar radiasi ultraviolet matahari.

Baca : tempat wisata di bontang

  1. Vietnam Selatan

kota vietnam selatanPusat wisatanya ada di Ho Chi Minh, kota bisnis sekaligus juga kota paling besar yang ada di Vietnam. Beberapa lokasi yang menarik dikunjungi saat berlibur di Vietnam Selatan, antara lain adalah War Remnant Museum, Quan Am Pagoda, Notre Dame Cathedral, Reunification Palace, Ben Thanh Market yang merupakan pasar tradisional. Di pasar ini dapat anda jumpai beragam souvenir, perlengkapan rumah tangga, makanan, sampai dengan kerajinan.

Sebetulnya kota Ho Chi Minh ini lebih maju bila dibandingkan dengan Hanoi. Yang menarik adalah walaupun kotanya lebih maju,  harga barang serta kebutuhan di Ho Chi Minh lebih murah dibandingkan dengan Hanoi. Satu lagi obyek wisata menarik yang ada di sini yaitu Cu Chi Tunnel. Jika anda tempuh dengan jalur darat dari Ho Chi Minh, maka anda memerlukan waktu kurang lebih selama 2 jam. Daya tariknya terletak pada banyaknya terowongan-terowongan bawah tanah yang dibangun masa gerilya Viet Cong melawan tentara Amerika.

Baca : Daftar Obyek Wisata Di Thailand

  1. Phu Quoc

Phu QuocLokasi ini adalah pulau paling besar yang ada di Vietnam, dekat Pantai Kamboja. Pantainya cukup besar dan di sekeliling Phu Quoc terdapat hutan tropis yang alami, sayangnya terumbu karang rusak. Salah satu pantai yang ada di sini benama Long Beach atau Bai Dai yang tergolong dalam salah satu dari sekian banyak pantai paling bersih dan indah. Tempat ini dikenal juga dengan pembuatan mam nuoc (saus ikan fermentasi) paling top di dunia.

Phu Quoc ini merupakan kanupaten dari Pulau bernama Kien Giang yang ada di telu Thailand. Teluk ini ada di 45 km dari Kota Vietnam.  Dan jika dari Kamboja teluk ini letaknya 4 km jaraknya. Phu Quoc ini tepat berada di Kien Giang provinsi dan sudah diakui oleh UNESCO, tempat ini merupakan Cagar Biosfer yang ada di dunia.

Baca : Tempat Wisata di Surabaya

  1. Sa Pa Terraces

Sa Pa TerracesIni merupakan kota yang letaknya ada di barat laut Vietnam. Dekat dengan perbatasan Cina. Nah, sawah yang berundak-undah dapat anda lihat di Lembah Muong Hoa yang berada di antara Gunung Fasipan dan Kota Pa Sa. Di sekeliling akan ditemui banyaknya hutan bambu. Warga banyak yang menanam jagung, padi, serta sayuran di tempat ini. Sawah ini akan sangat indah jika dilihat dari kejauhan.

Warna dari sawah yang ada di tempat wisata ini tergantung dengan musimnya. Jika saat musim mendekati panen, tempat wisata ini akan berwarna kekuningan. Namun saat musim tanam, sawah ini akan menghijau dari ujung sampi ujung lagi. Tips bagi anda yang ingin kesini jangan datang sehabis masa panen tiba, anda bisa datang kesini saat musim tanam atau saat musim panen. Sebab jika setelah musim panen anda datang kemari, yang ada hanyalah hamparan sawah yang luas dengan tanah kosong. Tentunya anda tidak ingin kecewa bukan?, yang perlu anda ketahui sebelum kesini adalah masa tanam atau masa panen dari Sa Pa Terraces

Baca : Tempat wisata di CilacapTempat Wisata di Malang

  1. Cu Chi Tunnel

Cu Chi TunnelTerowongan bawah tanah yang lokasinya kira-kira 40 km arah barat laut Ho Chi Minh ini selama perang Vietnam berlangsung, dijadikan sebagai lokasi persembunyian dari gerilyawan Viet Cong. Tetapi kini, tempat yang pernah menjadi basis operasi serangan Tet 1968 ini menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Vietnam. Saat datang kemari pengunjung diajak merangkak di lokasi aman dari sisi terowongan tersebut.

Ketika memasuki terowongan ini anda bisa merasakan bagaimana nuansa ketika perang. Ketakutan, keheningan dan juga tentunya kegelisahan. Anda bisa merasakan bagaimana rasanya masuk ke dalam lorong sempit dan juga pengap di tempat ini. Bagi anda yang menginginkan wisata sejarah, anda wajib untuk datang ke tempat ini. Sebaiknya anda bukanlah orang yang menderita sesak nafas, sebab orang yang mengalami sesak nafas tidak akan mampu berjalan merangkak di terowongan ini. Selain itu udara yang pengap disini membuat asma bisa kambuh sewaktu waktu.

Baca : Tempat Wisata di Mojosari

  1. Saigon Central Mosque

Saigon Cental MosqueTempat ini sering dinamakan juga dengan Dong Du. Sering disebut dengan Dong Du Mosque karena letaknya yang ada di Jalan Dong Du Ho Chi Minh City. Masjid ini didirikan oleh musim yang berasal dari India Selatan tahun 1935. Apabila anda merasa lapar, tak jauh dari masjid anda akan temukan ada beberapa restoran halal.

Umat muslim yang liburan ke Hanoi jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi tempat wisata satu ini. Akan adaa perasaan bangga dan tentram ketik melihat masjid pusat agama islam di Vietnam ini. Dengan melihat masjid ini kita bisa belajar dan tahu bagaimana agama islam masuk ke Hanoi. Dengan melihat perkembangan islam yang ada di Hanoi melalui masjid ini diharapkan keyakinan akan agama islam menjadi bertambah. Sebenarnya tidak hanya agama islam saja yang berkembang disini namun agama kristen dan katholik pun juga memiliki penganut yang lumayan banyak.

Baca : Tempat Wisata di Sungailiat Bangka

Sponsors Link

Kuliner Vietnam

Negara yang ibukotanya Hanoi ini ternyata memiliki banyak kuliner yang patut dicicipi. Makanan Vietnam terkenal sebagai makanan yang sehat karena biasa dimasak dengan sedikit minyak dan bahan-banan yang dipakai pun segar ditambah rempah, membuat citarasanya makin mantap. Walau terdengar sederhana, akan tetapi rasa masakan Vietnam itu lezat lho. Berikut beberapa rekomendasi makanan Vietnam yang wajib dicoba.


1. Pho

PhoKuliner yang pertama adalah Pho. Makanan yang satu ini sangat gampang ditemukan di tiap sudut Kota Vietnam. kuliner ini mirip dengan sup mi. Komposisi dalam makanan terdiri dari mie dari tepung beras, kuah kaldu, dan juga potongan daging.

 

 

 

 

 


2. Banh Xeo

Banh xeoMakanan yang satu ini tidak diperuntukkan untuk muslim. Ya, kudapan Vietnam mirip crepe dengan isinya yaitu daging babi, kecambah, juga udang. Dan dalam penyajiannya biasa disertai lalapan.


3. Goi Cuon

Goi CuonJika melirik ke nusantara, makanan Vietnam ini bisa dibilang lumpia. Kulit tipisnya terbuat dari tepung beras. Isian dalamnya adalah sayuran segar, seafood, potongan daging. Nah, kalau ingin menikmati Goi Cuon, anda dapat makan berteman saus ikan.


4. Ca Phe Trung

Ca Phe TrungSelanjuntnya ada minuman bernama Ca Phe Trung. Sejenis kopi telur tradisional yang berasal dari Vietnam. Kopi ini biasa disajikan bersama dengan putih telur yang dikocok sampai berbusa. Minuman ini banyak diminati wisatawan yang berkunjung ke Vietnam. Kopi telur memiliki tekstur lembut dari busa putih telur yang dihasilkan.


5. Nom Hoa Chuoi

Nom Hoa ChuoiSalah satu kuliner yang unik dari negeri ini adalah Nom Hoa Chuoi. Makanan yang bentuknya seperti salad. Bisa dibilang kalau kuliner yang satu ini merupakan salad khas Vietnam. Cara membuatnya, bahan utama yang berupa bunga pisang ditambah wortel potongan pepaya yang masih muda dan ayam. Untuk sausnya bisa menggunakan saus ikan, selengkapnya adalah taburan kacang.


6. Ga Nuong

Ga NuongMakanan yang terkenal juga dengan spicy chicken khas Vietnam ini bahan utamanya tentu saja sayap, kaki ayam, paha, yang dioles menggunakan madu kemudian dipanggang dan sajikanlah


7. Banh Mi

Banh MiKuliner selanjutnya merupakan adaptasi dari kuliner Perancis. Maklum saja karena Vietnam dahulu pernah menjadi jajahan Perancis. Salah satu diantaranya adalah baguette yang di Indonesia populer dengan nama roti perancis. Di Vietnam ada Banh Mi. Ini adalah roti baguette yang isi dalamnya berupa sayuran asin, keju, ham, telur goreng, saus cabai


Tempat Wisata Lain di Asia Tenggara Selain di Vietnam

  1. Chocolate Hills – Filipina

chocolate_hillsPerbukitan Cokelat? Wow, bagi anda yang menyukai cokelat, mungkin menyangka bahwa perbukitan ini banyak ditanami pohon cokelat. Akan tetapi sayangnya anggapan tersebut tidak benar. Tempat yang berada di wilayah Provinsi Bohol, Filipina.

Sebetulnya yang dinamakan Chocolate Hills adalah berupa ribuan gundukan tanah yang berselimut rumput yang tinggi dan warnanya akan berubah jadi cokelat bila terkena sinar matahari. Uniknya gundukan tanah tersebut mempunyai tinggi yang hampir sama. Para ahli geologi masih belum bisa memecahkan teori tersebut dan masih terus menelitinya. Waktu paling tepat untuk menikmati wisata Chocolate Hills adalah pada musim kemarau dan di sore hari. Pemandangannya akan sangat cantik.

  1. Banaue Rice Terraces

Banaue Rice TerracesLokasi yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan. Ketika sampai lokasi, dijamin anda akan kagum dengan keindahan lanskap alam yang begitu mempesona di hadapan anda. Sawah terasering yang umurnya kurang lebih 2000 tahun ini, bisa jadi merupakan sawah terasering paling tua di dunia, lho. Letaknya di lereng Gunung Ifugao dan sudah punya irigasi yang baik sejak dahulu. Sampai dengan saat ini, Banaue masih dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bercocok tanam, dan terawat dengan baik. Pokoknya jika anda tengah liburan ke Filipina, lokasi yang satu ini jangan sampai kelewatan, ya.

Jika melihat tempat wisata ini kta teringat dengan Sa Pa Terraces yang ada di Vietnam. Kedua tempat wsata ini baik Sa Pa Terrace maupun Banaue Rice Terraces tetap akan memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan bagi anda terutama bagi anda yyang hobi melakukan petualangan. Berjalan di pinggiran teras sawah itu akan terasa menyenangkan dan menyegarkan sehingga bisa anda jadikan sebagai kegiatan wisata ketika berada disini.

Itulah berbagai macam tempat wisata di Hanoi Vietnam yang tidak boleh dilewatkan, anda bisa mengunjugi bersama dengn teman dan keluarga anda. Liburan yang dilakukn bersama sama akan terasa lebih seru dan menyenangkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 15:48 Oleh :
Kategori : Vietnam