Sponsors Link

Taman Wisata Matahari Bogor Jawa Barat

Sponsors Link

Taman Wisata Matahari merupakan tempat wisata yang populer meski terbilang baru. Terbukti banyak orang yang ingin berlibur kesana, hal itu terlihat saat musim liburan tiba Taman Wisata Matahari selalu ramai dipadati oleh wisatawan yang ingin liburan. Tempat wisata ini tergolong dalam tempat wisata buatan, alasannya adalah tempat wisata ini dibentuk oleh tangan kreatif manusia. Motto atau semboyan taman ini adalah Recreation and Education Park yang artinya adalah taman untuk rekreasi dan juga sarana edukasi atau pendidikan. Oleh sebab itu tempat wisata ini cocok bagi anda yang ingin liburan bersama dengan keluarga terutama dengan anak anak anda.

ads

Rute Taman Wisata Matahari

Lokasi Taman Wisata Matahari ini ada di Jalan Raya Puncak KM 77, Cisarua Bogor Jawa Barat. Lokasinya berada di Puncak sehingga cuaca yang ada di Taman Wisata Matahari tergolong dingin dan sejuk. Rute merupakan hal yang penting diketahui ketika anda memutuskan berlibur bersama dengan keluarga anda. Hal itu dikarenakan jika tidak tahu rutenya kemungkinan besar bisa tersesat. Kalau sudah tersesat hal tersebut bisa membuang waktu, tenaga dan juga pikiran. Oleh sebab itu alangkah baiknya wisatawan yang ingin pergi ke Taman Wisata Matahari mengetahui rute untuk menuju ke sana. Berikut ini adalah rutenya :

  1. Bandung

Rute pertama yang bisa anda tempuh adalah dari Bandung. Bandung merupakan rute yang lumayan dekat untk menuju ke tempat wisata ini. Berikut ini adalah rute yang bisa ditempuh melalui Bandung :

  • Gerbang tol Pastuer menuju ke Tol Cipularang.
  • Dari Tol Cipularang keluar di Padalarang.
  • Dari Padalarang perjalanan dilanjutkan menuju ke Ciputat.
  • Habis Dari ciputat perjalanan dilanjutkan menuju ke Rajamandala.
  • Dari Rajamandala menuju ke Ciranjang, Ciganjur, Cugenang, Cipanas kemudian menuju ke Puncak.
  • Sesampainya di daerah puncak wisawatan bisa menuju ke Cisarua. Cisarua ini merupakan lokasi yang dekat dengan Taman Wisata Matahari.
  1. Jakarta

Anda juga bisa menempuh perjalanan dari arah Cawang Jakarta. Rute ini merupakan rute terdekat untuk bisa menuju ke Taman Wisata Matahari. Berikut ini adalah rutenya :

  • Jalan Mayjend Sutoyo kemudian perjalanan dilanjutkan menuju ke Tol Jogorawi.
  • Sehabis dari Tol Jogorawi keluar menuju ke Tol Gadok Puncak.
  • Sehabis keluar dari Tol Gadok Puncak, wisatawan harus mengambil arah menuju ke Puncak.
  • Laluilah Jalan Cisarua dimana jalan itu akan membawa wisatawan menuju ke Taman Wisata Matahari.
  1. Cempaka Putih

Rute selanjutnya adalah rute yang dari Cempaka Putih. Berikut ini adalah rutenya :

  • Mengambil lajur di Jalan Mayjen Ahmad Yani.
  • Setelah itu masuk ke jalur tol Cempaka Putih.
  • Sehabis keluar dari Tol Cempaka Putih wisatawan bisa menuju ke interchange di daerah Cawang.
  • Sehabis di Cawang, perjalanan akan dilanjutkan menuju ke jalan Tol Jogorawi.
  • Dari Tol Jogorawi anda akan keluar di Gadok Puncak.
  • Setelah keluar dari Gadok Puncak perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Jalan Raya Cisarua. Jalan raya ini akan membawa wisatawan menuju ke Taman Wisata Matahari.
  1. Angkutan Umum

Bagi wisatawan yang ingin pergi ke Taman Wisata Matahari bisa menggunakan angkutan umum. Ada dua jenis angkutan umum yang bisa digunakan untuk menuju kesana yaitu menggunakan bus atau menggunakan kereta. Berikut ini adalah rutenya :

  • Bagi anda yang ingin pergi ke Taman Wisata Matahari menggunakan angkutan umum sebaiknya anda turun di Stasiun Bogor.
  • Sehabis dari stasiun Bogor, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan bus atau angkot. Pilihlah angkot dengan nomor 3 sebab angkot itu akan membawa anda menuju ke Terminal Baranang Siang.
  • Dari Terminal Baranang Siang di Bogor perjalanan dilanjutkan menggunakan kendaraan umum dimana kendaraan umum itu akan digunakan untuk menuj ke puncak. Kendaraan yang digunakan adalah kendaraan L300.
  • Ketika anda menggunakan angkutan umum anda akan dikenakan biaya antara 15 ribu sampai dengan 20 ribu per orangnya. Tarif itu berlaku untuk sekali naik kendaraan umum atau angkutan umum.
  1. Kendaraan Pribadi

Bagi anda yang tidak ingin terlalu dipusingkan akibat bergonta ganti angkot sebaiknya anda menggunakan kendaraan pribadi saat akan menuju ke Taman Wisata Matahari. Rute ini dimulai dari Jakarta sehingga hanya bisa dilakukan oleh masyarakat Jakarta saja. Berikut ini adalah rute yang bisa ditempuh :

  • Ambil rute menuju ke Jalan Raya Bogor. Jalan Raya ini ditempuh dari Jala Keramat Jati Jakarta.
  • Setelah itu wisatawan tinggal mengikuti saja rute di Jalan Raya Bogor tersebut.
  • Sehabis dari Jalan Raya Bogor, wisatwan akan melewati Cibinong.
  • Sehabis dari Cibinong wisatawan harus mengikuti Jalan Kedung Halang.
  • Keluar dari Kedung Halang wisatawan sudah sampai di Bogor. Perjalanan akan dilanjutkan menuju ke Tajur.
  • Keluar dari Tajur, wisatawan akan sampai di Jaalan Raya Cisarua. Wisatawan tinggal mengikuti jalur itu sebab jalur itu akan membawa wisatawan menuju ke Taman Wisata Matahari. Letak Taman Wisata Matahari itu terletak di pinggir Jalan Raya Cisarua.

Tips Menghindari Kemacetan

ads
Yang namanya kota besar tentu rawan dengan kemacetan. Hal itu disebabkan oleh mobilitas penduduknya yang tinggi. Terlebih lagi kemacetan akan tidak bisa dihindari saat musim liburan. Bisa dipastikan jalan menuju ke Puncak Bogor akan mengalami kemacetan dikarenakan banyak masyarakat yang ingin berlibur ke Puncak Bogor. Oleh sebab itu bagi wisatawan yang ingin berkunjung kesana mengetahui tips menghindari kemacetan sangat diperlukan.

Salah satu hal yang penting untuk diketahui pertama kali agar tidak terkena kemacetan adalah wisatawan mengetahui sistem buka tutup di daerah Puncak. Sistem bka tutup mulai diberlakukan pada jalur menuju ke Puncak. Sistem ini diberlakukan saat akhir pekan dan setiap musim liburan panjang tiba. Mengetahui sistem buka tutup ini sangat bermanfaat untuk terhindar dari kemacetan panjang yang mungkin bisa memakan waktu berjam jam lamanya. Berikut ini adalah informasi penting mengenai sistem buka tutup yang diberlakukan di jalur menuju ke Puncak :

  1. Sabtu

Hal yang harus diperhatikan pada sistem ini adalah waktunya. Berikut ini adalah waktu sistem buka tutup yang penting untuk diperhatikan :

  • Sistem buka tutup pada Sabtu terjadi pada pukul 9 pagi samapai dengan pukul 10.30 pagi.
  • Pada pukul ini hanya kendaraan yang menuju ke Puncak saja yang boleh melewati jalan.
  • Untuk kendaraan yang dari Puncak menuju ke Jakarta harus menunggu jalur alternatif.
  • Jika tidak bisa mencari jalur alternatif bisa menunggu sistem buka jalan menuju ke Jakarta pada pukul 10.31.
  • Pada hari Sabtu sebaiknya anda memutuskan pulang untuk ke Jakarta atau turun ke bawah pada sore hari yaitu sekitar pukul 3 sore sampai dengan jam 5 sore. ( Baca : kebun binatang ragunan  )
  1. Minggu

Berikut ini adalah waktu sistem buka tutup yang harus diperhatikan saat hari Minggu :

  • Sistem buka tutup dengan jalan satu arah diberlakukan pada puku 9 pagi samai dengan pukul setengah sebelas pagi.
  • Sistem buka dari arah Puncak menuju ke Jakarta atau menuju ke baah diberlakukan pada pukul 3 sore sampai dengan pukul 6 sore.
  • Diluar dari jam sistem buka tutup pagi maupun sore tersebut, jalan bisa dilalui oleh berbagai macam kendaraan dari Puncak maupun menuju ke Puncak. Sehingga dikhawatirkan diluar jam jam tersebut bisa terjadi kemacetan kapan saja.
  • Bagi wisatawan yang sudah terlanjur terjebak di sistem buka tutup sebaiknya menghentikan laju kendaraan atau bisa juga menepikan kendaraannya. Mencari tempat istirahat terdekat merupakan cara jitu untuk menghadapi kemacetan tersebut. ( Baca : tempat wisata di semarang )

Spot di Taman Wisata Matahari

Taman Wisata Matahari merupakan tempat wisata buatan yang sudah didirikan sejak tahun 2010 silam. Taman wisata ini dbanng sebagai wujud kepedulian terhadap masyaraat dari kelas menengah sampai kelas bawah untuk bisa menikmati berbagai macam spot permainan dengan harga yang terjangkau. Taman wisata ini didirikan di atas lahan seluas 30 hektar oleh Pengusaha Hari Darmawan. Di Taman Wisata Matahari ini disediakan berbagai macam spot menarik yang waijib untuk dicoba yaitu berikut ini :

  1. Spot dengan Tema Petualangan

spot petualanganSpot pertama yang bisa wisatawan jumpai di Taman Wisata Matahari ini adaah sopt dengan tema petualangan. Spot ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan area permainan yan bisa memacu adrenalin anda. Di spot ini ada banyak permainan yang bisa dicoba misalnya saja adaah arung jeram, flying fox, outbond mini, mengendarai ATV dan yang terakhir adalah rumah hantu. Semua wahana permainan itu bisa membuat adrenalin anda menjadi tertantang.

Permainan Arung Jeram yang ada di Spot Petualangan akan mengajak wisatawan untuk mengarungi ganasnya arus sungai Ciliwung. Anda tidak perlu takut akan cidera atau terbawa arus, hal itu dikarenakan setiap pengunjung yang melakukan arung jeram akan didampingi oleh instruktur yang berpengalaman. Tugasnya adalah sebagai penjamin keselamatan dan juga kenyamanan pengunjung yang melakukan arung jeram. Wahana Flying Fox menawarkan adanya padang rumput yang hijau luas terhampar. Tidak hanya itu saja, penggunaan ATV pun diberlakukan agar bisa menyusuri track yang telah disediakan dengan cara aman.

Baca : monumen nasional jakarta

  1. Spot dengan Tema Pendidikan

spot pendidikanSpot yang satu ini sangat cocok untuk anak anak anda sebab di spot ini anak anak bisa belajar banyak hal. Di spot dengan tema pendidikan, wahana permainan yang ditawarkan adaah wahana dengan area outdoor atau diluar ruangan. Area yang digunakan biasanya area persawahan dan juga area di area perkebunan sayur mayur.

Saat di spot dengan tema pendidikan, anak anak akan diajarkan bagaimana caranya menjaga lingkungan yang ada di sekitarnya, tidak hanya itu saja anak anak juga diajarkan untuk mengetahui lingkungan. Misalnya saja anak diajarkan untuk mengenali berbagai jenis sayur, membajak sawah, memberikan makan hewan dan membuat pupuk kompos dengan bahan dasar limbah organik. Semua kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan wawasan anak tentang alam. Dengan alat bantu media yang memadai, pendidikan dan pengetahuan tentang alam akan semakin mudah dipahami dibandingkan dengan konteks teks semata.

  1. Permainan

spot permainanOrangtua yang memiliki anak sebaiknya mencoba spot dengan tema permainan yang ada di Taman Wisata Matahari. Di dalam spot ini, ditujukan untuk Melatih tumbuh kembang anak agar anak anak bisa bermain sekaligus belajar. Anak membutuhkan bermain agar hatinya senang sehingga ketika hatinya senang dia akan mudah menyerap pembelajaran yang ada di sekolah. Spot ini juga memiliki tujuan mengenalkan dunia permainan anak anak yang tidak didapatkannya di bangku sekolah.

Ada berbagai jenis wahana permainan yang bisa dicoba ketika berada di spot ini misalnya saja adalah mini jet, ontang anting, trampolin, fantasy train dan masih banyak lagi lainnya. Dengan permainan, anak akan lebih ekspresif dan juga mengasah kemampuan otak kanannya. Oleh sebab itu tidak ada salahnya orangtua mengajak anak anak untuk mencoba spot permainan yang ada di Taman Wisata Matahari ini

  1. Alam

spot alamSpot terakhir yang ada di Taman Wisata Matahari adalah spot alam. Spot alam ini berguna untuk mendakatkan diri kita kepada alam yang telah diciptakan oleh tuhan. Ada berbagai macam wahana permainan yang bisa digunakan untuk mengenal alam lebih dekat misalnya saja adalah wahana air dan juga berwisata mengelilingi danau di Taman Wisata Matahari.

Tidak hanya permainan saja yang ditawarkan di Spot dengan tema alam ini, namun pihak taman wisata juga menyediakan olahraga yang berhubungan dengan air misalnya saja adalah olahraga dayung perahu, menaiki sepeda air dan juga bumper boat. Pengunjung yang mencoba spot dengan tema alam bisa berlomba misalnya saja adalah lomba untuk naik sepeda air, lomba untuk dayung perahu serta masih banyak lainnya. Kesemuanya itu bisa membuat liburan anda bersama dengan keluarga semakin menyenangkan dan berkualitas.

Sponsors Link

Biaya

Hal yang satu ini tidak boleh terlewatkan sebab ketika akan liburan, perincian biaya dan perencanaan biaya sangat diperlukan. Alasannya adalah jangan sampai ketika liburan atau berwisata uang yang dibawa kurang atau malah berlebihan. Berikut ini adalah biaya yang harus dikeluarkan wisatawan ketika berkunjung di Taman Wisata Matahari :

  1. Tiket Masuk

Biaya pertama yang harus dikeluarkan adalah biaya tiket masuk. Biaya tiket masuk di beberapa tempat wisata berbeda beda. Oleh sebab itu harga tiket masuk inilah yang harus diketahui ketika anda memutuskan untuk berlibur ke suatu tempat. Harga tiket masuk untuk masuk ke Taman Wisata Matahari cukup murah dan terjangkau. Hal itu sesuai dengan tujuan pendirian taman wisata ini dimana taman wisata ini bisa digunakan untuk liburan dan sarana edukasi bagi masyarakat menengah ke bawah. Berikut ini adalah harga tiket masuk di Taman Wisata Matahari :

  • Hari biasa. Untuk hari biasa tiket per orangnya sebesar Rp. 15.000.
  • Weekend dan hari libur. Untuk hari libur nasional maupun akhir pekan tiket masuk menjadi Rp. 20.000 per orangnya.
  1. Wahana

Setiap wahana yang ada di beberapa spot Taman Wisata Matahari dikenakan biaya. Namun jangan khawatir sebab biaya yang harus wisatawan keluarkan untuk setiap wahana tidak terlalu mahal. Setiap wahana yang ada disana dibanderol dengan harga Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 25.000 per orang / per wahana / sekali naik. Setiap wahana dibekali dengan keamanan yang memadai dan pemandu ahli dan berpengalaman.

Itulah berbagai macam informasi tentang Taman Wisata Matahari yang perlu untuk diketahui. Salah satu tempat rekreasi dan sarana edukasi yang tepat untuk dikunjungi adalah Taman Wisata Matahari. Ketika anda merencakanan untuk liburan alangkah baiknya tidak hanya kesenangan saja yang didapatkan namun juga mendapatkan ilmu atau pengetahuan dari tempat wisata tersebut.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 27th, August 2016 / 00:26 Oleh :
Kategori : Jawa Barat