Wisata Curug Lawe Ungaran yang Wajib Dikunjungi

Menjelajah Jawa Tengah kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Semarang. Ibu kota Jawa Tengah yang satu ini memang merupakan sebuah kota yang memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi. Kota ini mungkin memang cukup panas karena posisinya yang memang dekat ada di daerah pantai utara Jawa. Akan tetapi, rupanya masih ada kawasan yang sejuk dan menenangkan di Semarang, tepatnya di kawasan Ungaran. Jika Anda suka Tempat Nuansa Alam di Semarang, mungkin Curug Lawe Ungaran adalah salah satu tempat yang bisa Anda tuju di kaki Gunung Ungaran. Berikut beberapa penjelasan mengenai objek wisata ini.

Keindahan Curug Lawe

Keindahan Curug LaweAir Terjun Lawe atau yang dikenal sebagai Curug Lawe ini memang merupakan salah satu Tempat Wisata Di Ungaran, terutama di telinga orang-orang yang hobi berwisata. Namun rupanya masih belum banyak orang yang mengetahui posisi dari curug ini. Namun, yang pasti diketahui adalah curug ini berada di kaku Gunung Ungaran Jawa Tengah. Gunung Ungaran itu sendiri adalah salah satu gunung di Jawa Tengah yang bisa didaki. Nah, Curug Lawe ini berada di sisi barat dari gunung tersebut.

Secara administratif, lokasi Curug Lawe Ungaran memang cukup jauh dari pusat kota Semarang dan Tempat Wisata di Semarang. Hal inilah mungkin yang menjadikan para wisatawan enggan bersusah payah datang ke sana. Akan tetapi, sebenarnya air terjun ini sangat indah dan menawarkan pemandangan khas pegunungan yang meneduhkan mata. Daya tarik Curug Lawe itu sendiri adalah air terjun yang berada di tengah dari cekungan sebuah tebing. Selain itu, debit air di curug ini juga terbilang cukul deras. Sehingga para pengunjung disarankan untuk tidak terlalu dekat dengan air terjun jika tidak ingin kebasahan. Selalu siap sedia baju ganti saja jika ingin berkunjung ke sana.

Air terjun ini juga berdekatan dengan air terjun lainnya yang bisa juga Anda kunjungi sekaligus mumpung masih berada di kawasan tersebut. Yaitu Curug Benowo. Curug Benowo ini jaraknya hanya sekitar 1 km saja dari Curug Lawe. Dan Anda bisa mampir ke Curug Benowo dengan melakukan trekking di tengah hutan sesuai dengan petunjuk jalan. Kedua air terjun tersebut sama-sama cantik dan sama-sama masih alami. Sangat cocok untuk dikunjungi oleh orang-orang yang memang suka dengan petualangan dan perjalanan di alam bebas. Kepopulerannya semakin terasa ketika ada sebuah acara TV yang mengeksplor kedua air terjun ini.

Fasilitas Curug Lawe

Walau terbilang belum terlalu ramai oleh pengunjung, akan tetapi fasilitas wisata yang ada di sana sudah cukup lengkap. Di sana Anda akan menemukan:

Untuk berwisata ke Curug Lawe Ungaran itu sendiri harga tiketnya juga sangat murah, yaitu Rp 5.000 saja per orang. Jam operasionalnya hanya sampai pukul 15.00 WIB saja. Setelah itu, Anda memang disarankan untuk meninggalkan tempat tersebut, karena suasana sore di sana akan sangat gelap. Selain itu, di sana juga belum ada fasilitas penginapam terdekat. Jika Anda ingin menginap, carilah saja penginapan di dekat Alun-alun Ungaran.

Lokasi Curug Lawe

Alamat dari Curug Lawe ini adalah di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Jaraknya dari pusat Semarang adalah sekitar 21 km dan bisa ditempuh kurang lebih 1 jam dengan berkendara.

Aksesibilitas menuju ke Curug Lawe Ungaran itu sendiri akan menempuh perjalanan yang tidak sepenuhnya mudah. Ada beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh, yaitu:

• Dari Semarang

Jika Anda berkendara dari pusat Semarang, Anda dapat menempuh kalan menuju ke Universitas Negeri Semarang atau UNES. Sebelum UNES akan ada pertigaan. Di pertigaan itu ambil belokan ke arah kiri. Ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu pertigaan lagi. Di pertigaan ini, belok ke arah kanan. Lalu di pertigaan selanjutnya ambil belokan kiri. Ikuti saja jalan tersebut hingga mendapati pertigaan. Amb ke arah Boja (kanan). Akan ada gapura yang merupakan gapura masuk menuju ke Curug Lawe. Di sana juga sudah ada papan penunjuk jalan sehingga jangan takit tersesat. Jika tersesat, jangan sungkan untuk bertanya.

• Dari Alun-alun Ungaran

Rute kedua adalah dari Alun-alun Ungaran. Anda bisa berkendara menjju ke arah Boja mrlalui Mapangan. Jika sudah sampai Boja, akan ada persimpangan jalan. Silakan ambil beloka ke kiri untuk menuju ke Desa Sumur Gunung. Ikuti saja jalanan tersebut sampai menemukan pertigaan. Ambil belokan ke arah Zabzibar (perkebunan teh). Akan ada pertigaan lagi, dan kali ini beloklah ke kiri. Anda akan tiba di lokasi wisata Curug Lawe.

Jalur Trekking Menuju Curug Lawe

Jalur Trekking Menuju Curug LaweSalah satu Tips Wisata ke Air Terjun adalah mempersiapkan tenaga untuk trekking. Setelah sampai di lokasi, Anda bisa memarkirkan kendaraan. Dari sana, Anda perlu untuk trekking alias berjalan kaki. Perjalanan ini akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 jam. Jalurnya memang cukup jauh dan kabarnya rawan longsor. Sehingga Anda perlu berhati-hati. Selama perjalanan itu, suasana alam akan sangat terasa. Dan pemandangan yang ada akan sangat menarik di lereng Ungaran tersebut. Hutan di sana juga masih alami, sehingga Anda jika beruntung bisa melihat hewan-hewan seperti lutung atau burung.

Di saat trekking, pengunjung akan melewati jembatan. Jembatan ini disebut sebagai Jembatan Romantis. Wisatawan suka berfoto di jembatan tersebut. Setelah melewati jembatan akan ada persimpangan jalan yaitu persimpangan jalur Curug Lawe dan Curug Benowo. Selama perjalanan, wisatawan juga akan menemui warung penjual makanan. Namun sangat disarankan Anda membawa bekal sendiri, terutama minuman untuk berjaga-jaga jika kehausan di perjalanan.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah waktu berwisata. Mengingat curug ini tutup pada pukul 15.00, Anda disarankan untuk berangkat lebih pagi agar bisa lebih puas berjalan-jalan di sana. Atau setidaknya, Anda bisa mampir juga ke Curug Benowo. Namun jika Anda terlalu siang, maka kemungkinan hanya bisa berkunjung ke salah satu curug saja.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Curug Lawe Ungaran yang berada dj dekat Curug Benowo. Semoga informasi tersebut berguna untuk Anda. Selamat berlibur.