Sponsors Link

33 Tempat Wisata di Sumatera Utara yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Sumatera Utara merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dikenal dengan kekayaan adat dan budaya, serta tempat wisata yang indah, Sumatera Utara memiliki pesonanya sendiri. Banyak sekali tempat wisata di Sumatera Utara yang bisa dikunjungi oleh wisatawan, mulai dari yang paling terkenal seperti Danau Toba, sampai ke tempat-tempat yang belum banyak terekspos oleh media. Berikut adalah beberapa tempat wisata di sumatera utara :

(Baca: Tempat Wisata di Laos yang Wajib Dikunjungi)

  1. Danau Toba

aaeaaqaaaaaaaaffaaaajdiymgi3mjbhltc3mwutnde5yy1hztuxltq3ymiznwyxmjnkyqDanau Toba memang pantas menjadi salah satu ikon Sumatera Utara. Dengan ukuran yang fantastis, Danau Toba merupakan hasil dari danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara. Diperkirakan, Danau Toba terbentuk saat ledakan dari supervolcano sekitar 73 sampai 75 ribu tahun yang lalu. Debu vulkanik yang menumpuk dan akhirnya membentuk cerukan sebelumnya telah menelan jutaan korban jiwa dan juga makhluk hidup yang berada di sekitar Danau Toba. Sekarang, Danau ini menjadi salah satu tujuan wisata terpopuler di Sumatera Utara. Selain Danau Toba sebagai obyek wisata utama, ada juga banyak pulau-pulau kecil dan juga desa-desa di sekitar Danau Toba yang menarik untuk dikunjungi.

Di sekitar Danau Toba terdapat banyak sekali tempat makan, penginapan, sampai ke tempat yang menyediakan jasa tour dan traveling. Untuk yang ingin berwisata dengan mudah, tentunya Danau Toba menjadi pilihan yang menyenangkan, karena banyak penginapan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk melihat danau-danau indah yang terdapat di Indonesia, salah satunya adalah Danau Kaolin di Bangka-Tempat Wisata dan Daftar Danau di Indonesia.

  1. Pulau Samosir

samosirBanyak tempat wisata di Indonesia yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi. Tetapi, untuk para pengunjung yang menyukai wisata danau Toba, setelah mengunjungi Danau Toba, tidak akan lengkap jika tidak mengunjungi Pulau Samosir. Pulau kecil yang berada di tengah danau Toba ini menjadi salah satu destinasi wisata yang akan sayang jika tidak dikunjungi.

Pulau ini merupakan salah satu tujuan wisata budaya, karena pengunjung dapat menemukan rumah masyarakat Samosir zaman dahulu. Ada juga tarian yang masih dilestarikan oleh masyarakat Samosir, patung-patung dan rumah masyarakat yang bisa dijadikan objek fotografi untuk para pengunjung yang suka fotografi, dan jangan lupa membeli bermacam-macam oleh-oleh dan pernak-pernik khas Pulau Samosir.

  1. Parapat

parapatMasih terpesona dengan keindahan Danau Toba, tetapi ingin melihatnya dari tempat yang berbeda? Kunjungi obyek wisata Parapat yang berada di kawasan Danau Toba.

Tempat yang menyajikan keindahan pemandangan alam lokal dan juga keindahan alam Kota Parapat ini memberikan keindahan Danau Toba dari sisi lain, dan juga suasana yang segar dan juga asri yang menyelimuti daerah ini. Selain keindahan alam, para wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan berfoto bersama dan juga memberi makan bersama monyet-monyet yang banyak terdapat di sekitar daerah ini. Medan memang banyak yang menarik untuk dikunjungi, bisa dilihat dari Tempat Wisata di Medan yang Wajib Dikunjungi.

  1. Bukit Gundaling

gundalingBerada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berlokasi sekitar 60 kilometer dari pusat kota Medan. Berada di ketinggian lebih dari 1500 meter di atas permukaan laut, dan memiliki suasana yang asri, tenang, dan udara yang segar, Bukit Gundaling membuat para wisatawan yang mengunjunginya merasa nyaman dan betah berlama-lama. Bukit Gundaling memiliki keunikan yaitu membuat kita dapat melihat pemandangan dua gunung berapi dari puncaknya.

Dikenal sebagai Kota Markisan dan Jeruk Manis, Gundaling sendiri merupakan kota yang memiliki hamparan ladang pertanian yang indah, luas, hijau, dan asri. Bayak tempat yang menarik dapat dilihat di sekitar Sumatera, dengan keunikan dan juga keindahan yang terdapat di sekitar Sumatera. Salah satunya adalah di Sumatera Barat, dan bisa dilihat di Tempat Wisata di Bukittinggi Sumatera Barat dan Sekitarnya.

  1. Menara Air Tirtanadi

tirtanadiMerupakan salah satu ikon kota Medan, dan keberadaan menara ini sangat penting dan vital bagi penduduk kota Medan. Didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda, tempat penampungan air ini memiliki sejarah yang menarik.

Pada zaman Belanda, tidak semua masyarakat Medan bisa menikmati air bersih, yang pada zaman itu disebut sebagai air leiding yang berasal dari bahasa Belanda. Menara air yang berdiri di tengah kota Medan, tepatnya di jalan Sisingamaraja ini masih terawat dengan baik, dan menjadi landmark kota Medan sampai hari ini.

Para pengunjung yang melihat-lihat kota Medan dapat dengan mudah menemukan menara air ini, tetapi tempatnya yang terhimpit di antara gedung dan bangunan membuat menara air ini memang tidak terlalu tampak mencolok. Banyak tempat-tempat wisata di tengah kota yang kurang terekspos, seperti yang terlihat di Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan.

  1. Bukit Lawang

bukit-lawangTerletak sekitar 80 kilometer dari kota Medan, Bukit Lawang termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Pepohonan hijau, asri, dan udara sejuk yang terdapat di Bukit Lawang membuat pengunjung lupa dengan hiruk pikuk dan kericuhan di kota besar. Banyak kegiatan dan aktivitas yang dapat dilakukan di Bukit Lawang, seperti trekking, menikmati pemandangan, bersantai, sampai melihat-lihat binatang khas berupa Orangutan.

Tidak usah khawatir dengan letak obyek wisata ini yang cukup jauh dari pusat kota, karena pengunjung dapat meninap di dekat Bukit Lawang dan juga menikmati wisata kuliner di tempat ini. Tempat-tempat wisata di Indonesia memang banyak dan masing-masing memiliki keindahan yang unik dan berbeda, tidak hanya di Sumatera saja, tetapi juga di seluruh pulau di Indonesia, seperti Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi.

  1. Kampung Madras Medan

kampung-madras-medanDisebut juga sebagai Kampung Keling, Kampung Madras Medan merupakan perkampungan atau daerah yang memiliki penduduk yang kebanyakan berasal dari India. Suasana di Kampung Madras ini sendiri merupakan tempat wisata budaya yang unik dan berbeda dari yang lain, karena kentalnya budaya India yang beradat istiadat khas, dengan banyaknya kuliner ala India, pernak pernik khas India, dan juga kental dengan adat Hindu.

Tempat budaya yang kental dengan banyak sejarah ini merupakan salah satu landmark yang terkenal di Medan. Seperti tempat budaya lainnya, kebanyakan yang bisa dilihat di sini adalah budaya dan juga sejarah yang terdapat dan mendarah daging di masyarakatnya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan juga mentaati peraturan yang disetujui oleh masyarakat setempat.

  1. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

rahmatMeskipun berupa museum, tetapi Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini sama sekali tidak membosankan. Bangunan yang terlihat modern, tempat yang dirawat oleh pengelola dan juga kegiatan-kegiatan dan aktivitas yang menarik membuat Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang membawa anak-anak.

Merupakan satu-satunya museum yang memiliki koleksi lengkap hewan diawetkan di Asia, museum ini bertempat di tengah kota Medan, tepatnya di Jalan S. Parman. Tersedia berbagai macam fasilitas yang lengkap untuk pengunjung, mulai dari perpustakaan yang memiliki banyak buku mengenai jenis-jenis satwa, toko souvenir untuk membeli cinderamata, kafe yang juga menyajikan macam-macam minuman, sampai ruangan serbaguna untuk pertemuan, pesta, dan keperluan lainnya.

  1. Gunung Sibayak

sibayakGunung Sibayak merupakan tempat wisata yang cukup populer bagi para pendaki gunung dan pencinta alam. Dengan keindahan alam yang luar biasa, banyak dari pengunjung dan pendaki yang berangkat sejak pagi untuk dapat menikmati matahari terbit yang indah.

Dari puncak Gunung Sibayak, para pengunjung dan wisatawan dapat menikmati kota Medan. Berlokasi sekitar 50 kilometer dari kota Medan, banyak sekali pendaki yang menaklukkan gunung berketinggian 2.212 meter di atas permukaan laut ini. Setiap tanggal 17 Agustus, di gunung yang memiliki sebutan “gunung Raja” oleh uku Karo ini terdapat upacara rutin dan lomba panjat pinang bagi seluruh pencinta alam. Setelah menikmati pemandangan gunung, banyak juga pemandangan yang dapat dinikmati, tetapi pengunjung dan wisatawan harap selalu mengingat Pantangan Saat Naik Gunung yang Harus Ditaati.

  1. Cagar Alam Sibolangit

cagar-alam-sibolangitCagar alam ini memiliki luas sekitar 24 hektar dan bertempat di Kabupaten Deli Serdang. Dengan tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter, cagar alam Sibolangit menawarkan pemandangan indah dan unik serta suasana yang asri, sejuk, dan juga segar karena banyaknya pepohonan rimbun dan juga air terjun yang berada di tempat ini. Cagar alam Sibolangit merupakan tempat yang cocok untuk berkemah, berwisata air, bermain air, atau sekedar bersantai dan menikmati waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Banyak yang merasa bahwa menikmati pemandangan alam adalah sesuatu yang membosankan. Tentunya hal itu tidak berlaku jika sedang berjalan-jalan dan menikmati pemandangan dan juga alam yang terhampar di seluruh pulau di Indonesia, salah satunya seperti Wisata Raja Ampat Papua Barat yang terkenal sampai ke mancanegara.

  1. Taman Nasional Gunung Leuser

gunung-leuserMerupakan salah satu Kawasan Pelestarian Alam di Indonesia yang memiliki tempat luar biasa luas, yaitu sekitar 1.100.000 hektar. Secara administrasi, Taman Nasional Gunung Lesuer terletak di dua Provinsi, yaitu Provinsi Aceh dan Sumatera Utara.

Mengambil nama Gunung Leuser yang memiliki tinggi 3404 meter di atas permukaan laut ini, Taman Nasional Gunung Leuser memiliki ekosistem asli dari pantai sampai pegunungan tinggi yang diliputi oleh hutan lebat khas hujan tropis. Dikelola dengan sistem yang baik, tempat ini sangat cocok untuk para pengunjung dan wisatawan yang ingin berkunjung dan bersantai, sampai ke peneliti dan ilmuwan yang memanfaatkan taman ini sebagai tujuan penelitian.

Tidak hanya memiliki pemandangan alam saja, tetapi tempat ini memiliki banyak kegiatan yang cocok dinikmati untuk semua wisatawan dari berbagai umur. Sama seperti tempat-tempat wisata yang unik lainnya seperti Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya.

  1. Tangkahan

tangkahanMasih termasuk ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Tangkahan adalah salah satu tujuan eco-travel di Sumatera Utara yang memberikan macam-macam aktivitas dan kegiatan menarik bagi para pengunjung, mulai dari menaiki gajah, sampai mengarungi sungai. Untuk para pencinta alam dan juga air terjun, lihat juga Tempat Wisata di Sukabumi Paling Unik, lengkap dengan kegiatan yang menarik.

Selain itu, terdapat juga berbagai tempat yang menarik untuk dilihat, seperti trekking melewati hutan yang cukup lebat tetapi tidak terlalu dalam, atau menikmati kegiatan bersepeda dan juga menikmati ekosistem yang terjaga dan asli di taman nasional ini. Untuk penginapan dan tempat makan, para pengunjung tidak usah khawatir karena terdapat banyak penginapan, akomodasi dan juga transportasi yang berada di sekitar taman nasional ini.

sponsored links
  1. Hillpark Sibolangit

hillpark-sibolangitSedikit mengingatkan tempat yang populer di Jakarta yaitu wahana wisata Dufan dan juga Taman Mini Indonesia Indah Jakarta (TMII) Ulasan Lengkap yang berada di ibukota Indonesia, Hillpark Sibolangit cocok untuk para pengunjung dan wisatawan yang membawa anak-anak atau keluarga, tempat ini menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi.

Hillpark Sibolangit merupakan taman rekreasi yang bertempat di Desa Suka Makmur Sibolangit, dan memiliki banyak jenis permainan. Seperti halnya taman rekreasi lainnya, Hillpark Sibolangit menawarkan banyak kegiatan seperti mencoba wahana-wahana yang menarik, dan merupakan salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar. Bertempat di ketinggian 550 meter di atas permukaan laut, membuat tempat rekreasi sekaligus obyek wisata ini cukup unik dibandingkan taman rekreasi lainnya, karena udara yang segar.

  1. Air Terjun Aek Sijornih

aek-sijornihMerupakan air terjun yang berlokasi di di Desa Aek Libung, nama air terjun Aek Sijornih berasal dari bahasa batak yang memiliki arti berupa air yang jernih. Terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil dan melewati tebing miring dengan kandungan kapur, air terjun ini memang kurang populer jika dibandingkan dengan air terjun lain dan juga obyek wisata lain yang berada di Sumatera Utara. Meskipun begitu, pemandangan dan tempat yang asri membuat banyak wisatawan merasa betah.

Banyak tempat-tempat yang belum terlalu banyak terekspos oleh media, terutama di daerah Sumatera dan daerah-daerah lain yang jauh dari Pulau Jawa. Meskipun begitu, tempat-tempat ini sangat menarik untuk dijelajahi sendiri, terutama jika pengunjung menyewa guide lokal, sesuai dengan Fungsi Tour Guide untuk Traveler.

  1. Salju Panas Dolok TInggi Raja

salju-panasSesuai dengan namanya, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu berwarna putih karena terletak di kawasan bukit kapur sehingga menyerupai salju, tetapi tidak dingin. Obyek wisata ini merupakan obyek wisata yang unik, karena warna tanahnya dan juga bentuk yang mirip seperti danau, dan juga di tengah kawasan ini terdapat danau dengan air panas yang berwarna biru kehijau-hijauan.

Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki keunikan yang tiada dua, tetapi sayangnya masih belum banyak pengunjung dan wisatawan yang mengetahuinya. Oleh karena itu, jalan dan akses menuju obyek wisata ini tidak terlalu baik dan cukup mengganggu. Meskipun begitu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat unik ini bila para wisatawan sedang berada di Sumatera Utara.

  1. Penangkaran Buaya Asam Kumbang

asam-kumbangDisebut juga sebagai Taman Buaya Asam Kumbang, tempat ini merupakan salah satu taman reptile terbesar di Indonesia. Dengan lebih dari 2400 ekor reptile, taman yang dibangun pada tahun 1959 ini memiliki banyak sekali koleksi buaya dari yang masih kecil dan muda, sampai yang besar dan berumur puluhan tahun. Para pengunjung dapat melihat buaya dari tempat yang dekat namun aman, karena buaya-buaya diletakkan di kolam dan danau buatan dan dikelilingi oleh tembok sehingga tidak bisa menyerang pengunjung.

Para pengunjung dan wisatawan juga dapat melihat buaya-buaya tersebut diberi makan oleh pawang, dan merupakan salah satu tempat wisata yang unik. Tentunya, pengunjung tetap diminta untuk mentaati peraturan agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, sama seperti juga tempat wisata unik lainnya, yaitu Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat.

  1. Air Terjun Sipiso-Piso

sipiso-pisoTerletak di dekat Desa Tongging, Sumatera Utara, air terjun ini merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola baik oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Nama air terjun ini berasal dari kata pisau, karena derasnya air terjun yang menyerupai pisau.

Termasuk salah satu air terjun tertinggi di Indonesia, selain air terjun Sigura-Gura. Tinggi air terjun ini kira-kira 120 meter, dan pengunjung akan mendapati air terjun ini di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut, dan dikelilingi oleh hutan pinus. Dari tempat ini, pengunjung dapat melihat hamparan keindahan tanah Karo dan juga melihat keindahan Pulau Samosir yang berada di tengah Danau Toba. Terletak kurang lebih dua jam dari kota Medan, dan memiliki banyak tempat makan serta tempat untuk membeli oleh-oleh di sekitar lokasi ini.

  1. Danau Lau Kawar

lau-kawarBagi para pengunjung yang menyukai petualangan dan juga keindahan alam, tentunya Danau Lau Lawar merupakan pilihan yang tepat. Memang tidak seterkenal dan sepopuler danau Toba, tetapi hal itulah yang membuat Danau Lau Kawar menjadi salah satu pilihan tepat bagi para pengunjung dan wisatawan yang tidak terlalu menyukai tempat yang ramai dan berdesak-desakan dengan banyak orang. Danau yang memiliki suasana asri dengan banyaknya pepohonan rindang dan sejuk ini terletak di kaki Gunung Sinabung.

Memiliki luas sekitar 200 hektar, terdapat banyak sekali kegiatan dan aktivitas yang bisa dilakukan dengan teman maupun keluarga seperti berkemah, memancing, atau hanya bertamasya ke sekeliling danau yang indah dengan menggunakan perahu kecil yang bisa disewa. Banyak tempat wisata dan juga taman wisata yang bisa dikunjungi, seperti contohnyaTaman Wisata Matahari Bogor Jawa Barat.

  1. Danau Linting

danau-lintingSalah satu danau yang juga tidak memiliki kepopuleran seperti Danau Toba, Danau Linting merupakan tempat yang menarik untuk dikunjungi bagi para wisatawan yang menyukai keindahan alam yang tersembunyi. Salah satu danau yang terbentuk dari aktivitas gunung berapi, danau vulkanik dengan ukuran kurang lebih 1 hektar ini mengandung belerang di airnya, sehingga membuat air di danau ini berwarna biru kehijauan, dan membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi para wisatawan yang menyukai fotografi, terutama fotografi alam dan lanskap yang indah.

Bagi para pengunjung yang ingin berenang, harap berhati-hati karena danau ini memiliki kedalaman sampai 100 meter. Pengunjung yang menyukai tempat-tempat bernuansa alam seperti Danau Linting ini juga pasti akan menyenangi tempat-tempat wisata lainnya yang tersebar di Indonesia, seperti Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Dikunjungi, yang juga terletak di pulau Sumatera.

  1. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake

lagundriBagi pengunjung yang menyukai kegiatan surfing, pantai Lagundri dan Sorake merupakan destinasi yang paling tepat. Disebut-sebut sebagai tempat berselancar terbaik kedua setelah Hawaii, tinggi ombak pantai bisa mencapai tujuh sampai sepuluh meter, dengan lima tingkatan, dan daya dorong ombak mencapai 200 meter.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake berada di dalam satu garis pantai, dan hanya terpaut jarak sekitar 2 kilometer. Jadi, untuk para wisatawan, tentunya dengan mudah dapat berpindah dari satu pantai ke pantai yang lain dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun menggunakan kendaraan umum. Untuk pengunjung yang menyukai keindahan pantai, tentu tidak ada salahnya jika melihat-lihat tempat alami lainnya terutama pantai, seperti Pantai Sadeng Gunung Kidul Yogyakarta.

  1. Air Terjun Telaga Dwi Warna

telaga-dwi-warna-sibolangitAir Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit juga menjadi salah satu pesona wisata Sumatera Utara. Dengan ketinggian air terjun yang mencapai 100 meter, Air Terjun Telaga ini memiliki dua warna, sesuai dengan namanya.

Warna putih keabu-abuan dan biru muda terjadi karena adanya kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya. Meskipun tempat untuk mencapainya tergolong cukup sulit, tetapi pemandangan yang indah dan luar biasa ini tidak bisa dilewatkan. Untuk pengunjung dan wisatawan yang takut tersesat, tentunya bisa menyewa pemandu wisata.

  1. Air Terjun Sigura Gura

sigura-guraBanyak pesona alam yang dimiliki Sumatera Utara, salah satunya adalah air terjun Sigura-Gura yang memiliki ketinggian 250 meter. Terletak tidak terlalu jauh dari Danau Toba, air terjun ini terletak di dekat bukit dan cukup terlihat dari jauh. Melihatnya dari dekat membuat pengunjung memiliki pengalaman tersendiri, dan memiliki banyak pengunjung baik dari dalam maupun luar negeri.

Air terjun tertinggi di Indonesia ini sangat populer dan memiliki banyak tempat penginapan serta rumah makan yang terletak di dekatnya. Air terjun ini terletak di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecaatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, dan berada di aliran Sungai Asahan yang terletak di ketinggian 800 meter di atas permukaan air laut. Untuk para pengunjung dan juga para wisatawan yang menyukai air terjun, jangan lupa untuk melihat Air Terjun di Indonesia yang Wajib di Kunjungi.

  1. Danau Siombak

danau-siombakMeskipun danau Siombak tidak seterkenal Danau Toba, tetapi tempat ini termasuk ke dalam salah satu tempat yang wajib dikunjungi, karena memiliki sensasi tersendiri untuk para pengunjungnya. Memiliki luas sekitar 40 hektar dan terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, danau ini adalah lokasi akhir pekan dan liburan yang cocok untuk warga Medan, terutama bagi para pengunjung dan penduduk lokal yang senang bersantai sambil memancing.

Terdapat pula kawasan bermain untuk anak-anak, dengan berbagai macam jenis permainan air. Selain itu, bagi para pengunjung, menikmati pemandangan danau sambil mencicipi kuliner lokal Medan merupakan atraksi tersendiri yang bisa didapatkan di Danau Siombak ini.

  1. Masjid Raya Medan

masjid-raya-medanMedan juga memiliki banyak lokasi untuk berwisata religi dan juga wisata sejarah, salah satunya adalah Masjid Raya Medan yang memiliki bangunan arsitektur dengan campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dengan India.

Dibangun sekitar tahun 1906, Masjid Raya Medan terletak di tengah kota Medan, arsitektur interior di dalam Masjid Raya yang memiliki nama Masjid Raya Al Mashun ini juga luar biasa indah. Dengan menikmati keindahan sambil melakukan ibadah, pengunjung juga dapat melihat pengaruh Eropa yang cukup kental. Bagi para pengunjung yang ingin menikmati wisata religi di Medan, tentunya banyak tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, sama seperti tempat wisata lainnya. Bisa juga mengunjungi Tempat Wisata Religi di Aceh yang Harus Dikunjungi.

  1. Taman Wisata Rohani Salib Kasih

salib-kasihTerletak di Kota Tarutung, monument ini berbentuk salib dan dibangun di Dolok Siatas Barita untuk mengenang jasa luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen, seorang misionari asal Jerman Utara, ayng mengajarkan dan menyebarkan agama Kristen di Sumatera Utara.

Di puncak (dolok) Siatas Barita ini, banyak peristiwa sejarah yang pernah terjadi. Salah satunya, Nommensen pernah diancam akan dibunuh oleh masyarakat lokal pada zaman itu sebagai salah satu persembahan untuk ritual penyembahan. Untuk masuk ke dalam Taman Wisata Rohani Salib Kasih ini, dipungut biaya yang tidak terlalu besar yaitu berupa dua ribu rupiah per orang. Salib yang memiliki tinggi 30 meter ini dihiasi dengan lampu sehingga malam hari terlihat sangat indah dari Kota Tarutung.

  1. Graha Santa Maria Annai Velangkanni

graha-santa-maria-annai-velangkanniSalah satu destinasi wisata rohani di Medan, Graha Santa Maria Annai Velangkanni merupakan gereja Katolik yang unik. Secara arsitektur, bangunan ini terlihat lebih mirip sebagai kuil Hindu, dengan puncak yang berundak-undak dan tempat masuk berupa tangga melingkar di sisi kiri dan kanannya.

Awalnya, gereja ini digunakan untuk umat Katolik Tamil yang berada di kota Medan, tetapi akhirnya gereja ini dibuka bagi seluruh umat katolik yang sedang mengunjungi Sumatera Utara. Terletak di Jalan Sakura, kota Medan, tempat ini memiliki taman yang indah dan bisa dikunjungi oleh siapapun yang ingin berjalan-jalan dan juga melihat keindahannya.

  1. Taman Wisata Iman

taman-wisata-imanSetiap pengunjung dan juga wisatawan pasti punya caranya masing-masing untuk menikmati liburan mereka. Pencinta alam memiliki cara sendiri menikmati alam, begitu pula dengan Untuk para wisatawan yang memang menyukai wisata religi, tempat ini tidak boleh terlewatkan.

Taman Wisata Iman tidak menutup hanya untuk satu agama, tetapi bisa dikunjungi oleh semua agama karena terdapat gereja, kuil, masjid, dan vihara di dalamnya. Terletak di Desa Sitinjo,Kabupaten Dairi, dan berjarak sekitar 30 menit dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, dan sekitar 6 jam dari pusat kota Medan. Ada berbagai bangunan-bangunan bersejarah bagi masing-masing pemeluk agama, dari tempat ibadat hingga miniatur bangunan. Tempat yang berada di perbukitan yang tertutup hutan pinus juga cocok untuk tempat wisata ronahi, karena suasana yang asri, tenang, dan nyaman. Kunjungi juga Pantai Kasih Banda Aceh yang Wajib Dikunjungi.

  1. Maha Vihara Adhi Maitreya

maha-vihara-adhi-maitreyaKota Medan memang tempat yang menarik untuk dikunjungi, karena di dalamnya terdapat banyak tempat ibadah yang menarik untuk dikunjungi, selain untuk beribadah, tetapi juga untuk meningkatkan toleransi antar umat beragama. Maha Vihara Adhi Maitreya adalah vihara tempat beribadah agama Buddha, dengan suasana yang asri, rapi, dan sangat terjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, para pengunjung dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan dan juga tempat yang bersejarah ini. Saat pengunjung masuk ke dalam vihara, terdapat tiga buah patung suci, yaitu patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao. Pengunjung dan wisatawan dapat berfoto di sekitar vihara yang terletak di Jalan Cemara Boulevard, kota Medan ini. Tempat-tempat di Sumatera memang banyak sekali yang menggugah keinginan untuk berwisata, seperti halnya tempat-tempat wisata di pulau lain seperti Tempat Wisata di Wakatobi Sulawesi Tenggara.

Sponsors Link

  1. Istana Maimun

istana-maimunMerupakan istana yang dibangun oleh Sultan Ma’mun Al Rashid Perkasa Alamyah. Dibangun mulai dari tahun 1887 sampai tahun 1891, tempat ini merupakan salah satu landmark yang terkenal di kota Medan. Pada zamannya, istana ini berfungsi sebagai tempat tinggal sultan, dan sekarang menjadi tempat wisata merangkap museum di kota Medan.

Pada zamannya, tempat ini terlihat sebagai tempat yang menunjukkan status sebagai seorang yang memiliki kekayaan besar, dan sekarang tempat ini berfungsi sebagai museum dengan interior yang kental akan arsitektur Melayu. Untuk para wisatawan yang tertarik untuk melihat landmark-landmark yang tersebar di seluruh Indonesia, tentunya tempat ini menjadi salah satu tempat yang menarik untuk dikunjungi, sama halnya dengan Tempat Wisata di Malino Sulawesi Selatan.

  1. Pulau Nias

niasTerkenal dengan pesona buday berupa lompat batu dan kegiatan selancar, Pulau Nias merupakan salahs atu destinasi wisata yang terkenal sampai ke mancanegara. Tradisi lompat batu setinggi 2 meter di Pulau ini dimulai dan lahir dari kebiasaan perang antar desa di masyarakat Pulau Nias.

Di desa Bawatomatuluo dan juga Hilisimae terdapat pertunjukkan tari perang tradisional, dengan para penari yang mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala. Kegiatan lain yang juga terkenal sampai ke luar negeri adalah berselancar. Ombak di Nias merupakan salah satu yang terbaik di dunia dengan ombak besar dan menantang. Bagi para pengunjung yang ingin melihat keindahan alam Pulau Nias, terdapat juga Gunung Sitoli yang merupakan sentral pariwisata di Pulau Nias. Selain itu, ada juga Museum Pusaka Nias di tengah kota, dengan kurang lebih 6500 koleksi budaya peninggalan Masyarakat Nias.

  1. Kota Tarutung

tarutungMerupakan ibukota kabupaten Tapanuli Utara, Tarutung adalah tempat yang ramai dikunjungi oleh orang sekitar untuk keperluan transaksi dagang karena tempat yang strategis. Tempat ini dikenal sebagai tempat pedagang dari awal abad ke-19. Banyak sekali landmark-landmark dan ikon kota yang terdapat di Tarutung ini, salah satunya adalah Taman Wisata Rohani Salib Kasih, kolam pemandian air soda Aek Rara Tarutung yang hanya ada dua di dunia, dan salah satunya terdapat di Venezuela.

Bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai riwayat kekristenan di Tanah Sumatera Utara ini, Kota Tarutung merupakan tempat yang tepat untuk mengetahuinya. Kota-kota di sekitar Sumatera Utara memang menarik untuk dikunjungi, sama halnya dengan kota-kota yang tersebar di Jawa Barat, yang bisa dilihat, dibaca, serta dikunjungi di Tempat Wisata di Majalengka dan Kuningan.

  1. Taman Alam Lumbini

lumbiniObyek wisata satu ini merupakan salah satu landmark terunik yang bisa dinikmati oleh pengunjung yang berada di sekitar Sumatera Utara. Berupa pagoda berwarna emas dan terletak sekitar 50 kilometer dari kota Medan, taman alam Lumbini merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para pengunjung yang menyukai kegiatan wisata yang tidak membosankan dan juga obyek foto yang unik.

Untuk masuk ke dalam taman alam ini, pengunjung tidak akan dipungut biaya untuk tiket masuk, tetapi hanya diminta untuk mengisi buku tamu. Untuk mengunjungi Pagoda, para wisatawan pertama akan melewati jembatan gantung yang indah dengan pemandangan di sebelah kiri dan kanan yang luar biasa indah, dan akhirnya disambut dengan pagoda berwarna emas. Berada di tempat ini pasti membuat para pengunjung lupa sedang berada di Indonesia karena tempat ini dikelola dengan sangat baik dan terawat. Oleh karena itu, pengunjung juga diminta untuk merawat dan mematuhi aturan yang dibuat oleh pengelola.

  1. Rumah Tjong A Fie

tjong-a-fie2Banyak sekali tempat yang memiliki sejarah panjang di Medan, salah satunya adalah rumah milik Tjong A Fie ini. Pada zaman dulu, rumah ini dimiliki oleh Tjong A Fie, orang terkaya di Medan. Tjong A Fie meninggal dunia pada tahun 1926 karena sebuah penyakit, tetapi rumahnya yang masih dirawat dengan baik menjadi saksi sejarah dan juga museum yang masih dirawat dengan baik sampai sekarang. Disebut sebagai “permata sejarah Medan”, rumah ini dibangun pada tahun 1895, dengan luas 8000 meter persegi.

Dengan pengaruh arsitektur khas Tionghoa dan Melayu yang kuat, serta banyak pernak pernik dari zaman lampau yang masih terawat dengan baik, rumah Tjong A Fie memiliki banyak cerita soal Medan di zaman lampau. Terletak di Jalan Jendral A. Yani, Medan, museum ini pertama dibuka tahun 2009, dan buka setiap hari mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore dan hanya tutup pada hari Tahun Baru China. Karena terletak di tengah kota Medan, tentunya setelah mengunjungi rumah ini, para wisatawan dapat mencicipi wisata kuliner, dan tidak kalah menariknya dengan Tempat Wisata Kuliner di Jakarta dan Sekitarnya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 03rd, October 2016 / 11:25 Oleh :
Kategori : Sumatera Utara