Sponsors Link

26 Tempat Wisata di Sumatera Timur yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Pulau Sumatera memang memiliki banyak sekali keindahan alam yang harus dijaga, terutama di Sumatera bagian Timur. Dengan banyaknya keindahan alam yang menunggu untuk dijelajah wisatawan, provinsi-provinsi di bagian timur Sumatera ini juga memiliki banyak keanekaragaman budaya dan penting untuk dilestarikan. Selain Riau dan Jambi, tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi juga Tempat Wisata di Bengkulu Yang Wajib Dikunjungi. Berikut adalah beberapa tempat wisata di sumatera timur :

Riau

Merupakan salah satu provinsi di Sumatera, tepatnya di bagian timur pulau Sumatera. Memiliki ibukota Pekanbaru, Riau memiliki banyak tempat wisata yang benarik dan terkenal dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, urbanisasi dan juga perkembangan ekonomi yang cukup pesat. Riau memiliki banyak tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata air sampai wisata religi dan juga sejarah. Jangan lupa juga untuk menjelajahi ibukota provinsi ini, dan melihat Tempat Wisata Di Pekanbaru Riau Paling Asyik.

  1. Air Terjun Batu Dinding

batu-dindingMerupakan salah satu tempat wisata yang berada di Provinsi Riau. Air terjun ini memiliki nama yang unik, dan masih belum banyak diketahui oleh orang. Berlokasi kurang lebih 3 jam dari Kota Pekanbaru dengan menggunakan kendaraan bermotor sampai ke Desa Tanjung Belit. Setelah itu, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 45 menit di medan yang cukup terjal dan curam.

Setelah perjalanan panjang melewati hutan di perbukitan, air terjun pun terlihat. Memang tidak terlalu tinggi, tetapi air terjun ini masih terlihat bersih karena jarang didatangi orang dan masih asri serta indah. Maka dari itu, para pengunjung dan wisatawan disarankan untuk tetap menjaga kebersihan di sekitar air terjun. Meskipun tidak memiliki kucuran air yang tinggi, tetapi air terjun Batu Dinding tentunya tidak kalah dengan Air Terjun Bidadari Sentul Bogor Jawa Barat.

  1. Air Terjun Guruh Gemurai

guruh-gemuraiAir terjun ini terletak di Kabupaten Kuantan Singingi, Pekanbaru dan merupakan tempat wisata air terjun yang cukup populer di kawasan Pekanbaru. Bagi para pengunjung, air terjun ini memiliki keunikan sendiri yang sanagat sayang jika dilewatkan. Air dari air terjun guruh gemurai ini ditampung di sebuah kolam yang terdapat di bawahnya. Di kolam inilah biasanya para wisatawan bermain air dan berenang.

Suasana di sekitar air terjun juga cukup bersih dan terdapat beberapa cottage yang terletak tidak jauh dari lokasi air terjun dan bisa digunakan untuk beristirahat bagi para pengunjung. Air terjun yang berada di bagian provinsi Riau ini memang indah, tetapi tentunya banyak lokasi air terjun lain yang eksotik seperti contohnya tempat Air Terjun di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi.

  1. Air Terjun Aek Martua

aek-martuaTerletak di Desa Tangun, Kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu di Riau, air terjun ini memiliki nama lain bernama Air Terjun Tangga Seribu. Terletak di dataran tinggi pegunungan bukit barisan, dan nama Aek Martua ini merupakan nama sungai tempat air terjun ini berada dan berasal. Dalam bahasa yang berasal dari suku Mandailing, air terjun Aek Martua artinya adalah air terjun Air Bertuah.

Terdapat tiga air terjun yang memiliki jarak beberapa puluh meter di kawasan ini. Mulai dari yang setinggi 15 meter sampai setinggi 35 meter. Salah satu air terjunnya bahkan membutuhkan keahlian khusus berupa panjat tebing untuk menuju ke tempat tersebut. Tentunya, para pengunjung yang ingin menantang adrenalin dapat menjadikan tempat ini sebagai salah satu tujuan utama wisata.

  1. Sungai Kampar

sungai-kamparTerletak di Desa Teluk Meranti, sungai ini memiliki kelebihan yang unik yaitu pengunjung dapat melakukan kegiatan berselancar di sungai ini. Untuk para pengunjung yang menyukai kegiatan berselancar, tidak ada salahnya mencoba sensasi berselancar di sungai Kampar.

Ombak yang dikenal oleh masyarakat lokal sebagai Bono membuat sungai Kampar menjadi satu-satunya sungai di Indonesia yang memiliki ombak di sungai. Bono akan terjadi ketika suasana air laut pasang, dan diiringi hujan di hulu Sungai Kampar. Arus sungai yang deras akibat hujan membuat fenomena Bono ini terjadi. Tempat ini menjadi tempat wisata yang wajib dikunjungi, dan tentu saja tidak kalah menariknya dari Tempat Wisata di Sungailiat Bangka.

  1. Danau Lembah Sari

danau-lembah-sariSalah satu keunikan yang dimiliki oleh danau Lembah Sari ini adalah danau ini merupakan sebuah danau buatan, dan menjadi tempat wisata favorit di Pekanbaru. Terletak kurang lebih 10 kilometer dari pusat kota Pekanbaru, tepatnya di Desa Limbungan, danau ini awalnya digunakan sebagai bendungan irigasi untuk mengalirkan air ke sawah-sawah warga yang berlokasi di sekitar danau ini.

Tetapi, karena tempat yang dikelilingi perbukitan, pohon rindang dan udara yang sejuk, tempat ini akhirnya dijadikan tempat wisata bagi keluarga dan juga pengunjung dari luar Pekanbaru. Banyak sekali danau yang kurang diperhatikan oleh penduduk sekitar, namun tentunya danau ini menjadi sorotan karena keindahannya dan juga kegunaannya. Banyak juga danau yang berada di Indonesia seperti Danau Kaolin di Bangka-Tempat Wisata dan Daftar Danau di Indonesia.

  1. Kebun Binatang Kasang Kulim

kasang-kulimKebun binatang ini terletak di Jalan H. Usman Kubang, di Pekanbaru, dan memiliki banyak koleksi binatang yang bisa dilihat. Mulai dari monyet, landak, ular, burung, singa, dan masih banyak lagi. Tentunya para pengunjung dan juga wisatawan yang membawa anak-anak bisa menjadikan tempat ini salah satu tujuan wisata utama.

Kebun binatang seluas kurang lebih 10 hektar ini sering dikunjungi oleh penduduk sekitar maupun pengunjung dari daerah lain di akhir pekan. Selain melihat-lihat koleksi binatang yang beragam, pengunjung juga bisa bermain di arena untuk anak-anak seperti papan seluncur, kolam, ayunan, dan masih banyak lagi. Kebun binatang Kasang Kulim juga merupakan kebun binatang yang tidak kalah dengan Kebun Binatang Ragunan Jakarta.

  1. Istana Siak Sri Indrapura

istana-siak-sri-indrapuraSebuah istana peninggalan dari Kesultanan Siak yang merupakan kerajaan terbesar di Riau ini terletak tidak terlalu jauh dari Pusat Kota Pekanbaru. Istana Siak Sri Indrapura memberikan wisata sejarah berupa sejarah kerajaan Riau pada zaman dahulu, dan wisata edukasi karena banyaknya koleksi yang berada di dalam Istana Siak Sri Indrapura ini.

Mulai dari patung perunggu, patung pualam, perhiasan berlian sampai koleksi-koleksi peninggalan kerajaan. Para pengunjung dan wisatawan juga dapat melihat kamar-kamar yang digunakan oleh sultan, tamu-tamu yang sekarang sudah diubah menjadi tempat koleksi senjata pusaka.

  1. Museum Sang Nila Utama

museum-sang-nila-utamaBertempat di Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, museum ini memiliki berbagai macam koleksi benda seni, benda budaya, dan juga benda sejarah dimulai dari pakaian adat, permainan rakyat dan anak-anak, alat-alat musik dari berbagai daerah di Riau, gasing, benda bersejarah di provinsi Riau, dan lain-lain. Selain itu, tidak jauh dari bangunan ini terdapat Gedung Taman Budaya Riau, yang digunakan sebagai tempat pagelaran kegiatan budaya dan juga seni Riau serta kegiatan lainnya.

Tentunya wisata budaya dan wisata sejarah menjadi lekat dengan kunjungan wisata oleh keluarga bagi para wisatawan yang hendak berjalan-jalan. Tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata yang lain, dan juga dikhususkan untuk keluarga, khususnya para wisatawan yang membawa anak-anak seperti misalnya Tempat Wisata untuk Anak TK di Bandung.

  1. Anjungan Seni Idrus Tintin

idrus-tintinBerdiri megah di Jalan Sudirman Kota Pekanbaru, bangunan ini memiliki ciri khas bangunan khas Melayu Riau. Anjungan Seni Idrus Tintin jika dilihat sekilas lebih terlihat seperti istana daripada tempat untuk anjungan seni. Dengan ketinggian yang kurang lebih hampir menyamai bangunan tingkat tiga, bangunan ini memiliki design eksterior yang sangat menarik dan terlihat menakjubkan.

Jika para pengunjung berkesempatan masuk ke dalamnya, para pengunjung dapat melihat terawangan yang tinggi ke langit-langit gedung. Terdiri dari tiga lantai, gedung ini memiliki interior yang berkesan Melayu, serta pernah menjadi tempat diadakannya Festival Film Indonesia di tahun 2008. Tempat ini juga menjadi salah satu kunjungan wisata yang unik, dan tentunya tidak kalah menarik dengan Tempat Wisata di Majalengka dan Kuningan.

  1. Desa Okura

desa-wisata-okuraDesa Okura merupakan salah satu proyek pemerintah kota Pekanbaru, yaitu menjadikan sebuah desa sebagai desa wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya, Okura merupakan kelurahan, tetapi namanya dibuat menjadi desa agark menarik dan mudah diingat.

Desa Okura terletak di perbatasan antara Kabupaten Siak dan Kabupaten Pelalawan, Riau, dan memiliki banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi seperti kawasan agrowisata dengan tumbuhan-tumbuhan yang produktif, Sungai Siak yang bisa dijadikan sebagai obyek memancing, dan juga banyak obyek yang menarik untuk dijelajahi dan dijadikan obyek untuk berfoto bagi para pengunjung dan juga wisatawan. Jangan lupa untuk melihat-lihat tempat wisata di bagian lain dari pulau Sumatera seperti di Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan.

  1. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

taman-hutan-raya-syarif-kasimMerupakan taman hutan yang selalu ramai dikunjungi di akhir pekan. Dengan tempat yang sejuk, udara segar, pepohonan besar dan rindang, tempat ini selalu ramai dikunjungi di akhir pekan. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim terletak sekitar 20 kilometer dari pusat kota Pekanbaru, dan memiliki beberapa wahana yang bisa dimainkan di sini.

Selain menjadi tempat yang cocok untuk berjalan-jalan dan bersantai dengan keluarga, Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk rileks dan juga menjaduh dari keramaian serta hiruk pikuk kota besar. Banyak tempat wisata di Sumatera yang tidak kalah dengan Tempat Wisata di Madiun dan Sekitarnya.

sponsored links
  1. Masjid Agung An Nur

masjid-agung-an-nurTidak usah jauh-jauh ke India untuk menikmati keindahan arsitektur Taj Mahal. Masjid megah dengan arsitektur khas bergaya Melayu, Arab, Turki, dan India ini sering disebut-sebut sebagai Taj Mahal-nya Pekanbaru. Berukuran 50 x 50 meter dengan kolam besar dan air mancur di depannya membuat masjid ini terlihat semakin mirip dengan Taj Mahal.

Dengan dominan warna hijau dan memiliki 5 buah kubah serta 4 menara, Masjid Agung An Nur menjadi landmark penting bagi kota Pekanbaru. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Agung An Nur juga menjadi tempat tujuan wisata yang menarik bagi para wisatawan maupun penduduk lokal. Melihat Masjid Agung An Nur ini, tentunya membuat para pengunjung juga jadi ingin melihat-lihat Tempat Wisata di India yang Terkenal.

  1. Masjid Senapelan

masjid-senapelanMerupakan salah satu peninggalan kesultanan Siak di zaman dahulu, masjid ini masih dikelola dengan baik. Memiliki nama lain Masjid Raya Pekanbaru, bangunan ini dibangun tahun 1762 dan menjadi salah satu masjid yang tertua di Riau. Saat ini bangunan masjid memang terlihat megah dan besar, tetapi pada zaman dahulu masjid ini masih berukuran kecil dan juga terbuat dari bahan berupa kayu. Setelah direnovasi, masjid ini berukuran 60×80 meter.

Salah satu legenda dari bangunan ini adalah adanya sumur tua yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, sehingga membuat banyak wisatawan datang dari mancanegara untuk membuktikan kesaktian sumur ini. Namun, sekarang sumur tersebut sudah ditutup karena berbagai macam alasan. Jangan lupa untuk melihat-lihat daerah dan tempat lain yang juga kaya akan sejarah serta budaya di bagian lain Indonesia, seperti menjelajahi Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya.

Jambi

Jambi adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di pesisir timur Pulau Sumatera. Jambi merupakan tempat yang tepat untuk menjadi daerah tujuan wisata bagi pendatang dari dalam maupun luar negeri, karena banyak tempat wisata yang menarik untuk dilihat oleh wisatawan berbagai usia. Dengan banyaknya pemandangan yang indah, tentunya banyak wisatawan yang akan membawa keluarga serta teman-teman untuk mengunjungi Jambi.

  1. Candi Muaro Jambi

candi-muaro-jambiMerupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Melayu, Candi Muaro Jambi juga masuk ke dalam Situs Warisan Dunia dan ditetapkan oleh UNESCO. Ditemukan oleh S.C Crooke, seorang letnan yang berkebangsaan Inggris di tahun 1820, bangunan candi ini merupakan bangunan yang wajib dilindungi. Pada tahun 1975, Candi Muaro Jambi dipugar oleh pemerintah Indonesia dan terdapat 61 buah candi yang sebagian besar masih tertutup tanah.

Sebagai sebuah bangunan, Candi Muaro Jambi memiliki banyak sekali sejarah yang pantas untuk diturunkan ke anak-anak dan juga pengunjung dari mancanegara. Tidak heran, tempat ini sering dikunjungi oleh peserta dari kelompok tour, dan juga menjadi salah satu tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti halnya dengan Tempat Wisata di Dieng dan Jawa Tengah Paling Menarik.

  1. Museum Negeri Jambi

museum-jambiUntuk para pengunjung, wisatawan dan juga penduduk sekitar, museum Negeri Jambi menjadi salah satu sumber wisata sejarah yang menarik dan sayang untuk dilewatkan.

Bentuk museum yang dibangun menyerupai Rumah Kajang Lako yang merupakan rumah adat Jambi, di dalamnya terdapat berbagai macam koleksi benda-benda bersejarah dan berilai seni budaya dari masa ke masa seperti anyaman khas, peralatan berburu, batik tenun dengan motif bunga khas Jambi, serta ada juga binatang yang diawetkan.

Banyaknya kegiatan dan juga aktivitas serta koleksi yang bisa dilihat membuat banyak pengunjung senang melihat-lihat dan juga membawa sanak saudara serta keluarga untuk mengenal museum ini. Jangan lupa untuk juga melihat Tempat Wisata di Demak Paling Menawan dan Wisata Kuliner.

  1. Masjid Agung Al Falah

masjid-agung-al-falahDisebut sebagai Masjid Seribu Tiang, pengunjung tidak akan merasa lengkap kalau tidak mengunjungi Masjid Al Falah Jambi ini. Berlokasi di Jalan Sultan Thaha, Kelurahan Legok, Kecamatan Telanaipura, Kota Jambi ini berada di tengah-tengah kota.

Dibangun di atas lahan sebesar kurang lebih 3 hektar dengan luas bangunan 4.600 meter persegi, Masjid Agung Al Falah mulai dibangun sejak tahun 1971 sampai akhirnya selesai di tahun 1980.

Banyak sekali hal yang bisa dilihat dan juga dipelajari dari Masjid Agung Al Falah alias masjid seribu tiang ini, membuat kita menjadi lebih menghargai kebudayaan, sejarah, dan juga agama yang berada di negeri kita sendiri, dan membuat pengetahuan para wisatawan dan juga pengunjung menjadi lebih luas. Untuk tempat wisata lain di luar negeri, tentu tempat ini memiliki banyak kaitan yang cocok dengan Tempat Wisata di Mesir Yang Wajib Dikunjungi.

  1. Tanggo Rajo

tanggo-rajoTerdapat di pinggir sungai Batanghari, Tanggo Rajo sering disebut Ancol Jambi karena tempatnya yang mirip dengan Ancol yang berada di Jakarta. Meskipun bukan berada di tepi laut, tetapi suasana yang terlihat dari Tanggo Raju tetap terlihat menarik dan indah untuk dinikmati.

Para pengunjung yang ingin mencoba makanan khas dan melakukan wisata kuliner khas kota Jambi bisa mendapatkannya di Tanggo Rajo ini. Bukan hanya itu, para wisatawan juga dapat menikmati panorama sungai Batanghari, memancing, dan tentunya menikmati jajanan di sepanjang jalan raya di pinggir sungai.

Melihat tempat ini sebagai Ancol Jambi, tentu membuat para pengunjung dan wisatawan yang berasal dari Jakarta menjadi teringat dengan suasana Ancol di kala malam. Ditambah dengan sajian kuliner yang sangat khas, membuat pengunjung dan wisatawan betah berlama-lama sambil menikmati hari berganti di Tanggo Rajo. Jangan lupa untuk melihat juga Tempat Wisata Kuliner di Jakarta dan Sekitarnya.

  1. Taman Mini dan Taman Rimba

taman-mini-dan-rimba-jambiMenghadirkan miniatur-miniatur budaya di Provinsi Jambi, Taman Mini Jambi juga menawarkan berabgai macam kegiatan dan aktivitas menarik seperti taman rekreasi, sarana olahraga, dan juga wisata budaya yang menyenangkan untuk dinikmati.

Tidak terlalu berbeda dengan Taman Mini Indonesia Indah yang terletak di Jakarta, Taman Mini Jambi juga menampilkan replica bangunan. Tetapi, di Taman Mini Jambi hanya menampilkan budaya dan replica bangunan di setiap kabupaten Jambi. Taman Rimba Jambi memiliki kebun binatang yang menampilkan berbagai macam koleksi dan jenis burung serta hewan langka seperti burung rangkok, elang, rajawali, bangau, dan lain-lain.

  1. Monumen Nasional

monas-jambiBukan hanya Jakarta saja yang memiliki Monumen Nasional, tetapi Jambi juga memiliki Monas sendiri. Merupakan replika dari Monumen Nasional di Jakarta, Monas di Jambi ini bertempat di bundaran kompleks pemerintah Kota Jambi.

Sebagai salah satu tempat wisata, Monas Jambi terlihat mirip dengan Monas di Jakarta, tetapi dengan ukuran lebih kecil. Selain itu, yang membedakan adalah adanya empat buah jam dinding yang berada di setiap sisi Monas di Jambi dan juga adanya 4 buah ukiran khas Jambi yang berada di bawahnya. Meskipun dikatakan sebagai replika dan juga miniatur Monumen Nasional di Jakarta, tetapi tempat ini memiliki keunikannya sendiri yang tentu tidak dapat dilihat di Monumen Nasional Jakarta.

  1. Taman Anggrek Sri Soedewi

taman-anggrek-sri-soedewiBerlokasi di Jalan Ahmad Yani, tepat di depan Kantor Gubernur Jambi, tempat wisata ini merupakan salah satu tempat yang terlengkap. Selain memberikan informasi mengenai cara merawat anggrek yang baik sesuai dengan masing-masing jenisnya, tempat wisata ini juga sering sekali dikunjungi oleh penggemar bunga maupun penggemar anggrek dari dalam kota maupun dari luar kota bahkan luar pulau.

Terdapat 60 jenis anggrek di taman seluas 2.5 hektar ini, dan untuk para pengunjung akan dikenai biaya sebesar 2 ribu rupiah untuk masuk dan melihat keindahan bunga anggrek.

  1. Danau Sipin

danau-sipinDikenal sebagai Solok Sipin oleh penduduk setempat, danau ini terletak di Simpang Baluran Kanali, kecamatan Telanaipura. Danau Sipin merupakan tempat yang sangat penting bagi penduduk setempat, karena selain berfungsi menjadi tempat wisata yang membawa banyak pendatang dan pengunjung dari berbagai negara maupun daerah di Indonesia, tetapi Danau Sipin juga menjadi tempat budidaya ikan air tawar seperti ikan nila dan mujair. Untuk para pengunjung yang ingin menjelajahi danau ini, disediakan perahu yang dapat menampung paling banyak 4 orang dengan bayaran yang cukup murah.

  1. Air Terjun Sigerincing

air-terjun-sigerincingBertempat di Desa Dusun Tuo, Kecamatan Muara Siau, Kabupaten Merangin ini merupakan air terjun yang memiliki hulu di Gunung Masurai. Air terjun ini memiliki ketinggian kurang lebih 62 meter dan lebar pancurannya mencapai 3.5 meter. Dasar air terjun membentuk kolam dan dapat dijadikan tempat mandi, percikan air yang berembun seperti asap membuat tempat ini cocok untuk dijadikan obyek foto bagi para pengunjung yang menyukai fotografi.

Keindahan air terjun yang berada di sekitar Sumatera memang tidak pernah membuat pengunjung tidak ingin berlama-lama, mulai dari sekedar berfoto sampai berenang atau bahkan berendam di air bersih. Namun, jangan lupa bagi para pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan air terjun dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga melestarikan alam yang ada di sekitar lokasi air terjun.

  1. Danau Gunung Tujuh

danau-gunung-tujuhSesuai dengan namanya, danau Gunung Tujuh ini dikeliligi oleh tujuh buah gunung yang menjulang tinggi di sekitar lokasi danau. Merupakan salah satu danau yang letaknya termasuk tertinggi di Asia Tenggara karena tempatnya di atas gunung, Danau Gunung Tujuh ini terletak di ketinggian 2.735 meter di atas permukaan laut.

Dengan kondisi yang masih alami karena belum banyak diketahui oleh wisatawan, danau ini memiliki panorama yang luar biasa indah dan juga hawa yang sejuk dan terasa seperti berada di pegunungan karena lokasinya. Bertempat di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, danau ini masih jarang terdapat akomodasi dan fasilitas yang lengkap karena tempatnya yang masih kurang terekspos. Tetapi, di sekitar daerah danau terdapat beberapa homestay dan penginapan.

Sponsors Link

  1. Danau Belibis

danau-belibisUntuk mencapai danau ini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup jauh karena tempat lokasi Danau Belibis ini, yaitu di Kabupaten Kerinci, terletak jauh dari pusat kota Jambi. Tetapi, karena itu juga, pemandangan dan suasana yang luar biasa indah menunggu para pengunjung yang ingin menikmatinya.

Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki banyak burun belibis yang hidup di sekitar danau. Bagi masyarakat setempat, Danau Belibis memiliki banyak cerita yang berbau mistis dan melegenda. Untuk para pengunjung yang menyukai cerita-cerita misteri, tentunya berbincang dengna penduduk yang mengetahui soal misteri danau Belibis menjadi keunikan sendiri yang tidak terlupakan. Danau Belibis memang mempunyai keunikan yang tidak ada di danau lain di Indonesia, maka dari itu seluruh danau dan juga wisata air di Indonesia memiliki keindahan dan keunikan masing-masing, seperti halnya juga Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat.

  1. Danau Kerinci

danau-kerinciDanau ini adalah danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Memiliki luas sekitar lima ribu meter persegi dan berlokasi di daerah yang memiliki tinggi 783 meter di atas permukaan laut, danau ini memiliki kedalaman kurang lebih 100 meter.

Selain menjadi tempat wisata, danau ini juga mampu menyuplai kebutuhan air minum maupun air untuk mengairi sawah dan pertanian masyarakat yang tinggal di sekitarnya. Bagi para pengunjung yang ingin berwisata dan menjelajah daerah danau Kerinci, jangan lupa untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap fit, karena letaknya yang cukup jauh dari kota Jambi yaitu sekitar 400 kilometer dan harus ditempuh dengan menggunakan kendaraan bermotor selama kurang lebih 10 jam.

Meskipun begitu, banyak keindahan yang bisa diekspos dari daerah di sekitar gunung Kerinci ini. Bagi para pengunjung yang suka memancing, memancing di danau yang berada di dekat gunung Kerinci memiliki keunikan sendiri karena banyak ikan yang berenang di danau ini.

  1. Gunung Kerinci

gunung-kerinciMerupakan salah satu gunung api aktif yang tertinggi di Indonesia. Di sekeliling Gunung Kerinci terdapat hutan Taman Nasional Kerinci Seblat dan juga masuk ke dalam bagian dari pegunungan Bukit Barisan. Keindahan dan kemegahan alam yang disajikan oleh gunung dan pemandangan di sekitarnya membuat daerah ini kerap dijuluki sebagai sekepal tanah surga di bumi.

Gunung Kerinci tentunya dapat menjadi salah satu tujuan wisata yang tidak dapat dilewatkan. Masih di kawasan yang sama dengan Gunung Kerinci dan Danau Kerinci, terdapat Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO karena keindahan dan keasrian taman dan juga flora dan fauna yang berada di taman nasional ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, October 2016 / 20:56 Oleh :
Kategori : Sumatera Timur