12 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan

Sponsors Link

Palembang merupakan salah satu kota besar yang ada di Sumatera Selatan. Jika kita mendengar nama Kota Palembang, pikiran kita langsung mengarah ke kulinernya berupa pempek. Karena saking terkenalnya, pempek Palembang itu kini sudah sampai di seluruh Indonesia. Tidak hanya kulinernya saja yang terkenal namun Palembang juga terkenal dengan Sungai Musi serta Jembatan Ampera. Jembatan Ampera merupakan jembatan yang menjadi bukti penderitaaan rakyat Indonesia. Ampera sendiri singkatan dari Amanat Penderitaan Rakyat. Sungai Musi dan Jembatan Ampera ini tidak bisa dipisahkan bagai dua sisi koin yang saling terikat satu sama lain. Palembang dulunya merupakan kerajaan baharai Buddha terbesaar yang ada di Asia Tenggara. Hal itu dikarenakan kerajaan Sriwijaya berada di Palembag dan kerajaan itu mendominasi Nusantara dan juga semenanjung Malaya di abad e-9. Kota Palembang ini juga dijuluki sebagai buminya Sriwijaya. Oleh sebab itu untuk mengenal kerajaan Sriwijaya tersebut, nama kerajaan itu dijadikan sebagai salah satu universitas di Palembang yaitu Universitas Sriwijaya ( UNSRI ). Berikut ini adalah tempat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi :

  1. Jembatan Ampera dan Sungai Musi

jembatan-amperaTempat wisata pertama yang harus anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera dan Sungai Musi. Tempat ini wajib untuk anda kunjungi dikarenakan jembatan ini dan Sungai Musi merupakan ikon dari Kota Palembang. Anda tidak bisa dikatakan mengunjungi Palembang jika anda belum mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Sama halnya dengan anda tidak bisa dikatakan mengunjungi Jakarta jika anda tidak datang ke Monas.

Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibuat oleh rakyat Indonesia. Anda bisa berkunjung ke jembatan ini pada malam hari, hal itu dikarenakan saat malam hari jembatan Ampera akan sangat eksotik dipenuhi dengan lampu. Pada tahun 1962 jembatan ini digunakan untuk penghubung dari Ulu dan juga Ilir. 50 meter dari Jembatan Ampera ini ada pusat souvenir dan juga makanan, Pusat souvenir dan makanan itu memudahkan wisatawan untuk berburu kuliner dan juga berburu oleh oleh.

Baca : Tempat wisata di ManadoTempat wisata di Purwakarta

  1. Masjid Cheng Hoo Palembang

masjid-cheng-hooBagi anda yang beragama muslim jangan lupa untuk berkunjung ke masjid satu ini. Masjid ini bisa anda jadikan sebagai tempat wisata religi untuk kaum muslim. Sesuai dengan namanya, masjid ini merupakan masjid yang bergaya Tionghoa. Masjid tersebut merupakan bukti bahwa di bangsa China itu memiliki hubungan dengan agama islam. Masjid ini berwarna merah, sesuai dengan masyarakat China yang menyukai warna merah dan menganggap warna merah merupakan warna sakral. Oleh sebab itu masjid ini pun memiliki warna merah terang. Sama halnya dengan warnanya, semua ornamen yang ada di masjid ini nuansanya adalah nuansa China.

Di dalam masjid ini ada bangunan yang menyerupai dengan Kelenteng tempat peribadahan orang Khonghucu. Bangunan itu ada disamping dari masjid ini. Sehingga selain anda bisa beriwisata religi ke masjid tersebut, anda juga bisa melihat lihat isi dari kelenteng yang ada di sebelah masjid.

Baca : Air Terjun Bidadari Sentul Wisata Air Terjun di Bali

  1. Bukit Siguntang

bukit-siguntangBagi anda yang suka dengan suasana pegunungan atau pemandangan yang hijau anda bisa berkunjung ke Bukit Siguntang. Tempat wisata ini adalah salah satu tempat wisata yang tidak boleh untuk dilewatan. Hal itu dikarenakan anda akan merasakan kesegaran dan juga keindahan saat berada di Bukit Siguntang tersebut. Letak dai bukit ini ada di Bukit Lama, kecamatan Ilir Barat. Tinggi dari Bukit Siguntang setinggi 29 sampai dengan 30 meter di atas permukaan laut sehingga bukit ini sebenarnya tidak terlalu tingggi untuk tinggi sebuah bukit. Meski begitu jangan lupa anda tetap membawa bekal makanan dan minuman sebab saat naik ke bukit ini tetap diperlukan tenaga yang ekstra.

Banyak orang palembang percaya bahwa bukit ini dulunya banyak dijadikan sebagai tempat untuk beribadah dan juga digunakan sebagai tempat persemedian. Kegiatan yang bisa anda lakukan disini selain menikmati keindahan yang ada adalah anda bisa melakuk ziarah di makam makam bangswan di jaman dahulu, bangsawan itu memiliki jasa yang sangat penting bagi Palembang. Bangsawan bangsawan itu merupakan pendiri Kota Palembang. Karena makam yang ada di tempat tersebut ddan fungsinya pada jaman dahulu membuat masyarakat Palembang percaya bahwa Bukit itu adaah tempat yang sakral dan suci sehingga jika datang ke tempat ini tidak boleh memiliki niat yang buruk dan berkata kotor.

Baca : Tempat wisata di Alberta KanadaTempat Wisata di Surabaya

  1. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

museum-sultan-mahmud-badaruddinBerwisata ke suatu tempat tidak akan lengkap rasanya jika tidak melakukan wisata sejarah. Wisata sejarah ini sangat penting dilakukan untuk mengenang kota tesebut lebih dekat. Agar liburan yang anda lakukan tidak hanya mendapatkan kesenangan saja, anda bisa mendapatkan ilmu pengetahuan baru. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II ini adalah tempat yang bisa digunakan untuk mengenang berbagai macam peninggalan dari krajaan Palembang.

Lokasi museum ini berada di Jembatan Ampera dan juga Benteng Kuto Besak. Museum ini sangat unik dan desain arsitekturnya pun unik dilihat dari kedua tangganya yang melingkar dari kedua sisi. Berbagai macam peninggalan dari Kerajaan Palembang ini disimpan di museum ini, museum ini pun juga berguna untuk melestarikan benda benda bersejarah yang ada di Palembang agar barang barang peninggalan itu tidak punah.

Baca : Tempat wisata di MelbourneTempat wisata di Yordania

  1. Benteng Kuto Besak

benteng-kuto-besakSalah satu tempat wisata yang bisa anda kunjungi selanjutnya di Palembang. Letak dari benteng ini dekat dengan jembatan Ampera. Bisa dikatakan bahwa jembatan ampera ini dekaat dengan berbagai macam tempat wisata yang ada di Palembang. Oleh sebab itu tempat pertama yang bisa anda kunjungi ketika berada di Palembang adalah Jembatan Ampera, sehingga anda ketika udah berada di Jembatan Ampera akses untuk menuju tempat wisata lainnya yang ada di Palembang akan semakin mudah.

Adanya Benteng Kuto Besak ini menjadi bukti bahwa keraaan Palembang Darussalam tersebut berjaya dan berkembang d Indonesia. Melihat benteng Kuto Besak yang ada di Palembang ini mengingatkan kita dengan benteng Vredeburg yang ada di Kota Yogyakarta. Kedua benteng itu pun sama sama mengingatkan wisatawan akan perjuangan bangsa Indonesia pada saat jaman penjajahan. Di dalam Benteng Kuto Besak terdapat kantor kesehatan Kodam Sriwijaya 2 dan juga rumahsakit. Bahkan tempat tersebut adalah benteng yang dibangun menggnakan dinding batu. Fungsi benteng ini pada jaman dahulu adalah digunakan sebagai benteng pertahanan dari serangan musuh. Meski sudah dibuat sejak jaman dahulu, benteng ini tetap kokoh dan tidak rapuh.

Baca : Tempat wisata di DiengTempat wisata di Hungaria

  1. Masjid Agung Sultan Mahmud

masjid-agung-sultan-mahmudMendengar namanya berupa Masjid Agung kita bisa menyimpulkan bahwa masjid ini merupakan masjid yang besar sesuai namanya. Masjid ini juga disebut sebagai Masjid Merah, dinamakan Masjid Agung dikarenakan masjid ini adalah masjid yang paling besar di Sumatera Selatan. Tidak hanya namanya saja yang Agung, namun masjid ini pun bisa menampung banyak jamaah di dalam masjid ini. Kurang lebihnya ada 15 ribu jamaah bisa ditampung di dalam masjid ini. Letaknya yang ada di pusat kota Palembang pun menjadikan masjid ini begitu strategis untuk dijangkau. Anda bisa menunaikan ibadah sholat di masjid ini sambil meliht keindahan dan keelokan masjid ini. Ketika anda ingin berwisata ke masjid ini usahakan jangan saat berhalangan atau menstruasi, jikalau memang sedang menstruasi sebaiknya jangan masuk ke dalam ruangan inti masjid. Berkunjung di masjid ini saat malam hari adalah saat yang tepat sebab masjid ini akan terlihat indah saat malam hari tiba.

Baca : Tempat Wisata di Malang 

sponsored links

  1. Kantor Walikota Palembang

kantor-walikota-palembangMeskipun merupakan bangunan yang formal, beberapa kantor walikota menjadi terbuka untuk publik. Misalnya saja adalah kantor walikota Bandung dan juga Kantor Walikota Palembang. Kantor Walikota yang ada di Palembang ini bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata ketika berada di Palembang. Letak gedung ini ada di pusat kota sehingga akses untuk menuju ke gedung ini lumayan mudah. Sebenarnya gedung ini awalnya dijadikan sebagai menara untuk air dimana memiliki fungsi sebagai pengalir air agar bisa sampai ke seluruh kota Palembang. Sehingga sebelum menjadi gedung walikota gedung ini disebut dengan gedung ledeng atau gedung sumber air.

Ketika berkunjung ke tempat ini anda bisa tahu berbagai macm informasi mengenai Kota Palembang. Anda pun juga masih bisa melihat bekas bekas alat pengalir air ke seluruh kota yang masih tertinggal di gedung tersebut.

Baca : Tempat Wisata di Lumajang

  1. Kembang Iwak Famiily Park

kembang-iwak-family-parkMendengar namanya yang unik anda tentu menjadi bertanya tanya sebenarnya wisata seperti apa yang ada di tempat tersebut. Nama tempat wisata tersebut menggunakan bahasa jawa dan juga bahasa inggris dimana artinya adalah taman bunga ikan keluarga. Mendengar namanya tersebut pikiran kita langsung mengarah taman yang dipenuhi dengan bunga, ikan dan digunakan sebagai tempat wisata keluarga. Sebenarnya tempat wisata ini merupakan tempat wisata berupa danau yang ada di pusat kota. Letak dari danau ini berdekatan sekali dengan tempat tinggal walikota Palembang.

Disini wisatawan akan bisa melihat berbagai macam tempat rekreasi lainnya dan tentunya tempat rekreasi itu menarik. Yang paling menarik dari tempat wisata ini adalah adanya air mancur dengan lampu sorotnya yang warna warni. Oleh sebab itu mengunjungi tempat wisata ini sangat bagus dilakukan saat malam hari Jika tidak berkunjung saat malam hari pengunjung tidak akan bisa melihat keindahan air mancur dengan sorot cahayanya yang warna warni seperti pelangi. Kegiatan yang menarik adalah duduk di tepi danau sambil melihat keindahan air mancur dengan sorot warna warniya tersebut.

Baca : Tempat Wisata di Sungailiat BangkaTempat Wisata di Filipina

  1. Hutan Punti Kayu

hutan-punti-kayuBagi anda yang memiliki kekasih jangan lupa untuk berlibur di tempat wisata yang satu ini. Hal itu dikarenakan tempat wisata yang satu ini adala tempat romantis dan juga tempat eksotik. Lokasi dari tempat wisata ini sekiatr 7 km dari pusat kota. Sedangkan luas dari Huatn Punti ini sekitar 50  hektar. Hutan Punti dibangun pada tahun 1998 dan dijadikan sebagai hutan lindung sebab fungsi ekologis yang ada di dalam hutan ini dlindungi. Yang dilindungi dari hutan ini adalah tata air dan juga kesuburan tanah yang ada di hutan lindung. Bisa dikatakan bahwa susunan tanah dan juga kesuburan tanah yang ada di hutan ini masih terjaga dengan baik selain itu tanah masih subur.

Hutan Punti Kayu ini kan memberikan panorama yang indah bagi pengunjung yang datang kesana. Panorama yang indah tersebut berupa hutan pinus yang hijau membentang dan didalamnya ada kebun binatang mini. Ada beberapa flora dan fauna yang dilindungi ada di dalam hutan itu Contoh fauna yang dilindungi di hutan tersebut adalah kera ekor panjang, gajah dan masih banyak lagi lainnya. Kegiatan yang bisa dilakukan di Hutan Punti Kayu adalah atraksi gajah, berenang, menunggang kuda dan masih banyak lagi lainnya. Fasilitas yang ada di sana adaah dermaga perahu, joglo, panggung terbuka dan juga jembatan gantung. Tidak mengherankan karena fasilitasnya yang lengkap banyak orang yang datang untuk berlibur kesini. Untuk hari biasa senin sampai dengan jumat harga tiket masuknya adalah 10 ribu rupiah untuk dewasa dan anak anak tiketnya adalah 5 ribu rupiah. Berikut ini adalah beberapa informasi tentang Hutan Punti Kayu ini:

  • Jam operasional. Untuk jam operasional ini berbeda saat weekend dan juga weekdays. Saat weekdays atau hari Senin sampai dengan jumat jam operasional sekitar pukul 9 pagi sampai dengan pukul 4 sore. Untuk weekend jam bukanya bisa sampai jam 5 sore.
  • Parkir. Biaya parkir antara mobil dan motor pun berbeda, untuk mobil biaya parkir yang dikeluarkan adalah 10 ribu rupiah dan juga untuk motor biaya parkirnya sebesar 7 ribu rupiah.
  • Wahana. Tiket masuk yang dipungut tersebut berbeda dengan tiket masuk setiap wahana dimana setiap wahana yang dimasuki akan dipungut biaya sekitar 10 ribu, untuk masuk ke wilayah kebun binatang mini pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sekitar seribu rupiah. Biaya yang dikeluarkan tersebut akan membuat pengunjung bisa melihat 20 macam jeni satwa yang ada di kebun binatang mini itu. ( Baca : Tempat wisata di PerthTempat wisata di Lombok Timur )
  1. Pulau Kemaro

pulau-kemaroPalembang yang dulunya menjadi pusat kerajaa bahari terbesar di Indonesia membuat Palembang memiliki tempat wisata berupa air dan perairan yang menakjubkan. Salah satu tempat wisata bahari yang patut untuk anda kunjungi adalah Pulau Kemaro. Pulau ini adalah tempat wisata yang menarik bagi wisatawan sehingga tidak mengherankan jika pulau ini akan penuh saat musim liburan tiba. Pulau Kemaro lokasinya ada di tengah perairan Sungai Musi. Selain anda bisa melihat keindahan dan keelokan Sungai Musi, pengunjung bisa melihat kondisi di Pulau tersebut. Pulau ini letaknya berada di 6 KM dari Jembatan Ampera. Karena letaknya yang strategis dengan ikon dari Kota Palembang, pulau ini banyak dikunjungi ketika liburan tiba. Obyek wisata yang menarik di pulau ini adalah vihara. Vihara tersebut masih berfungsi sampai dengan saat ini, sehingga tidak mengherankan jika saat berkunjung kesana anda bisa meihat banyak umat Budhha yang berdoa dan berziarah di Vhara tersebut. Selain Vihara itu pengunjung bisa melihat makam seorang putri cantik Palembang.

Sponsors Link
Kisah putri ini pun dijadikan sebagai legenda. Kisah dari Putri itu adalah putri itu menikah dengan anak raja dari negara China, mas kawin yang diberikan adalah 9 guci emas. Namun untuk menghindari bajak laut, guci emas tersebut ditutupi degan sayuran sebab dikirim melalui jalur perairan. Ketika anak raja melihat yang datang hanyalah sayuran, maka sayuran tersebut dibuangnya ke Sungai Musi. Ketika sang anak raja tahu bahwa guci tadi bersama sayuran yang telah dibuangnya ke sungai, anak raja itu pun menyesal dan menceburkan diri ke sungai. Setelah beberapa lama suaminya tidak muncul, puteri itu ikut menerjunkan diri ke sungai namun sang puteri dan suaminya tewas ke dalam sungai tersebut. Oleh sebab itu untuk mengenang mereka dibangunlah kuil kuil di Pulau Kemaro tersebut.

Baca : Pulau Granite Australia SelatanTempat wisata di Tangerang

  1. Air Terjun Lematang Indah

air-terjun-lematang-indahBagi anda yang menyukai dengan wisata air jangan lupa untuk datang ke tempat wisata yang satu ini. Tempat wisata air terjun ini memiliki air yang menyegarkan. Lokasi air terjun ini ada di kota Pagar Alam. Tinggi dari air terjun sendiri adalah 40 meter. Memang air terjun tersebut tidak terlalu tinggi namun volume airnya banyak tidak seperti air terjun yang lainnya. Keindahan air terjun ini terletak pada pemandangan yang ada di sekitar air terjun tersebut. Tidak hanya pemandangan yang ada di air terjun saja yang indah namun sepanjang perjalanan menuju ke tempat wisata air terjun, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang asri serta hawa yang sejuk.

Sedikit tips bagi anda yang ingin datang ke tempat ini sebaiknya usahakan datang saat cuaca benar benar cerah. Jangan datang ke tempat ini saat musim hujan, selain kondisi air terjun mengkhawatirkan, jalan menuju air terjun juga sangat licin. Musim penghujan juga bisa membuat banjir sewaktu waktu bisa terjadi di lokasi air terjun tersebut. Berwisata boleh boleh saja namun jangan lupa juga untuk memperhatikan faktor resiko yang bisa terjadi disana jika kita datang disaat yang tidak tepat.

Baca : Air terjun di Jawa TimurTempat wisata Air Terjun di Bali

  1. Gunung Dempo Palembang

gunung-dempo-palembangLokasi wisata lainnya yang tidka boleh dilewatkan adalah Gunung Dempo di Palembang. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang menyukai suasana pegunungan dan suasana asri nan hijau. Obyek wisata di tempat wisata ini adalah pengunjung bisa melihat Gunung Dempo dari arah kejauhan. Di sekitar Gunung Dempo ada perkebunan teh menghijau yang siap memanjakan mata anda. Lokasi tempat wisata ini ada di Kabupaten Lahat. Sayangnya untuk bisa ke lokasi wisata ini dibutuhkan waktu sekitar 6 jam lamanya dari pusat kota Palembang. Jarak untuk menuju ke lokasi ini adalah 25 km. Untuk menuju ke lokasi wisata in anda bisa menggunakan bus umum dari kabupaten Lahat menuju ke daerah Pagar Alam. Setelah itu anda harus menggunakan bus lain dengan jarak tempuh 9 km agar bisa sampai ke perkebunan teh dan juga pabrik teh yang berada di lereng Gunung Dempo.

Itulah beberapa temat wisata di Palembang yang menarik untuk dikunjungi. Ketika anda ingin mengunjungi tempat wisata tersebut sebaiknya memperhatikan faktor cuaca dan juga kondisi tempat wisata saat itu. Hal itu bertujuan agar liburan yang anda lakukan menyenangkan dan juga aman.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 15:51 Oleh :
Kategori : Sumatera Selatan