Sponsors Link

15 Tempat Wisata di Padang dan Sumatera Barat

Sponsors Link

Padang selama ini dikenal akan kulinernya saja, namun siapa duga jika Padang memiliki tempat wisata yang berpotensi. Meski tidak setenar dengan kota kota besar seperti Bandung, Jakarta, Jogja dan kota besar lainnya Padang memiliki tempat wisata yang patut diperhitungkan. Padang merupakan kota yang memiliki daerah terbesar di Pulau Sumatera Barat, Padang juga dijadikan sebagai ibukota dari Propinsi Sumatera Barat. Tidak mengherankan jika jumlah penduduk yang ada di Kota Padang termasuk paling padat dbandingkan kota lainnya yang ada di Sumatera Barat. Tempat wisata yang ada di Padang dibekali dengan pemandangan yang sangat indah dan menawan, dijamin orang yang datang berwisata ke Padang tidak akan menyesal. Berikut ini adalah tempat wisata di Padang yang menarik untuk dikunjungi :

ads
  1. Pantai Padang

pantai-padangTempat wisata yang ada di Padang dan cocok untuk dikunjungi adalah Pantai Padang. Pantai merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika mengunjungi suatu tempat wisata, salah satu pantai yang harus dikunjungi adalah pantai yang menjadi ikon dari kota tersebut. Misalnya saja jika di Kota Yogyakarta, ikon pantai yang ada di Yogya adalah Pantai Parangtritis. Sedangkan ikon Pantai di Kota Jakarta adalah Pantai Ancol. Jika anda ingin berwisata ke Padang namun anda belum mengunjungi pantai ini, anda sama aja belum berkunjung ke Padang.

Pantai Padang oleh orang Minang disebut juga dengan Taplau. Kondisi pantai ini berbeda dengan pantai yang terdahulu dimana pemerintah Kota Padang selalu memperbaiki fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di Pantai ini. Perubahan fasilitas, sarana dan prasarana yang ada di Kota Pantai Padang membuat kondisi pantai ini semakin cantik saja. Pengunjung akan mudah menemukan penjual makanan dan minuman yang ada di Pantai. Berbeda dengan pantai yang belum dikembangkan sarana dan prasarana, pengunjung akan kesulitan dalam menemukan penjual makanan da juga minuman yang ada di tempat wisata itu.

Baca : Pantai Sadeng di Gunung KidulPantai Sawarna Sukabumi

  1. Jembatan Siti Nurbaya

jembatan-siti-nurbayaBagi anda yang menginginkan tempat wisata sore hari dan malam hari anda bisa berkunjung di tempat yang satu ini. Tempat satu ini menjadi tempat yang menyenangkan dikunjungi bersama dengan teman teman anda. Dilihat dari namanya, jembatan ini merupakan pengingat akan kisah Siti Nurbaya, Samsul Bahri dan Datuk Maringgih. Kisah kasih tersebut melegenda sampai saat ini. Kisah dimana Siti Nurbaya harus dijodohkan dengan Datuk Maringgih dimana usia Datuk tersebut seusia dengan ayah Siti Nurbaya. Sebenarnya Siti Nurbaya ini memiliki kekasih, namun kekasihnya sedang keluar kota untuk menjalani kuliah. Kekasih Siti Nurbaya itu bernama Samsul Bahri. Samsul Bahri yang mendengar pernikahan antara Siti Nurbaya dan Datuk Maringgih pun kembali ke Padang. Singkat cerita karena fitnah yang disebabkan oleh Datuk Maringgih, ayah Samsul Bahri mengusir Samsul Bahri. Siti Nurbaya pun dibenci oleh Datuk Maringgih kemudian Datuk Maringgih memberikan racun kepada Siti Nurbaya. Siti Nurbaya pun menjadi tewas.

Pemandangan yang ada di tempat ini sangat indah begitupula dengan pemandangan yang ada di sekelilingnya. Cahaya lampu yang ada di sekitar jembatan ini membuat pemandangan di jembatan semakin indah. Sepanjang jembatan ini anda bisa menemukan kuliner yang rasanya dijamin enak dan menggugah selera. Makanan yang bisa anda jumpai disini adalah roti bakar, jagung bakar dan juga makanan lainnya.

  1. Pantai Pasir Jambak

pantai-pasir-jambakKarena Indonesia dikelilingi oleh banyak perairan, tidak mengherankan jika banyak tempat wisata di Indonesia yang didominasi dengan wisata Pantai. Salah satunya adalah di Padang. Di Padang banyak sekali tempat wisata pantai misalnya saja Pantai Pasir Jambak. Untuk sampai di pantai ini, wisatawan harus menempuh perjalanan sepanjang 20 km dari pusat Kota Padang, dari pusat kota pengunjung bisa menuju ke arah jalan lintas Padang-Pariaman. Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya yang putih, pantainya yang lebar, landai dan sejuk sebab banyak pohon kelapa yang ada di pesisir pantai.

Pintu gerbang yang menuju ke pantai ini membuat tempat wisata semakin nyaman, tidak hanya itu saja fasilitas lainnya berupa tempat parkir yang nyaman, panggung hiburan, warung makan, home stay bagi wisatawan yang ingin menginap, gazebo dan juga penyewaan perahu. Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung bisa berjemur, berenang, berperahu, bersantai dan bisa melihat sunset di pinggir pantai. Pantai ini pemadangannya tidak jauh beda denan pantai yang ada di kota Padang lainnya. Pasir yang ada di pantai ini putih agak kecoklatan dan pantai ini juga dipenuhi pohon cemara juga pohon kelapa.

  1. Pantai Nirwana

panta-nirwana-padangPantai yang sangat indah dan cocok untuk dijadikan sebagai tujuan wisata ketika berada di Padang adalah Pantai Nirwana. Dinamakan Pantai Nirwana sebab pantai ini indah seperti surga atau Nirwana. Pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata untuk keluarga, alasannya adalah pantai ini ombaknya tidak terlalu besar cocok bagi anak anak yang ingin bermain air, pasirnya putih bersih, pantai yang luas dan landai. Keindahan pantai ini cocok disebut sebagai Nirwana atau surga.

Pantai ini menjadi pantai yang banyak dikunjungi mengingat lokasi pantai ini mudah dijangkau dari pusat Kota Padang. Untuk menuju ke tempat ini wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 14 km dari pusat kota Padang di bagian selatan. Pemandangan di pantai ini semakin dipercantik dengan sorotan lampu Mercussuar saat malam hari, mercusuar itu berada di Teluk Bayur. Mercusuar itu sorotannya bisa sampai di Pantai Nirwana. Saat malam hari, bercengkerama di pinggir pantai sambil merasakan hembusan angin pantai akan sangat menyenangkan.

  1. Batu Malin Kundang

batu-malin-kundangSepertinya kota Padang dipenuhi dengan legenda atau cerita rakyat yang sangat melegenda. Salah satunya tentang legenda Malin Kundang yang sudah terkenal di Indonesia. Malin Kundang merupakan anak yang durhaka kepada ibunya. Ia menjadi durhaka kepada ibunya dikarenakan Malin Kundang yang sudah menjadi kaya raya. Malin Kundang ini tidak mengakui ibu kandungnya dikarenakan kondisi ibunya yang miskin. Oleh sebab itu sang ibu menjadi sakit hati dan mengutuk Malin Kundang menjadi batu. Kutukan itu benar benar terjadi, Malin Kundang pun menjadi batu seperti apa yang dikatakan ibunya. Oleh sebab itu memetik hikmah dari legenda tersebut alangkah baiknya kita semua tidak durhaka kepada kedua orangtua.

Batu Malin Kundang ini ada di Pantai Air manis atau Pantai Air Manih. Lokasinya ada di dekat pelabuhan Teluk Bayur. Wisatawan yang ingin datang ke lokasi wisata ini tidak hanya bisa melihat Batu Malin Kundang namun bisa melihat keindahan dari Pantai Air Manih. Lokasi wisata Batu Malin Kundang bisa ditempuh dari arah pasar raya, kemudian pantai ini lokasinya sebelum Teluk Bayur. Pantai ini bisa mudah ditemukan sebab ada plang yang menjadi petunjuk arah menuju ke tempat ini. Kalau pergi ke tempat ini, jangan lupa untuk membeli souvenir sebab ada banyak penjual souvenir di tempat ini.

  1. Pulau Cubadak Padang

pulau-cubadak-padangTempat wisata lainnya yang pantas dan patut untuk dipertimbangkan adalah Pulau Cubadak. Lokasi wisata ini berada di kawsan Mandeh Pesisir Selatan. Oleh investor yang ada di Italia, Pulau ini dikelola dan dijadikan sebagai tempat wisata dengan skala Internasional. Pengunjung yang datang kesini bisa menyewa atau tinggal di Resort di Pulau Cubadak. Pulau ini memiliki bungalows sebanyak 13 dan satu suite. Beberapa sarana penunjang wisata yang ada disini ditunjang dengan berbagai macam peralatan untuk diving, snorkeling dan juga memancing. Pengunjung yang datang kesini bisa menikmati keindahan sekeliling pulau menggunakan motor boat.

Bagi anda yang merencanakan untuk mengunjungi tempat ini sebaiknya meluangkan waktu sekitar dua hari atau tiga hari, sebab sayang sekali rasanya jika anda ke pulau ini hanya pulang pergi selama satu hari saja. Keindahan pulau ini sangat sayang untuk dilewatkan. Ajaklah keluarga tercinta atau teman teman anda kesini, liburan anda dijamin akan menyenangkan.

  1. Pulau Sikuai

pulau-sikuaiPulau yang menarik lainnya untuk dikunjungi adalah Pulai Sikuai. Berbeda dengan Pulau Cubadak. Pulau ini sangat cocok digunakan bagi pasangan yang baru saja menikah. Keindahan pulau ini cocok bagi pasangan yang baru saja menikah. Tidak hanya itu saja, pulau ini yang nyaman dan tenang cocok dijadikan sebagai tempat berbulan madu. Lokasi pulau ini jauh dari keramaian, meski begitu untuk menuju ke lokasi ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Untuk sampai ke tempat ini, perjalanan hanya memakan waktu sekitar 35 menit menggunakan perahu.

Pasir pantainya yang bersih, airnya yang sangat jernih menambah keindahan dari pantai ini. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah memancing sebab ikannya sangat banyak di tepi pantai, berjemur dan jga bermain pasir. Untuk penginapan tidak usah khawatir dikarenakan penginapan yang ada disini mirip dengan hotel bintang dua. Semua fasilitas yang ada di Pulau ini sangat lengkap sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika kebutuhannya tidak tercukupi disini.

ads

  1. Museum Adityawarman

museum-adityawarman-padangLiburan yang anda lakukan alangkah baiknya jika diselingi dengan wisata pendidikan dan juga wisata sejarah, dimana kegiatan wisata anda tidak hanya akan mendapatkan kesenangan saja namun anda juga akan mendapatkan pengetahuan baru. Salah satu tempat wisata budaya dan juga wisata pendidikan yang bisa anda jumpai di Kota Padang adalah Museum Adityawarman. Di tempat ini pengunjung bisa mengenal lebih jauh lagi akan budaya Minang. Lokasi tempat wisata ini ada di Jalan Diponegoro nomor 10 Padang, Sumatera Barat.

Museum ini ada di Sumatera Barat dan dibangun sejak tahun 1974, peresmiannya pada tanggal 16 Maret 1977. Saat peresmian, nama Museum itu belum pasti, namun pada tahun 1979 tepatnya tanggal 28 Mei museum itu diberi nama Adityawarman. Nama tersebut merupakan Raja besar yang berkuasa di Minangkabau pada jaman dahulu. Raja Adityawarman itu sejaan dengan kerajaan Majapahit yang saat itu eranya Patih Gajah Mada. Museum ini adalah museum terpenting yang ada di Padang. Pengunjung yang datang disini bisa meliha benda benda bersejarah di Minangkabau dan dijadikan sebagai cagar Budaya Mentawai dan Nusantara. Bisa dikatakan museum ini adalah tempat untuk melestarikan dan menyimpan benda benda bersejarah bagi suku Minangkabau. Agar tetap lestari, tim kecil yang terdiri dari educator, konservator, preparator dan pustakawan ada di Museum ini.

  1. Pantai Caroline

pantai-carolineJangan pernah melewatkan tempat wisata yang satu ini. Tempat wisata satu ini wajib untuk anda kunjungi. Karena keindahan dan pemandangannya, pantai ini dijadikan sebagai lirik lagu dari Minang. Lokasi pantai ini berada di Teluk Bungus, 25 km di bagian selatan Kota Padang. Pengunjung bisa menggunakan taxi maupun angkot yang jurusannya menuju ke Bungus. Pantai Caroline dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang mumpuni. Fasilitas yang ada di Pantai itu adalah penginapan, cottage, restoran, panggung kesenian dan juga taman bermain. Bagi anda yang membawa anak anak ikut serta jangan khawatir sebab pantai ini memiliki taman bermain yang bisa digunakan anak anak anda untuk bermain. Fasiitas lainnya adalah motor boat atau perahu nelayan. Motor boat maupun perahu nelayan itu bisa digunakan untuk menuju ke pulau karang yang ada di depan Pantai Caroline.

Saat berkunjung kesini sebaiknya saat cuca cerah, hal itu dikarenakan saat cuaca cerah Pantai ini semakin menggoda. Pasirnya yang putih, warna airnya yang biru dan ombaknya yang landai membuat siapa saja akan terayu dengan godaannya.

  1. Miniatur Makkah

miniatur-makkahBagi anda yang beragama muslim menunaikan ibadah haji tentunya menjadi impian bagi setiap orang, sayangnya tidak semua umat muslim memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah haji. Untuk anda yang beragama muslim dan ingin melihat makkah tidak perlu jauh jauh datang ke Arab. Anda bisa melakukan wisata religi di Miniatur Makkah di Kota Padang. Yang bisa dilakukan disini hanyalah sebatas wisata religi saja, sedangkan untuk melakukan ibadah haji betulan ya tetap ada di Arab.

Miniatur Makkah ini berada di Lubuk Minturun. Miniatur Makkah ini merupakan proyek pribadi yang didirikan oleh Haji Nuril Zakir dan keluarganya. Niat dari pendirian miniatur ini untuk merayakan hari ulangtahun pernikahan mereka yang ke 30 tahun. Miniatur Makkah dibangun pada tahun 2000 tepatnya tanggal 13 Desember dan selesai pada tanggan 8 September 2001.

  1. Pemandian Lubuk Minturun

pemandian-lubuk-minturunBagi anda yang hobi bermain air tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Pemandian Lubuk Minturun adalah pemandian yang dibuka untuk umum. Pemandian ini sangat luas sehingga tidak mengherankan jika saat liburan tiba pemandian ini selalu dipadati oleh pengunjung. Bagi anda yang mengunjungi Makkah mini, anda bisa menuju ke pemandian Lubuk Minuturun ini. Hal itu dikarenakan pemandian ini sejalan dengan Makkah mini atau miniatur Makkah.

Bagi yang tidak cukup puas dengan pemandian, anda bisa bermain air di Lubuk Camin atau Air sungai. Namun lokasinya agak jauh dari pemandian minturun. Pemandian Lubuk Minturun bisa dijadikan sebagai tempat wisata keluarga, anda bisa mengajak anak anak anda untuk bermain air di Pemandian Lubuk Minturun ini. Namun bagi yang ingin mandi di sungai, tetap menjaga kehati hatian terutama bagi orangtua yang membawa anak anak.

  1. Taman Siti Nurbaya

taman-siti-nurbayaTempat lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah Taman Siti Nurbaya. Kisah Siti Nurbaya tidak hanya dijadikan sebagai nama jembatan ssaja namun juga dijadikan sebagai nama untuk taman di Bukit  Padang. Bagi anda yang suka dengan pemandangan yang hijau nan asri anda bisa berkunjung ke tempat ini. Tempat ini terletak di Bukit Padang. Bukit Padang merupakan tempat wisata yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata. Bukit Padang terletak di sebelah jembatan dari siti Nurbaya, tepatnya bukit ini berad di sebelah barat Jembatan Siti Nurbaya. Pemandangan yang ada di tempat ini sangat mirip dengan bukit di film kartun Doraemon. Bukit ini pun dinamakan juga dengan Bukit Nobita.

Disini cocok bagi anda yang menyukai ketenangan. Di Taman ini anda bisa terlepas dari hiruk pikuk Kota Padang yang begitu padat mengingat jumlah penduduk kota Padang begitu padat dan banyak.

Tempat Wisata Lainnya di Sumatera Barat

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang ada di Sumatera Barat paling terkenal dan populer yang wajib untuk dikunjungi :

Sponsors Link

  1. Janjang Saribu

janjang-saribuBagi anda yang ingin melihat great wall yang ada di China tidak perlu jauh jauh, hal itu dikarenakan di Sumatera Barat terdapat tempat wisata yang disebut Janjang Saribu. Janjang Saribu ini ada di kota Bukit Tinggi. Sama halnya dengan tembok besar yang ada di China, Janjang Saribu ini tembok besar dengaan panjang 1 KM. Ketika anda berada di Sumatera Barat jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Pastikan saat anda mengunjungi Janjang Saribu kondisi kesehatan anda sedang baik, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman yang cukup. Rute yang jauh dan jalan menanjak membuat anda membutuhkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Lokasi tempat wisata ini dekat denan Lobang Jepang. Bagi orang yang belajar di bidang geologi tempat wisata ini cocok bagi anda. Pengangkatan lempeng dan juga patahan patahan menjulang di bukit yang ada di Jajaran Saribu ini sungguh mengagumkan.

  1. Lobang Jepang

lobang-jepangTempat wisata di Sumatera barat yang bisa dikunjungi adalah Lobang Jepang. Dahulu kala penjajahan jepang sampai di tanah Minang. Bisa dikatakan Lobang Jepang ini adalah bangunan bekas peninggalan penjajahan Jepang yang ada di Bukittinggi. Lobang ini digunakan sebagai penjara dan juga benteng untuk pertahanan penjajah Jepang.

Lobang Jepang ini dibangun pada tahun 1942 sampai dengan 1945. Lobang Jepang ini dibangun para Romusa, warga Indonesia yang ditahan oleh penjajah Jepang ini dikerja paksa untuk membangun lobang. Tips bagi wisatwan yang baru saja datang kesini, sebaiknya menggunakan jasa tour guide. Tour guide itu berguna untuk memandu wisatawan yang datang ke Lobang Jepang pertama kali agar tidak tersesat di lorong Goa Jepang yang kebanyakan memiliki banyak lorong.

Baca : Fungsi tour guide untuk traveler

  1. Jam Gadang

jam-gadangJangan lupa untuk mampir ke ikon wisata di Bukit Tinggi Sumatera Barat satu ini. Dijadikan sebagai ikon kota Bukit Tinggi dikarenakan jam ini memiliki sejarah yang luar biasa, bahkan jam ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda yang berabad abad lamanyya. Luas Jam Gadang ini adalah 13 x 4 meter dan terdiri dari beberapa tingkat. Di bagian atas Jam Gadang ini ada penyimpanan bandul dimana  bandul itu sempat patah akibat gempa besar yang terjadi di tahun 2007. Gempa besar itu semat melanda kawasan Sumatera Barat salah satunya adalah Kota Bukit Tinggi.

Selain memiliki bangunan yang tinggi, keunikan lainnya Jam Gadang ini terletak pada angkanya. Kebanyakan jam ditulis menggunakan angka digital atau romawi, namun angka empat pada Jam Gadang ini ditulis dengan angka IIII, bukan IV. Di sekitar Jam Gadang anda akan menemukan pasar yang dengan harga barangnya yang murah meriah asalkan wisatawan pandai tawar menawar dengan pedagang.

Itulah tempat wisata di Padang dan di Sumatera Barat yang bisa anda kunjungi. Beberapa tempat tersebut selain menawarkan pemandangan yang indah juga menawarkan sejarah dan budaya yang tinggi. Oleh sebab itu ketika anda sedang liburan, anda bisa menjadikan tempat wisata tersebut sebagai tujuan wisata.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 15:28 Oleh :
Kategori : Sumatera Barat