Wisata Raja Ampat Papua Barat

Sponsors Link

Papua memiliki potensi yang luar biasa, selain memiliki potensi yang luar biasa dalam bidang pertambangan. Papua juga menyimpan potensi wisata yang sangat beragam. Semua tempat wisata yang ada di Papua tersebut sangat fenomenal dan sering didatangi oleh wisatawa dari luar daerah. Salah satu tempat wisata yang potensial dan menjadi primadona di Papua adalah Raja Ampat. Tempat wisata Raja Ampat pun merupakan tempat wisata yang terbaik di Papua. Tempat wisata Raja Ampat ada di Kepulauan Raja Ampat, tempat wisata ini pun sudah semakin mendunia saat kepulauan Raja Ampat dijadikan sebagai lokasi film Edis Paradise 3. Film tersebut dibuat oleh Avant Premiere. Lokasi tempat wisata Raja Ampat ini ada di teritorial Papua Barat dan merupakan gugusan dari pulau yang jumlahnya kurang lebih 610 pulau. Sayangnya hanya 35 pulau saja yang dihuni oleh penduduk. Dalam artikel ini akan dibahas tentang berbagai macam informasi tentang wisata Raja Ampat yang ada di Papua.

Baca : Tempat wisata di FakfakTempat wisata di Papua

Sejarah Raja Ampat

Alangkah baiknya sebelum kita mengetahui informasi wisata tentang Raja Ampat, kita tahu sejarah dari Raja Ampat tersebut. Wisata Raja Ampat yang ada di Papua itu unik sebab memiliki  nilai sejarah dan juga legenda yang masih melekat sampai sekarang. Sejarah dan juga legenda yang ada di Raja Ampat itu turun temurun dan diwariskan dari generasi ke generasi yang ada di Raja Ampat tersebut. Berikut ini adalah legenda dan sejarah yang ada di Raja Ampat Papua yang patut untuk kita ketahui :

  • Pengenalan. Dijaman dahulu, ada suami istri yang hidupnya sederhana. Suami istri itu hidup di Teluk Kabui, Kampung Wawiyai. Pekerjaan suami isteri itu adalah perambah hutan dan kegiatan sehari hari itu dilkukan untuk mencari bahan makanan. Kedua suami isteri itu berkeja saling bahu membahu agar bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan. Setelah lama menyusuri hutan, sampailah mereka di tepi Sungai Waikeo, mereka melepas lelah dan penat di tepi sungai tersebut.
  • Menemukan telur. Tidak jauh dari tempat mereka beristirahat, mereka melihat ada 5 butir telur. Mereka pun memberanikan diri untuk mendekati telur telur tadi. Setelah diamati dengan cermat, telur tersebut sangat aneh dan mereka tahu bahwa telur itu adalah telur dari naga. Akhirnya mereka membawa telur telur itu pulang ke rumah. Telur yang berjumlah lima buah itu dimasukkan ke dalam kantong yang mereka punya. Sesampainya di rumah, telur tersebut disimpan di dalam kamar. ( Baca : Tempat wisata di LaosTempat wisata di Demak )
  • Telur aneh. Tidak hanya asal telur itu saja aneh, namun keanehan muai terasa saat hari beranjak malam. Saat malam hari telur itu mengeluarkan bisikan. Pasutri itu pun penasaran dan mengintip dari balik pintu kamar. Saat diintip, pasutri itu sangat kaget sebab melihat kelima telur tersebut telah menetas dan berubah wujud. Kelima telur tersebut berubah menjadi empat anak laki laki dan juga satu anak perempuan. Kelima anak tersebut memakai pakaian kerjaan yang menandakan bahwa kelima anak tersebut adalah keturunan dari raja.
  • Nama. Sampai saat ini belum ada yang tahu siapa yang telah memberikan nama telur telur yang berubah menjadi anak tersebut. Namun masyarakat sekitar tahu siapa nama dari kelima anak tersebut. Nama anak pertama adalah Betani, Betani menjadi raja di Salawati. Anak kedua bernama Dohar, dia menjadi raja Lilinta atau Misool. Nama anak ketiga adalah Mohamad, dia menjadi Raja Waigama atau Batanta. Anak keempat adalah War dia menjadi raja di Waigeo. Anak terakhir adalah anak yang perempuan, anak tersebut bernama Pintolee.
  • Kehidupan saat dewasa. Mereka tumbuh dan berkembang dari anak anak menjadi sosok orang yang dewasa. Saat dewasa keempat anak laki laki itu menjadi raja dan mereka memerintah dengan adil dan bijaksana. Si anak perempuan ternyata sedang hamil dan dia melahirkan dua buah telur. Kakak si anak perempuan Pintolee meletakkan satu buah telur yang dilahirkan ke dalam kulit kerang dan telur itu dihanyutkan. Telur tersebut terdampar di pulau yang diberi nama Pulau Numfor. Telur yang satunya lagi tidak bisa menetas malah berubah menjadi batu. Batu itu diberi nama Kapatnai. Batu itu sampai saat ini diperlakukan seperti raja dan diberikan tempat untuk bersemayam. Ditempat persemayaman batu tersebut dijaga oleh dua batu pendamping. Tempat persemayaman batu tersebut sampai sekarang dijadikan sebagai tempat pemujaan. ( Baca : Tempat wisata di NabireTempat wisata di Majalengka )

Rute Menuju Raja Ampat

Informasi lainnya yang tidak kalah penting adalah cara atau rute untuk menuju ke Raja Ampat. Rute ini sangat penting bagi orang yang ingin berwisata ke Raja Ampat. Wisatawaan yang ingin berlibur di Raja Ampat ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, namun wisatawan luar negeri pun banyak yang ingin datang ke Raja Ampat. Berikut ini adaah cara menuju ke Raja Ampat yang bisa ditempuh bagi wisatawan yang ingin datang ke Raja Ampat:

  1. Perjalanan yang digunakan untuk menuju ke Raja Ampat biasanya dilakukan menggunakan jalur udara. Jalur udara ini hanya bisa sampai di kota Sorong Papua Barat. Sayangnya tidak ada jalur penerbangan internasional yang bisa langsung menuju ke Domine Edward Osok. Sehingga wisatawan harus transit dahulu di Jakarta, Surabaya, Denpasar dan juga di Makasar. Jarak tempuh atau perjalanan yang harus ditempuh lumayan panjang jika anda berasal dari luar negeri. Namun jika anda ingin menempuh rute pendek, anda bisa transit dulu di Ujung Pandang. Untuk bisa sampai ke sorong anda membutuhkan waktu sekitar 5 jam lebih 15 menit.
  2. Sesampainya di Sorong, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan taxi. Taxi yang dikendarai akan menuju ke Pelabuhan Rakyat. Pelabuhan rayat itu akan membawa anda menuu ke ibukota Raja Ampat Waisai. Setelah sampai di Pelabuhan Rakyat, perjalanan akan dilanjutkan menggunakan kapal ferry. Kapal Ferry itu banyak digunakan untuk melintasi antar pulau. Jika anda tidak ingin berdesak desakan di Kapal Ferry anda bisa melanjutkan perjalanan anda menggunakan speed boat, speed boat ini ada di Pelabuhan Rakyat. Sebaiknya sejak memutuskan untuk berlibur di kawasan ini menyiapkan berbagai macam perbekalan seperti makanan dan air minum. Alasannya jika sudah sampai di Pelabuhan Rakyat semua harga makanan menjadi mahal dan menjadi berlipat lipat dari harga awal.
  3. Tidak hanya satu Kapal Ferry saja yang melayani penyeberangan antar pulau namun ada dua kapal ferry yang melayani penyeberangan antar pulau. Yang harus diingat disini adalah jam penyeberangan dan jam opreasional dari Kapal Ferry tersebut. Kapal Ferry akan berangkat pukul 14.00 WIT ( Waktu Indonesia Timur ) dan satu Kapal Ferry akan beroperasional satu atau dua jam dari kapal pertama melakukan operasional. Agar bisa sampai ke Pelabuhan Waisai anda harus menempuh perjalanan selama 4 sampai dengan 5 jam lamanya.
  4. Untuk menyeberangi antar pelabuhan menggunakan speed boat, anda harus tahu jam jam dimana gelombang air laut menjadi pasang. Gelombang air laut akan menjadi pasang ketika pukul 12.00 WIT, sehingga diharapkan sebelum pukul tersebut anda harus sudah naik speedboat dan melintasi antar pelabuhan. Hal itu dikarenakan anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di lautan begitupula speed boat pun jauh lebih kecil dibandingkan dengan kapal. Speed boat itu akan lebih mudah diombang ambingkan gelombang laut dibandingkan dengan Kapal Ferry. Oleh sebab itu mencari zona aman lebih baik dibandingkan dengan mencari celaka di lautan. Jika nahkoda kapal memberikan peringatan agar tidak melakukan perjalanan atau menunda perjalanan, turuti saja sebab nahkoda kapal lebih berpengalaman dibandingkan dengan anda. Memang bisa dikatakan rute untuk menuju ke Raja Ampat ini lumayan sulit dan biaya yang dikeluarkan pun lumayan mahal, namun semua hal tersebut akan terbayarkan ketika anda sampai di Raja Ampat nanti. Tidak hanya itu saja, untuk mempermudahkan akses wisatawan untuk menuju ke Raja Ampat, pemerintah setempat akan mengembangkan dan memperbaiki Bandar Udara Marinda dimana jika pelabuhan itu sudah jadi lebih baik, akses menuju ke Raja Ampat pun menjadi lebih mudah lagi. Jika rute menuju ke Raja Ampat lebih mudah dipastikan jumlah wisatawan yang datang ke Raja Ampat pun semakin banyak.
  5. Saat sudah sampai di Pelabuhan Waisai, perjalanan bisa dilanjutkan menuju ke kota yang memiliki banyak penginapan. Kota yang banyak penginapan itu akan memudahkan anda mendaptkan penginapan sesuai dengan keinginan anda. Yang tidak boleh anda lewatkan adalah anda harus melapor ke bagian Departemen Budaya Pariwisata dimana setiap wisatawan yang datang ke Raja Ampat harus membayar biaya konservasi. Jangan sampai anda dianggap sebagai wisatawan ilegal karena tidak membayar biya konservasi, barulah anda bisa mencari penginapan yang sesuai dengan keinginan anda. ( Baca : Tempat Wisata di Surabaya )

Keanekaragaman Raja Ampat

Raja Ampat banyak keanekaragaman hayati yang sangat melimpah. Wisatawan yang datang kesini bisa melihat 540 jenis karang dan ada 1.511 spesies ikan. Uniknya dari Raja Ampat ini adalah 75 persen jenis spesies karang yang ada di seluruh dunia bisa anda temukan di Raja Ampat. Keanekaragaman hayati yang ada di Raja Ampat ini masih terjaga kelestariannya sehingga masih banyak spesies terumbu karang yang bisa dengan mudah anda temukan. Spesies karang yang ada di Raja Ampat ini jumahnya lebih banyak 10 kali lipat dibandingkan dengan spesies karang yang ada di lautan Karibia. Selain spesies terumbu karang, anda juga akan menemukan 27 spesies ikan langka, 5 spesies penyu laut yang langka dan tidak ditemukan di perairan laut lain, di perairan Raja Ampat juga da 13 spesies hewan mamalia laut yang langka dan yang terakhir adalah ada 57 spesies udang mantis. Anda bisa membayangkan sendiri betapa uniknya perairan yang ada di Raja Ampat tersebut.

Baca : Tempat wisata air terjun di Kulon ProgoTempat wisata di Wonosari 

sponsored links

Kegiatan Menarik di Raja Ampat

Hal yang membuat banyak wisatawan tertarik datang ke Raja Ampat dikarenakan banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan disana. Aktivitas di Raja Ampat sangat menarik dan tidak terlupakan. Kegiatan yang paling menarik tentunya berhubungan dengan perairan Raja Ampat itu sendiri. Berikut ini adaah kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Raja Ampat :

  1. Diving

divingHal pertama yang menjadi kegiatan menarik adalah menyelami perairan Raja Ampat itu sendiri. Tidak lengkap rasanya jika anda tidak melakukan kegiatan yang satu ini. Langkah baiknya sebelum anda berwisata ke tempat ini anda sudah mahir berenang, sebab semua kegiatan di Raja Ampat berhubungan dengan laut. Tentu anda tidak ingin kan sudah mengeluarkan banyak biaya namuna anda tidak bisa melihat keindahan Raja Ampat sesungguhnya. Pesona Raja Ampat yang tersembunyi ada di pesona bawah lautnya. Raja Ampat terdiri dari ratusan gugusan pulau dimana semua gugusan pulau itu menyimoa kekayaan laut yang berbeda beda. Oleh sebab itu banyak wisatawan yang datang ke Raja Ampat memiliki tujuan yang sama yaitu melakukan diving atau menyelam. Mereka akan menjelajahi gugusan pulau tersebut masing masing dan menemukan kekayaan laut yang ada di masing masing gugusan pulau itu.

Penyelam akan dimanjakan dengan banyak spot yang ada di Raja Ampat, spot yang menarik berada di pusat segitiga terumbu karang yang ada di dunia. Tidak hanya kenakeragaman hayati saja yang bisa penyelam lihat di dasar laut Raja Ampat, namun sisa sisa reruntuhan kapal yang ada di bawah laut pun bisa penyelam lihat. Reruntuhan kapal it berasal dari kapal nelayan atau kapal penduduk setempat yang karam di dasar laut.

Baca : Tempat Wisata di Lumajang

  1. Snorkeling

snorkelingBagi anda yang belum cukup mahir berenang anda jangan pernah sekali kali mencoba diving, hal itu dikarenakan orang yang belum mahir berenang saat diving akan mengalami berbagai macam gangguan misalnya saja adalah sakit kepaala ketika menyelam di kedalaman laut yang dalam, sulit untuk mengatur nafas dan jantung berdegup lebih kencang. Gangguan gangguan tersebut tidak akan dialami oleh orang yang sudah mahir berenang dan juga menyelam. Bagi anda yang belum mahir berenang, berenang di perairan dangkal pun tidak masalah. Anda masih bisa menikmati keindahan pantai yang ada di Raja Ampat. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah snorkeling, snorkeling yang dilakukan tidak membutuhkan lisensi berenang berbeda dengan kegiatan diving. Raja Ampat yang ada di Papua Barat tersebut tidak hanya berguna untu penyelam saja namun Raja Ampat sedang berusaha untuk menjadikan surga untuk semua traveller yang datang di Raja Ampat.

Meski hanya di perairan dangkal, wisatawan yang melakukan snorkeling tetap bisa menikmati keindahan laut atau pantai Raja Ampat. Di sana anda bisa melihat terumbu karang dan juga berbagai hewan laut di perairan Raja Amat. Memang perairan yang ada di Raja Ampat memiliki daya lihat yang baik sampai dengan beberapa meter. Daya lihat yang baik itu berguna untuk para snorkeling agar bisa melihat keindahan perairan di Raja Ampat. Orang yang melakukan snorkeling tidak perlu menyelam sampai laut dalam atau laut bawah agar keindahan bawah laut Raja Ampat terlihat.

Baca : Pantai Sadeng GunungkidulPantai Sawarna Sukabumi

  1. Trekking

trekking-raja-ampatKegiatan seru dan menantang lainnya yang bisa anda coba saat berada di Raja Ampat adalah kegiatan trekking. Ada beberapa jalur trekking yang bisa anda lalui, jalur trekking itu adalah dengan mendaki di atas bukit. Kegiatan berfoto di atas bukit tersebut akan terasa menyenangkan sebab anda bisa berfoto dengan background atau latar belakang gugusan pulau pulau kecil yang ada di Raja Ampat. Bukit yang bisa anda gunakan sebagai jalur trekking adalah bukit Waisai, Kabui dan Pianemo. Kegiatan trekking yang ada disini dikatakan menantang sebab jalur trekking di bukit tersebut bukan menyusuri jalur trekking yang sudah ada melainkan pendaki harus membuka jalur baru untuk bisa sampai ke atas bukit. Meski kegiatan ini menantang, kehati hatian harus tetap dikedepankan.

Usahakan pengunjung yang ingin melakukan trekking didukung dengan peralatan yang aman dan sesuai. Trekking ini membutuhkan persiapan, bukan sekedar kegiatan yang bisa dilakukan secara mendadak. Hal itu dikarenakan trekking ini membutuhkan persiapan perlengkapan dan juga mental yang kuat. Salah satu hal yang harus tepat digunakan saat trekking adalah memilih sepatu. Usahakan anda memilih sepatu khusus untuk trekking sehingga sepatu itu nyaman dan aman digunakan saat trekking.

Baca : Tempat wisata di Bontang

  1. Memberi Makan Ikan

memberi-makan-ikanKegiatan yang menarik dan tidak boleh dilewatkan adalah memberi makan ikan yang ada di laut Raja Ampat. Memberi makan ikan ini disebut juga dengan fish feeding. Kegiatan ini merupakan kegiatan teramah yang bisa diakukan bagi wisatawan yang takut menyelam maupun takut melakukan snorkeling. Meski memberi makan ikan di atas permukaan air namun kejernihan laut Raja Ampat membuat ikan ikan itu masih bisa terlihat. Memberi makan ikan ini akan terasa sangat mengasyikkan jika anda berada di atas perahu. Ikan ikan kecil yang ada di bawah permukaan air laut itu tidak takut dengan manusia yang memberi makan kepadanya. Yang harus diingat di sini adalah jenis makanan yang disukai oleh ikan ikan tersebut. Ikan ikan tersebut hanya akan memakan remahan roti ataupun remahan biskuit. Jadi yang harus anda persiapkan sebelum memberi makan ikan ikan tersebut adaah remahan roti dan juga remahan biskuit.

Lemparkanlah remahan biskuit dan roti yang sudah anda persiapkan sebelumnya ke tengah laut atau di sekitar perahu anda. Dalam waktu yang sekejap ikan ikan kecil yang ada di perairan Raja Ampat itu akan menyerbu makanan yang dilemparkan kearahnya. Untuk melakukan kegiatan ini tidak akan pernah dipungut biaya, namun pengunjung dilarang keras membawa bahan makana  atau bahan kimia yang bisa mencemari perairan yang ada di Raja Ampat.

Sponsors Link

Kegiatan memberi makan ikan yang lebih seru adalah dengan melumuri tangan anda menggunakan terigu, setelah dilumuri terigu masukan tangan anda ke dalam air. Ikan ikan kecil yang ada di perairan Raja Ampat itu akan memakan terigu yang anda lumurkan ke tangan. Rasa geli dan seperti tergigit akan terasa ketika ikan itu memakan tepung terigu yang anda lumurkan ke tangan anda.

Baca : Tempat Wisata Di Cilacap

  1. Mengunjungi dan Melihat Burung Cendrawasih

bird-watching-cendrawasih-merah-raja-ampatDaratan yang ada di kepulauan Raja Ampat menyimpan permatanya Papua. Permata itu adalah burung cendrawasih. Aktivitas yang bisa dilakukan di daratan Raja Ampat adalah bird watching. Burung cendrawasih merupakan burung asli dari Papua. Keunikan dari bird watching adalah pengunjung bisa melihat burung cendrawasih itu tanpa menggunakan teropong maupun alat perantara. Pengunjung akan dibawa ke dareah yang dipenuhi dengan burung cendrawasih. Tempat atau daerah yang biasa digunakan untuk melihat burung cendrawasih adalah Pulau Sawing Rai.

Melihat burung cendrawasih ini bisa dilakukan dalam dua kali dalam sehari. Jadwal melihat burung tersebut adalah pukul 7 pagi samai dengan 9 pagi WIT. Pada sore hari kegiatan melihat burung cendrawasih ini pukul empat sore sampai dengan pukul 5 sore WIT. Tidak hanya burung cendrawasih saja yang bisa dilihat disini, namun pengunjung juga bisa melihat burung nuri dan beraneka burung lain yang cantik dan indah.

Baca : Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

  1. Berburu Souvenir

berburu-kerajinan-raja-ampatKegiatan menarik yang ada di Raja Ampat dan tidak boleh dilewatkan adalah berburu souvenir dan juga berburu oleh oleh khas Raja Ampat. Ketika liburan di suatu tempat tidak lengkap rasanya jka anda tidak membawa oleh oleh dan membeli oleh oleh. Toko souvenir yang ada di Raja Ampat terletak di daerah terpencil, meski terpencil bukan berarti toko itu tidak bisa ditemukan. Anda bisa menemukan beragam souvenir khas Raja Ampat di Art Shop di Waisai dan juga Pulau Aborek.

Ada beragam souvenir yang bisa anda dapatkan disini misalnya saja adalah topeng, ukiran kayu, kalung khas papua, rahang hiu dan masih banyak lagi lainnya. Memang untuk membawa oleh oleh ini dari Waisai dan membeli oleh oleh ini pengunjung harus merogoh kocek yang dalam, souvenir paling murah disini dihargai 100 ribu dan paling mahal seharga 3 juta rupiah. Untuk di Pulau Aborek, topi yang menyerupai ikan pari manta dibanderol dengan harga sebesar 300 ribu. Memang harga di Waisai dan juga Aborek tidak jauh berbeda, setiap topi yang dijual harganya paling mahal adalah 300 ribu dan paling murah adalah 200 ribu.

Baca : Tempat wisata di JepangTempat wisata di Ngawi

  1. Melihat Matahari Terbit

berburu-sunrise-raja-ampatMatahari terbit atau sunrise di Raja Ampat akan terasa menyenangkan ketika berada di Raja Ampat. Tidak hanya matahari terbit saja, melihat matahari terbenam pun juga terlihat indah dilihat dari Raja Ampat ini. Ada beberapa hotel dan penginapan yang menyediakan fasilitas untuk melihat pemandangan matahari terbit atau menyaksikan matahari terbenam di Raja Ampat. Contoh resort atau hotel yang menyediakan fasilitas untuk melihat sunrise maupun sunset adalah Raja Ampat Dive Lodge, Waiwo Dive Resort dan masih banyak lagi lainnya.

Jangan sampai anda terlambat bangun sebab jika terlambat bangun anda akan ketinggalan untuk melihat matahari terbit yang ada disini. Pasang alarm anda baik baik, melihat sunrise ini merupakan pengalaman yang tidak akan anda lupakan sebab belum banyak orang yang bisa menikmatinya dikarenakan biayanya sangat mahal. Oleh sebab itu anda yang berencana kesini jangan lupa untuk menikmati kegiatan satu ini ketika berada di Raja Ampat.

Itulah beberapa informasi tentang Raja Ampat Papua yang harus anda ketahui. Bagi anda yang belum bisa berkunjung ke sana mulailah menabung mulai saat ini sebab berwisata ke Raja Ampat banyak dijadikan sebagai harapan bagi orang yang hobinya traveller. Hal itu dikarenakan pengalaman dan keindahan Raja Ampat sayang sekali untuk dilewatkan.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 16:04 Oleh :
Kategori : Wisata Indonesia