16 Tempat Wisata di Lombok Timur NTB

Sponsors Link

Pulau Lombok kini mulai menampakkan dirinya di dunia pariwisata. Bahkan levelnya sudah Internasional. Disamping karena letaknya yang bertekatan dengan pulau Bali dan pulau Komodo, pulau Lombok menyuguhkan keindahan alam yang masih perawan. Pulau lombok memiliki gunung rinjani yang menjadi gunung tertinggi ke tiga di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut. Pulau lombok sendiri memiliki luas 5.435 km yang dibagi menjadi empat kabupaten dan satu kota. Yaitu kota mataram, kabupaten lombok timur, kabupaten lombok barat, kabupaten lombok tengah, dan kabupaten lombok utara. Tiap-tiap kabupaten dan kota di Lombok memiliki banyak destinasi wisata yang indah. Seperti destinasi wisata di kabupaten Lombok Timur yang akan kita ulas dan kita rinci dengan jelas di bawah ini.

  1. Pantai Kaliantan

Pantai KaliantanPantai Kaliantan terletak di desa Pemongkong kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok timur. Pantai ini masih perawan dan jarang dikunjungi orang. Kesunyiaannya menciptakan nuansa sendiri bagi liburan anda. Air lautnya yang biru bersih serta pasir yang putih dan bersih pula menjadikan pantai ini semakin eksotis. Garis pantainya yang panjang sampai dua kilometer menyajikan keindahan tersendiri. Apalagi tidak dikenakan biaya untuk mengeksplor pantai ini.

Untuk mengunjungi pantai ini, hendaknya anda menggunakan kendaraan pribadi atau sewa karena belum ada transportasi umum menuju kawasan pantai Kaliantan. Jangan lupa pula untuk membawa payung karena jarang terdapat pohon untuk menghindari terik saat siang. Anda bisa melakukan snorkling saat siang hari karena air laut semakin tenang jika siang menjelang.

Susasana di Pantai Kaliantan ini sangat sunyi, bagi yang ingin berkunjung kesini sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman. Hal itu dikarenakan di sekitar pantai ini tidak ada warung penjual makanan atau minuman. Pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat untuk merenung sebab suasananya yang sunyi dan sepi.

Baca : Pantai Derawan Kalimantan TimurPantai Inn San Diego

  1. Tanjung Bloam

Tanjung BloamPantai tanjung bloam memiliki keindahan yang tidak lazim. Selain pasir yang putih dan laut yang biru, tanjung Bloam memiliki daratan yang menjorok ke laut dengan batu berlumut menjulang seperti atap rumah yang eksotis. Dibawahnya anda dapat menikmati laut diatas bau-batu cadas yang sangat bersih.

Terdapat pula tebing-tebing tinggi yang tak kalah menarik untuk dijajaki yang pasti menampilkan pemandangan indah luar biasa. Pemandangan di tanjung Bloam ini bak lukisan tiga dimensi yang sangat indah. Jika anda mengunjungi pulau lombok, jangan lupa untuk mengunjungi Tanjung Bloam ya. Dijamin tidak rugi dengan keindahan yang didapatkan.  Daya tarik tanjung ini ada pada batu cadasnya, sangat menakjubkan. Jika dilihat Tanjung Bloam ini mirip dengan lukisan pelukis yang ulung.  Ketika berada disini anda seperti melihat karya pelukis yang sangat indah.  Anda bisa menelurusi pesisir pantai untuk mengetahui keindagan Tangjung Bloam ini lebih detail.

Baca : Pantai Sadeng GunungkidulPantai Sawarna Sukabumi

  1. Gili Sunut

gili sunutGili sunut adalah pulau karang  kecil yang dihubungkan dengan hamparan pasir dari pulau lombok. Gili sunut ini dihuni sekitar 109 keluarga. Tempat ini sangat indah dengan hamparan pasir lang luas di pinggir pantainya. Lautnya yang memiliki gradasi unik sangat indah. Apalagi kejernihannya membuat karang-karang bawah laut tampak jelas meski tanpa snorkeling. Anda juga bisa berjemur di bawah terik matahari dengan cuaca panas untuk menggelapkan kulit. Gili Sunut merupakan pulau yang cukup tersembunyi. Bahkan tempat ini cukup jauh dari pusat kota Lombok Timur. Bhkan untuk mencapai ke tempat ini membutuhkan waktu 2 jam lamanya. Jarak Gili Sunut dari kota Mataram sekitar 75 km.

Selain itu, pesona karang sekitar gili sangat mempesona sehingga anda harus memastikan untuk tidak kehilangan panorama indah dan moment sedikitpun. Untuk kesini, anda harus menyewa mobil atau motor karena tidak ada angkutan umum yang menuju ke sini.

Baca : Tempat wisata di Wonosobo

  1. Tanjung ringgit

tanjung ringgitTanjung ringgit berada di kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Tanjung ringgit adalah sebuah tanjung yang bentuknya menyerupai kepala buaya. Disampingnya ada sejengkal pantai yang dapat anda nikmati. Tempat ini relatif sepi dan masih sangat alami. Anda bisa menikmati keindahan tanjung ringgit dengan duduk bersantai diatas bukit tebing di bawahpohon.

Dengan begini anda dapat melihat dengan jelas gradasi warna hijau, hijau tua, biru, dan biru tua.  Dengan begitu anda dapat menikmati semilir angin laut yang berbau khas. Di tanjung ringgit ini, anda juga akan menemukan meriam peninggalan belanda yang masih kokoh menghadap laut untuk menambah koleksi foto keren anda. Selain itu, ada sebuah gua yang dapat anda kunjungi. Lokasi gua cukup tersembunyi sehingga anda harus bertanya jika anda menemukan orang asli. Jalan menuju ke tanjung ringgit masih sepi, jadi harus ditempuh dengan mobil atau kendaraan pribadi. yang pasti, perbekalan anda harus lengkap.

Baca : Tempat wisata di Lombok

  1. Pantai Surga

Pantai SurgaNamanya saja pantai surga. Kebayang gak betapa indahnya potongan surga ini? Pantai ini diapit oleh dua tebing yang tinggi tinggi menjadikan pantai ini terbentuk seperti huruf U. Seluruh pantainya tertutup oleh pasir yang bersih dan indah. Karena pantai ini masih tergolong alami, tidak ada warung kecil apalagi kafe disini. Makanya anda harus membawa perbekalan anda sendiri mulai dari air, pakaian ganti, sampai makanan dan snack. Anda juga sebaiknya membawa peralatan snorkeling, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menikmati pemandangan diatas tebing dengan semilir angin laut menyegarkan diantara terik. Jangan khawatir, tidak dipungut biaya apapun untuk menikmati pantai ini.

Pantai ini meskipun fasilitasnya belum memadai namun banyak wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai ini. Alasannya tentu saja karena pemandangan pantai ini yang begitu eksotik.  Letak pantai ini ada di ujung selatan Pulau Lombok Timur. Tepatnya ada di Jerowaru dan jaraknya sekitar 50 km dari Kota Selong. Untuk sampai ke pantai ini diperlukan usaha yang ekstra sebab fasiitas jalan yang buruk dan aksesnya yang lumayan sulit.

Baca : Tempat wisata di Bangkok

  1. Gili Bagek

gili bagekGili bagek atau gili kondo ini terletak di perairan kecamatan Sambelia. Gili ini sama sekali tidak berpenghuni. Kita bisa menikmati keindahan gili serasa di dunia sendiri. Jangan lupa kita harus snorkeling menikmati keindahan bawah laut yang menakjubkan dan masih perawan. Gili Bagek ini sama dengan Gili Sunut, dimana Gili Bagek itu masih perawan dan sunyi. Tempat ini cocok bagi anda yang ingin mencri ketenangan.  Gili Bagek disebut juga dengan Gili Kondo.

Gili Kondo adalah pulau kecil yang terjebak di perairan kecamatan Sambelin. Perjalanan menuju Gili Bagek bisa ditempuh seama a25 menit jika ditempuh dari Pantai Transat. Pantai Transat adaah lokasi terdekat dengan Gili Bagek. Meskipun Pantai Transat memiliki pasir hitam, jangan khawatir karena Gili Bagek memiliki pasir yang putih dan air pantai yang jernih. Apalagi pesona ikan dan terumbu karangnya sangat menawan dengan air jernih yang menambah kesempurnaan. Pantai di gili ini pun tidak kalah menarik dibanding pantai-pantai yang lain di lombok.

Baca : Tempat wisata di Gili Trawangan

  1. Gili Sulat dan Gili Lawang

gili sulat dan gili lawangGili Sulat memiliki panjang 5,2 kilometer yang masih terlindung dari polusi dan masih sangat alami. Selain pantainya yang indah untuk snorkeling di gili Sulat ini terdapat hutan mangrove yang dapat dinikmati melalui jalan berpapan yang apik untuk anda yang hobi fotografer. Disamping itu, anda juga dapat melakukan Camping untuk menikmati suasana alami serasa dunia milik sendiri.

Selain itu, kondisi perairan yang tenang di sekitar gili membuat anda dapat menikmati pemandangan sekitar menggunakan kano. Untuk mencapai tempat ini, anda tetap harus menggunakan mobil pribadi, dan jangan khawatir, kondisi jalan sudah baik. Gili Sulat sangat cocok untuk anda yang mendambakan nuansa liburan yang tenang dan damai. Gili Lawang adalah tetangga gili Sulat. Jarak mereka cukup berdekatan dengan jarak kira-kira 500 meter. Kedua gili ini sebenarnya menjadi tempat singgah bagi nelayan. Namun karena menjadi destinasi wisata baru yang banyak digandrungi orang karena kealamiannya, kedua gili ini pun menjadi tempat favorit yang didatangi wisatawan baik domestik maupun internasional yang mendambakan ketenangan dan nuansa alam yang masih perawan.

Baca : Taman Mini Indonesia Indah

sponsored links
  1. Lembah Hijau

Lembah HijauNah, Lombok Timur kini menghadirkan lembah, bukan lagi pantai dan gili. Lembah hijau ini berada di desa Ijobalit kecamatan Labuhan Haji. Dinamakan lembah Hijau karena banyak pohon-pohon yang berwarna hijau plus kolam-kolam yang indah dan aneka bunga. Lembah Hijau ini memang ditata dengan apik untuk memanjakan pengunjung dengan nunsa teduh yang nyaman.

Dengan pepohonan yang berjajar rapi serta bunga-bunga yang juga ditata. Tidak terlalu terik membuat lembah Hijau tempat yang pas untuk melepas penat setelah bermain terik di pantai. Lembah Hijau ini sangat cocok untuk wisata keluarga yang menyenangkan dan beramai-ramai. Apalagi disediakan gazebo-gazebo untuk pengunjung yang menikmati kawasan ini. Tiket masuk sangat terjangkau yaitu 5000 rupiah per orang. Di lembah ini, selain kolam juga ada danau buatan yang dapat anda nikmati bersama keluarga, kekasih, atau kongkow bareng teman-teman.

  1. Sembalun

SembalunSembalun adalah sebuah kecamatan wisata yang terlatak di Lombok Timur yang memiliki luas wilayah 217,18 km². Sembalun terdiri dari beberapa desa yang menawarkan keindahan pemandangan desa yang masih tradisional. Dengan menyuguhkan petak-petak sawan yang berjajar rapi serta sistem irigasi seperti Indonesia masa lalu.

Sembalun terletak di kaki gunung Rinjani sehingga udaranya masih sangat bersih dan hawa yang dingin menyamankan anda. Selain pemandangan hijau karena sawah dan pegunungan, desa ini dikelilingi tebing yang megah. Sehingga menjadikan pemandangan Sembalun lebih indah lagi. Sembalun memiliki peran penting sebagai jalan masuk pendakian gunung rinjani sehingga cocok untuk menjadi tempat persinggahan para pendaki. Desa-desa di sembalun juga menjadi pengindah nuansa malam kala dinikmati di pendakian dengan lampu meonnya yang menyala. Disamping itu, ketika kabut turun, sembalun benar-benar sangat menyajikan suatu keindahan yang berbeda.

  1. Aiq Temer

Aiq Temer Kali ini Lombok timur menghadirkan Aiq Temer. Aiq temer adalah sebuah nama air terjun yang berada di kawasan gunung Rinjani. Aiq Temer ini sangat indah dengan nuansa hutan yang alami. Di samping air terjun terdapat daun-daun yang bergelantung di tebing sehingga air terjun ini benar-benar dikelilingi nuansa hijau. Aiq temer ini bagaikan surga yang tersembunyi di Lombok Timur. Bisa kita lihat, betapa indah dan asrinya Aiq temer tersebut. Jika dilihat dari atas tebing, hanya pemandangan hijau dan pohon yang rindang mengelilingi air terjun.

Airnya yang jernih dan segar cocok untuk anda berbasah-basah ria. Karena lokasinya yang di gunung, maka anda akan disuguhkan pemandangan pohon-pohon hijau yang menenangkan. Anda juga akan menemukan monyet-monyet gunung liar sepanjang perjalanan. Harga tiket masuk air terjun ini sangat terjangkau, hanya 2500 rupiah untuk keindahan yang langka.

Baca : Air terjun bidadari sentul Jawa BaratAir terjun di Jawa Timur

  1. Otak kokoq

air terjun otak kokoqOtak kokoq adalah nama sebuah air terjun yang terletak di kecamatan Montong Gading. Air terjun ini berasal dari sumber asli gunung Rinjani. Air terjun dengan ketingian lima meter ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman beramai-ramani. Di samping air terjun, terdapat kolam renang yang dapat anda nikmati pula.

Air terjun ini dibendung dengan bendungan kuno yang masih kokoh dan terdapat batu cadas besar dalam bendungan yang menambah keindahan alami, apalagi untuk berfoto ria. Selain otak kokoq dilengkapi dengan kolam renang yang dikelilingi pohon, kawasan otak kokoq juga dipenuhi gazebo-gazebo untuk anda yAng ingin bersantai sambil menikmati hawa dingin dan pemandangan indah di kaki gunung RinjaniAir terjun ini memiliki khasiat yang dipercaya ole warga yang ada di sekitar air terjun. Mereka meyakini jika berendam di air terjun tersebut bisa menyembuhkan penyakit kulit dan menghilangkan gatal gatal akibat penyakit kulit itu.

Baca : Wisata air terjun di BaliTempat wisata di Air Terjun Kulonprogo

  1. Air terjun Kaliage

Air terjun KaliageAir terjun satu ini juga berada di kawasan sembalun. Sama seperti air terjun Mayung Pethek, air terjun ini dikelilingi oleh batu-batu yang eksotis. Jarang sekali orang yang datang kesini dikarenakan menghindari tersesat dalam perjalanan. Namun, jika anda bertekat, akan banyak sekali keindahan yang anda dapatkan. Seperti keindahan padang sabana saat perjalanan menuju air terjun ini. Meskipun tidak terlalu tinggi, air terjun semakin terlihat indah karena tebing-tebing yang terukir alami disamping kiri kanannya.

Karena jalannya yang rumit dan akses jalan yang tidak mudah, anda harus menyewa tour guide untuk membantu anda sampai di air terjun ini. Anda bisa mendapatkan jasa tour guide ini di Kantor Infromasi Gunung Rinjani. Hal tersebut disarankan bagi anda yang baru pertama kali di ke air terjun ini. Untuk bisa sampai air terjun ini bagi yang sudah biasa bisa memakan waktu satu jam perjalanan. Selama di perjalanan anda bisa melihat padang sabana yag luas. Sepanjang perjalana  menuju air terjun ini memang dipenuhi dengan Padang Sabana.

Baca : Daftar obyek wisata di Thailand

  1. Pantai Pink

Pantai PinkPantai pink memiliki keindahan yang tak lazim dan patut  anda coba. Pasirnya yang brwarna pink menjadi daya tarik tersendiri yang tidak dimiliki pantai manapun. Pantai ini terletak di desa sekaroh, kecamatan jerowaru Lombok Timur. Sebenarnya pasir di pantai ini berwarna putih, hanya saja pasirnya bercampur dengan serpihan terumbu karang yang berwarna merah sehingga menjadikan pantai ini berwarn a pink. Pemandangan akan sangat berbeda ketika anda melihat warna pink berbaut dengan hijau dan birunya laut. Membuat anda akan terkagum-kagum.

Selain pasirnya yang pink, pantai ini juga dikelilingi tebing yang dapat anda daki untuk menikmati keindahan dibawahnya. Air dipantainya pun cukup tenang sehingga anda dapat bermain air dengan rasa aman. Tarif disini hanya ditarif 10.000 rupiah per orang. Sangat murah untuk keindahan yang tidak lazim. Tidak hanya pantainya saja yang bisa dijadikan sebagai tempat untuk wisata, namun di sekitar pantai Pink ini terdapat goa peninggalan penjajah Jepang yang saat itu digunakan untuk memantau musuh yang menyerang melalui perairan.

Baca : Tempat wisata di Cilacap

Sponsors Link

  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani Siapa tak kenal gunung Rinjani, gunung berapi tertinggi nomer tiga di Indonesia ini menjadi tempat banyak pendaki untuk mewujudkan hobinya. Salah satu Pintu masuk gunung Rinjani adalah melalui Kabupaten Lombok Timur. Sehingga Gunung ini masuk tempat wisata di Lombok Timur yang menakjubkan.

Gunung ini memiliki ketinggian 3726 m diatas permukaan laut yang menambah indahnya pulau Lombok. Anda dapat menikmati dunia di atas awan dipuncaknya yang menciptakan pengalaman luar biasa bagi anda. Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung yang aktif di Indonesia. Anak Gunung Rinjani bernama Gunung Barujari pun termasuk salah satu anak gunun yang aktif. Saat Gunung Rinjani meletus pada abad ke 13, gunung itu memiliki kaldera yang lumayan luas. Setelah letusan tersebut, di tengah tengah Gunung Rinjani muncul kerucut. Kerucut itulah yang disebut sabagai anak Gunung Rinjani.

Baca : Gunung terindah di Indonesia

  1. Segara Anak

Segara AnakSegara Anak seolah menjadi dahaga saat pendaki kelelahan dan kehausan. Berada di setengah ketinggian gunung rinjani. Luasnya sekitar 1100 ha. Dengan kedalaman 230 m. Disebelahnya terdapat lahan luas yang seolah diciptakan Tuhan untuk berkemah bagi mereka yang mendaki dan menikmati danau yang indah ini. Disamping itu, dalam danau ini terdapat bermacam-macam ikan yang sengaja dipersiapkan bagi para pemancing.

Menurut cerita yang ada di masyarakat, Segara Anak artinya adalah anak laut. Hal itu dikarenakan warna segara ini yang menyerupai dengan warna air laut. Meskipun akses untuk menuju ke tempat ini tidak mudah namun banyak yang mengatakan jika belum pergi ke Lombok Timur jika tidak mengunjungi Segara Anak ini. Pemandangan indah, ikan-ikan untuk makan, dan suasana dingin pegunungan sangat perlu untuk dinikmati minimal beberapa kali sumur hidup. Jadi, tunggu apa lagi untuk ke segara anak?

  1. Desa Sapit

Desa SapitDesa Sapit berada di atas ketinggian 1100 m diatas permukaan laut yang menimbulkan hawa dingin tersendiri. Desa ini menjadi tempat persinggahan bagi sebagian besar turis yang ke Lombok menuju Rinjani. Pemandangan desa ini banyak terdapat sawah yang diolah dengan cara tradisional yang menenangkan. Selain itu di desa ini kita dapat melihat matahari terbit di balik daratan sumbawa yang menjadikan sunrise kita luar biasa.

Desa Sapit disebut juga dengan desa pamali. Tahukah anda apa itu pamali?, pamali adalah mitos mitos yang dipercaya berbahaya dan membahayakan sehingga tidak boleh dilakukan. Kebenaran dari mitos itu belum bisa diketahui secara pasti. Meski banyak yang tidak percaya dengan mitos, namun Desa Sapit membangun desa mereka menggunakan mitos yang merek yakini dari peninggalan jaman nenek moyan dahulu sampai dengan saat ini. Meski modernitas mendominasi semua lapisan masyarakat yang ada di Indonesia, namun Desa Pamali masih ada. Orang yang hidupnya modern sering menganggap mitos hanyalah isapan jempol belaka. Namun untuk menciptakan ketenangan dan ketentraman yang ada di Desa Sapit ini, masyarakat lebih percaya dengan mitos dibandingkan dengan pemikiran yang modern.

Demikian daftar tempat wisata di Lombok Timur yang hendaknya anda kunjungi saat liburan. Semoga info ini dapat menginspirasi, dan bermanfaat bagi anda. Mari nikmati indahnya Indonesia

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, May 2016 / 12:35 Oleh :
Kategori : Nusa Tenggara Barat