7 Tempat Wisata di Gili Trawangan Lombok

Sponsors Link

Untuk yang gemar berwisata, Gili Trawangan yang tepatnya ada di provinsi Nusa Tenggara Barat bisa menjadi salah satu destinasi wisata bahari bila belum ada di daftar Anda yang juga merupakan tempat wisata di Indonesia. Inilah tempat yang akan menawarkan berbagai keseruan dan ketenangan dalam liburan. Dengan letaknya yang berada di arah barat laut Pulau Lombok, Gili Trawangan sendiri merupakan sebuah kawasan kecil yang hanya berlebear 1,5 kilometer dan panjang 2 kilometer. Lalu, sebenarnya apa yang membuat tempat wisata di Gili Trawangan menjadi bahan perbincangan para wisatawan?

  1. Konservasi Penyu

Konservasi PenyuDi dekat pelabuhan Gili Trawangan, para pengunjung akan dapat menemukan sebuah area yang disebut dengan Turtle Conservation atau tempat konservasi kura-kura. Bagi pecinta hewan bertempurung ini, boleh datang dan melihat langsung bagaimana kura-kura yang masih anak-anak dirawat dan dibesarkan di tempat tersebut. Setelah tumbuh besar dengan baik, maka para perawat di tempat konservasi akan melepas mereka ke lautan untuk hidup bebas seperti hewan laut lainnya.

Di lautlah para kura-kura tersebut akan tumbuh dewasa dan akhirnya akan mampu berkembang biak yang merupakan salah satu tujuan mulia sebab hal ini sama saja dengan sebuah usaha untuk melestarikan lingkungan dengan cara yang baik. Pada waktu pelepasan pun tidak dilakukan secara sembarangan, karena kura-kura yang sudah cukup besar akan dilepas dengan mengadakan upacara adat. Hal ini termasuk salah satu hal menarik untuk disaksikan oleh para wisatawan untuk menambah wawasan juga. Sebelum dilepas, para pengurus konservasi menyimpannya di sebuah akuarium besar sehingga akan dapat terlihat oleh mata pengunjung entah itu dari samping atau dari atas.

  1. Dunia Bawah Laut

Dunia Bawah LautBila menginjakkan kaki ke Gili Trawangan, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati pemandangan yang ada di dunia bawah lautnya dengan ber-diving atau ber-snorkeling ria. Kegiatan tersebut memang adalah yang paling diminati oleh para pengunjung dan tidak perlu khawatir sebab setiap layanan diving yang ada di area ini memiliki lisensi internasional sehingga dijamin terpercaya. Pengunjung yang suka menyelam pun akan dapat menggunakan peralatan berkualitas dan aman. Pemandunya pun tidak akan mengecewakan dan memberi bantuan seperti yang dibutuhkan.

Spot diving yang disediakan pun juga ada banyak sehingga para penyelam akan mampu menelusuri setiap spor yang memang memiliki daya tariknya sendiri-sendiri. Spot diving yang sudah sangat akrab di telinga para wisatawan yang gemar menyelam, antara lain adalah Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lainnya yang masih banyak lagi. Biasanya, ada spot unggulan yang dipunyai oleh setiap operator diving dan level tantangan atau kesulitannya pun akan berbeda berdasarkan pengalaman serta kemampuan Anda ber-diving.

Namun, bagi yang bukan penggemar selam-menyelam namun sangat berkeinginan untuk melihat apa saja yang ada di bawah laut Gili Trawangan ini, keindahannya bisa disaksikan dengan cara yang lain. Kalau tidak suka ber-diving, silakan pilih untuk ber-snorkeling yang pastinya tidak akan kalah seru dari diving. Untuk Glass Bottom Boat, ada tempat penyewaannya sehingga Anda bisa menyewa langsung di sana.

  1. Pantai dengan Pemandangan Cantik

Pantai dengan Pemandangan CantikKetika menjejakkan kaki di Gili Trawangan, tentu yang menjadi pusat perhatian paling utama adalah keindahan pantainya yang bukan main membuat kita tidak ingin pulang ke rumah. Memang kalau dari segi kontur, pantai yang ada di kawasan Gili Trawangan tidaklah terlalu berbeda dari pantai yang berada di Lombok lainnya karena memiliki pantai ini tercipta dengan panorama yang cantik dan hamparan pasir putih. Ada segudang biota laut yang juga menjadi penghuni air lautnya yang sangat jernih dan merupakan pantai terindah di Indonesia.

Hanya saja, ketika memilih untuk bersantai di tepi pantainya, akan tampak oleh mata dua gunung yang dengan megah berdiri di kejauhan, yaitu Gunung Agung dan Gunung Rinjani. Yang membedakan pantai ini dengan pantai lain yang ada di Lombok adalah bahwa pengunjung bisa kapan saja datang untuk berlibur karena memang cuaca akan tetap terang. Bila di Bali atau Lombok kerap hujan, maka di Gili Trawangan ini jarang sekali sehingga pengunjung akan puas tanpa takut kehujanan selama menikmati obyek wisata ini.

  1. Panorama Matahari Terbenam

Panorama Matahari TerbenamWalau bagi beberapa orang pemandangan sunset atau matahari terbenam itu seolah biasa saja, tapi untuk beberapa orang lainnya, panorama ini adalah yang ditunggu-tunggu setiap pergi ke pantai. Jadi, jangan lupa menyaksikannya ketika tengah berjalan-jalan di Gili Trawangan. Di kawasan ini terkenal sebuah tempat bernama Sunset View yang bisa didatangi demi menonton indahnya matahari yang tenggelam menjelang malam hari dan lokasinya ada di sebelah barat Gili Trawangan. Maka, jangan heran kalau datang di sore hari Anda akan menemukan keramaian di Sunset View karena wisatawan lokal maupun mancanegara seakan enggan melepas kesempatan melihat terbenamnya matahari.

Mungkin akan lebih asyik jika menunggu tidak hanya dengan duduk-duduk, tapi juga sambil mengemil. Tenang saja, di dekat area ini ada makanan kecil serta minuman yang bisa dibeli di warung. Untuk ke Sunset View sendiri, Anda diberi beberapa pilihan, yaitu naik kereta kuda Cidomo, naik sepeda, atau jalan kaki saja. Namun, apapun cara yang dipilih untuk menuju ke Sunset View, pastikan untuk tidak melewatkannya karena matahari terbenam merupakan salah satu eksotisme Gili Trawangan yang akan membuat liburan Anda makin komplit.

  1. Film Pinggir Pantai

Film Pinggir PantaiKeseruan lainnya yang tidak akan ditemukan di pantai-pantai pada umumnya adalah film yang diputar di pinggir pantai. Di kawasan pantai Gili Trawangan ada sejumlah tempat yang bisa dipilih untuk menonton film bersama keluarga atau teman yang berlibur di daerah ini. Film yang disediakan ada yang dalam bentuk layar lebar namun juga ada yang dalam bentuk TV dengan jenis film yang cukup komplit dan bisa dipilih oleh pengunjung menurut jenis film kesukaan masing-masing.

Kabar baiknya lagi adalah, kalau biasanya menonton film di bioskop kita harus membayar tiket filmnya, menonton film di pinggir pantai Gili Trawangan tidak akan dikenakan biaya apapun, baik biaya masuk maupun tiket menontonnya. Kebanyakan tempat akan menggratiskan dan pengunjung hanya perlu membeli minuman hanya untuk dapat masuk ke sana, sederhana dan murah bukan?

  1. Live Music

Live MusicSelain film-film seru yang beraneka ragam, yang senang dengan musik, boleh coba mengunjungi beberapa bar atau kafe yang menawarkan hiburan live music.

Untuk suasana malam yang lebih asyik di Gili Trawangan tidak ada salahnya untuk mampir ke salah satu kafe untuk menikmati musik-musik modern hingga musik reggae. Tanpa disadari pun kita akan terlarut dalam suasana menyenangkan karena live music tersebut, dan sehingga tak heran jika banyak para wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata ini dan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

sponsored links

  1. Presean atau Stick Fighting

Presean atau Stick FightingInilah salah satu keunikan lain yang bisa didapat hanya di Gili Trawangan, yaitu kesenian bela diri tradisional dan memang asli berasal dari suku Sasak yang ada di Lombok. Bela diri ini dipertunjukkan cukup sering di dekat kawasan Pasar Seni dan karena tidak akan bisa dilihat di tempat lain, para pengunjung bisa datang dan menyaksikannya. Dalam pertunjukan bela diri ini, aka nada dua orang petarung yang disebut dengan istilah Pepadu dalam bahasa Sasak dan Pakembar yang merupakan istilah untuk sang wasit.

Sebuah tongkat rotan adalah senjata yang dibawa oleh kedua pepadu yang istilah dalam bahasa Sasaknya, Penjalin. Tidak hanya tongkat, mereka pun masing-masing memiliki Ende atau tameng yang terbuat dari kulit. Kesenian bela diri ini termasuk pada level ekstrim dan selama pertunjukan berlangsung akan ada musik tradisional Lombok mengiringi pertarungan mereka. Suasana akan semakin terlihat dan terdengar lebih semarak dengan adanya komentator yang menggunakan pengeras suara sehingga keseluruhan acara menjadi semakin heboh dan seru.

Petarung yang para wisatawan tonton tentu bukan petarung biasa karena mereka adalah yang terbaik dipilih oleh suku Sasak sendiri. Bukan hanya dari primanya fisik kedua petarung, namun juga nyali ekstra sebab bela diri ini termasuk dalam kategori olahraga ekstrim dan menantang sehingga tingkat bahaya lebih tinggi. Cukup sering juga para petarung harus terluka serius saat melakukan olahraga ini. Sesungguhnya, kesenian bela diri ini adalah salah satu upacara tradisional yang juga cara untuk meminta hujan. Konon katanya, semakin lebatnya hujan yang turun itu karena semakin banyaknya darah yang tertumpah, jadi cukup mengerikan bukan?

Karena saking banyaknya penonton pertunjukan kesenian bela diri ini, maka tidak heran kalau saat ini pertunjukannya dibuat lebih menarik. Bahkan penonton yang bernyali besar boleh ikut berpartisipasi dalam pertunjukan, namun sebesar apapun nyali Anda, tetap perlu berhati-hati jika ingin ikut serta karena belum terlalu ahli. Kesenian ini pun mengajarkan kita akan artinya sportifitas, ini karena para petarung tidak akan memendam dendam atau emosi walau terkadang sampai ada yang terluka serius. Mereka mengakhirinya dengan tarian, ekspresi-ekspresi lucu serta tawa.

Aktivitas Menarik

  1. Diving atau Menyelam

Tentu saja aktivitas menarik pertama yang paling direkomendasikan bagi yang ingin berwisata di Gili Trawangan adalah diving dengan beragam spot diving yang tersedia. Bagi para penyelam profesional maupun yang sekadar hobi, penyelaman di Pulau Lombok bisa dilakukan di Gili Trawangan ini dan juga Gili Air maupun Gili Meno yang masih termasuk dekat antara satu area dan area lainnya. Penyedia jasa diving sudah terpercaya sehingga para calon penyelam tidak usah khawatir sebab sudah dilengkapo dengan standarisasi internasional dan nasional (PADI).

Jika Anda memang penyelam, maka akan mengenal Dream Divers dan Blue Marlin Dive, sementara Trawangan Dive, Big Bubble, Manta Dive, serta Vila Ombak Diving Academy adalah  penyedia jasa diving lainnya yang memiliki reputasi yang baik juga. Pengelola dari Vila Ombak Diving Academy tersebut diketahui adalah Hotel Vila Ombak, jadi para wisatawan yang ingin mencoba diving di Gili Trawangan dijamin mendapat pelayanan dan fasilitas terbaik untuk bersenang-senang di bawah laut.

  1. Fishing atau Memancing

Para pemancing mania, kegiatan memancing juga bisa dilakukan di Gili Trawangan karena memang disediakan sejumlah spot memancing yang pasti seru untuk didatangi dan dicoba. Bahkan untuk pengalaman memancing yang lebih oke, ada peralatan dan sarana penunjang lainnya yang bisa disewa, seperti perahu. Namun, jika memang Anda adalah pemancing profesional, sah-sah saja untuk membawa sendiri, ini juga disebabkan peralatan yang disediakan di tempat ini masih terlalu tradisional. Jadi, untuk kenyamanan selama memancing, silakan pilih mau membawa sendiri atau menyewa peralatan memancingnya.

  1. Snorkeling

Tidak masalah kalau Anda tidak punya hobi menyelam atau bahkan tidak suka menyelam, karena kegiatan snorkeling pun akan membawa para pengunjung untuk bisa menyaksikan betapa serunya dunia bawah laut. Cara menikmati alam bawah laut ini memang lebih sederhana, dan pengunjung juga tidak perlu pusing soal peralatan yang harus digunakan. Penyewaan peralatan snorkeling ada di mana-mana dan bisa ditemukan secara mudah.

Baik ingin menikmatinya dari area pantai saja atau ingin mendapatkan pengalaman yang lebih, para wisatawan bisa memilih secara bebas menurut keinginan masing-masing. Hanya memang bagi yang ingin mendapatkan keseruan lebih, ada beberapa paket snorkeling yang bisa dipilih dan paket tersebut ditawarkan secara lengkap dengan instruktur dan sarana transportasi berupa perahu. Perahu inilah yang akan mengakomodasi wisatawan yang ingin ber-snorkeling ria di tempat-tempat koral atraktif yang masih di area Gili Trawangan.

  1. Biking atau Bersepeda

Bersepeda juga bisa dilakukan di Gili Trawangan yang tentunya menawarkan medan dan pemandangan yang berbeda dari aktivitas biking biasa. Bagi yang penasaran dengan seluruh pemandangan dan isi dari pulai kecil ini, tentu hanya dengan bersepeda santai selama kurang lebih satu setengah jam dijamin puas. Pada waktu berpetualang di tempat ini, wisatawan tentu akan terhibur dengan keindahan pantainya yang memiliki air bergradasi biru nan jernih.

Selain pantainya yang asyik dipandang, ada tempat-tempat tersembunyi yang nantinya bisa ditemukan dan di sanalah Anda bisa berfoto ria. Setelah berfoto-foto, jika merasakan dahaga, silakan beristirahat sambil minum air kelapa muda segar yang bisa dibeli dari warung sekitar yang dikelola oleh penduduk sana. Pulau ini boleh kecil, namun ada banyak hal yang akan membuat para wisatawannya puas ketika bertandang ke tempat ini.

  1. Berjalan-jalan

Bagi yang ingin mengelilingi pulau Gili Trawangan dengan cukup jalan kaki saja juga boleh dan bisa dilakukan secara santai. Seluruh pulau akan dapat dieksplorasi, bahkan Anda juga bisa berenang di pantai yang sepia tau melalui sejumlah jalan setapak untuk menonton matahari terbit serta matahari terbenam yang indah sangat indah di pulai ini. Namun, pengunjung diharap lebih waspada dan berhati-hati karena ada banyak duri yang dapat ditemukan di sebagian jalan sebab saking jarangnya dilalui orang.

Waspadalah juga akan beberapa lokasi pantai yang tampak agak longsor. Maka, disarankan untuk mengenakan alas kaki yang layak dan dapat melindungi kaki Anda dengan baik bila memilih untuk berpetualang dengan berjalan kaki. Mengelilingi pulau yang kelihatan kecil ini juga bukan hal mudah dan simpel, berjalan kaki di pulau ini juga akan membuat Anda lelah dan dahaga. Jadi, siapkan dan bawalah air minum sendiri bila perlu.

  1. Horse Riding atau Menunggang Kuda

Selain berjalan kaki dan juga mengendarai sepeda, ada cara lain yang bisa dipilih demi petualangan yang lebih seru dan maksimal, yaitu aktivitas horse riding atau menunggang kuda. Sama dengan fasilitas atau sarana lainnya, ada penyewaan kuda yang tersedia di pulau ini sehingga Anda bisa langsung menuju ke penyewaannya saja. Selain itu, aktivitas ini bakal dijamin aman karena Anda akan ditemani oleh instruktur yang akan menyediakan pengarahan sehingga berkeliling pulau menjadi lebih nyaman dan aman, terutama jika Anda masih pemula dalam hal menunggang kuda.

  1. Menonton Film dan Menikmati Musik

Seperti apa yang telah diulas sebelumnya bahwa di Gili Trawangan, tepatnya di pinggir pantai ada beberapa tempat yang menawarkan pemutaran film di malam harinya. Jadi, entah itu beramai-ramai, bersama pasangan, atau sendiri, pengunjung boleh menuju tempat ini untuk menonton layar lebar seraya makan dan minum. Ada dua pilihan yang disediakan, yaitu film dalam bentuk layar lebar atau televisi; bahkan pilihan jenis filmnya juga cukup beragam sehingga pengunjung akan terpuaskan. Cukup membeli minuman di sana, Anda sudah bisa masuk dan menikmati film yang ingin ditonton.

Karena ada live music yang ditawarkan oleh beberapa bar dan kafe, pengunjung yang lebih menyukai musik daripada film bisa mencoba untuk datang dan menikmati beragam musik asyik. Pantai memang selalu identik dengan musik reggae, namun bukan hanya jenis musik itu saja yang bisa dinikmati, bahkan segala musik modern juga ada sehingga pengunjung benar-benar akan mendapatkan kesenangan dan kepuasan secara maksimal.

Sponsors Link

  1. Berkuliner

Selain dari menonton film dan menikmati musik secara live, tentu mencicipi makanan dan minuman di area Gili Trawangan adalah hal yang wajib dilakukan. Pengunjung dengan hobi wisata kuliner, ada aneka ragam rumah makan yang bisa diicip di pulau kecil ini. Rumah makan dengan berbagai kelas bisa dikunjungi dan bermacam-macam menu spesial juga bisa dicoba. Kebanyakan hotel kelas atas yang ada di area Gili Trawangan mempunyai rumah makan sendiri selain bar dan kafe, jadi suasana kuliner pun akan makin asyik karena pengunjung akan mendapat lebih banyak pilihan dan lebih puas dalam menghabiskan waktu liburan di pulau ini.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu masakan Indonesia adalah Warung Indonesia, jadi untuk wisatawan yang suka makanan Indonesia, silakan singgah dan menikmati beragam menunya, termasuk es campur, naasi goreng, soto dan masih ada yang lainnya. Posisi rumah makan ini bisa ditemukan tidak jauh di belakang Buddha Dive. Khusus bagi yang ingin beririt ria, ada Green Café yang bisa dikunjungi dengan lokasi di area Pasar Seni. Di situlah menu-menu masakan Indonesia dengan harga murah bisa dicoba. Kalau masih ingin jajan dan membeli makanan-makanan lainnya, tunggulah sampai malam hari karena di Pasar Seni ini akan muncul pedagang-pedagang makanan yang menjajakan panganannya dengan harga terjangkau.

Keunggulan Tempat Wisata di Gili Trawangan

  • Pantai yang Bersih – Tidak hanya wisatawan mancanegara saja yang kagum akan indahnya dan bersihnya pantai di Gili Trawangan, namun wisatawan lokal pun banyak yang memuji dan memuja tempat ini saking nyamannya ketika berada di pasir pantai. Pasirnya yang putih sama sekali tidak tercampur dengan sampah-sampah seperti yang biasa kita lihat di pantai-pantai kebanyakan.
  • Beningnya Air Laut –  Saking jernihnya air laut di pantai Gili Trawangan, pemandangan yang ada di bawah laut pun bisa kelihatan, seperti terumbu karangnya dan ikan-ikan hanya dari perahu saja. Namun untuk lebih jelasnya seperti apa dunia bawah laut yang ada di Gili Trawangan, pilihan terbaik tetap jatuh pada kegiatan diving atau menyelam.
  • Keramahan Penduduk Sekitar – Yang lebih menyenangkan ketika berlibur di sini adalah baik itu pengunjung lokal maupun dari luar negeri, penduduk sekitar yang ada di Gili Trawangan akan menyambut dengan ramah. Perasaan nyaman dan aman pun persis ketika sedang berada di Bali.
  • Penginapan Sesuai Budget Mungkin banyak orang masih belum terlalu familiar dengan Gili Trawangan, namun lokasi wisata ini sudah cukup bisa diandalkan. Penginapan yang ada di sekitar kawasan ini cukup bervariasi, mulai dari hotel yang biasa sampai hotel berbintang sehingga wisatawan bisa memilih penginapan mana yang sesuai dengan budget
  • Nightlife Penuh Keseruan – Pengunjung yang menyukai kehidupan malam juga bisa menemukan bar-bar di kawasan Pasar Seni. Bila tertarik dan ingin berkunjung, waktu kunjungan yang paling baik adalah jam 9 malam ke atas karena semua bar akan mulai menerima tamu dan melayani pada jam tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Gili Trawangan, mulai dari obyek wisata yang bisa dinikmati dan segala aktivitas menarik yang bisa dilakukan selama berada di sana. Kiranya informasi tersebut dapat menjadi referensi bagi calon wisatawan yang belum terlalu mengenal pulau ini.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, March 2016 / 08:33 Oleh :
Kategori : Nusa Tenggara Barat