Sponsors Link

9 Tempat Wisata Di Pekanbaru Riau Paling Asyik

Sponsors Link

Pekanbaru Riau merupakan propinsi yang terkenal dengan perkebunan sawitnya, selain itu Riau terkenal dengan tempat wisatanya yang mumpuni. Bagi anda yang berdomisili di Pulau Sumatera, tidak lengkap rasanya jika anda tidak bekrunjung ke kota Pekanbaru. Pekanbaru adalah kota terbesar yang ada di Riau, ada banyak sekali wahana yang bisa dijadikan unuk tempat berlibur ketika anda berada di kota yang satu ini. Wahana yang ada di Pekanbaru beragam sehingga anda bisa mudah menemukan tempat wisata yang cocok digunakan untuk liburan bersama dengan teman, saudara bahkan bersama dengan anak anak anda.  Berikut ini adaah tempat wisata di Pekanbaru Riau yang bisa anda jadikan sebagai destinasi tujuan wisata anda :

ads
  1. Riau Fantasi

riau-fantasiTempat wisata pertama yang patut anda kunjungi bersama dengan kelauarga anda adalah Riau Fantasi. Tempat wisata satu ini adalah tempat wisata terpopuler yang ada di Riau. Sehingga bagi anda yang berkunjung di Pekanbaru tidak akan lengkap rasanya jika anda tidak mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Bagi anda yang memiliki anak, tempat wisata satu ini merupakan tempat wisata yang cocok bagi anak anak anda. Anak anda bisa bermain air sepuasnya dan juga mencoba berbagai macam wahana air yang ada di tempat wisata satu ini. Bisa dikatakan wahana air dan wahana tempat bermain ini adalah yang paling besar dan juga lengkap di propinsi Sumatera.

Riau Fantasi disebut sebagai wahana air terbesar dikarenakan dibangun diatas tanah seluas 6,5 hektar. Ada beberapa kolam dan juga papan seluncur air yang bisa digunakan saat bermain air disini. Contoh papan seluncur yang ada di tempat wisata ini adalah Adventure Pool. Selain berbagai macam wahana yang bisa dicoba saat berada disini, ada juga fasilitas yang menarik. Fasilitas itu misalnya saja adanya menara yang berhubungan dengan jembatan goyang, ada juga ember berukuran raksasa diletakkan secara menggantung, saat ember itu dipenuhi air ember itu akan mengguyur pengunjung yang ada di bawahnya. Ember raksasa itu mampu menampung air sebanyak 3 ribu liter banyaknya. Yang harus diperhatikan ketika berada di tempat wisata ini adalah jangan sampai anak anak anda berenang di kolamnya orang dewasa. Hal itu dikarenakan kolam dewasa memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter sedangkan untuk kolam anak anak kedalamannya hanyalah 30 cm.

Bagi yang tidak menginginkan berbasah basahan ria, bisa mencoba wahana permainan kering. Wahana permainan kering yang ada disana adalah kora kora, sky tower, wave blaster, speedy coster dan juga family singer. Semua permaina  tersebut akan menantang adrenalin anda. Permainan tersebut tidak disarankan untuk penderita penyakit jantung. Fasilitas yang ada di Riau Fantasi ini lumayan lengkap yaitu mushola, toilet, kafetariaa, gazebo dan juga free wifi. Lokasi Riau Fantasi ini ada di Jalan Labersa. Perjalanan yang akan ditempuh dari pusat kota sekitar 45 menit. Tiket masuk untuk weekdays sebesar 60 ribu tupiah, untuk weekend biaya yang harus anda keluarkan sekitar 70 ribu rupiah. Saat weekend Riau Fantasi ini dipenuhi dengan pengunjung, oleh sebab itu anda harus mengawasi anak anda dengan seksama, jangan sampai anak anda hilang di tengah kerumunan.

Baca : Tempat Wisata di Jepang

  1. Kebun Binatang Sang Kulim

kebun-binatang-sang-kulimTempat wisata bersama dengan keluarga yang bisa anda coba lainnya adalah kebun binatang sang kulim. Kebun binatang sang kulim ini cocok untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga anda dan anak anak anda. Kebun binatang adalah tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pengenalan hewan. Luas dari kebun binatang in sekitar 10 hektar. Di dalam kebun binatang ada hewan seperti monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi satwa yang bisa anda temukan disini.

Tidak hanya satwa satwanya saja yang ada di kebun binatang ini. Di dalam kebun binatang juga ada permainan papan seluncur, ayunan dan juga kolam ikan maupun kolam renang untuk anak anak. Yang menarik disini adalah pengunjung bisa naik ke atas punggung gajah dan biayanya cukup murah saja yaitu 10 ribu untuk 10 menit. Untuk menuju ke tempat ini anda harus menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari pusat kota Pekanbaru. Harga tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung yang datang kesini adalah 20 ribu rupiah untuk orang dewasa sedangkan untuk anak anak harga tiket masuknya adalah 10 rib rupiah. Bagi orangtua yang  akan mengajak anaknya berenang di kolam renang di kebun biatang ini sebaiknya orangtua waspada dan juga hati hati dikarenakan kolam renang yang ada di kebun binatang ini menyambung antara kolam renang anak anak dan dewasa, sehingga jangan sampai anak anak anda masuk ke area kolam renang dewasa. Selalu dampingi anak anda ketika berada di kolam renang tersebut jangan sampai anak anda lepas dari pengawasan anda.

Baca : Tempat Wisata di Mojosari

  1. Danau Buatan Lembah Sari

danau-buatan-lembah-sariTempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi bersama dengan pasangan anda adalah Danau Buatan Lembah Sari. Objek wisata yang aa di Pekanbaru ini merupakan danau buatan. Dinamakan danau buatan sebab danau tersebut tidak serta merta ada disana, namun danau itu diciptakan agar menjadi ada. Lokasi danau itu ada di Desa Limbungan. Jarak pusat kota Pekanbaru dengan danau ini sekitaar 10 km. Sebelum dijadikan danau, dulunya tempat ini adalah bendungan irigasi yang memiliki tugas untuk mengalirkan air ke sawah sawah warga yang ada disana. Hingga akhirnya bendungan irigasi itu berubah dan dijadikan sebagai tempat wisata. Selain bisa melihat keindahan danau buatan tersbeut, pengunjung yang datang ke tempaat tersebut bisa melihat keindahan yang ada di sekitar danau tersebut. Pemandangan yang asri nan hijau membuat siapapun betah untuk berlama lama ada disana. Bagi pasagan yang datang ke danau ini, bercengkrama di pinggir danau akan terasa mengasyikkan. Danau ini biasanya akan ramai saat sore hari, saat sore hari matahari terbenam akan terlihat di danau ini.

Baca : Taman Mini Indonesia Indah Jakarta

  1. Taman Rekreasi Alam Mayang

taman-wisata-alam-mayangTempat wisata lainnya yang terkenal dan populer di Pekanbaru adalah tempat wisata Alam Mayang. Tempat wisata ini akan selalu ramai saat akhir pekan tiba. Sehingga ketika anda mengunjungi tempat ini ketika akhir pekan jangan heran jika tempat wisata ini dipadati pengunjung. Konsep yang diusung oleh tempat wisata ini adalah berekreasi di alam yang terbuka. Pengunjung bisa mengunjungi tempat wisata ini bersama dengan keluarga mereka. Terlebih lagi tempat wisata ini sangat cocok untuk anak anak. Karena berada di alam yang terbuka, tempat wisata ini dipenuhi dengan udara yang sejuk. Pengunjung yang datang kesini bisa melihat Jembatan Leighton yang melewati Sungai Siak.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Tempat Wisata Alam Mayang salah satunya adalah memancing, di sini ada tiga buah kolam pemancingan yang bisa digunakan pengunjung menyalurkan hobi memancing mereka. Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai lokasi ajang pertandingan memancing. Selain memancing, anda bisa menguji adrenalin anda dengan naik flying fox. Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan outbond di tempat wisata satu ini. Bagi yang membawa anak anak turut serta, ada area untuk mandi bola, taman bermain untuk anak anak, studio film 3D. Hiburan yang disediakan untuk menghibur pengunjung yang ada disini adalah topeng monyet dan sulap badut. Jma operasional Tempat Wisata Alam Mayang adlaah jam 8 pagi sampai dengan jam 6 sore. Harga tiket yang harus dibayarkan pengunjung sekitar 20 ribu per orangnya.

Baca : Tempat Wisata di Lumajang

  1. Istana Siak Sri Indapura

istana-siak-sri-indrapura-pekanbaru-riauWisata anda tidak akan terasa seru jika tidak mengunjungi tempat wisata satu ini. Hal itu dikarenakan anda tidak bisa melihat kehidupan kesultanan Siak di masa lampau. Pekanbaru memiliki istana yang megah dan menarik untuk dikunjungi wisatawan. Istana tersebut adalah pusat dari pemerintahan dari kesultanan Siak di masa lampau. Siak sendiri adalah saksi bisu dari perkembangan dan penyebaran agama Islam yang ada di Tanah Riau ini. Bisa dikatakan kesultanan Siak adalah kerajaan Islam yang terbesar di Riau pada abad ke-16 sampai dengan abad ke-20. Istana ini disebut juga dengan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.

Sejarah dari istana ini adalah istana tersebut dibangun sjak tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jlil Syaifuddin. Pada bangunan utama istana ini mengadopsi gaya dari arsitektur Eropa, Arab dan juga Melayu. Istana ini memiliki dua lantai. Meski sudah berusia satu abad lebih istana ini tetap megah dan kokoh berdiri. Lantai satu, pengunjung akan disuguhkan berbagai macam koleksi kerajaan berupa Patung Perunggu, patung perunggu itu merupakan patung Ratu Wilhelmina dari Belanda, patung yang terbuat dair batu pualam adalah patung dari Sultan Syarif Hasyim I. Patung sultan tersebut tidak hanya dibuat dari Batu Pualam saja namun patung itu juga dihiasai dengan berlian. Di lantai satu pengunjung juga bisa melihat gendang dimana usia gendang tersebut usianya lebih dari 200 tahun. Terakhir kali gendang ini diguunakan dan dibunyikan di tahun 1914 di saat Sultan Syarif Kasim II dilantik.  ( Baca : tempat wisata di bontang )

Di lantai dua pada jaman dahulu digunakan sebagai kamar sultan dan juga kamar yang digunakan oleh para tamu kerajaan yang berkunjung. Namun saat ini, lantai dua itu digunakan sebagai tempat unuk menyimpan koleksi senjata dari milik Sultan. Pengunjung yang datang kesini pun bisa melihat lukisan dari Napolen Bonaparte dari Perancis dan dikirim langsung dari Perancis. Benda koleksi sultan tersebut tidak hanya berasal dari dalam negeri saja namun juga berasal dari luar negeri khususnya dari beberapa negara di Eropa. Banyaknya benda koleksi luar negeri tersebut menunjukkan tanda bahwa dulunya kerajaan Siak menjalin kerjasama internasional dengan negara negara yang ada di Eropa. Tiket masuk yang harus dibayarkan pengunjung untuk masuk ke dalam istana ini sebesar 3 ribu rupiah, yang harus dipatuhi oleh pengunjung yang datang kesini adalah pengunjung tidak boleh memakai alas kaki sebab alas kaki tersebut dikhawatirkan akan merusak batu granit dari istana ini.

Sponsors Link

  1. Masjid Agung An Nur

masjid-agung-an-nurBagi anda yang beragama Islam jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Semua masjid yang besar dan juga megah dinamakan sebagai Masjid Agung. Masjid ini merupakan masjid termegah yang ada di Pekanbaru. Bahkan masjid ini mengusung gaya Melayu, Arab, Turki bahkan India. Karena mengusung berbagai gaya membuat masjid ini begitu megah dan juga eksotik. Bangunan masjid ini didirikan di atas tanah 50 x 50 meter, masjid ini pun kini menjadi ikonnya kota Pekanbaru. Banyak masyarakat Pekanbaru yang menyebut masjid ini sebagai Taj Mahalnya Pekanbaru. Di depan Masjid ini terdapat kolam yng membuat bangunan masjid ini semakin terlihat indah dan juga megah.

Bangunan masjid ini terdiri dari 3 lantai dimana dominasi warna hijau terlihat ada di masjid ini. Karena bangunanya besar dan luas, masjid ini diperkirakan mampu menampung sekitar 4.500 jamaah. Keindahan masjid ini didukung dengan adanya 4 menara dan 5 kubah. Saat malam hari masjid ini akan terlihat sangat cantik sebab cahaya lampu yang ada di masjid ini akan memantul di kolam. Masjid ini juga dilengkapi denan free Wifi sehingga pengunjung bisa memanfaatkannya untuk akses internet gratis disini. Ketika bulan suci Ramadhan datang, banyak masyarakat yang ngabuburit di masjid ini. Masjid ini saat Ramadhan akan dipenuhi dengan penjual makanan dan juga pakaian. Sambil menunggu waktunya berbuka, anda bisa berbelanja pakaian maupun makana di masjid ini. Contoh barang yang banyak dijual adalah kopiah, tasbih, prafum dan masih banyak lagi lainnya.

Baca : Daftar Obyek Wisata Di Thailand

  1. Perpustakaan Soeman H.S

perpustakaan-soeman-h-sBagi anda yang berencana berwisata bersama dengan keluarga dan anak anak anda jangan pernah lupa untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan yang unik dan juga memiliki koleksi buku yang lumayan banyak. Keunikan dari perpustakaan ini sudah terlihat dari banguan luarnya dimana banyak tiang penyangga yang mengelilingi perpustakaan ini. Lokasi daari tempat wisata ini ada di Jalan Jenderal Sudirman 462 Pekanbaru. Untuk masuk ke tempat ini pengunjng tidak aka dipungt iaya sepeserpun, perpustakaan ini jam bukanya pukul 8 pagi sampai dengan jam 5 sore, sedangkan jam buka Sabtu dan Minggu pukul 9 pagi sampai dengan jam 2 siang.

Ketika diperhatikan, tiang tiang penyangga yang tampak di bangunan luar perpustakaan ini akan membentuk rehal untuk membaca Al quran. Perpustakaan ini terdiri dari enam lantai dan juga memiliki fasilitas yang lumayan lengkap mulai dari mushola, kafe, kantin, ruang untuk pertemuan dan juga auditorium. Peprustakaan ini juga memilik ruangan khusus, ruangan itu dijadikan sebagai runagan literatur bahasa Melayu.

Sponsors Link

Koleksi literatur yang ada di perpustakaan ini merupakan literatur yang paling lengkap di Indonesia. Pepustakaan ini tebruka untuk umum, tidak hanya untuk orang dewasa. Sehingga anda bisa mengajak anak anda kesini. Anak anak yang datang kesini aka dimanjakan dengan perpustakaan anak anak dan kids corner. Untuk kesini, anda tidak harus menunjukkan kartu anggota. Anda bisa membaca koleksi buku buku yang ada di perpustakaan itu dengan duduk lesehan atau menggunakan sofa. Jangan khawatir karena ruang baca yang ada di sini lumayan nyaman sebab ada akses AC dan juga free wifi.

Baca : Tempat Wisata di Malang

  1. Wisata Belanja Pasar Bawah

pasar-bawah-riauTempat wisata satu ini menjadi tempat wisata dambaan dan kesenangan bagi para wanita, hal itu dikarenakan di tempat ini wanita bisa belanja sepuasnya sesuai dengan keinina mereka. Wisata belanja Pasar Bawah adalah salah satu wisata yang tidak boleh terlwatkan ketika anda berada di Pekanbaru. Pasar Bawah ini dijadikan sebagai ikonnya kota Pekanbaru. Banyak yang mengatakan jika liburan di Pekanbaru tidak akan terasa lengkap jika tidak mampir kesini.

Pasar Bawah Pekanbaru merupakan pasar tradisional paling tua yang ada disini. Pasar ini pun cukup luas, dengan tinggi empat lantai, pasar ini menjual barang dagangan yang unik dan beragam. Lokasi Pasar Bawah ada di tepi Sungai Siak dan juga dekat dengan pelabuhan. Letak dari pasar ini pun lumayan strategis sehingga mudah diakses. Berkunjung di pasar ini akan membuat anda menemukan aneka jenis keramik dari China, karpet yang berasal dari Timur Tengah dan juga barang eletronik bebas namun masih layak pakai. Barang elektronik bekas itu berasal dari luar negeri seperti negara Singaura dan juga Malaysia. Camilan khas pun juga dijul disini, camilan khas yang dijual itu tentunya menjadi camilan khas yang ada di Riau misalnya saja lempuk durian, ikan salai, dodol kedondong dan juga camilan khas Riau lainnya.

Baca : Tempat Wisata di Sungailiat Bangka

  1. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim

taman-hutan-raya-sultan-syarif-kasimTempat wisata satu ini sayang sekali untuk dilewatakan. Taman Hutan Raya Sultan Syarif Kasim ini cocok untuk anda kunjungi saat akhir pekan. Tempat ini menawarkan keseruan dan juga kesenangan. Udara yang sejuk dan tempatnya yang teduh membuat anda tidak akan merasakan kepanasan saat berada disini. Taman Hutan Raya ini cocok juga bagi anda yang ingin mendapatkan kesenangan. Suasana yang asri dan udara yang sejuk inilah yang bisa membuat suana hati yang sedang galau menjadi lebih tenang. Jarak lokasi ini dengan pusat kota adalah 23 km. Memang dri luar tempat wisata ini terlihat sepi, namun ketika berada di dalam ada banyak ribuan orang yang sedang menikmati ketenangan dan juga kedamaian. Tahura atau Taman Hutan Raya ini ada anak tangga yang menjulang tinggi. Di pinggir anak tangga tersebut terdapat banyak pohon yang menambah keasraian Tahura Sultan Syarif Kasim ini.

Itulah beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang sayang sekali untuk anda lewatkan. Berkunjung ke tempat wisata tersebut akan membuat anda mendapatkan penngalaman liburan yang tak terlupakan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 15:39 Oleh :
Kategori : Kepulauan Riau