Sponsors Link

Pantai Derawan Kalimantan Timur

Sponsors Link

Seperti yang kita telah ketahui, ada begitu banyak keindahan alam di Indonesia dan salah satu yang akan diulas kali ini adalah Pantai Derawan yang lebih tepatnya sebenarnya adalah pantai di Pulau Derawan. Jika berkunjung ke Kalimantan Timur, pulau ini adalah salah satu yang Anda bisa temukan di semenanjung utara perairan Kabupaten Berau. Pulau Derawan sendiri menghadirkan pesona alam taman bawah laut yang sama sekali tidak boleh terlewatkan, maka tidak heran bila UNESCO di tahun 2005 sempat memasukkan pulau ini menjadi calon situs warisan dunia. ( Baca : Pantai Inn – Pantai Cenang – Pantai Kasih )

Para wisatawan mungkin sudah tidak asing dengan Raja Ampat, keindahan Pantai Derawan di Kalimantan Timur dijamin tidak akan kalah dari Raja Ampat milik Papua. Pulau Derawan sendiri bersama pulau-pulau yang lain, yaitu Pulau Kakaban, Maratua, dan Sangalaki membentu yang namanya Kepulauan Derawan. Kabar baiknya, ada begitu banyak hewan yang dilindungi dan langka di tempat ini, termasuk kima, ikan barakuda, lumba-lumba, paus, penyu sisik, penyu hijau, dan sejumlah hewan lainnya. ( Baca : Keunggulan Raja Ampat – Tempat wisata d Fakfak Papua – Tempat wisata d Nabire )

Pantainya yang bersih memang masih jarang terjamah sehingga kelihatan sangat menawan tanpa adanya sampah yang membuat pemandangan menjadi tidak enak. Selain panorama pantai, pantai ini adalah tempat yang pas bagi Anda yang ingin ber-diving ria alias menyelam, itulah alasan mengapa pecinta diving kelas dunia sangat menyukai lokasi ini sehingga Anda akan menemukan banyak wisatawan asing di Pantai Derawan. Proses bertelur dari penyu juga merupakan hal yang menarik yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Tentang Pulau Derawan

Berikut ini adalah sedikit informasi tentang Pulau Derawan :

  • Pulau Derawan termasuk dalam 15 lokasi di Indonesia yang pengembangannya dilakukan secara pola DMO atau Destination Management Organization, khususnya sebagai kluster wisata alam bahri. Pengembangan lokasi ini secara DMO juga dilakukan sebagai kluster warisan budaya, taman alam serta ekowisata. Pulau Derawan merupakan 1 dari 2 kluster bahari yang bisa Anda jumpai di tanah air, dan satunya selain Pulau Derawan ini adalah Pulau Raja Ampat yang sangat terkenal dan dimiliki oleh Papua Barat.
  • Wilayah Pulau Derawan memang merupakan sebuah desa namun rupanya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memutuskan untuk supaya Pulau Derawan ditetapkan sebagai desa wisata. Hal ini dilakukan agar wisata bahari terdukung sehingga kehidupan masyarakat sekitar pun juga ikut terkena dampak baiknya.
  • Harapannya adalah ketika pulau ini ditetapkan sebagai desa wisata, maka meningkat pula kesadaran warga lokal dalam melestarikan dan menjaga lingkungan pulau ini. Melestarikan pulau ini dianggap sangat penting sebab pulau ini merupakan salah satu spot menyelam paling favorit yang ada di Indonesia dan itu dikarenakan adanya keindahan ekosistem di lautnya.

Cara Menuju Pantai Derawan

Ada beberapa pilihan cara yang bisa dipertimbangkan oleh para wisatawan untuk dapat sampai ke Kepulauan Derawan. Jika ini adalah kesempatan pertama Anda untuk dapat menjelajahi Pulau dan Pantai Derawan, perlu diketahui bahwa ada dua cara yang bisa ditempuh, yakni sebagai berikut ini:

  1. Via Udara

Berikut adalah jalur udara yang bisa anda gunakan:

  • Pertama. Hal pertama yang perlu direncanakan adalah mendapatkan penerbangan menuju Balikpapan. Misal sudah sampai di Balikpapan, untuk bisa ke Kepulauan Derawan ada dua pilihan yang perlu dipertimbangkan. Pilihan pertama adalah penerbangan melewati Tarakan. Selain karena pilihan penerbangan cukup banyak, harganya pun dijamin lebih murah. Baru setelah sampai di Tarakan, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menyewa Speedboat. Jika datang berombongan maka akan menguntungkan karena menyewa Speedboat jadi lebih murah.
  • Kedua. Pilihan kedua yang ditawarkan adalah penerbangan melewati Berau. Ada sejumlah maskapai yang menyediakan layanan penerbangan dari Balikpapan ke Berau, dan Anda bisa memilih antara Garuda Indonesia, Kalstar, Wings Air, dan Sriwijaya Air. Soal harga, Anda selalu punya pilihan untuk bisa menyesuaikannya denganbudget yang sudah disiapkan. Saat sudah sampai di Berau, Anda boleh melanjutkan perjalanan melalui jalur darat ke Tanjung Batu dan di sanalah Anda bisa menyewa Speedboat. Speedboat yang bisa disewa ini dapat menampung 5 orang penumpang yang jika satu kali jalan, Anda perlu membayar Rp 300 ribu. Jika dari Pelabuhan Tanjung Batu, maka untuk sampai di Pulau Derawan hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jika ingin cepat, Anda dapat memilih berangkat dari Tarakan di mana ada kapal cepat yang bisa mengantar para wisatawan secara langsung ke Pulau Derawan.
  1. Via Darat

Saat sudah sampai di Balikpapan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Samarinda. Menggunakan bus adalah pilihan yang bagus, namun jika ingin naik travel pun tidak masalah. Travel dari Samarinda ke Tanjung Redeb akan mewajibkan Anda untuk merogoh kocek kurang lebih Rp 300 ribu. Bila dari Tanjung Redeb dilanjutkan perjalanan menuju Tanjung Batu, travel juga adalah pilihan yang terbaik dengan biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 150 ribu. Sementara untuk bisa di Pulau Derawan dari Tanjung Batu, Anda perlu menyewa Speedboat dengan biaya penyewaan kurang lebih Rp 100 ribu.

Obyek Wisata Pantai Derawan dan Sekitarnya

Sesampainya di Pulau Derawan yang biaya masuknya gratis, tidak hanya pantainya saja yang akan menjadi perhatian Anda, namun beberapa pulau di sekitarnya juga boleh menjadi destinasi dan dinikmati bersama keluarga, seperti Pulau Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Pulau-pulau ini mempunyai ciri khasnya sendiri di mana pastinya akan menyajikan pemandangan yang tidak akan kalah keren dari pantai-pantai lain di Indonesia. Boat pun tersedia bagi para pengunjung yang ingin ke pulau-pulau tersebut, namun harga yang harus dibayar sekitar Rp 700 ribu untuk setiap boat yang disewa. Berikut ini adalah obyek wisata menarik yang ada di sana :

  1. Pulau Kakaban

pulau-kakabanMasih dalam satu kawasan di Kepulauan Derawan, Pulau Kakaban adalah salah satu obyek wisata wajib yang bisa dikunjungi, dan yang paling istimewa di pulau ini adalah Danau Kakabannya. Uniknya, air yang ada di danau ini merupakan air campuran, yaitu air tawar dan air laut.

Sejumlah biota laut pun bakal dijumpai di danau ini yang salah satunya adalah berupa ubur-ubur lucu. Tenang saja, ubur-ubur tersebut tidaklah menyengat seperti yang biasa Anda lihat dan tonton di film kartun Spongebob. Selain bisa melihat keindahan Pulau Kakaban, pengunjung yang datang kesini bisa melihat keindahan Danau Kakabn. Danau Kakaban adalah air laut yang terjebak di Pulau Kakaban. Tidak hanya air laut saja yang mendominasi air danau kakaban namun juga air tanah dan juga air hujan yang terjebak di danau tersebut.

Baca : Tempat wisata di BangkokTempat wisata di Jepang

sponsored links
  1. Pulau Sangalaki

Pulau-SangalakiInilah pulau yang bisa disambangi ketika berada di Pantai Derawan dan bagi para penggemar kegiatan snorkeling, ada spot-spot cantik yang sayang untuk dilewatkan. Manfaatkan waktu selama di Pantai Derawan untuk bermain-main di Pulau Sangalaki di mana berkegiatan snorkeling akan membawa Anda melihat ikan-ikan badut yang lucu dan cantik yang ada di balik terumbu karang. Beragam biota laut yang ingin Anda abadikan dengan kamera ada di sini. Ikan pari manta pun akan memanjakan penglihatan Anda karena mereka biasanya di perairan ini hidup bergerombol dan satu kelompok dapat terdiri dari 20 ekor, terutama waktu terang bulan.

Sekelompok ikan pari tersebut bisa sampai di pulau ini dengan tujuan mencari makan karena di perairan Pulau Derawan memiliki beragam jenis plankton. Spot lainnya yang bagus untuk dikunjungi adalah penangkaran penyu hijau sebab hewan ini termasuk langka. Ada sejumlah titik penyelaman yang menjadi favorit para penyelam dari seluruh dunia, seperti yang ada di bawah ini:

  1. Pulau Maratua

puLau maratuaJangan sampai melupakan Pulau Maratua ketika menginjakkan kaki di Kepulauan Derawan karena, Pulau Maratua akan membuat liburan Anda lebih lengkap dan menyenangkan dengan hamparan laut birunya. Pulau dengan segudang pesona ini pun masih tergolong jarang terjamah sehingga masih sangat rapi, bersih, dan jelas menawan hati. Sebenarnya pulau ini lebih cocok dikunjungi oleh para pasangan yang tengah berbulan madu.

Naiklah Speedboat untuk bisa menjelajahi Pulau Maratua dari Pulau Derawan. Dengan naik Speedboat, hanya sekitar 1 jam saja waktu yang perlu ditempuh. Tempat ini bagaikan surga bagi para penyelam, jadi tidak heran bila para wisatawan mancanegara begitu mengagumi dan memfavoritkan tempat ini walau memang diakui bahwa harga yang ditawarkan lumayan tinggi disertai dengan spot diving yang banyak. Penggemar aktivitas diving yang memiliki budget lebih wajib mencoba diving di sini.

Baca : Taman Impian Jaya Ancol

Aktivitas di Pantai Derawan dan Sekitarnya

Begitu banyaknya hal dan kegiatan menyenangkan yang seru dilakukan di Pantai Derawan dan area sekitarnya ini. Meski tujuan pertama dan utama Anda adalah Pantai Derawan di Pulau Derawan, Anda dijamin akan tergoda oleh pulau-pulau terdekatnya. Berikut adalah aktivitas yang akan membuat liburan makin tak terlupakan di Pulau Derawan.

  • Berkeliling Menjelajahi Pulau Derawan

mengelilingi pulau derawanBerjalan kaki adalah ide yang bagus karena Pulau Derawan sendiri merupakan sebuah pulau kecil, sementara jika ingin menelusuri pulau lainnya, siapkan uang untuk menyewa kapal sebab tidak tersedia kapal reguler.

Speedboat adalah yang dibutuhkan para wisatawan saat ingin menjelajahi pulau lainnya dan Speedboat sendiri terdiri dari beberapa pilihan yang Anda bisa gunakan; harga penyewaan Speedboat bakal ditentukan oleh jumlah penumpang dan besarnya Speedboat itu sendiri. Speedboat yang mampu mengangkut 3-4 orang bisa disewa seharga kurang lebih Rp 1,5 juta sampai 2 jutaan untuk satu hari, namun bila ingin mendapatkan Speedboat yang mengangkut 6-12 orang, koceknya akan jauh lebih mahal pastinya. Jika anda hobi bersepeda, naik sepeda pun akan sangat mengasyikkan ketika disini.

Baca : Tempat wisata di BontangTempat wisata di Ngawi

  • Snorkeling dan Diving

diving di pulau derawanLiburan ke pantai seindah Derawan belum terasa lengkap bila belum melakukan diving dan snorkeling, karena dengan kedua kegiatan tersebutlah Anda dapat mengetahui dan mengabadikan kecantikan dunia bawah lautnya. Buktikan bahwa kehidupan bawah laut Pantai Derawan bukanlah omong kosong. Di kawasan pantai ini akan Anda jumpai sejumlah lokasi yang menyewakan peralatan snorkeling yang tarifnya sangat beraneka ragam dan yang paling terjangkau kira-kira seharga Rp 50 ribu. Terdapat juga penyediaan alat terlengkap yang bisa ditemukan di Dive Center, jadi langsung saja menyewa dan dapatkan pengalaman seru wisata air dan bawah laut.

Hal-hal yang akan dijumpai oleh para penyelam antara lain adalah ikan-ikan berwarna-warni serta terumbu karangnya yang begitu indah. Semoga saat Anda memilih untuk ber-diving dan snorkeling adalah pada waktu yang tepat dengan cuaca yang tengah cerah. Cuaca yang terang akan memengaruhi jarak pandang para penyelam yang makin jauh dan tentu ini adalah kabar baik. Jarak pandang yang dimaksud dapat mencapai sekitar 20 meter. Waktu penyelaman lebih fleksibel di Pantai Derawan karena Anda dapat menikmatinya baik pagi, siang atau sore hari tergantung dari panduan pemandunya dan kondisi cuaca. Khusus di Pantai Derawan, penyelaman termasuk terbatas karena hanya akan berada di sekitar dermaganya saja, tapi luangkan waktu Anda untuk bisa bermain dan mengeksplor lebih Danau Kakaban.

  • Naik Boat

naik Banana BoatKarena air lautnya begitu jernih, misalpun Anda naik perahu, memandang dari atas perahu saja bahkan sudah terasa cukup karena segala bunga karang dan terumbu karang akan tertangkap oleh mata. Begitupun dengan Banana Boat, naik Banana Boat pun akan terasa menyenangkan bersama teman atau keluarga. Naik Boat ini akan lebih seru jika dilakukan bersama dengan teman teman anda. Yang harus dilakuakndisini anda harus orang yang terbebas dari phobia dan anda tidak ambuk terhadap kendaraan laut.

Boat yang dinaiki bisa digunakan maksimal 5 orang ditambah 1 orang instruktur di belakang. Instruktur tersebt berguna untuk mengawasi pengunjung yang naik boat agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan. Sebelum naik boat, pera pengunjung diwajibkan untuk menggunakan pelampung. Pleamung berbentuk jas harus melekat di tubuh. Jas itu nantinya akan menghindarkan pengunjung dari tenggelam.

Baca : Tempat wisata di Bangkok

  • Berburu Matahari Terbenam

sunset di pulau derawanMatahari terbenam di Pantai Derawan tak kalah cantik dari pemandangan di pantai lainnya, jadi bagi wisatawan yang tidak begitu tertarik berwisata air, berburu matahari terbenam adalah hal yang seru juga. Duduk-duduk di pinggir jembatan sambil menunggu matahari tenggelam akan membuat Anda merasa tenang dan rileks karena bisa sekalian memandangi hamparan laut. Sinar jingga atau sinar oranye yang melekat pada matahari terbenam akan membuat hati orang yang melihatnya menjadi tenteram.

Di pantai ini terdapat jembatan yang dibuat dari susunan kayu dan biasanya para wisatawan nongkrong di spot satu ini untuk menunggu terbenamnya matahari sambil sesekali memandangi dasar laut jernih di mana ikan-ikan lucu dan cantik terlihat melayang-layang di dalamnya.

  • Berburu Penyu Hijau

Berburu Penyu HijauPernahkah Anda berburu penyu hijau di pantai lain? Di Pantai Derawan, salah satu aktivitas menarik saat malam tiba adalah memburu penyu hijau. Tapi jangan salah persepsi, berburu bukan berarti lalu Anda bisa dan boleh menyantapnya seketika mendapatkannya. Bahkan penyu hijau juga tidak boleh untuk dibawa pulang untuk dipelihara di rumah. Berburu di sini maksudnya adalah untuk melihat secara langsung proses bertelurnya penyu-penyu tersebut.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa penangkaran penyu hijau terdapat di Pulau Derawan, dan tempat konservasi ini terbuka bagi wisatawan yang ingin berlibur sekalian menambah wawasan. Ajak anak-anak ke tempat ini tentu akan sangat baik karena mereka akan dapat menyaksikan sendiri ketika anak penyu hijau (tukik) menetas setelah lewat dari 50 hari dari masa penanamannya. Bila datang di waktu yang tepat, maka Anda akan dapat berpartisipasi dalam melepas anak-anak penyu hijau dari bibir pantai ke laut.

  • Berbelanja Souvenir

berburu souvenirBerada di Pulau Derawan, suvenir adalah hal yang wajib, apalagi suvenir khas yang akan mengingatkan Anda selalu bahwa Anda pernah datang dan berpetualang di Derawan. Pulau Derawan sendiri merupakan sebuah pulau hunian dan penghuni dari pulau ini adalah suku Bajou.

Untuk dapat bertemu dengan mereka, mengobrol dan melihat-lihat aktivitas warga setempat, jalan kaki saja sudah cukup asal fisik tidak mudah lelah. Tidak ada salahnya untuk membeli suvenir unik nan indah khas buatan para warga suku Bajou sendiri sehingga akan terasa lebih berkesan.  Salah satu souvenir yang menjadi idola dan sering dibeli oleh wisatawan adalah baju. Jika anda ingin membeli oleh oleh di suatu tempat wisata anda harus pandai menawar dan bernegosiasi dengan penjual. Hal itu dikarenakan wisatawan sering dihadapkan pada harga barang yang melebihi dari harga normal.

Tips Nyaman Berlibur di Pulau Derawan

Ada beberapa tipas yang harus anda lakukan ketika berkunjung ke pulau ini yaitu sebagai berikut ini:

Sponsors Link

  1. Pilihan Menginap di Tanjung Redeb (Bila Membutuhkan)

Mungkin melakukan perjalanan cukup panjang sebagian dari Anda ada yang harus menginap. Bila tidak tahu harus menginap di mana, Hotel Bumi Segah adalah rekomendasi penginapan yang lokasinya ada di seberang Sungai Segah. Penginapan ini adalah penginapan yang berkualitas dengan tersedianya banquet, coffee lounge, ruang rapat, restoran dan ballroom  dengan tarif mulai dari Rp 600 ribuan per malamnya, terutama untuk yang memilih Superior Room (kamar untuk 2 orang). Karena hotel ini adalah yang paling baik di Berau, melakukan reservasi sangat disarankan.

Penginapan lainnya yang bisa dipilih adalah Hotel Sederhana yang juga terletak di Berau. Meski tidak terlalu banyak pilihan penginapan di Berau, hotel satu ini boleh dipertimbangkan. Sementara untuk di Pulau Derawannya, penginapan akan mudah sekali ditemukan saking banyaknya, bahkan bisa home stay dengan membayar sewa mulai dari Rp 125 ribu per harinya. Nabucco Island Resort yang berlokasi di Maratua adalah sebuah floating cottage yang boleh dipilih.

  1. Membawa Perlengkapan Seperlunya

Kebanyakan orang atau wisatawan ketika hendak berlibur terbilang sangat ribet dalam mempersiapkan apa-apa saja yang perlu dibawa. Bawalah uang tunai dengan mengambilnya paling tidak saat tiba di Berau karena setelah masuk ke kawasan Kepulauan Derawan, tidak ada mesin ATM yang bakal Anda temui. Sesampainya di Pulau Derawan, ada pulau-pulau lain yang kiranya ingin dijelajahi dan jika tujuan utama Anda adalah untuk menyelam, tidak masalah untuk menyewa di Pulau Derawan dan membawanya ke pulau-pulau lainnya.

Barang lainnya yang sangat amat wajib adalah kamera yang bisa digunakan walau Anda tengah berada di dalam laut atau yang disebut dengan underwater camera. Ikan-ikan cantik dan karang-karang dapat diabadikan dengan kamera yang Anda bawa, terlebih saat Anda memutuskan untuk berpetualang di bawah Danau Kakaban untuk bertemu ubur-ubur imut. Di Pulau Kakaban pun Anda perlu mengenakan alas kaki dan pakaian yang nyaman karena ada tangga yang lumayan terjal dan Anda perlu menaiki dan menuruninya. Bawa bekal makanan juga karena di Pulau Sangalaki serta Pulau Kakaban tidak ada penjaja makanan dan minuman sehingga pastikan perut sudah terisi sebelum melakukan perjalanan laut.

  1. Mengerti Etika Wisata Alam

Berwisata di alam bebas juga ada etikanya dan setiap wisatawan perlu tahu betul apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan selama berada di Pantai Derawan dan area sekitarnya. Ingatlah bahwa ketika menjelajah alam pantai, yang Anda jumpai tidak hanya manusia, ada pula makhluk lain yang menjadi penghuni pulau tersebut, alias para hewan dan tumbuhan yang hidup di darat dan perairan. Anda jelas akan menemukan pepohonan, tumbuhan, terumbu karang, aneka jenis burung, penyu dan ikan, maka sebaiknya hindari hal-hal yang dapat merugikan biota laut serta makhluk hidup yang ada di darat, apapun yang Anda temui selama berlibur di Pantai Derawan.

  1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ke mana saja Anda memutuskan untuk berlibur, tentu Anda perlu menjaga kebersihan lingkungan di mana Anda berada. Hal ini lebih-lebih berlaku juga ketika Anda berwisata alam. Contoh penting di sini adalah tidak membuang sampah sembarangan atau meninggalkannya begitu saja di hutan, jalan laut atau pesisir pantai secara seenaknya hanya karena tidak tahu harus membuangnya ke mana. Bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan ketika tidak menemukan tempat sampah. Di kawasan wisata alam biasanya tetap ada tempat sampah di beberapa lokasi yang mungkin agak berjauhan satu sama lain, namun carilah dan buanglah di tempatnya.

Apabila situasinya Anda sedang ada di atas kapal, dilarang keras untuk membuang sampah ke laut, entah itu kertas, botol minuman atau bungkus makanan. Jika Anda memiliki sampah setelah makan atau minum, simpanlah dulu sampai akhirnya Anda menemukan tempat sampah. Sampah bisa dibuang sesudah menemukan tempat sampah pada waktu sampai di daratan. Untuk itulah penting adanya untuk membawa kantong plastik sendiri untuk menjadi tempat sampah sementara dan tidak mengotori tas Anda.

Jika mengendarai mobil, biasakan untuk tidak membuang sampah melalui jendela yang akhirnya malah mengotori jalanan yang Anda lewati. Makanan ringan yang sudah dinikmati bisa, bungkusnya bisa disimpan lebih dulu di dalam tas atau ditaruh di dalam kantong plastik yang Anda bawa. Baru setelah sampai di lokasi tujuan, carilah tempat sampah untuk membuangnya kemudian. Hal ini perli diperhatikan supaya kawasan wisata tetap terjaga kebersihannya sehingga para wisatawan lain pun tidak akan terganggu dengan lokasi yang kotor karena sampah.

Itulah hal-hal tentang Pantai Derawan dan Pulau Derawan yang bisa kita ketahui. Jika anda berniat berwisata ke Pulau tersebut sebaiknya mempersiapkan fisik yang kuat dan materill yang cukup. Liburan ke pulau tersebut pun akan terasa menyenangkan jika dilakukan bersama sama.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, May 2016 / 16:13 Oleh :
Kategori : Kalimantan Timur