Sponsors Link

17 Tempat Wisata di Madiun dan Sekitarnya

Sponsors Link

Siapa yang sangka, kalau Jawa Timur memiliki banyak sekali tempat-tempat indah yang layak dikunjungi. Dimulai dari Tempat Wisata di Batu Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi dan juga wisata Pantai Tiga Warna, Malang Jawa Timur merupakan sedikit dari banyak bukti bahwa Jawa Timur merupakan daerah yang indah. Memang banyak yang belum tahu letak Madiun sendiri. Kota yang berada di sebelah barat kota Surabaya ini memiliki banyak julukan. Madiun Kota Brem, Madiun Kota Budaya, dan Madiun Kota Sastra adalah tiga diantara banyak julukannya. Keindahan alam pun bukan hanya menjadi monopoli daerah-daerah di pesisir Jawa dan pulau-pulau lain saja. Madiun memiliki tempat wisata yang berpotensi besar. Jadi, apa saja yang ada di kota ini? Mari kita lihat bersama-sama.

ads

(Baca: Tempat Wisata di Papua yang Terkenal)

 1. Wana Wisata Grape

wana-wisata-grapeWana Wisata Grape terletak tidak terlalu jauh dari kota Madiun. Berjarak 17 kilometer dan berada di Desa Kare, tempat ini sangat kaya akan keindahan dan suasana alami, dan sangat cocok untuk para pengunjung dan wisatawan yang ingin refreshing atau sekedar melepaskan hiruk pikuk dan kesibukan di kota besar. Tempat wisata yang memiliki mata air alami berasa dari Pegunungan Dungus ini memiliki banyak sekali kegiatan menarik dan juga menawarkan paket yang sesuai dengan kegiatan-kegiatan tersebut. Mulai dari kegiatan bersepeda, panjat tebing, hiking, sampai berkemah bisa dilakukan di wana wisata ini.

2. Monumen Kresek

monumen-kresek-madiunMonumen yang terletak di Desa Kresek ini berjarak kurang lebih 8 kilometer dari kota Madiun. Sekilas terlihat seperti tidak ada apa-apa, tetapi monumen ini merupakan monumen bersejarah dan juga saksi dari Peristiwa Madiun. Lokasi monumen sendiri terdiri dari monument dan relief peninggalan sejarah tentang keganasan PKI. Setelah mengenal sejarah singkat kota Madiun dari monumen ini, pengunjung bisa bersantai di tempat istirahat yang disediakan di lokasi. Fasilitas lain juga sangat memadai, seperti musholla, kamar kecil, jogging track, sampai rumah makan sederhana dengan makanan kuliner khas Madiun. Untuk pengunjung yang juga ingin mengunjungi banyak tempat-tempat bersejarah, bisa mengintip Tempat Wisata di Purwakarta dan Sekitarnya.

3. Taman rekreasi Umbul

umbulBila pengunjung kota Madiun datang dengan membawa anak-anak kecil, tentunya akan membosankan untuk anak kecil kalau terus menerus pergi ke tempat yang bersejarah ataupun dekat dengan alam. Memang terkadang tidak ada salahnya mengajarkan anak-anak mengenai sejarah negara, atau bersama-sama menikmati segarnya udara dan suasana pegunungan serta menikmati alam yang bebas tanpa asap kendaraan seperti di kota besar. Tetapi dalam waktu liburan seperti ini, anak-anak juga pasti ingin bermain. Maka dari itu, taman rekreasi Umbul merupakan tempat yang tepat untuk mengajak anak-anak. Wisatawan bisa juga menikmati berbagai macam fasilitas, mulai dari kolam air panas dari sumber air belerang, kolam renang, kebun binatang mini, taman bermain anak, sampai penginapan.

4. Air terjun Krecekan Denu

krecekan-denuIndonesia merupakan negara yang kaya akan keindahan dan sumber daya alamnya. Lihat saja dari Air Terjun di Indonesia yang Wajib di Kunjungi, tidak heran jika banyak kota-kota yang tersebar di Indonesia memiliki air terjun yang tidak kalah indahnya. Air terjun yang satu ini berada tidak jauh dari tempat wisata Grape. Bertempat di Kecamatan Kare, jalan menuju air terjun ini cukup mudah karena jalan menuju air terjun sudah diperhalus dengan aspal. Masih berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat kota, air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan tersendiri meskipun kucuran airnya tidak terlalu deras dibandingkan air terjun yang lain. Pengunjung bisa menikmati air terjun dengan nuansa pegunungan dan pemandangan pegunungan yang indah, air yang jernih, dan dikelilingi bebatuan sehingga menambah kesan artistik bagi para pengunjung yang ingin berfoto ataupun sekedar menikmati suasana sambil bersantai sejenak.

5. Air terjun Seweru

air-terjun-seweruBerada di balik dua tebing kokoh yang tinggi, Air Terjun Seweru memiliki nama julukan yang banyak. Sering diesbut juga sebagai Air Terjun Serondo, Air Terjun Kedung Malam, dan juga Air Terjun Slampir. Meskipun tempat wisata ini masih agak tersembunyi dan minim petunjuk, tetapi jalan akses menuju air terjun cukup baik. Di gapura air terjun, sudah disediakan tempat parkir untuk pengunjung. Dari gapura masuk hingga lokasi air terjun, jalanan cukup terjal dan berjarak 1 kilometer dengan medan yang curam karena jalanan masih berupa tanah dan batu alam. Setelah melewati itu, pengunjung akan menemukan dua air terjun setinggi 15 meter yang dikelilingi bukit batu. Meskipun Madiun memiliki banyak air terjun, tetapi ada saingan berat bagi air terjun unik ini, yaitu Tempat Wisata Air Terjun di Bali yang Terindah.

Yang unik dari air terjun ini adalah, selain suasana yang membuat pengunjung seperti berada di surga tersembunyi, adalah salah satu diantara dua air terjun itu memiliki batu alam besar di puncaknya yang tampak seperti sedang menggantung. Suasana air terjun yang dikelilingi bukit dan terasa seperti membentuk ruang membuat cahaya matahari tidak sepenuhnya bisa menembus ke dalam tempat air terjun, sehingga wisatawan tidak akan merasa kepanasan atau gerah ketika masuk ke kawasan air terjun. 

6. Air terjun Banyulawe Dong

banyulawe-dongMasih tidak jauh dari taman wisata Grape dan juga air terjun Krecekan Denu, air terjun Banyulawe Dong ini bertempat di Kabupaten Kare. Berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis, air terjun yang menawarkan suasana sejuk serta sejuk khas pegunungan ini selalu sukses membuat pengunjung dan wisatawannya merasa rileks dan betah berlama-lama. Di sekitar kawasan air terjun, terdapat banyak warung-warung dan tempat beristirahat untuk pengunjung. Karena tersembunyi di balik hutan dan di balik lereng pegunungan, untuk mencapai air terjun ini memiliki tantangan tersendiri. Tetapi, pemandangan dan suasana yang bisa ditemui pengunjung sungguh tidak ada duanya. Untuk para wisatawan yang menyukai wisata air, tidak ada salahnya untuk juga membaca Tempat Wisata di Manado yang Wajib Dikunjungi, tentunya dengan air terjun yang tak kalah menarik dengan air terjun di Madiun ini.

ads

 7. Air terjun Kucur

kucur
Untuk mencapai air terjun Kucur, para wisatawan akan melewati hamparan sawah, sungai dan kebun. Sepanjang perjalanan, pengunjung juga akan dimanjakan dengan suasana segar dan latar belakang gunung Wilis yang menjulang tinggi. Tersedia tempat parkir untuk pengunjung yang datang menggunakan kendaraan, tetapi untuk memasuki situs air terjun, para wisatawan harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak membelah hutan. Meskipun memiliki tinggi yang tidak setinggi air terjun-air terjun yang lain yang berada di sekitar Madiun, tetapi air terjun ini tetap istimewa karena memiliki “tangga”. Keunikan wisata air terjun Madiun memang menarik, dan tentunya tidak kalah dari Tempat Wisata Air Terjun di Bandung yang Mempesona.

Terletak sekitar 30 kilometer dari Kota Madiun, air terjun Kucur juga memiliki sebuah keistimewaan, karena tidak jauh dari air terjun tersebut dan berjarak hanya kurang lebih tiga kilometer dari situs air terjun, terdapat satu tempat wisata lain yaitu Gua Petapan. Keunikan dari tempat ini adalah  selain memiliki nama Gua Petapan yang berasal dari cerita Ramayana, dan seringkali dijadikan sebagai tempat pertapaan. Untuk memasuki situs Gua Petapan, pengunjung dapat menaiki kendaraan umum sampai ke tempat dengan jalan beraspal, dan setelah itu terdapat jalan setapak yang cukup berliku, melewati lembah dan bukit.

8. Dumilah Water Park

waterpark-dumilah-madiunBerada di tengah kota Madiun, tempat ini menjadi tempat destinasi utama bagi penduduk sekitar Madiun, terutama pada waktu liburan, dan juga tentunya pada saat akhir pekan. Oleh karena itu, jika pengunjung dari luar kota ataupun luar negeri ingin datang ke tempat wisata ini, alangkah baiknya untuk pengunjung bila bisa datang di hari-hari kerja untuk menghindari antrian untuk masuk ke dalam Dumilah Water Park dan juga menikmati wahana-wahana yang sepi dan kosong. Dumilah Water Park memiliki banyak zona-zona yang beraneka ragam, dan menarik untuk dicoba serta dimainkan satu persatu. Mulai dari zona game, zona air, dan juga tempat memancing. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati hiburan selain pemandangan alam dan cocok untuk wisatawan yang memiliki anak-anak kecil.

9. Waduk Bening Widas

waduk-bening-widas

Jawa Timur sangat terkenal dengan wisata air, terutama air terjun, pantai, teluk dan waduk. Seperti Tempat Wisata Banyuwangi – Pantai, Air Terjun, Teluk dan Kuliner, Madiun juga salah satu diantara kota di Jawa Timur yang memiliki banyak wisata air. Bendungan yang terletak cukup jauh dari kota Madiun yatiu 40 kilometer ini berada di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran. Meskipun terlihat seperti waduk biasa, tempat ini sering dijadikan tempat wisata bagi penduduk lokal, terutama untuk para penduduk yang senang berwisata dengan keluarga dan bersantai tanpa harus terlalu jauh dari Madiun atau mengeluarkan banyak uang. Waduk yang memiliki luas 800 kilometer persegi ini memiliki banyak fasilitas yang bisa dinikmati. Sebut saja kolam pancing, taman bermain, penginapan, dermaga dan perahu, tempat berkemah dan melakukan kegiatan kano bisa dilakukan di daerah Waduk Bening Widas ini. Selain itu, terdapat pula penginapan dan juga rumah makan yang terletak di sekitar waduk, sehingga pengunjung tidak usah terlalu jauh mencari tempat makan atau tempat menginap. Pemandangan yang bisa dilihat dari waduk berupa perahu-perahu berwarna warni juga bisa menjadi objek foto yang indah dan tidak terlupakan.

10. Waduk kedungbrubus

waduk-kedungbrubusWaduk Kedungbrudus adalah sebuah bendungan yang terletak di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro, bendungan ini selesai dibangun mulai tahun 2008, dan memiliki fungsi utama sebagai sarana irigasi dan juga sumber air. Banyak tempat wisata di Jawa Timur yang memiliki waduk dan bendungan sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi. Sesuai dengan namanya, fungsi kedua dari waduk adalah sebagai pembendung air sungai terutama di saat musim penghujan. Pengunjung dapat menikmati suasana tenang sambil menikmati ikan khas dari waduk, jajan di sekitar warung yang berada di pinggir waduk, atau berjalan-jalan menikmati keindahan hutan jati yang berada tidak jauh dari waduk ini. Mumpung masih berada di Jawa Timur, jangan lupa untuk mengintip Tempat Wisata di Lamongan Jawa Timur, dengan banyaknya tempat wisata yang menarik serta menyenangkan untuk dikunjungi.

11. Gunung Wilis

gunung-wilisMeskipun tidak terlalu tinggi, yaitu hanya sekitar 2.169 meter di atas permukaan laut (dpl), tetapi gunung ini menjadi salah satu gunung yang cukup menantang untuk didaki. Wisata alam yang berada di sekitar Gunung Wilis juga mengingatkan akan Tempat Wisata Alam di Aceh yang Wajib Dikunjungi. Dengan beberapa puncak dan jalur pendakian dari beberapa kota, Gunung Wilis menyajikan pemandangan indah bagi para pendakinya. Bertempat di Desa Kare, para pendaki bisa melapor ke petugas yang terletak di dekat perkebunan kopi. Perjalanan menuju dusun Pulosari yang letaknya tidak jauh dari kaki gunung bisa ditempuh dengan sepeda motor, dan setelah itu barulah pendaki melanjutkan trekking sampai ke puncaknya. Terdapat banyak satwa liar di tengah kelebatan hutan di tengah gunung ini, dan juga banyak lembah, perbukitan, dan air terjun kecil yang menambah indah pemandangan bagi para wisatawannya.

12. Makam dan Masjid Kuno Taman

masjid-makam-tamanTentunya ada alasan mengapa Madiun dijuluki Kota Budaya. Terdapat cagar budaya yang menarik dikunjungi di Jalan Asahan Madiun, yaitu kompleks Makam dan Masjid Kuno Taman. Sesuai dengan namanya, kompleks Makam dan Masjid Kuno Taman ini terdiri dari sebuah masjid kuno dan juga makam. Tidak jauh dari masjid antik, terdapat sebuah makam yang merupakan makam dari Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholifah. Meskipun sekilas terlihat tidak seperti masjid kuno dan antik pada umumnya, masjid yang memiliki sentuhan modern berupa tembok dan bukan kayu ini sebenarnya mayoritas terbuat dari kayu, kecuali tembok. Sentuhan-sentuhan kuno dan antik yang menunjukkan masa lampau bisa dilihat dari tiang penyangga masjid yang terbuat dari kayu gelondongan bulat. Bagi penggemar wisata sejarah, dan juga pengunjung bisa mendapatkan Manfaat Wisata Religi yang Wajib Diketahui. Tidak salah lagi kalau Makam dan Masjid Kuno Taman ini merupakan tempat yang kaya akan sejarah ini sungguh disayangkan bila terlewat.

13. Tirtonirmolo Waterpark

tirtonirmolo-waterparkMadiun memang merupakan tempat yang unik dengan banyak tmepat wisata. Memang tidak atau belum memiliki tempat-tempat rekreasi yang terkenal seperti contohnya Taman Wisata Matahari Bogor Jawa Barat, tetapi tentunya Madiun memiliki banyak sekali tempat rekreasi yang juga tidak kalah menariknya untuk dikunjungi. Bukan hanya Dumilah Water Park saja yang menjadi sumber wisata rekreasi bagi penduduk sekitar, tetapi juga ada Tirtonirmolo Waterpark. Taman rekreasi air yang bertempat di kota Madiun ini memiliki banyak fasilitas-fasilitas menarik yang bisa dikunjungi dan dinikmati oleh pendatang berbagai umur. Mulai dari kolam seluncur, kolam laba-laba, kolam anak-anak, kolam air mancur, taman air, kolam renang dewasa, wahana ember tumpah, seluncur tinggi, dan masih banyak lagi. Tempat wisata Tirtonirmolo Waterpark cocok untuk dikunjungi para wisatawan dengan anak-anak kecil yang ingin bersantai tapi tetap sambil bermain.

Sponsors Link

14. Sun City Water and Theme Park

sun-city-water-theme-parkMerasa bosan dengan pemandangan alam yang sepi dan terkadang sulit dijangkau? Ingin bersantai tetapi tidak ingin terlalu jauh dari pusat kota? Ingin berbelanja dan juga berekreasi di hari yang sama tanpa membuang waktu? Sun City Water and Theme Park jawabannya. Meskipun tempat ini tidak sebesar dan semegah Tempat Wisata di Genting Malaysia Paling Menarik, tetapi Sun City Water dan Theme Park ini bertempat di tengah kota Madiun. Sun City Water dan Theme Park merupakan tempat dengan banyak wahana. Mulai dari wahana air sampai ke atraksi atraksi, wahana, dan permainan non air. Terletak di tengah kota dan berada tidak jauh dari Sun City Mall, tempat ini sangat strategis dan sering dikunjungi penduduk setempat sebagai wahana wisata yang menyenangkan dinikmati oleh pengunjung tua dan muda. Tersedia wahana air berupa perosotan, kolam arus, dan wahana lainnya.

15. Desa Nglambangan

wisata-nglambangan-madiunMungkin para wisatawan yang mampir ke kota Madiun merasa mampir ke masing-masing desa dan dusun yang tersebar di sekitar kota hanyalah buang-buang waktu dan tenaga saja. Tetapi, Desa Nglambangan merupakan desa yang wajib dikunjungi, karena di dalam desa tersebut terdapat situs sisa kerajaan Majapahit yang sangat terawat. Situs yang sarat dengan kekayaan sejarah, terutama menambah wawasan mengenai sejarah Indonesia sebelum zaman penjajahan, terutama pada masa Majapahit ini sangat layak dikunjungi. Seperti Wisata Raja Ampat Papua – Sejarah, Rute dan Kegiatan Menarik, banyak juga pengalaman menarik dan benda-benda bersejarah yang memiliki banyak cerita dan menunjukkan betapa megahnya kerajaan Majapahit pada zaman itu. Tidak heran, Desa Nglambangan merupakan salah satu kebanggaan tempat wisata Madiun. Berjarak sangat dekat dengan kota Madiun, kurang lebih 8 kilometer, Desa Nglambangan memiliki sejumlah bangunan dan artefak peninggalan Majapahit yang masih tersimpan dengan rapi. Beberapa di antara koleksi artefak dan bangunan adalah Watu Dakon, yaitu penyimpan pusaka pada masa itu. Tentunya para penggemar sejarah tidak boleh melewati pengalaman ini.

16. Alun-Alun Kota Madiun

alun-alun-madiunSetelah puas berkeliling di situs-situs serta tempat-tempat wisata yang tersebar di sekitar kota Madiun, tidak ada salahnya bagi pengunjung untuk menikmati hari yang tenang di alun-alun kota. Sama seperti dengan Wisata Kampung Gajah – Lokasi – Wahana dan Kuliner, banyak wahana yang bisa dinikmati di sekitar kota Madiun, dan tentunya wisatawan akan menikmati wisata kuliner yang sedap di kota Madiun. Di sekitar Alun-Alun, pengunjung bisa mendapatkan banyak jajanan khas Madiun seperti brem atau bisa juga mencicipi makanan khas kota Madiun ini yaitu pecel. Tentunya tidak seperti dengan pecel biasa, pecel khas Madiun memiliki rasa yang berbeda. Pecel Madiun disajikan dengan campuran sayur hijau, kecubung dan kemangi yang segar, ditemani dengan daging seperti empal dan ati yang temani oleh nasi, sambal kacang dan tentunya kerupuk bisa membuat wisata di kota Madiun semakin lengkap.

 17. Wisata Cinderamata Madiun

brem-madiunMadiun memang kota yang sangat dekat dengan Bojonegoro. Oleh karena itu, meskipun memiliki kesamaan dengan Bojonegoro, tetapi banyak tempat wisata yang berbeda, dan tentunya tempat wisata kuliner yang unik di masing-masing kota. Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur dan Kuliner Khasnya sangat menarik dikunjungi, terutama setelah puas berkeliling, berwisata, mengenal sejarah dan menyantap kuliner khas Madiun. Tetapi, berkunjung ke kota Madiun yang memiliki julukan Kota Brem tentunya tidak akan lengkap tanpa membeli oleh-oleh cinderamata berupa makanan oleh-oleh khas kota ini. Brem yang berwarna kekuningan, rasa khas dan terasa dingin begitu digigit sangat cocok untuk menemani kopi atau teh sore. Tidak salah kalau banyak pengunjung yang membeli banyak oleh-oleh ini untuk dibagikan ke kerabat ataupun dinikmati sendiri. Dibuat dengan sari ketan yang difermentasi, brem Madiun sangat istimewa dan cocok dinikmati siapa saja.

Pesona tersembunyi kota-kota di Jawa Timur memnag tidak ada habisnya. Banyak pemandangan alam maupun tempat rekreasi penghilang penat yang cocok untuk dikunjungi wisatawan lokal maupun internasional.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 27th, September 2016 / 18:43 Oleh :
Kategori : Jawa Timur