Sponsors Link

9 Air Terjun di Jawa Timur yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Bagi pecinta wisata alam tentu tidak ingin melewatkan berwisata di air terjun. Memang air terjun merupakan tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Salah satu daerah yang banyak air terjunnya adalah daerah di Provinsi Jawa Timur. Jawa Timur merupakan salah satu kota yang sering dikunjungi oleh wisatawan pasalnya Jawa Timur memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik.

Tidak terhitung berapa banyaknya jumlah air terjun yang ada di Jawa Timur tersebut. Bagi anda yang ingin berwisata ke Air terjun sebaiknya memperhatikan kondisi cuaca dan keadaan yang ada di sekitar airt terjun. Pasalnya saat ini banyak sekali bencana alam yang terjadi di Indonesia mulai dari longsor, banjir dan lain sebagainya. Contohnya saja bulan Mei 2016 kemarin air terjun dua warna terkena banjir bandang dan tanah longsor. Oleh sebab itu kehati-hatian dimanapun anda berada sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah tempat wisata air terjun di jawa timur yang bisa anda kunjungi untuk liburan :

  1. Air Terjun Madakaripura

Air-Terjun-MadakaripuraAir terjun pertama yang ada di Jawa Timur dan wajib untuk anda kunjungi adalah air terjun Madakaripura. Air terjun ini merupakan air terjun yang eksotik di wilayah Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian 170 meter dan keunggulan dari air tejun ini adalah memiliki bentuk yang unik. Bentuk yang unik ini membuat banyak pengunjung ingin datang ke air terjun tersebut. Air terjun ini dijadikan sebagai air terjun tertinggi yang ada di Jawa Timur.

Lokasinya sendiri berada di kawasan Gunung Bromo Tengger Semeru. Banyak penduduk setempat air terjun yang meyakini bahwa air terjun ini dijadikan sebagai tempat bertapanya Patih Gaja Mada kala itu. Oleh sebab itu dengan berkunjung ke air terjun ini anda bisa mengenang jasa jasa dari Patih Gajah Mada kala itu.

  1. Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso

Air-Terjun-Gunung-Ijen-BondowosoAir terjun lainnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Jawa Timur adalah Air Terjun Gunung Ijen Bondowoso. Di air terjun ini pengunjung yang bisa melihat tiga buah air terjun sekaligus. Air terjun yang bisa ada lihat disini adaah Air Terjun Kali Pai, Air Terjun Niagara Mini dan Air Terjun Blawan.

Letak dari air terjun ini ada di Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Karena memiliki pemandangan yang indah, banyak pengunjung yang ingin datang dan mengunjungi air tejun ini sehingga tidak mengherankan saat liburan tiba air terjun ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

  1. Air Terjun Nglirip

Air-Terjun-NgliripAir terjun lainnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Jawa Timur adalah Air Terjun Nglirip. Saat berada disini, anda akan dikellingi oleh mitos mitos yang ada di sekitar kawasan Tuban Jawa Timur.

Mitos yang banyak beredar di air terjun ini adaah anda akan mendapatkan kemudahan dalam mendapakan jodoh.

Entah itu benar atau tidak yang jelas anda tida akan rugi saat mengunjungi tempat ini. Air yang ada di air terjun yang jernih dan adanya gua yang ada di air tejrun membuat air terjun ini semain eksotik saja.

  1. Grojogan Sewu

grojogan-sewu-pacitanAir terjun lainnya yang bisa anda kunjungi adalah grojogan sewu. Dinamakan grojogan sewu sebab disini anda bisa melihat air tejrun yang jumlahnya tidak hanya satu melainkan banyak oleh sebab itulah air terjun tersebut dinamakan air terjun grojogan sewu. Lokasi air terjun ini ada di di Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Memang jika anda perhatikan air terjun ini sangat mirip dengan air terjun Karanganyar yang ada di Solo. Pemandangan yang ada di air terjun ini tidak kalah menakjubkannya dengan air terjun yang ada di Karanganyar Solo. Tinggi air terjun ini setinggi 6 meter. Katanya air terjun grojogan sewu itu tidak akan pernah kering walau sedang berada di musim Kemarau. Karena keindahan yang ada di lokasi air terjun, pengunjung yang datang kesini akan mendapakan ketenangan, kenyamanan dan tentunya kebahagiaan. Sehingga air terjun ini cocok bagi anda yang sedang ingin menjauhi rutinitas kantor atau rutinitas sehari hari yang menyita waktu dan pikiran anda.

  1. Air Terjun Tancak

Air terjun TancakAir terjun lainnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Jawa Timur adalah Air Terjun Tancak. Air terjun ini cocok sekali anda jadikan sebagai spot yang menarik untuk berpetualang. Bagi anda yang hobi mendaki gunung atau mencintai alam anda bisa melakukan kegiatan pecinta alam ke air terjun satu ini. Air terjun ini memang lokasinya lumayan jauh yaitu sekitar 15 km dari kota Jember. Lokasinya lebih tepatnya berada di Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Sebelum sampai ke lokasi air tejun ini, Anda akan dibawa tracking atau melakukan perjalanan melewati perkebunan yang dilakukan oleh warga sekitar dan jalur tracking yang harus anda lalui sekitar 2 km jaraknya. Meski anda harus menempuh perjalanan yang jauh, perjalanan anda akan terbayarkan setelah melihat pesona Air Terjun Tancak yang memikat hati.

  1. Air Terjun Tumpak Sewu

Air-Terjun-Tumpak-SewuAir Terjun Tumpak Sewu merupakan air terjun yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Jawa Timur. Memang saat anda mendengar namanya, nama air terjun ini sedikit asing, namun air terjun ini bisa menjadi destinasi wisata bagi anda yang menginginkan tempat wisata baru di Jawa Timur. Air terjun ini merupakan obyek wisata yang baru saja dibuka. Lokasinya ada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo Lumajang. Karena belum banyak dikunjung, banyak orang yag menyebutnya air terjun perawan sebab belum tersntuh oleh orang banyak. Air terjun ini memiliki bentang yang lebar dan juga curug yang tinggi sehingga kealamiannya sangat terlihat.

Jika ditilik dari namanya tumpak sewu maka artinya adalah air terjun yang memiliki airan air seribu. Dinamakan begitu sebab aliran air yang ada di atas curug sangatlah banyak sehingga dari bawah air tersebut seperti alira air berjumlah seribu. Anda juga bisa berjalan menyusuri di dasar air terjun. Sayangnya untuk menuju ke dasar air tejrun tersbeut anda perlu hati hati sebab di sana Anda akan disuguhi dengan bebatuan yang terjal, jalan yang licin serta masih banyak lagi lainnya. Oleh sebab itulah anda peru berhati hati. Jika tidak berhati hati anda bisa tergelincir dan terpeleset.

  1. Air Terjun Goa Tetes

air-terjun-goa-tetesAir terjun lainnya yang bisa anda kunjungi saat berada di Jawa Timur adalah Air terjun Goa Tetes.  Air terjun ini berada di dukuh Krajan Drops, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo Kabpaten Lumajang Jawa Timur. Sama halnya dengan air terjun lainnya, air terjun disini juga dilengkapi dengan beragam mitos yang menyelimutinya. Mitos yng menyelimuti air terjun itu adalah barang siapa yang mandi di bawah air tejrun tersebut akan awet muda dan enteng jodoh. Maksudnya enteng jodoh adalah dia akan mudah menemukan jodohnya setelah mandi di bawah air terjun tersebut.

Anda bisa melihat pemandangan yang eksotik di air terjun tersebut sehingga tidak mengherankan jika air terjun ini dijadikan sebagai air terjun paling indah yang ada di Lumajang. Berkunjung kesini anda bisa mendapatkan fakta bahwa Lumajang merupakan kota Indah di Jawa timur yang menarik untuk dikunjungi.

sponsored links

  1. Air Terjun Putuk Truno

Air-Terjun-Putuk-TrunoAir terjun lainnya yang menarik untuk dikunjungi adalah air terjun Putuk Truno. Air terjun ini tingginya sekitar 45 meter dari Prigen, Pasuruan Jawa Timur. Keunggulan dan kelebihan air terjun ini adalah anda bisa melihat airnya yang jernih serta pemandangan alam yang ada di sekitar air terjun yang eksotik untuk dilihat.  Konon katanya, air terjun yang kaya akan legenda ini airnya tidak akan pernah kering meski musim kemarau telah darang.

Di lokasi ini tidak hanya air terjun putuk truno saja yang bisa anda temukan namun Air Terjun Kakek Bodo pun juga bisa anda temukan disini. Pemerintah telah membangun sarana wisata yang ada di Air Terjun Putk Truno sehingga anda saat berkunjung disini akan dimudahkan dengan berbagai macam fasilias yang ada. Tidak mengherankan jika saat akhir pekan atau weekend banyak sekali wisatawan yang datang kesini untuk liburan atau tamasya bersama dengan keluarga, pacar atau teman teman.

  1. Air Terjun Sumber Nyonya

air terjun sumber nyonyaAir terjun lainnya yang menarik untuk anda kunjungi saat berada di Jawa Timur adaah air terjun Sumer Nyonya. Tentu anda merasa asing dan aneh dengan nama air terjun tersebut. Lokasi air terjun ini ada di Desa Dukuh, Gunung Sari, Tutur, Pasuruan Jawa Timur.

Air terjun ini memegang andil mengapa banyak wanita yang ada di desa itu tidak bisa memiliki keturunan. Setelah diteliti ternyata banyak warga di sekitar yang mengkonsumsi air yang ada di air erjun tersbeut. Padahal jelas jelas air yang ada di air terjun tersebut mengandung perak. Air yang mengandung timbal jika dikonsumsi setiap hari sangat tidak bagus untuk kesehatan salah satunya bisa menjadi penyebab kemandulan bagi wanita.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 6 meter. Air terjun ini menjadi lokasi wisata yag menarik dikunjungi oleh wisatawan yang datang di Pasuruan Jawa Timur. Untuk menuju ke tampat ini anda harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Namun jangan kahwatir, perjalanan jauh anda tidak akan berasa sebab di sekeliling anda, anda akan melihat keindahan alam hutan yang ada di Indonesia. Perjalanan anda juga tidak akan berasa jika dilakukan bersama dengan teman teman anda. Oleh sebab itu ketika menuju ke air terjun ini sebaiknya anda tempuh bersama dengan teman teman dekat anda.

Wisata Alam di Jawa Timur

Selain wisata air terjun yang telah disebutkan di atas, ada beberapa wisata alam di Jawa Timur yang menarik untuk dikunjungi. Wisata alam ini juga bisa menjadi destinasi wisata bagi anda yang menyukai berlibur menyatu dengan alam. Berikut ini adalah wisata alam di Jawa Timur yang bisa anda kunjungi saat musim liburan tiba :

  1. Gunung Bromo Malang

Gunung-BromoTempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi adalah Gunung Bromo yang ada di Malang. Gunung Bromo ini merupakan gunung yang sudah terkenal di seluruh Indonesia. Oleh sebab itu saat musim liburan tiba gunung ini akan banyak dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Saat berkunjung di Jawa Timur, liburan anda tidak akan terasa lengkap tanpa berkunjung di gunung yang satu ini.  Tidak hanya wisatawan Domestik saja yang mengunjungi Gunung Bromo ini namun banyak turis asing yang juga datang ke Bromo. Kegiatan yang bisa anda lakukan ketika berada di Gunung Bromo adalah anda bisa melihat matahari terbit di puncak bromo.

Sponsors Link

Untuk melihat matahari terbit anda harus menginap di penginapan sekitar bromo atau anda bisa berkemah di Gunung Bromo tersebut. Tidak hanya itu saja yang bisa anda lakukan, anda bisa berkuda, tracking menggnakan mobil dan melakkan sand boarding menggunakan papan selancar. Papan selancar itu diletakkan di atas pasir, kemudian anda memegang tali dimana tali itu nantinya diikatkan pada mobil yang menarik anda. Berkuda di hamparan pasir di sekitar Gunung Bromo pun menjadi kegiatan yang tidak kalah menarik. Oleh sebab itu saat berada di Jawa Timur jangan lupa untuk mengunjungi gunung satu ini agar liburan anda terasa lengkap setelah berada disini.

  1. Kawah Ijen Bondowoso

Kawah-Ijen-BondowosoWisata alam lainnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Jawa Timur adalah Kawah Ijen Bondowoso. Kawah Ijen ini berada di Cagar Alam Taman Wisata Ijen yang ada di Jawa Timur. Tepatnya okasi wisata inia da di Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso. Tempat wisata alam ini merupakan kawah yang berbau asam terbesar yang ada di dunia. Tinggi dari kawah ini bisa mencapai 500 meter dan luas dari kawah tersebut bisa mencapai 5, 466 hektar. Kawah Ijen seing dijadikan sebagai lokasi syuting salha satu fim ternama layar lebar di Indonesia.

Keindahan Kawah Ijen ini tidak hanya terkenal di Indonesia saja namun juga terkenal di Macanegara. Saat berkunjung ke tempat ini sebaiknya jangan saat malam hari, sebab lokasinya akan sangat berbahaya jika malam hari. Lokasi di sekeliling yang gelap bisa menyebabkan kecelakaan bisa terjadi di kawah tersebut. Saat akan menguunjungi tempat ini ada baiknya anda datang saat pagi hari atau saat sore hari. Pemandanga yang ada di Kawah Ijen akan begitu indah. Anda bisa melihat matahari terbit dan anda bisa melihat matahari terbenam di Kawah Ijen tersebut. Perpaduan warna dari sinar matahari disatukan dengan warna dari kawah hijau dari kawah Ijen berwarna toska tersebut sangat menakjubkan terlihat oleh mata.

  1. Pulau Sempu Malang

pulau sempu malangBagi anda bersama teman teman anda yang menginginkan tempat wisata yang unik anda bisa dtanag ke Pulau Sempu Malang. Pulau Sempu merpakan pulau kecil yang ada dalam satu lokasi dengan Pantai Sendang Biru. Lokasi pulau ini tepatnya berada di Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang. Pula Sempu dijadikan sebagai cagar alam dengan ekosistem berpa hutan dan pantai. Kelebihan dari Pulau Semu terletak pada Lagunanya. Laguna yang ada di Pulau Sempu merupakan Laguna Segara Anakan yang menambah daya tarik dari pulau tersebut. Kegiatan yang bisa anda lakukan di pulau ini adalah berenang dan kemping bersama dengan teman teman anda. Apapun kegiatan yang dilakukan jangan sampai merusak ekosistem yang ada.

Itulah berbagai macam tempat wisata air terjun di Jawa Timur dengan wisata alam yang ada di Jawa Timur. Wisata alam yang anda lakukan akan membuat anda sadar betapa agung ciptaan Tuhan tersebut. Tugas manusia adalha untuk menjaga keindahannya dan menjaga kelestariannya agar jangan sampai titipan tuhan itu dirusak oleh tangan tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 25th, June 2016 / 16:46 Oleh :
Kategori : Jawa Timur