Sponsors Link

15 Tempat Wisata Di Ungaran Jawa Tengah

Sponsors Link

Ketika liburan datang pasti kita akan berkunjung ke tempat wisata yang cocok dengan keluarga. Kita tahu sendiri di Indonesia banyak sekali tempat wisata yang bisa kita jadikan pilihan untuk mengahabiskan waktu liburan. Contohnya Bali yang menjadi tempat tujuan utama para wisatawan luar negeri, Raja Ampat yang menjadi surga dunia di Indonesia, Bunaken, Danau Toba dan masih banyak lainnya. Namun perlu anda ketahui, ada salah satu tempat yang memiliki banyak pilihan tempat wisata bagi liburan anda, yaitu Ungaran. Ungaran terletak di provinsi Jawa Tengah, di tempat ini terdapat berbagai tempat wisata, baik wisata alam, wisata resort,wisata religi, wisata sejarah serta wisata kuliner yang merupakan tempat wisata di Indonesia.

Mungkin anda akan bertanya apa saja tempat wisata yang ada di Ungaran yang juga merupakan tempat wisata di jawa tengah ini, artikel ini kami buat untuk menjawab pertanyaan anda, inilah beberapa tempat wisata  di Ungaran :

Wisata Alam

1. Curug Benowo

 Curug BenowoCurug benowo terletak di lereng gunung ungaran, Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Curug benowo adalah wisata air terjun, nama ini diambil dari bahasa jawa yaitu Curug yang berarti air terjun. Air terjun ini memiliki pemandangan alam yang sanagat indah dan alami, bahkan banyak yang bilang Curug Benowo merupakan surga tersenbunyi di kecamatan Ungaran.

Karena belum banyak orang yang bisa mencapai tempat wisata ini. Perlu anda ketahui kenapa wisata ini belum banyak yang mengunjungi karena untuk mencapai air terjun yang eksotik ini kita perlu melewati jalan setapak yang naik turun. Namun jika anda memang pecinta alam, kami anjurkan anda terju ke tempat ini. Kami yakin anda tidak akan kecewa ketika sampai di tempat ini.

2. Rawa Pening

Rawa PeningRawa pening adalah sebuah danau yang terletak di Kecamatan Ungaran tepatnya di kaki Gunung Ungaran. Danau ini memiliki luas 2670 hektare, danau ini memberikan pemandangan yang eksotis dan alami. Ketika kita sampai di tempat ini pasti rasa capek akibat perjalanan jauh akan langsung hilang dengan panorama yang disuguhkan oleh Danau ini.

Rawa Pening bukan nama yang asing bagi masyarakat Indonesia, karena sudah banyak warga lokal dan warga luar Jawa Tengah yang berkunjung ke sini. Jadi Rawa Pening merupakan salah satu tempat wisata yang bisa anda jadikan list untuk liburan anda.

3. Wana Wisata Penggaron

Wana Wisata PenggaronTempat ini berupa hutan dengan berjuta pepohonan hijau dan memberikan kesan alami. Hutan Penggaron terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran sekitar 18 km dari Kota Semarang.

Hutan ini merupakan hutan binaan yang benar-benar dijaga untuk memberikan pemandangan bagi para wisatawan agar banyak yang berkunjung ke tempat wisata untuk menikmati keindahan dan kesejukan yang ada di wana wisata penggaron ini yang akan membuat anda tidak akan menyesal berkunjung ke tempat wisata ini

4. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe IndonesiaSesuai dengan namanya tempat ini adalah tempat khusus tanaman jamu. Inilah yang menjadikan cri khas wisata ini, selain itu tempat ini memiliki pemandangan elok dan hijau yang berasal dari ratusan jenis tanaman jamu. Taman ini terletak di Jalan Raya Bawen, Kecamatan Ungaran, 28 km dari kota Semarang. Luas taman ini mencapai 3 hektare dengan aneka fasiilitas spesial yang bisa menunjang aktivitas para wisatwan di taman ini.

Keunggulan tempat ini adalah para wisatawan boleh memilih jenis jamu yang disuka dan langsung meminumnya. Enak bukan, bagi anda para pecinta jamu tempat ini bisa menjadi tujuan wisata anda.

5. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi BanaranBagi pecinta kopi, tempat wisata ini cocok untuk anda. Selain menyugukan berbagai macam jenis kopi, tempat ini juga memiliki pemandangan yang indah dan udara yang sejuk. Kawasan ini terletak di Ungaran berjarak 35 km dari Semarang.

Wisatawan yang berkunjung ke kampoeng kopi banaran ini dijamin tidak akan menyesal karena anda bis menikmati berbagai jenis kopi apapun yang juga akan menambah wawasan anda serta dengan kawasan yang penuh dengan pemandangan indah serta udara yang sejuk yang akan memuat anda betah berkunjung ke tempat wisata kampoeng kopi banaran ini..

6. Air Terjun Curug Lawe

Air Terjun Curug LaweAir terjun ini berada di kawasan gunung Ungaran. Rute air terjun curug lawe sama dengan air terjun curug benowo yang merupakan air terjun di Indonesia. Jadi bila anda ingin berwisata ke tempat ini sekali jalan bisa mengunjungi 2 air terjun sekaligus sehingga tidak akan merugikan anda jika anda sudah berkunjung ke air terjun ini.

Ponorama dan pemandangan di curug lawe tidak kalah dengan curug benowo. Dijamin anda tidak akan menyesal ketika berlibur ke tempat ini dengan air terjun yang indah serta pepohonan yang ada disekitarnya yang akan membuat suasana menjadi sejuk dan akan membaut anda betah berkunjung ke tempat wisata air terjun curug lawe ini.

7. Objek Wisata Watu Gunung

Objek Wisata Watu GunungDari namanya saja kita sudah bisa menebak tempat apa ini, ya benar. Tempat wisata ini adalah batu besar yang terletak di gunung ungaran. Dari sini kita bisa melihat keindahan kawasan Ungaran.

Selain itu tempat ini memiliki pemandangan yang indah dan alami. Udaranya pun sejuk dan bersih cocok untuk wisata keluarga anda untuk merasakan kesejukan yang ada di tempat ini untuk melepaskan penat selama anda beraktifitas dan dijamin tidak akan merugikan anda, sehingga tempat wisata ini wajib dikunjungi.

sponsored links

8. Bukit Cinta

 Bukit CintaTempat ini merupakan salah satu wisata yang unik di Ungaran, tempat ini berupa bukit yang menghadap ke Rawa Pening. Tempat ini dinamakan bukit cinta karena rata-rata yang berkunjung ke sini adalah pasangan, baik yang sudah menikah atau belum dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Di bukit ini kita bisa menikmati eksotisnya Rawa Pening dari atas, selain itu kita juga diberi kesan alami dan indah dari bukit ini karena dengan adanya berbagai keindahan yang ada di bukit ini yang juga bisa kita lihat disekeliling bukit cinta ini.

 

9. Bukit Lerep Indah

Bukit Lerep IndahTempat wisata ini menawarkan bagi para pengunjung sebuah kolam renang yang memiliki kualitas air baik, karena bersumber dari air pegunungan Ungaran yang merupakan air masih asli dan jernih yang akan membuat anda nyaman.

Air sumber ini akan memanjakan tubuh kita dan kita akan sulit untuk mengangkat tubuh dari air karena air di buit lerep indah ini merupakan air dari asli dari sumber pegunungan sehingga air ini belum mengandung campuran bahan kimia apapun dan merupakan daya tarik tersendiri di tempat wisata ini yang akan membuat banyak para wisatawan berkunjung ke tempat wisata ini.

10. Umbul Sidomukti

 Umbul SidomuktiTempat wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Ungaran, kabupaten Semarang. Kawasan ini berada di kawasan pegunungan sehingga cocok untuk memanjakan mata anda dengan nuansa alami yang dimiliki.

Umbul Sidomukti dilengkapi dengan fasilitas dan service yang mendukung, anatara lain : outbund training, adrenaline games, kolam renang dengan nuansa alami, camping ground, pondok wisata, pondok lesehan, serta meeting room dan merupakan fasilitas yang komplit yang akan membuat anda nyaman jika berkunjung ke tempat wisata ini.

11. Vanaprastha Park

 Vanaprastha ParkVanaprastha merupakan taman yang terletak di kawasan candi Gedong Songo, di lereng Gunung Ungaran. Taman ini terletak pada ketinggian 1200 meter dari permukaan laut.

Di taman ini juga ada rumah kayu yang sudah berusia lebih dari satu abad . pada masa lalu rumah kayu ini digunakan sebagai guest house atau kantor resmi Kehutanan Candi Gedong Songo. Namun sekarang telah menjadi pelengkap di Vanaprastha Park ini yang semakin memiliki banyak fasilitas yang akan memanjakan anda dan membuat anda betah jika berkunjung ketempat wisata ini.

12. Kampung Seni Lerep

Kampung Seni LerepKampung Seni Lerep merupakan komunitas budaya yang berada di sebuah desa di lereng Gunung Ungaran, dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut. Di kampung ini anda tidak hanya disuguhkan berbagai macam budaya namun juga keindahan alam yang luar biasa dengan hawa yang sejuk bebas dari polusi.

Dengan berwisata ke tempat ini, maka anda akan mendapat wawasan lebih tentang budaya yang ada di negara kita dan tak ketinggalan anda akan mendapatkan suguhan luar biasa dari alam Ungaran yang indah yang dijamin anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke tempat wisata kampung seni lerep ini.

13. Tirto Agung Siwarak

Tirto Agung SiwarakTirto Agung Sirawak adalah taman wisata dengan kolam renang yang bernuansa alami. Tempat ini berada di Desa Siwarak, Ungaran, 23 kilometer dari Kota Semarang. Kolam renang ini dilengkapi dengan tempat pemancingan serta menyuguhkan keindahan alam yang snagat indah dengan pohon-pohon rindang di sekelilingnya.

Selain itu air di kolam renang ini berkualitas, karena berasal dari mata air alami di pegunungan Ungaran. Anda dijamin senang dan tidak kecewa dengan suguhan yang diberikan oleh Tempat wisata Tirto Agung Siwarak Ungaran.

14. Candi Gedong Songo

Candi Gedong SongoCandi ini terletak di kaki gunung Ungaran, tepatnya di dusun Darum, desa Candi, Ungaran. Candi ini berdiri sejak abad ke-9 Masehi. Nama gedong songo diambil dari bahasa Jawa yaitu, gedong yang berarti rumah atau bangunan sedangkan songo berarti sembilan.

Jadi gedong songo dapat diartikan sembilan bangunan. Tempat ini bisa anda jadikan pilihan untuk liburan keluarga, selain menyajikan keindahan alam juga terdapat nilai edukasinya yang akan menambah pengalaman wisata anda jika berkunjung ke candi gedong songo ini, sehingga wajib sekali anda berkunjugn ke tempat wisata ini.

 

15. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api AmbarawaMuseum ini dulunya adalah stasiun kereta api, namun seiring berjalannya waktu beralih fungsi menjadi museum. Tempat ini terletak 20 km dari Ungaran. Di tempat ini ada beberapa kereta-kereta api dari zaman dahulu sampai sekarang, yang paling terkenal adalah kereta api uap dengan lokomotif no B 2502 dan B 2503 buatan M. Esslingen.

Dua kereta ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Anda akan mendapatkan wawasan yang lebih terutama pada pengetahuan tentang kekayaan sejarah yang ada indonesia dan nilai edukasi.

Wisata Kuliner

1. Sate Sapi Pak Kempleng Ungaran

Warung sate ini menyediakan 6 jenis sate yaitu sate daging, usus, ginjal, babat, paru dan lemak sapi. Sate sapi di sini memiliki keistimewaan yang membedakan dengan warung sate sapi lainnya.
Sate sapi di sini memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Sate di sini dibakar sampai lunak dengan tujuan mengurangi kolesterol. Selain itu sate sapi di sini memiliki rasa manis, karena bumbunya dicampur dengan gula aren. jika anda ingin mencicipi lezatnya sate sapi ini, anda bisa mengunjungi warung ini yang terletak di Jl. Diponegoro 265 Ungaran, Semarang.

2. Tahu Bakso Bu Pudji

Ungaran juga memiliki makanan khas yaitu tahu bakso. Tahu bakso yang terkenal adalah milik Bu Pudji. Tahu bakso ini memiliki keistimewaan yaitu rsanya gurih dan tidak terlalu asin serta memiliki bentuk yang rapi dan menarik. Anda bisa membelinya untuk oleh-oleh. Tempat ini terletak di Jl.Kutilang Raya no. 56 Pasar Ungaran.

3. Tahu Serasi Bandungan

Menu makanan ini hanya ada di Ungaran yaitu tahu serasi bandungan. Tahu ini sejenis tahu putih namun sangat padat dan bertekstur halus. Nama bandungan di ambil dari nama daerah tahu ini dibuat yaitu Bandungan, Kecamatan Ungaran. Tahu ini cocok disantap dengan smabal kecap atupun cabai rawit. Sebagai pelengkapnya adalah segelas susu kedelai.

4. Restoran Gubug Mang Engking

Tempat ini memiliki keunikan yaitu perpaduan antara tradisional dan modern. Dari segi tradisional terlihat dari tempatnya yang berbentuk seperti gubug dan bernuansa pedesaan, sedangkan corak modern terlihat dari menunya yaitu seafood segar. Di tempat ini anda dapat memilih sendiri seafood yang akan anda makan nantinya. Selain itu yang membuat unik tempat ini adalah terdapat fasilitas play ground dan terdapat kandang yang berisi sepasang macan benggala. Pasti anda tertarik untuk mengunjunginya. Restoran ini terletak di Jl.Diponegoro no 249 Ungaran.

5. Warung Makan Mbak Toen

Bagi anda pecinta pecel, warung ini menyajikan pecel dengan balutan berbagai macam lauk, seperti keong, belut, wader dan masih banyak lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik warung ini. Jadi saya sarankan jika ingin mencoba makan pecel dengan tampilan berbeda maka, warung mbak Toen ini cocok untuk anda

Sponsors Link

Wisata Hotel dan Resort

1. New Bandungan Indah Waterpark and Family Resort

New Bandungan Indah terletak di Bandungan, Ungaran, yang memiliki luas lebih dari 3 hektare. Tempat ini berisi Family Resort, convention hall, waterpark, gardening, pemancingan, outbond, sanctuary butterfly, cafe dan live music. Lengkap bukan, jadi tidak perlu ragu untuk menghabiskan liburan di tempat mewah ini.

2. Tlogo Plantation Resort

Tempat ini merupakan kompleks hotel yang terletak di daerah pegunungan. Tlogo Plantation Resort terletak di Tuntang, Ungaran. Di dalam hotel ini terdapat 22 garden cottage, 15 kamar hotrel standar, kolam renang, convention halll, ruang pertemuan dengan kapasitas 50-250 orang, restoran, bilyard dan pemancingan. Mungkin hotel ini menjadi pilihan yang tepat untuk anda, karena di sini udaranya sejuk dan bernuansa alam.

3. Hills Joglo Villa

Hills Joglo Villa adalah villa yang memiliki arsitektur jawa dengan nuansa alami khas pedesaan. Terletak di Ungaran, Kabupaten Semarang. Villa ini terdiri dari rumah-rumah Joglo yang berusia ratusan tahun dengan ornamen-ornamen Jawa antik. Tempat ini memiliki fasilitas lengkap berupa AC, IDD Calls, Wifi, Tv Satelit, DVD player, cafe, serta mini bar. Untuk anda pecinta nuansa kuno tempat ini cocok untuk liburan anda. Bagi anda yang menggandrungi barang-barang antik, tempat ini cocok untuk memanjakan mata anda.

4. Kencana Agrowisata Resort

Kencana agrowisata resort ini merupakan tempat wisata keluarga dengan nuansa alam pegunungan. Terletak di kaki gunung Ungaran, Kabupaten Semarang. Tempat ini memberikan pelayanan yang profesional kepada anda. Tempat ini hadir di tengah-tengah kebingungan anda, dan memberikan solusi kepada anda tentang tempat wisata yang enak dan nyaman bagi anda.

5. Green Valley

Tempat ini memiliki konsep resort yang dipadupadankan dengan suasana pegunungan. Green Valley terletak di lembah Gunung Ungaran, Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang. Tempat ini menyajikan keindahan alam dengan nuansa pegunungan yang bebas dari polusi dan tenang. Green Valley memiliki fasilitas berupa Training, Gathering dan Outbond. Tempat ini cocok untuk mengahabiskan akhir pekan atau liburan anda dengan keluarga.Pasti anda tidak menyangka bahwa terdapat banyak destinasi wisata di daerah Ungaran, mulai dari yang bernafaskan tradisional maupun modern. Jadi mulai sekarang anda tidak usah bingung untuk menentukan tempat untuk menghabiskan liburan anda. Datanglah ke Ungaran untuk menikmati berjuta wisata di dalamnya.

Selain itu Ungaran hadir di tengah-tengah anda sebagai pilihan tempat wisata yang indah dan alami. Dengan banyaknya pilihan tempat wisata yang berkualitas dan menarik anda tidak perlu ke luar negeri untuk mendapatkan kepuasan liburan. Cukup dengan datang ke Kecamatan Ungaran untuk mendapatkan kesan liburan yang sesungguhnya, tanpa mengeluarkan uang yang banyak anda bisa menikmati seluruh keindahan tempat wisata di ungaran. Semoga bermanfaat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, March 2016 / 03:30 Oleh :
Kategori : Jawa Tengah