Sponsors Link

29 Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah

Sponsors Link

Kota yang termasuk ke dalam Provinsi Jawa Tengah ini berada di dataran tinggi dan cuma punya 4 kecamatan. Meski demikian, Salatiga juga menyimpan beragam obyek wisata yang menarik dan merupakan tempat wisata di jawa tengah. Letak kota yang ada di dataran tinggi mempengaruhi obyek wisata kota ini yang kebanyakan berupa pegunungan.

Inilah beberapa destinasi tempat wisata di Salatiga dan sekitarnya yang dapat anda kunjungi.

  1. Atlantic Dreamland

Atlantic DreamlandObyek wisata Salatiga yang pertama adalah Atlantic Dreamland. Di obyek wisata keluarga yang satu ini, kita akan temukan dan dapati beraneka macam wahana permainan seperti yang ada di Ancol, tempat wisata Jakarta. Beberapa wahana permainannya antara lain adalah watertoys, waterboom, bombom car, flying fox, jet coaster, game center, balon loncat, water ball, sampai dengan bioskop 4 dimensi.

Tempat wisata yang satu ini sangat terkenal dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Salatiga. Alamat Atlantic Dreamland Salatiga tepatnya berada di Jl. Seokarno Hatta No. 303, Ise-Isep, Salatiga, Jawa Tengah. Anda yang dari Semarang dan sekitarnya ataupun dari kota Surakarta dan sekitarnya bisa naik bus jurusan Semarang-Solo yang cukup mudah ditemukan setiap saat karena jumlah armada bus yang juga cukup banyak. Atau bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, rasanya juga tidak akan sulit untuk menemukan tempat wisata tersebut karena letaknya persisi di pinggir jalan, dan tidak jauh dari terminal bus Tingkir, Salatiga.

  1. Kopeng

2Obyek wisata yang letaknya di lereng Gunung Merbabu ini mempunyai tinggi sekitar 150 meter di atas permukaan air laut. Udaranya sangatlah segar dan sejuk, jadi pas untuk berwisata bersama keluarga. Di Kopeng dapat kita jumpai pasar buah dan sayuran, rumah makan, kolam renang, penginapan.

Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, ditambah denagn suasana sejuk khas pegunungan, menjadikan Taman Wisata Kopeng menjadi tujuan wisata yang menyenangkan. Pengunjung yang datang biasanya dari rombongan keluarga, komunitas atau dari corporate perusahaan. Alamat : Desa Kopeng, Kecamatan Getasan.

  1. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul SongoAir terjun ini lokasinya di Kopeng dan termasuk masih alami, sepi kunjungan karena letak yang agak jauh dan sulit dijangkau. Air Terjun Umbul Songo dikelilingi oleh pepohonan nan hijau dengan udara yang sejuk. Tinggi dari air terjun ini sekitar 15 meter dan lokasinya mempunyai ketinggian 1.450 meter di atas permukaan air laut yang juga merupakan air terjun di indonesia.

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencapai obyek wisata yang satu ini. Antara lain adalah menggunakan kuda. Anda dapat menyewa kudanya. Pokoknya sesampai di lokasi, anda akan merasa puas dan rileks. Ditemani oleh hawa sejuk segar, anda dapat puas bersantai dan main di sekitar air terjun.

  1. Bukit Cinta

Bukit CintaRawa Pening adalah sebuah danau yang indah. Letaknya antara Kota Ambarawa, Salatiga, Jawa Tengah. Lokasi rawa yang cukup dekat dengan Salatiga, membuat obyek wisata ini sering dimasukkan ke dalam salah satu wisata Kota Salatiga. Di tepian Rawa Pening ada sebuah destinasi wisata yang cantik dan sungguh sayang jika tidak mampir kemari lebih dulu. Namanya adalah Bukit Cinta.

Bukit Cinta merupakan sebuah bukit yang letaknya berada di tepi Rawa Pening, tepatnya di desa Kebondowo Kecamatan Banyubiru, Semarang. Meski namanya adalah bukit cinta, bukan berarti tempat ini adalah tempat untuk pacaran. Malahan, ada sebuah mitos yang berkembang disana bahwa jika ada pasangan belum sah datang kesini maka kisah cintanya akan berakhir. Boleh percaya boleh tidak, namanya juga mitos. Yang jelas, Bukit Cinta memiliki pemandangan yang indah serta hawa yang sejuk

  1. Umbul Sidomukti

Umbul SidomuktiUmbul Sidomukti adalah kolam renang yang ada di puncak bukit dan kalau anda berenang di lokasi ini, akan merasakan sensasi yang berbeda. Dari sini akan tampak pula pemandangan alam yang begitu hijau. Kolam ini akan tampak lebih cantik ketika cuaca cerah.

Di sini selain dapat berenang dengan ditemani suasana alam indah mempesona, anda juga dapat mencoba wahana permainan flying fox. Yang menjadi daya tarik lagi dari tempat ini adalah penyusunan kolam renang yang dibuat secara bertingkat-tingkat dan ada 4 buah tingkatan. Pengalaman mandi di kolam dengan alam terbuka, sungguh tak terlupakan.

  1. Pemandian Alam Muncul

Pemandian Alam MunculLokasi Pemandian Muncul apabila ditempuh dari Kota Ambarawa jaraknya kurang lebih 8 km. Ini adalah pemandian alami dengan sumber air yang berasal dari dasar kolam. Lebar pemandian 20×40 meter dan terdapat ikan-ikan kecil di pemandian berenang bebas, jadi suasana alamnya lebih kental. Fasilitas yang ada di lokasi ini adalah area parkir yang luas, kios souvenir serta oleh-oleh.

Pemandian air alam Muncul dikelola oleh pemerintah daerah kabupaten Semarang. Salah satu wisata Jawa Tengah ini berada di Dusun Muncul, Desa Rowoboni, Kecamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dan banyak sekali pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

  1. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api AmbarawaBerkunjung ke Kota Ambarawa jika ditempuh dari Semarang memerlukan waktu sekitar 30 menit. Bila ingin merasakan kehidupan pedesaan asli Jawa, sangat tepat berkunjung kemari. Selain itu, ada Museum Kereta Api Indonesia yang bisa kita datangi. Museum ini mempunyai koleksi 21 lokomotif tua dan kereta api peninggalan jaman Belanda.

Di sini juga dapat naik kereta wisata. Sayangnya kita harus sewa satu gerbong sekaligus, jika ingin naik. Jadi sebaiknya bawa rombongan, ya. Tiket masuk museum sangat terjangkau, hanya Rp 5.000,- per orang. Jika ingin melihat lokomotif tua, paling asyik ya, keliling naik kereta wisatanya. Tiket kereta wisata pun murah, Rp 10.000,- saja per orang. Alamat : Jalan Stasiun No. 1, Ambarawa.

  1. Tlogo Plantation

Tlogo PlantationIni adalah salah satu obyek wisata alam di Salatiga. Apa saja yang dapat dilakukan ketika berkunjung? Saat datang ke obyek wisata yang satu ini, anda dapat melakukan tour ke kebun kopi. Selain itu ada kegiatan berkebun yang dapat diikuti oleh anak-anak agar pengetahuan mereka bertambah.

Bagi anda yang ingin menginap, di lokasi ini tersedia resort yang memiliki nuansa alam, dapat jadi pilihan tempat penginapan anda. Ada 22 cottage dan 15 kamar superior yang siap memanjakan hari-hari Anda.  tempat wisata ini itu tersembunyi di kerimbunan pohon. Jarak antar-cotatge lumayan jauh. Jalan setapak dari tatanan batu merahmenjadi penghubungnya yang harus dilewati. Sementara untuk jalan yang lurus menggunakan paving block. Jalan lain ditutup menggunakan batu kali. Semua memberikan kesan alami.

  1. Gunung Merbabu

Gunung MerbabuKalau anda suka mendaki, tempat wisata ini pas untuk anda. Gunung ini adalah salah satu gunung paling indah yang ada di Indonesia. Pemandangan dari atas gunung sangat mempesona. Kerlip lampu Kota Salatiga, Ungaran, Rawa Pening, bahkan sampai dengan Kota Semarang tampak sangat indah dari ketinggian.

Pada arah selatan Gunung Merbabu juga dapat terlihat dengan jelas Gunung Merapi. Jika tengah aktif, lahar Merapi pun akan kelihatan jelas dari Puncak Merbabu. Mendaki Gunung Merbabu ini butuh fisik yang prima dan kuat karena medan yang hendak dilalui lumayan susah. Gunung ini tingginya lebih dari 3000 meter dan mempunyai beberapa jalur pendakian seperti gunung yang ada di tempat wisata di Bali.

sponsored links

  1. Rawa Pening

Rawa PeningRawa Pening berkaitan erat dengan Ambarawa. Akan tetapi obyek wisata yang satu ini juga sering dimasukkan dalam wisata Salatiga karena lokasi kota yang cukup berdekatan. Nama Ambarawa yang terdiri dari dua kata yaitu amba yang artinya luas atau lapang dan rawa yang mempunyai arti rawa.

Nah, apabila anda berkunjung kemari, untuk menikmati keindahan Rawa Pening anda dapat berkeliling dengan menggunakan perahu. Di area Rawa Pening banyak tumbuh tanaman eceng gondok. Tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh penduduk sekitar untuk bahan pembuatan cinderamata atau souvenir.

  1. Agrowisata Salib Putih

Agrowisata Salib PutihDestinasi wisata di Kota Salatiga yang selanjutnya adalah Agrowisata Salib Putih. Tempat ini adalah ecopark hotel yang memiliki taman bermain, outbond, area perkemahan, dan lain-lain. Hawa disini begitu segar dan penginapan ini merupakan salah satu yang direkomendasikan.

Fasilitas yang lengkap dan mendukung, membuat pengunjung pasti nyaman berada di sini. Kolam renang dengan pemandangan mempesona di sekitarnya yaitu kerlip lampu Kota Salatiga. Indahnya malam yang berhias lampu-lampu dilihat dari ketinggian mengingatkan pada Bukit Moko. Apabila anda tidak tahan menginap di Kopeng disebabkan dinginnya hawa di sana, karena lokasi yang strategis dan berdekatan dengan Salib Putih, mungkin anda dapat mencoba ke sini. Alamat : Jalan Hasanudin km 4, Salatiga-Kopeng.

  1. Kolam Renang Kalitaman

Kolam Renang KalitamanWisata keluarga yang ada di Salatiga selanjutnya adalah Kolam Renang Kalitaman. Kolam renang yang satu ini dikenal juga dengan nama Kolam Renang Kali Gedong. Banyak keluarga yang memilih obyek wisata satu ini untuk mengisi liburan atau saat akhir pekan. Kolam renang ini adalah yang paling tua di Salatiga.

Sayangnya lokasi ini masih belum mempunyai fasilitas lengkap, jadi cuma kolam renang yang ada di tempat ini, belum dikembangkan. Tetapi fasilitas dilengkapi seperti kolam renang untuk dewasa, kolam renang untuk anak-anak, ruang ganti, ruang bilas, papan loncat indah, ruang tunggu dan kantin. Yang menarik lagi kolam ini pernah dijadikan salah satu arena kejuaraan Pekan Olahraga Nasional pada tahun 1948.

  1. Mata Air Senjoyo

Mata Air SenjoyoSumber mata air ini letaknya di Kabupaten Semarang dan dekat dengan Salatiga. Di sini pengunjung dapat bermain air dan seru sekali. Lokasi ini lebih ramai pada sore hari dan dapat puas mandi di Mata Air Senjoyo. Mata Air Senjoyo adalah mata air yang terletak di Salatiga.

Daerah wisata mata air ini meliputi lereng Timur Gunung Merbabu, yang merupakan daerah resapan porus dengan luas skitar 40 km2, yang menyimpan air hujan selama musim hujan dan dikeluarkan di Mata Air Senjoyo yang memiliki keindahan mata air yang jernih sehingga menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

  1. Arrowhead Park

Arrowhead ParkTempat wisata Salatiga ini lokasinya ada di tengah pedesaan Tegal Waton. Ketika berwisata kemari, akan disajikan pemandangan berupa alam pedesaan yang asri, hijau, rindang, dan bebas polusi, tidak seperti di kota besar yang sudah tercemar oleh asap dari kendaraan bermotor atau industri.

Bagi anda yang ingin merasakan berkuda, dapat datang ke lokasi wisata Arrowhead Park. Ada kuda yang dilatih khusus oleh para staf. Pokoknya kalau anda suka berkuda, tepat sekali memilih lokasi ini sebagai tempat tujuan wisata anda yang sangat menarik dan akan membuat anda ketagihan untuk berkunjung ke tempat wisata ini..

  1. Desa Wisata Tingkir Lor

Desa Wisata Tingkir LorLokasi wisata selanjunya adalah Desa Wisata Tingkir Lor. Desa ini memiliki nilai sejarah karena inilah lokasi tempat tinggal dari Jaka Tingkir. Pemuda yang dahulu pernah menjadi Sultan Kasultanan Pajang. Peresmian desa ini dilakukan pada tahun 2014 dan masih dalam tahap pengembangan. B

eberapa kegiatan yang dapat kita lakukan di sini antara lain adalah belanja pakaian atau kemeja dengan harga relatif terjangkau, oleh-oleh khas dari Salatiga, atraksi kesenian daerah yang disebut dengan drumblek. Atraksi ini tergolong unik karena adanya kemiripan dengan drumband akan tetapi alat yang dipakai adalah blek atau kaleng bekas.

  1. Cagar Budaya Prasasti Plumpungan

Cagar Budaya Prasasti PlumpunganPrasasti Plumpungan ini merupakan sebuah batu tulis yang dalamnya ditulis menggunakan bahasa sansekerta berbunyi Shir Astu Swasti Prajabyah yang artinya adalah semoga selamat dan sejahtera rakyat sekalian. Prasasti ini adalah salah satu bukti keberadaan Kota Salatiga di zaman itu. Prasasti ini akan dikembangkan menjadi lokasi wisata sejarah yang luasnya kurang lebih 2.765 meter persegi.

Selain adanya prasasti, Daerah di sekitar Plumpungan dikenal juga sebagai pusat penghasil batik. Di dukuh ini ada pula wisata membatik atau belajar membuat batik Plumpungan. Alamat : Jalan Batu Tulis, Kelurahan Kauman Kidul, Kecamatan Sidorejo, Salatiga.

  1. Kuliner Salatiga

kulinerNah, kalau sudah capek berjalan-jalan, saatnya mengisi perut. Lokasi kuliner lezat di kota ini akan banyak kita jumpai di Jalan Fatmawati dan Jenderal Sudirman. Mulai dari makanan ringan sampai dengan yang berat dan khas dari kota ini wajib untuk dicicipi. Kalau ingin makanan khas dari Salatiga, salah satu lokasi yang terkenal adalah di Jalan Jenderal Sudirman. Makanan yang tersedia di sini antara lain adalah sate kambing dan wedang ronde.

Untuk ronde yang terkenal dapat anda coba warung ronde Mak Pari serta Ronde Jago. Kejutannya, warung yang buka mulai pukul dua siang tersebut memberi tambahan bahan berupa pacar cina/ sagu mutiara, irisan manisan tangkeh ( dari buah blingo ), dan irisan kulit jeruk! Memang terdengar aneh, tapi perpaduan kuah jahe yang sedikit pedas dengan rasa masam dari kulit jeruk memberikan sensasi yang luar biasa di dalam mulut.

  1. Wisata Belanja Kue Kering Sagu

Wisata Belanja Kue Kering SagaTak lengkap rasanya apabila berkunjung ke suatu daerah tanpa membeli oleh-oleh yang khas dari daerah tersebut. Sentra dari oleh-oleh dan makanan ringan khas Salatiga berada di Saga. Lokasi toko yang menyediakan beraneka macam oleh-oleh dan makanan ringan ini ada di Jalan Fatmawati. Nama toko merupakan singkatan dari snack Salatiga.

Beberapa makanan atau snack yang ada di sini antara lain adalah abon, keripik paru, dan kecap dendeng. Saat dirumah mungkin sudah tidak tersedia cemilan apapun dan kini saatnya andapun tidak ada salahnya jika ingin mencoba membuat resep kue sagu susu yang satu ini. Silahkan anda buat dan simak proses pembuatannya dibawah ini yang begitu mudah.

  1. Wisata Budaya

Wisata BudayaBeberapa event budaya yang ada di Salatiga antara lain adalah suran Ki Hajar Sampurno yang dilaksanakan tiap 1 suro, saparan, tirakatan hari jadi (23 Juli), kirab budaya hari jadi (24 Juli). Istilah pariwisata di tengah gelombang abad ke-21 masih cukup populer dan marketable. Terlebih persoalan pariwisata terkait dengan kebudayaan.

Sejumlah pakar budaya mensinyalir bahwa teori Alvin Toffler yang terkenal dengan istilah The Third Wave atau gelombang ketiga, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah menjadi kenyataan. Sebagaimana kemajuan peradaban sebelumnya di bidang pertanian dan industri.

Sponsors Link

Wisata Lain di Sekitar Salatiga

Wisata yang berada di sekitar salatiga juga tidak kalah menarik yang wajib anda ketahui untuk menikmati tempat wisata yang ada di sekitar salatiga ini . Dan tempat wisata inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung.

Berikut adalah beberapa wisata lain di sekitar salatiga yang wajib anda kunjungi juga.


1. Pasar Bunga Bandungan

Pasar Bunga BandunganLetanya sekitar 7 km dari Kota Ambarawa yaitu di tepi Gunung Ungaran dengan tinggi 900 meter di atas permukaan air laut. Suasana tempat ini sangat indah dengan udara yang segar membuat anda rileks. Kegiatan menarik yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke obyek wisata yang satu ini adalah horsen tour guna melihat keindahan bunga, sayuran, serta rempah yang ada di perkebunan.

Fasilitas yang tersedia di lokasi ini antara lain adalah penginapan, hotel, bungalow, pasar buah, serta pasar tradisional yang menjual beraneka ragam barang dan makanan seperti susu kacang segar dan kue kacang. Berjalan sejauh beberapa kilometer dari lokasi ini ada peternakan dengan bukit-bukit yang bertingkat-tingkat serta dapat anda lihat juga tanaman tembakau. Salah satu tempat produksi utama bunga potong yang ada di Jawa Tengah berada di Bandungan ini.


2. Candi Gedung Songo

Candi Gedung Songo Candi Gedung Songo yang artinya adalah sembilan candi punya pemandangan sangat indah. Danau Rawa Pening dan juga gunung di sekitarnya begitu mempesona. Candi ini lokasinya  5 km dari Bandungan. Ketinggian lokasi antara 1.300 sampai dengan 1.500 di atas permukaan air laut.

Candi Gedung Songo adalah candi hindu yang dibangun pada pertengahan abad 9. Fasilitas yang ada di sekitar obyek wisata Candi Gedung Songo antara lain adalah area perkemahan, hotel dan penginapan, kuda perjalanan, pemandian air panas


3. Siwarak (Tirto Argo)

Siwarak (Tirto Argo)Lokasi wisata yang satu ini adalah kolam dengan air yang alami dan juga bersih. Memiliki panorama alam yang memikat dilengkapi dengan kolam pemancingan, sehingga cocok bagi mereka yang suka memancing. Fasilitas yang dimiliki antara lain adalah warung makan dengan beraneka ragam menu, penginapan mudah didapatkan. Tempat wisata yang satu ini memang tidak ada di Salatiga persis, akan tetapi karena letak dekat antara Salatiga-Semarang, maka beberapa obyek wisata di Semarang seringkali dimasukkan ke dalam destinasi wisata Kota Salatiga. Alamat Siwarak : Desa Siwarak, Kecamatan Ungaran.


4. Pasar Kriya Jawa Tengah

Pasar Kriya Jawa TengahDaya tarik dari obyek wisata yang satu ini yaitu berupa pasar kerajinan yang menjual beraneka ragam barang kerajinan seperti, batik, anyaman bambu, kerajinan kuningan, dan lain sebagainya. Letak Pasar Kriya sangat gampang untuk dijangkau karena mempunyai lokasi yang strategis, di dekat Jalan Utama Solo-Semarang. Alamat : Desa Lopait, Kecamatan Tuntang.

Ditempat ini juga ada berbagai macam peralatan rumah tangga seperti wajan untuk menggoreng, peralatan untuk menyambal (cowek dan munthu) sapu bahkan kentongan yang terbuat dari akar bambu, atau berbagai macam kerajinan yang terbuat dari akar bambu.


5. Museum Purbakala Sangiran

Museum Purbakala SangiranIni adalah situs arkeologi manusia purba terlengkap di Asia dengan fasilitas pendukung yang dapat memberi keterangan mengenai sejarah kehidupan manusia purba yang ada di nusantara. Ada 13.809 fosil manusia purba yang dipamerkan di Sangiran. Banyaknya pengetahuan mulai dari ilmu geologi, arkeologi, paleoanthropologi, serta biologi akan kita peroleh ketika berkunjung ke Museum Purbakala Sangiran.

Alamat : Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Sragen,wisata Jawa Tengah.

 


6. Teluk Penyu

Teluk PenyuKalau anda ingin berwisata ke Cilacap, silakan mampir ke Teluk Penyu. Obyek wisata ini memiliki luas sekitar 18 hektar. Mengapa dinamai Teluk Penyu? Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dulu banyak penyu yang berkembangbiak dan hidup di pantai ini. Sebabnya adalah keadaan pantainya tak terlalu panas dan jauh dari hewan pemangsa atau pengganggu penyu, sehingga cocok bagi tempat hidup mereka. Itulah sebab pantai ini dinamai Teluk Penyu.

Pantai Teluk Penyu memiliki panorama alam yang memukau, indah, dan juga hawa sejuk. Beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan di sini antara lain adalah memancing, main sepak bola, dan menyusuri pantai. Setelah berkunjung ke Teluk Penyu, jangan lupa mampir ke lokasi wisata yang tak jauh dari pantai ini yaitu Benteng Pendem dan Nusa Kambangan. Alamat : Kecamatan Cilacap Selatan, Jawa Tengah.


7. Gunung Slamet

Gunung SlametBagi anda para pecinta alam, cobalah taklukkan Puncak Gunung Slamet yang ada di daerah Purwokerto. Gunung ini adalah gunung paling tinggi di wisata Jawa Tengah dan termasuk ke dalam kelompok gunung berapi yang masih aktif. Tingginya mencapai 3.428 meter di atas permukaan air laut. Untuk mendaki Gunung Slamet diperlukan fisik yang kuat dan alat pendakian yang lengkap karena kondisi medannya cukup berat.

Kisah misteri Gunung Slamet sampai dengan saat ini masih dipercayai oleh sebagian masyarakat yang tinggal disni. Konon gunung ini merupakan gunung yang paling meyeramkan karena terdapat beberapa legenda mistis yang ada di gunung ini. Gunung ini merupakan gunung ke 2 tertinggi di Jawa setelah Gunung Semeru. Gunung ini juga memiliki ketinggian 3.428 meter diatas permukaan laut dan berlokasi di Jawa Tengah. Bagi pecinta hiking, Gunung Slamet mempunyai medan pendakian yang menantang dan angker. Untuk mencapai puncak Gunung Slamet maka Anda dapat melalui beberapa jalur yaitu Jalur Bambangan, Guci, Dukuhliwung, dan Baturaden.


8. Benteng Vander Wijck

Benteng Vander WijckBenteng ini dibangun pada masa penjajahan Belanda. Di Benteng Vander Wijck tersedia aneka macam permainan anak dan area bermain. Beberapa diantaranya adalah kereta mini, perahu kayuh, kolam renang, kereta atas benteng (kereta mini yang relnya ada di atap benteng, jadi kereta berjalan memutari atap benteng), dan masih banyak lagi.

Memasuki benteng akan banyak ditemukan informasi sejarah tentang Benteng Vander Wijck. Bagi anda yang suka selfie atau fotografi, paling seru mengabadikan foto dari atap Benteng. Oh, ya, Benteng Vander Wijck juga pernah jadi lokasi syuting film The Raid, lho! Keren! Benteng Vander Wijck terletak di daerah Gombong, Jawa Tengah.


9. Pantai Suwuk

Pantai SuwukPantai dengan perbukitan hijau indah di dekatnya dan bebatuan besar mengiasi salah satu sudut pantai, menambah pesona keindahan tempat wisata ini. Suwuk merupakan destinasi wisata pantai yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, terlebih ketika musim libur hari raya. Pantainya tidak terlalu panas karena banyak deretan pohon kelapa di sepanjang pantai.

Aktivitas lain yang bisa dilakukan ketika berada di Pantai Suwuk adalah jelajah pantai, memancing, main pasir, dan sebagainya. Kalau berkunjung kemari, jangan lupa membeli oleh-oleh saat hendak pulang, ya. Peyek teri dan kacang atau makanan yang disebut yutuk. Yutuk adalah undur-undur laut yang dapat diolah menjadi gorengan lezat. Perlu diingat, jangan kebanyakan makan yutuk karena dapat menyebabkan pusing.


10. Ketep Pass

Ketep PassKetika berkunjung ke Magelang, salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan favorit para wisatawan adalah Ketep Pass. Dari sini dapat kita saksikan pemandangan berupa bukit-bukit serta gunung yang memukau. Ada beberapa fasilitas yang tersedia, antara lain yaitu Bioskop Mini, Museum Vulkanologi, Gardu Pandang, serta Pelataran Panca Arga.

Ada dua teropong yang bisa kita pakai untuk mengamati dan menikmati keindahan alam sekitar Ketep Pass. Yang pertama ada di Gardu Pandang. Dan yang kedua ada di Pelataran Panca Arga. Kalau kita berdiri di Pelataran Panca Arga, kita akan bisa menyaksikan pemandangan 5 buah gunung sekaligus di hadapan kita. Lima gunung tersebut antara lain Merbabu, Sindoro, Merapi, Sumbing, dan Gunung Slamet. Tiket masuk Ketep Pass hanya Rp 7.500,- per orang. Alamat : Jalan Blabak Boyolali Km 16, Kec. Sawangan, Magelang.


Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, March 2016 / 08:38 Oleh :
Kategori : Jawa Tengah