15 Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata Jepara? Ya.! Selain kualitas seni ukiran kayu nya yang sangat tersohor dari nasional sampai mancanegara itu, Jepara juga memiliki tokoh perempuan yang melegenda. Yap! RA Kartini, siapa sih yang nggak kenal sososk perempuan tangguh ini. Perempuan yang darinya setiap tanggal 21 April diperingati sebagai hari perempuan dengan segudang jasa-jasanya mendendangkan emansipasi wanita. Sampai beberapa landmark yang ada di Jepara erat kaitanya dengan sosok perempuan ini, seperti Pantai Kartini, dan musium Kartini yang memberikan nuansa sentuhan wisata dan sejarah.

Tetapi bukan hanya itu yang dimiliki Jepara. Kabupaten yang wilayah sebelah barat dan utara berbatasan langsung dengan Laut jawa ini memilki potensi kekayaan wisata yang luar biasa. Terutama pantai nya yang aduhai dan merupakan tempat wisata di Indonesia. Mau tau apa aja  tempat wisata di Jepara. ?

Ini dia Tempat wisata di Jepara yang harus anda kunjungi..

  1. Taman Nasional Karimun Jawa

Taman Nasional Karimun JawaTaman Nasional Karimun Jawa ini terletak sekitar 83 km ke arah barat laut kota Jepara. Taman ini memiliki luas area sebesar 107.225 hektar, dengan tipe ekosistem hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove dan terumbu karang. Kepulauan karimun ini juga memiliki gugusan kepulauan sebanyak 27 pulau.Kepulauan karmun jawa merupakan sebuah cagar alam laut yang dilindungi oleh pemerintah dan sekarang disebut sebagai taman nasional karimun jawa. Karimun jawa sebuah destinasi wisata alam yang sudah sangat populer di jepara, bahkan menasional, dan merupakan destinasi wisata wajib yang harus anda kunjungi jika menjelajah Jepara.

Jika anda termasuk orang yang suka snor kling maka disinilah surganya, anda bisa melihat keindahan surga bawah laut yang cantik, karena biota laut disini masih sangat terawat dan terkenal epik abis. Ada lebih dari 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, hingga 133 genera akuatik dan sebagian biota di kepualuan ini masuk dalam daftar biota yang dilindungi.Bukan hanya itu, ditempat ini juga anda bisa menikmati banyak permainan air yang seru dan menarik lainnya, anda bisa berenang, memancing, berjemur dan menjelajah lautnya yang jernih abis. Selain itu, berbagai keunikan budaya dan tradisi penduduk lokal ditempat ini merupakan objek interaksi sosial yang menarik dan menyenangkan dengan keramahanya. Ada berbagai macam alternatif cara untuk bisa sampai ke taman nasional karimun jawa, bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun jasa tur yang banyak tersedia di berbagai agen perjalanan.

  1. Pantai Kartini

Pantai KartiniPantai kartini terletak diantara objek wisata Karimun jawa dan pulau panjang. Pantai ini merupakan tempat wisata yang paling populer bagi anak-anak dan keluarga di Jepara. Untuk bisa menikmati panorama pantai Kartini setiap pengunjung akan dikenai retribusi sebesar Rp.3000 saja, ini belum termasuk tiket kendaraan roda dua, bis dan kendaraan roda empat, dan biasanya di akhir pekan dan hari libur nasional tiket masuk pantai ini menjadi Rp.5000 per orang. Di pantai kartini ini anda bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan, semilir angin laut jawa dan gulungan ombak-ombak yang memanjakan mata. Disini anda juga bisa menikmati wahana permainan, seperti komedi putar, mandi bola, perahu arus, dan aquarium kura-kura. Bagaimana? Sangat cocok buat liburan akhir pekan keluarga anda bukan.

  1. Pulau Panjang

Pulau PanjangObjek wisata di jepara yang keren selanjutnya adalah pulau panjang. Pulau panjang ini terletak tidak jauh dari pantai kartini, hanya berjarak sekitar 2,5 km saja. Keindahan alam dan panorama pulau panjang bisa memikat hati siapa saja yang berkunjung kesini, makanya banyak wisatawan yang betah berlama-lama di pulau ini. Pulau ini memilki laut dangkal disekitarnya, pasir putih dan terumbu karang yang menawan. Pulau ini merupakan wisata yang menyenangkan, apalagi airnya yang jernih, dan tidak berarus, ini sangat cocok untuk berenang, kano dan snorkling.

Pulau panjang ini memiliki luas sekitar 19 hektar saja, ditempat ini anda berasa seperti memiliki pulau sendiri, bagaimana? Apakah anda tertarik menunjungi pulau panjang? Untuk dapat mencapai pulau panjang ini anda harus membayar tiket perahu yang akan mnegantarkan anda ke pulau ini sebesar Rp.12.000 dari dermaga pantai kartini. Dan sesampainya di pulau panjang anda akan dikenai tarif masuk sebesar Rp.3000 per orang, anda sudah bisa menikmati keindahan pulau panjang, bagaimana, cukup murah bukan?

  1. Pantai Bandengan

Pantai BandenganPantai Bandengan juga sering disebut sebagai pantai Tirto Samudro. Lokasi pantai ini sangat sekat dengan pusat kota, hanya sekitar 7 km di utara kota Jepara, sehingga selalu ramai pengunjung. Terlebih ketika hari libur dan akhir pekan, pengunjungnya membludak. Pantai bandengan sudah sangat tersohor, karena di pantai ini sering diadakan even, seperti permainan motor cross dan pertunjukan layang-layang baik skala regional, nasional sampai internasional. Selain menikmati semaraknya acara, di pantai bandengan ini anda juga bisa berkemah, bermain bolla volley, hingga sepeda santai. Bersihnya pantai, pasirnya yang putih dan halus memberikan nuansa sendiri dan sangat pas untuk tempat liburan akhir pekan keluarga anda.

sponsored links

  1. Benteng Portugis

Benteng PortugisSelian wisata alam yang mengagumkan, Jepara juga memiliki wisata sejaarah yang sayang untuk dilewatkan. Yap! Benteng Porugis. Benteng portugis menjadi tempat yang wajib anda kunjungi jika menjelajah Jepara. Lokasi benteng ini ada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo.

Bagi anda pecinta travelling, benteng ini menawarkan suguhan keindahan alam yang banyak disukai para pecinta jalanan. Karena lokasi dan posisi benteng ini yang pas berada di pinggir laut, sehingga memilki pemandangan yang epik abis. Anda harus lihat.

  1. Museum Kartini

Museum KartiniIni salah satu destinasi sejarah juga yang sayang untuk anda lewatkan. Musium Kartini, lokasinya ada di sebelah utara alun-alun kota Jepara. Di musium ini anda bisa menyaksikan kerangka ikan raksaa “Joko Tuo” sepanjang 16 meter dan lebar 2 meter dengan berat 6 ton. Ikan ini ditemukan pada tahun 1989 di pulau karimun jawa dalam keadaan mati, namun masih meninggalkan sisa-sisa daging.

Disini anda juga melihat-lihat banyak koleksi yang dipamerkan, semuanya berbau sejarah RA Kartini. Jika anda tertarik mengunjungi musium Kartini ini, anda cukup membayar Rp.2000 per orang di hari biasa dan Rp.3000 di akhir pekan. Musium Kartini ini buka setiap hari, dari pukul 8 pagi sampai 16.00 sore.

  1. Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo LangitTempat wisata alam yang ada di Jepara ternyata bukan hanya pantai, ada banyak wisata alam yang indah nan elok. Salah satunya adalah Air Terjun Songgo Langit. Air terjun ini berada di Desa Bucu, Kecamatan Kembang sejauh 30 Km arah utara dari pusat kota Jepara, air terjun ini memilki ketinggian 80 meter dengan lebar airnya mencapai 2 meter dan merupakan air terjun di Indonesia. Kenapa disebut songgo langit? Konon, karena air terjun ini jika dilihat dari bawah, maka deras dan tingginya air terjun tersebut tampak seolah-olah sedang menyangga cakrawala langit. Penasaran? Anda harus buktikan ini. Bagi anda yang suka udara sejuk dan damainya alam, wisata air terjun songgo langit sangat pas. Apalagi dipadukan dengan pemandangan alam yang indah disekitar Air terjun.

Ketika mengunjungi Air terjun Songgo Langit Anda juga bisa menikmati indahnya kupu-kupu dengan warna-warni nya yang cantik yang terbang berseliweran disekitar air terjun. Konon, menurut cerita masyarakat setempat, Air terjun songgo langit dihuni oleh sepasang suami istri mistis yang ikut menjaga kenyamanan anda saat mengunjungi air terjun ini. Sebab bagi mereka, pengunjung atau wisatawan adalah tamu yang harus dihormati kenyamanan dan keamananya.

  1. Kuliner Pantai Pungkruk

Kuliner Pantai PungkrukSetelah menjelajah dan bermain dengan wisata yang ada di Jepara, pasti perut anda keroncongan meminta di isi untuk mengembalikan energi. Salah satu rekomendasi wisata kuiner yang ada di Jepara adalah Kuliner Pantai Pungkruk. Di tempat ini anda bisa menikmati berbagai sajian kuliner seefood yang bisa menggoyang lidah.

Lokasinya berjarak sekitar 7 kilometer dari kota Jepara atau sekitar 2 km dari pantai Bandengan, ada banyak tempat atau warung-warung di tempat ini, namun anda bisa mencari warung makan yang menyediakan gazebo diatas laut atau anda bisa memilih warung yang menyediakan jasa karaoke. Makan sambil berdendang lagu-lagu kenangan. Di tempat ini, selain anda bisa menikmati sajian kuliner yang lezat, anda juga bisa menikmati indahnya matahri tenggelam di ujung langit, apalagi ditemani pasangan dan hidangan yang lezat. Ini bisa jadi ‘quality time’ yang menyennagkan. Bagaimana?

  1. Pulau Mandalika Jepara

Pulau Mandalika JeparaJika anda berkunjung ke Jepara, sempatkanlah mampir ke pulau mandalika. Bagi anda yang hobi memancing, di tempat ini anda bisa menularkan hobi anda. Spot disini merupakan spot favorit. Ada banyak ikan yang bisa anda dapatkan jika beruntung, hehe, seperti ikan kerapu, pari, sembilang dan kakap putih. Di pulau ini anda juga bisa menikmati tanaman endimik khas pulau Mandalika yaitu Nongko Celeng, tanaman ini terbilang unik, karena buahnya tumbuh dari dalam tanah, tepat dibagian akar.

Untuk bisa ke pulau mandalika, anda harus menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari bibir pantai dan 500 meter dari lokasi Tebing Benteng Portugis yang terletak di pesisir pantai Ujung Watu.

  1. Pantai Ombak Mati Jepara

Pantai Ombak Mati JeparaPantai Ombak Mati juga dikenal dengan sebutan pantai Bondo, karena letak pantai ini berada di Desa Bondo, Bangsri-Jepara. Kenapa disebut pantai Ombak Mati? Karena pantai ini tidak memilki ombak sebagaimana pantai pada umumnya. Aneh bukan.

Suasana di pantai ombak mati ini cukup sepi dan tenang, anda bisa menikmati pantai suasana berjemur tanpa harus bising debran ombak maupun wisatawan lain. Wisata ombak mati bisa menjadi wisata alternatif jika anda berkunjung ke jepara karena akan membuat anda mendapatkan ketenangan dengan tidak adanya desiran suara ombak yang akan membuat anda tidak kecewa jika anda berkunjung ke tempat wisata pantai ombak mati jepara ini.

  1. Pantai Teluk Awur

Pantai Teluk AwurPantai teluk awur ini berjarak sekitar 5 kilometer dari pusat kota Jepara. Pantai ini merupakan salah satu objek wisata yang ada di jepara yang menawarkan sensasi kemurahan. Pasalnya untuk mengunjungi pantai teluk awur ini anda tidak akan dikenai biaya masuk alias gratis tis sehingga banyak para wisatawan yang datang berkunjung ke pantai telur awur dan merupakan tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Cara paling lazim menikmati pantai teluk awur ini anda bisa berenang dan bermain air laut untuk menghibur akhir pekan anda yang dijamin akan membuat anda puas dan tidak kecewa ketika anda sudah berkunjung ke tempat wisata ini. Bagaimana, tertarik?

  1. Danau Blingoh

Danau BlingohDanau ini sama sekali belum terkenal dan populer sebagai destinasi wisata di Jepara. Bahkan namanya sendiri sebenarnya belum ada, nah loh, kok bisa? Nama blingoh sendiri diambil dari nama desa letak danau itu berada. Yaitu terletak di Dukuh lembah, Desa Blingoh Kecamatan Donorejo.

Danau ini terbentuk akibat genangan bekas air penambangan batu putih yang tidak direklamasi, danau ini berukuran kecil-mungil, walaupun belum trekenal tapi danau ini indah loh, tapi sayang, akses menuju danau ini masih belum baik.

Sponsors Link

  1. Pantai Gua Manik

Pantai Gua ManikPantai Gua Manik hampir serupa nasibnya seperti danau Blingoh, belum populer sebagai destinasi wisata di Jepara. Pantai ini sebebnarnya sangat cantik, namun karena masih minim pengolahan dan kurang promosi sehingga belum banyak wisatawan yang kenal. Pantai Gua manik terletak di desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Jepara. Jika anda ingin berlibur dengan menggunakan transportasi umum, maka anda bisa naik bus dengan jurusan terminal Jepara, setelah sampai terminal, naik bus arah pati dan turun di Sambung Oyot, dari kawasan sambung oyot anda bisa naik ojek yang akan mengantarkan anda menuju pantai cantik bernama Gua Manik.

Pantai ini sebenarnya sangat berdekatan dengan wisata sejarah yang sangat terkenal yaitu Benteng Portugis. Karena baru dibuka pantai Gua Manik belum setenar pantai jepara yang lainnya. Namun anda jangan khawatir, kindahan dan kecantikan pantai gua manik tidak kalah dengan ikon wisata jepara lainnya, malah anda bisa diuntungkan, karena belum banyak wisata yang berkunjung kesini, jadi pantai masih terasa sepi dan asri. Anda juga bisa menikmati indahnya sunset dan sunrise di pantai ini. Atau anda bisa bermalam di Rumah warga yang ramah di Banyumanik.

  1. Pertapaan Kalinyamat Jepara

Pertapaan Kalinyamat JeparaBagi anda yang suka berpetualang mistis, silahkan ada bisa mengunjungi pertapaan Nyai Ratu Kalinyamat yang berlokasi di Desa Tulakan. Tempat ini bisa dikatakan tempat paling bersejarah di Jepara, karena merupakan tempat pertapaan ratu Jepara pada zaman dahulu kala.

Ditempat ini sudah pernah masuk acara televisi loh, diacara mister Tukul Jalan-Jalan, karena tempat ini memiliki aura mistis sehingga menjadi daya tarik tersendiri untuk membuat orang berkunjung ke sini dan dijadikan tempat syuting yang berbau mistis yang dapat menghebohkan penontonnya.

  1. Wisata Religi Masjid Mantingan

Wisata Religi Masjid MantinganMengakhiri kunjungan anda di kota jepara, alangkah baiknya anda mengunjungi masjid mantingan. Masjid mantingan merupakan sebuah masjid kuno yag terletak di Desa mantingan, kecamatan Tahunan, Jepara. Masjid ini dibangun pada masa kasultanan Demak Bintaro berkuasa.

Masjid ini sudah melewati zaman akulturasi budaya, terlihat dari bangunannya. Didirikan dengan lantai tinggi, ditutup dengan ubin bikinan Tiongkok, begitu juga dengan undak-undakannya semua didatangkan dari Makao. Bangunan atap dan Bubungan masjid meniru gaya Tiongkok. Dinding luar dan dalam dihiasi dengan piring tembikar berwarna biru, sedangkan tempat pengimaman dan khatib dihiasi dengan aneka relief persegi bergambar margasatwa dan penari-penari yang dipahat pada batu cadas kuning tua. Konon, pengawasan pekerjaan dalam pembangunan masjid mantingan ini oleh Babah Liem Mo Han etnis keturuanan Tionghoa. Bagaimana? Anda tertaarik untuk mengunjunginya.?

Itulah beberapa destinasi tepat wisata di Jepara yang bisa di jadikan refrensi wisata akhir pekan anda, menarik bukan? Di Jepara Anda bisa banyak belajar sejarah sambil berwisata dan menikmati sajian kuliner di pantai pungkruk yang lezat. Ataupun menikmati panorama pantai-pantainya yang eksotis dan epik abis.

Jadi, kapan nih mau bekunjung dan menjelajah Jepara? Di tunggu kedatanganya yaa

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 19th, March 2016 / 05:15 Oleh :
Kategori : Jawa Tengah