20 Tempat Wisata di Brebes dan Sekitarnya

Sponsors Link

Bila Anda suka bepergian atau mudik ke arah Jawa melewati jalur pantai utara, Anda pasti sudah familiar dengan sebuah kota yang terkenal dengan produksi bawang merahnya. Ya, kota tersebut adalah Brebes yang berada pada jalur wilayah pantura. Kota Bawang ini juga dikenal dengan sebutan Kota Telur Asin karena banyak usaha kecil menengah di Brebes yang memproduksi telur asin sebagai makanan khas kota ini. Brebes adalah daerah dengan akulturasi dua budaya dan bahasa yaitu Jawa dan Sunda sehingga penduduknya pun berbicara dalam campuran kedua bahasa tersebut yang disebut bahasa “ngapak”.

Baca: Tempat Wisata di Majalengka dan Kuningan

Brebes adalah kabupaten terluas kedua di Provinsi Jawa Tengah setelah Cilacap. Jumlah penduduknya juga kedua yang terbesar setelah Semarang. Letaknya yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat menjadikan Brebes menyimpan segala keunikan dan kekayaan wisata yang wajib Anda sambangi kala singgah di kota ini. Brebes juga dapat dikatakan sebagai salah satu kota yang unggul dalam soal wisata di Jawa Tengah. Penasaran apa saja tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi di Brebes? Mari kita simak di bawah ini.

Daftar Objek Wisata di Brebes

Dari mulai wisata air, wisata alam, wisata bahari, hingga wisata sejarah, semuanya ada di Brebes dan terangkum dalam penjelasan di bawah ini.

1. Agrowisata Kebun Teh Kaligua

Kaligua boleh dibilang merupakan wisata alam paling populer seantero Brebes. Pemandangan alamnya yang menakjubkan dengan bentangan pohon teh yang ranum kehijauan membuat mata dan pikiran terasa segar saat datang ke tempat ini. Ditambah dengan hawanya yang sejuk cenderung dingin, kebun teh ini sangat pas untuk dijadikan objek pelepas penat di akhir pekan setelah bekerja keras di hari biasa. (Baca: Tempat Wisata di Magelang yang Cocok untuk Liburan)

Lokasi kebun teh Kaligua ada di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Dari areal kebun teh ini, tidak hanya pemandangan pohon teh saja yang bisa disaksikan. Ada beberapa tempat lain yang dapat disinggahi seperti Goa Jepang, Mata Air Tuk Bening dan Telaga Ranjang. Biaya tiket masuk ke agrowisata kebun teh ini pun cukup murah yaitu sebesar Rp 8.000 saja. Pengelolanya. PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) Jawa Tengah juga menyediakan permainan outbond yang menantang untuk dicoba.

Bila Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama di kebun teh ini, menginaplah di villa-villa yang juga disediakan oleh pihak pengelola. Fasilitas penginapan yang tersedia juga memiliki ruang pertemuan, area perkemahan, kafe, lapangan olahraga, sarana ibadah dan area outbond. Lengkap sekali bukan?

2. Air Terjun Ranto Canyon

Selain kebun teh, Brebes juga punya pesona alam lain yang tak kalah menakjubkan untuk disambangi. Susurilah wilayah pegunungan di selatan Brebes dan Anda akan menemukan Ranto Canyon ini yang terletak di Desa Winduasri, Kecamatan Salem. Dari pusat kota Brebes dibutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan untuk sampai ke air terjun ini.Salah satu air terjun di Indonesia ini terkenal dengan keelokan topografinya yang memikat mata.

Di Ranto Canyon, sejuknya hawa pegunungan dan hijaunya pemandangan alam sudah menyambut diantara tebing-tebing terjal. Mirip dengan kontur air terjun di Jawa Timur yang juga memiliki kontur serupa.

Air terjun ini memiliki ketinggian antara 10-20 meter dengan trek sepanjang 769 meter. Sungai yang mengalir di bawah air terjun ini sangat jernih dan segar airnya. Untuk bisa menikmati Ranto Canyon, sewalah pemandu sebesar Rp 30.000 per orang untuk memandumu menyusuri air terjun dan sungai serta sudah termasuk biaya sewa helm dan pelampung. Tersedia berbagai paket yang memacu adrenalin seperti cliff diving, river trekking dan snorkeling.

3. Candi Pangkuan

Meski namanya candi, Candi Pangkuan sejatinya bukan hanya merupakan sebuah bangunan candi seperti pada umumnya. Candi Pangkuan ini adalah sebuah hutan tua dengan sebuah artefak candi masa lalu setinggi 50 cm yang dikelilingi pepohonan berusia ratusan tahun. Letaknya ada di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan. Keberadaan candi ini sudah sangat tua dan konon dahulu ditemukan oleh penduduk pribumi pertama kali pada tahun 1965.

Yang unik dari Candi Pangkuan ini adalah banyaknya monyet-monyet jinak yang berkeliaran di area pepohonan. Monyet-monyet ini sudah ada sejak waktu area candi ini ditemukan pertama kali dan masih terus beranak pinak hingga kini. Pengunjung dapat menikmati sejuknya pepohonan di sekitar area candi sembari bercengkrama dengan monyet-monyet. Tidak ada biaya masuk untuk area candi ini sehingga banyak sekali pengunjung yang berbondong-bondong datang kemari. (Baca: Tempat Wisata di Tegal yang Wajib Dikunjungi)

4. Desa Wisata Cisereuh

Terletak di kaki gunung Kumbang, Kecamatan Ketanggungan, desa ini terkenal seantero Brebes sebagai desa yang masih sangat kuat menjaga budaya dan tradisi lokal dari para leluhurnya yang merupakan keturunan asli desa tersebut. Bila Anda datang kesini, Anda akan melihat banyak tradisi unik yang sudah mengakar kuat di kehidupan masyarakat desa.

Seluruh rumah di desa ini beratapkan seng dengan dinding kayu. Ada larangan ketat dari para leluhur bahwa tidak boleh mendirikan rumah dengan beratap genting, berdinding tembok dan berlantai semen serta keramik. Hal unik lain adalah seluruh penduduk di desa ini pantang menanam bawang merah. Padahal, menjadi petani bawang merah adalah mata pencaharian mayoritas penduduk Brebes di daerah lain. Setiap Selasa kliwon, desa ini mengadakan upacara adat yang disebut Ngasa. Upacara ini adalah simbol ucapan syukur kepada Tuhan atas berkah yang diterima penduduk setempat.

5. Curug Putri

Wisata alam lain yang tak kalah menarik di Brebes adalah Curug Putri. Berlokasi di Desa Mandala, Kecamatan Sirampog, curug ini memiliki ketinggian kurang lebih 35 meter. Sesuai namanya yang berarti air terjun, curug ini dikelilingi oleh tebing alami yang membentuk ornamen pahatan alam yang terlihat sangat epik.

Bila disaksikan dari bawah, keindahan Curug Putri ini tak kalah dengan air terjun lain yang ada di luar negeri. (Baca: Tempat Wisata di Dieng dan sekitarnya) Untuk menuju Curug Putri, medan yang harus dilalui cukup menantang. Jalanannya masih berupa bebatuan kerikil halus dan belum beraspal. Kendaraan hanya bisa diparkir di tempat tertentu dan Anda harus trekking menyusuri hutan kecil untuk sampai ke lokasi air terjun.

Tapi semua tantangan itu dijamin dibayar lunas oleh kesegaran hawa di sekitar air terjun dan keindahan pesona air terjun yang disajikan tempat ini. Meski belum memiliki fasilitas penunjang yang memadai, namun air terjun ini tetap ramai dikunjungi wisatawan yang ingin bermain air atau sekedar duduk di tepi air terjun menikmati keindahannya.

6. Ciblon Waterboom

Bila Anda datang ke Brebes bersama keluarga dan anak-anak, wisata air yang satu ini bisa menjadi alternatif pilihan wisata untuk disambangi. Waterboom yang belum lama didirikan ini berlokasi di Jalan Yos Sudarso, Brebes.  Tersedia banyak jenis permainan air yang bisa dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak, diantaranya adalah kolam renang, slider dengan ketinggian 12 meter, ember tumpah, dan seluncuran.

Aneka wisata air yang ditawarkan oleh tempat ini sangat pas untuk dinikmati bila Anda beramai-ramai datang bersama rombongan keluarga. Senangnya lagi, harga tiket masuk ke Ciblon Waterboom ini sangat terjangkau. Hanya dengan Rp 13.000 saja, Anda sudah dapat menikmati wisata air yang menyenangkan bersama keluarga. Menyenangkan sekali bukan?

7. Pantai Randusanga

Bila datang ke kota Brebes, jangan lewatkan untuk menyaksikan matahari terbenam yang sangat cantik dari Pantai Randusanga. Ya, pantai yang terletak di Randusanga Kulon sekitar 7 km dari jalur pantura ini menawarkan spot cantik untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam. Selain itu, kawasan pantai ini juga terkenal dengan budidaya rumput laut dan ikan bandengnya.

Bentangan pantai yang berpasir putih sangat memanjakan mata ditemani deburan ombak yang tidak terlalu besar. Tersedia juga berbagai fasilitas bermain anak, arena balap motor, area perkemahan, restoran yang menyajikan olahan makanan laut, dan deretan kios-kios yang menjual aneka makanan oleh-oleh khas Brebes seperti bawang merah dan telur asin.

(Baca: Tempat Wisata di Salatiga Jawa Tengah)

8. Pemandian Air Panas Tirta Husada

Masih seputar wisata air, Brebes juga memiliki pemandian air panas yang terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung yang berjarak sekitar 75 km dari pusat kota. Anda bisa menikmati nikmatnya berendam air panas ditengah suasana yang sangat nyaman dan asri karena tempat ini dikelilingi oleh perbukitan pinus yang hijau.

Cukup membayar sebesar Rp 6.000 saja, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas seperti kolam pemandian air panas, kolam renang anak, kamar mandi VIP dan bahkan karaoke keluarga. Sangat cocok untuk rekreasi bersama keluarga tercinta sekaligus sebagai ajang rekreasi kesehatan untuk menyembuhkan rasa lelah akibat perjalanan jauh dan penyakit kulit.

(Baca: Tempat Wisata di Demak Jawa Tengah)

sponsored links

9. Waduk Malahayu

Waduk yang merupakan peninggalan zaman kolonial Belanda ini berlokasi di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo yang selain difungsikan sebagai pengontrol banjir dan irigasi, juga dibuka oleh pengelola setempat sebagai tempat rekreasi. Dari waduk ini, pengunjung akan dimanjakan oleh panorama hamparan hutan jati yang membentang dan pegunungan hijau nun sejauh mata memandang.

Kesejukan waduk ini menjadikan banyak orang yang berkemah disini demi kepuasan menikmati panorama alam yang menentramkan hati. Biaya retribusi yang harus dibayarkan juga cukup murah. Hanya sebesar Rp 6.000 saja, Anda sudah bisa menikmati keindahan panorama waduk ini. Sungguh sebuah wisata murah meriah yang menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja di Brebes.

10. Cagar Alam Telaga Renjeng

Telaga Renjeng ini terletak di kaki Gunung Slamet, tepatnya di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan. Telaga ini menawarkan eloknya suasana pegunungan yang sejuk dan hijau. Konon, dulunya telaga ini menjadi habitat dari ribuan populasi ikan nila dan lele raksasa.

Namun, secara misterius ribuan ikan nila dan lele raksasa tersebut kini menghilang tanpa bekas dan tak ada yang tahu kemana lenyapnya ikan-ikan tersebut. Masuk ke tempat ini gratis dan pengunjung dapat sepuasnya menikmati panorama hijau yang sejuk dan menentramkan jiwa. Jangan lupa untuk ikut menjaga kebersihan dan keasrian tempat ini bila Anda berkunjung kesana.

Baca: Tempat Wisata di Jepara yang Wajib Dikunjungi

11. Waduk Penjalin

Selain Waduk Malahayu, masih ada lagi objek wisata waduk di Brebes yaitu Waduk Penjalin. Waduk tua yang dibangun pada tahun 1930 ini menawarkan pemandangan cantik yang menyejukkan mata. Luas waduk sekitar 1,5 km persegi sehingga pengunjung bisa bebas memilih tempat sekadar untuk duduk bercengkrama bersama keluarga. Lokasi waduk ini ada di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan. Bila datang beramai-ramai bersama rombongan, Anda bisa menikmati santap siap ditemani semilir angin sepoi-sepoi dari waduk ini.

Masuk ke waduk ini tidak dikenai biaya retribusi, meski tentu saja Anda harus bersikap bijak dengan tetap menjaga kebersihan tempat ini. Waduk ini dapat dijadikan pilhan objek wisata di Brebes yang murah meriah dan menyenangkan untuk didatangi bersama keluarga dan juga sebagai tempat wisata yang cocok bagi anak muda ditengah suasana liburan Anda.

12. Agrowisata Besaran

Agrowisata yang satu ini adalah perluasan usaha dari PG Jatibarang. Sejak dibuka untuk publik, objek wisata ini telah menyedot banyak pengunjung untuk datang ke tempat ini. Berbagai fasilitas disediakan oleh agrowisata ini yaitu kereta wisata, flying fox, kolam renang, kolam terapi ikan dan perahu ontel.

Ruang bermain yang menyenangkan tersebut tentu akan sangat disukai oleh anak-anak dan keluarga Anda. Di tengah area agrowisata, ada bangunan peninggalan Belanda dengan arsitektur klasik yang cocok dijadikan sebagai spot berfoto. Biaya tiket masuk ke agrowisata ini sangat murah yaitu sebesar Rp 3.000 saja.

13. Kalibaya Park

Pesona dan eksotisme alam Brebes nampaknya tak ada habisnya untuk dieksplor. Satu demi satu objek wisata baru terus bermunculan, contohnya adalah tempat wisata Kalibaya Park yang berada di atas Puncak Malio ini. Kalibaya Park menyuguhkan pesona alam pemandangan puncak gunung dengan view langsung ke Waduk Malahayu.

Selain itu, tersedia juga fasilitas permainan seperti outbond, gardu pandang, padang savana, ATV track, dan lain sebagainya. Pengunjung dapat datang ke tempat yang dikelola ole Lembaga Masyarakat Desa Hutan dari Pemerintah Desa Pasir Panjang, Brebes ini pada akhir pekan untuk refreshing dan menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

14. Curug Awu

Selain Curug Putri, masih ada objek wisata curug lainnya di Brebes yang tak kalah menarik untuk disambangi wisatawan. Curug Awu terletak di Desa Wanareja, Kecamatan Sirampog dan kompleksnya termasuk dalam kawasan hutan lindung. Ketinggian curug ini sekitar 100 meter dengan air jernih dan segar yang mengalir.

Sangat cocok untuk dijadikan pilihan alternatif wisata air bagi Anda dan keluarga. Curug Awu ini belum lama dibuka untuk umum dan pemerintah daerah bersama masyarakat setempat terus berusaha menambah fasilitas umum demi kenyamanan pengunjung. Disini, Anda bisa menikmati hijaunya alam sekitar di area air terjun yang masih belum banyak dijamah orang.

Bila ingin merasakan segarnya mandi di bawah air terjun ini, jangan lupa untuk menyediakan baju ganti dan kelengkapan bilas yang lain. Bila Anda berminat untuk datang ke curug ini, tidak ada salahnya untuk membawa perbekalan dari rumah karena di tempat memang belum ada fasilitas penunjang termasuk warung makan dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk ikut menjaga kebersihan dan keasrian wilayah ini demi menjaga keindahan lingkungan curug ini terus terjaga.

15. Hutan Mangrove Kaliwlingi

Siapa sangka bahwa di pesisir utara Jawa yang panas ini ternyata juga memiliki hutan mangrove. Ya, Brebes menawarkan pilihan wisata hutan mangrove yang masuk dalam kompleks Desa Wisata Pandansari Kaliwlingi. Hutan mangrove ini memang sengaja dibuat oleh pemerintah guna mencegah abrasi yang makin meluas di sepanjang pesisir pantai Brebes.

Fasilitas penunjang yang tersedia di hutan ini sudah cukup lengkap. Pengunjung dapat menikmati area hutan mangrove dan budidaya biota laut sembari berjalan di trek yang tersedia dan menikmati rimbunnya pepohonan mangrove. Selain itu, tersedia pula perahu kecil atau boat yang dapat membawa pengunjung untuk berkeliling area bibir pantai dan menjelalajahi keindahan hutan mangrove ini dari dekat. Asyik dan unik sekali bukan sebagai alternatif wisata air Anda yang beda dari biasa?

16. Bukit Panenjoan

Bukit Panenjoan ini terletak di Desa Wanoja, tak jauh dari jalan raya Desa Windusakti-Capar yang strategis dan mudah dicapai. Pesona yang ditawarkan bukit ini adalah pengunjung dapat menyaksikan panorama matahari terbenam yang cantik. Tersedia juga beberapa fasilitas penunjang seperti kursi santai untuk menikmati indahnya alam, warung makanan dan gardu pandang.

Banyak pengunjung senang berfoto di atas gardu pandang yang sekaligus menjadi spot andalan dari Bukit Panenjoan ini.Jangan lupa untuk mengantre bergiliran bersama pengunjung lainnya untuk dapat mengambil gambar di spot yang sangat menarik dan indah ini ya. Dijamin, kepuasan yang didapat ketika berhasil mengabadikan diri di atas hamparan pemandangan hijau akan sangat menakjubkan. Benar-benar merupakan objek wisata yang unik dan menarik bukan untuk dikunjungi?

17. Puncak Gunung Lio

Gunung Lio yang terletak di perbatasan Salem dan Banjarharjo ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bumi perkemahan yang tersedia di area gunung ini ramai dikunjungi oleh orang-orang setiap harinya sekadar merasakan sensasi berkemah di alam terbuka yang hijau dan segar. Khususnya pada akhir pekan, tempat ini dipastikan penuh oleh pengunjung yang berdatangan dari luar kota.

Selain merasakan sejuknya hawa pegunungan, pengunjung juga bisa sambil belajar memahami keanekaragaman hayati yang ada di gunung ini. Bila Anda berminat untuk menjajal berkemah di area gunung ini, pastikan untuk ikut menjaga kebersihan dan keasrian wilayah gunung dengan memperhatikan sampah yang Anda hasilkan pada tempatnya yang sesuai. Liburan nyaman, lingkungan pun tetap terjaga.

Sponsors Link

18. Curug Panyusuhan

Satu lagi curug yang dimiliki oleh Brebes yaitu Curug Panyusuhan. Letak curug ini ada di hulu sungai Cigunung tepatnya di Desa Tembongraja dan Windusakti. Uniknya, area curug ini tak hanya memiliki satu curug melainkan ada tujuh buah curug yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Perjalanan menuju ke curug ini cukup menantang karena aksesnya yang belum dapat dijangkau dengan kendaraan sehingga wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari desa terdekat yaitu Desa Tembongraja. Namun, justru sensasi di balik perjalanan menantang inilah yang membuat banyak wisatawan kian hari kian banyak yang berbondong-bondong datang ke tempat ini. Pemandangan alam yang masih asri dan belum banyak dijamah modernitas membuat curug ini menjadi sarana hiburan alam yang sangat tepat bagi Anda yang menyukai kesunyian dan kedekatan dengan alam dan jauh dari hingar bingar keramaian.

19. Wisata Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

Selain pemandian air panas Tirta Husada, Brebes memiliki alternatif pemandian air panas lain yaitu di Cipanas Buaran. Letak pemandian air panas ini ada di Desa Pengebatan Kecamatan Bantarkawung. Lokasinya yang terletak di area perbukitan pinus membuat panorama alam yang tersaji di sekitar pemandian air panas ini sangat indah.

Udaranya pun sejuk sehingga menambah kenikmatan pengunjung kala berendam menikmati hangatnya air panas yang berkhasiat menyembuhkan lelah dan berbagai penyakit kulit ini. Tak heran, tempat ini kian ramai dari hari ke hari oleh para pengunjung baik dari dalam kota maupun luar daerah Brebes.

20. Danau Beko

Satu lagi pesona wisata Brebes yang belum banyak diketahui orang. Ya, Danau Beko yang terletak di Desa Margasari ini cukup unik karena asal muasal terbentuknya berasal dari kerukan mesin jenis Beko yang terbengkalai oleh suatu proyek dari sebuah perusahaan.

Galian yang banyak di sana-sini membuatnya perlahan membentuk danau kecil yang tidak sengaja dibuat. Keeksotisan danau ini membuat banyak wisatawan kini tertarik untuk menyambangi tempat ini untuk menikmati udara segar dan hamparan karang putih yang mengelilingi air danau yang hijau. Pagi dan sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk datang ke danau yang masih gratis biaya retribusinya ini.

Baca: Tempat Wisata di Ungaran Jawa Tengah

Nah, itu adalah daftar objek-objek wisata yang dapat Anda jadikan referensi tatkala mengunjungi atau sekadar lewat di kota Brebes. Tidak hanya mampir untuk berbelanja oleh-oleh khasnya berupa bawang merah dan telur asin saja, sempatkan waktu Anda dan keluarga untuk menikmati pesona lain kota Brebes yan disajikan oleh objek-objek wisata di atas. Selamat berlibur dan menjelajahi kota Brebes.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 03:18 Oleh :
Kategori : Jawa Tengah