Sponsors Link

11 Tempat Wisata di Cimahi Bandung

Sponsors Link

Cimahi, salah satu kota yang ada Provinsi Jawa Barat ini mempunyai julukan Kota Tentara. Hal ini dikarenakan Kota Cimahi yang pernah jadi pusat latihan militer ketika zaman penjajahan. Akan tetapi sampai dengan saat ini, anda pun masih bisa jumpai pusat pelatihan militer di Cimahi. Tidak cuma itu saja, di Cimahi anda dapat menjelajah ke destinasi wisata yang menarik. Dengan berteman hawa sejuk, panorama indah, serta lokasi yang strategis. Berikut adalah tempat wisata di Cimahi dan sekitarnya yang dapat dijadikan referensi wisata anda.

ads
  1. Curug Cimahi

curug cimahiCurug Cimahi atau Air Terjun Cimahi tingginya mencapai 85 meter dan yang paling tinggi di Kota Cimahi. Kawasan air terjun mempunyai pemandangan yang indah dan udara begitu segar. Tempat wisata yang luasnya kurang lebih 2 hektar ini cukup terkenal dan punya keistimewaan tersendiri. Tinggi curug ini sendiri sekitar 87 meter dan dijadikan sebagai salah satu curug tertinggi di propinsi Bandung. Nama curug ini sendiri diambil dari Sungai Cimahi yang mengalir di atas dari curug tersebut. Sungai Cimahi tersebut memiliki hulu di Danau Lembag dan mengaliri kota Cimahi.

Untuk menuju ke tempat ini, pengunjung bisa menggunakan dua akses. Yang pertama adalah menggunakan jalur Cimahi melalui jalur Cihanjuang dan Parongpong. Jalur yang kedua bisa ditempuh dari jalur Lembang Bandung. Jalur yang melalui kota Cimahi anda bisa masuk ke jalan Kolonel Matsuri di dekat alun alun Cimahi. Menyusuri jalan ini akan membawa pengunjung menuju ke Cihanjuang dan juga Parongpong. Lurus terus ke utara menuju ke daerah Lembang. Jika ditempuh dari Bandung anda bisa melalui pusat Kota Bandung kemudian arahkan kendaraan untuk melalui Lembang danamsuk ke dalam Jalan Sersan Bajuri. Kedua rute jalan ini nantinya bisa saling bertemu. Jangan khawatir karena rute tersebut sudah mulus dan beraspal.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri, Kertawangi.

Baca : Wisata air terjun di BogorWisata air terjun di Bandung –  Wisata d Cibubur

  1. Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata CimahiAlam Wisata Cimahi yang dikenal juga dengan sebutan AWC ini menawarkan wisata yang merupakan perpaduan antara pemandangan alam indah dengan arena bermain seru dan menarik.Alam Wisata Cimahi didirikan oleh CV Kebun Tanu Anugrah dimana menjadi wujud keinginan dari pengusaha itu untuk mengembangkan potensi pariwisata di bidang pertanian, peternakan dan juga kuliner. Keinginan tersebut dilandasi dengan potensi kota Cimahi yang mumpuni dan memiliki potensi yang besar dalam dunia pariwisata.

Alam Wisata Cimahi ini diresmikan sejak tanggal 18 Oktober 2009. Peresmiannya dilakukan oleh walikota Cimahi kala itu yaitu Ir. H. Itoch Tochija. Memang saat diresmikan fokus dari tempat wisata ini adalah kuliner namun seiring berkembngya AWC, berbagai macam fasilitas pun bermunculan. Beberapa permainan yang ada yaitu jembatan goyang dan flying fox. Fasilitas lainnya adalah kolam renang, kolam pemancingan, sampai dengan restoran dan tempat makan dengan menu beragam. Tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat wisata bersama dengan keluarga terutama bersama anak anak. Udara yang segar dan pemandangan yang hijau cocok bagi anda yang ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk pikuk keramaian.

Alamat : Jalan Kolonel Matsuri Km 14.

  1. Taman Wisata Paku Haji

Taman Wisata Paku HajiDestinasi wisata selanjutnya adalah Taman Wisata Paku Haji yang berlokasi di Jalan Haji Ghofur. Tempat ini menawarkan pengalaman berkuda, halang rintang, sampai dengan permainan ATV. Selain itu anda dapat melihat aneka satwa di kebun binatang dan terdapat pula kolam renang. Untuk mencapai lokasi wisata memang harus melewati jalanan yang ekstrim, akan tetapi semua akan lunas saat anda melihat hamparan hijau menyejukkan mata setibanya di Taman Wisata Paku Haji yang luasnya sekitar 10 hektar tersebut.

Lokasi yang sangat strategis akan membuat lokasi wisata Paku Haji sering dikunjungi oleh wisatawan. Saat akhir pekan atau saat musim liburan tiba tempat wisata ini selalu dikunjungi oleh wisatawan dari dalam atau dari luar daerah. Fasilitas wisata yang ada di tempat ini lumayan lembang, bahkan tempat wisata ini sangat strategis dengan tempat wisata lainnya seperti wisata kota Lembang dan juga floating market Lembang. Pengunjung yang datang disini bisa mencoba berbagai kegiatan wisata misalnya menunggang kuda dan juga naik ATV. Untuk naik ATV anda tidak perlu pergi ke Bandung, di wisata Paku Haji pun telah ada wisata tersebut.

Baca : Wisata di CibodasTempat wisata di Tasikmalaya

  1. All About Strawberry

All About StrawberryBagi anda yang menyukai buah strawberry jangan lupa untuk mampir dan mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Hal itu dikarenakan semua hal yang berbau dengan strawberry ada disini. Sesampainya di obyek wisata yang lokasinya ada di Jalan Cihaunjang Km 2 ini, anda dapat merasakan pengalaman menarik memetik buah strawberry. Selain itu lokasinya sangat cocok untuk tempat santai dan menyegarkan mata kembali. Di sini suasananya begitu segar dengan dilengkapi area bermain untuk anak. Sebelum pulang, anda bisa berbelanja beragam pernak pernik stroberi sebagai oleh-oleh.

Bisa dikatakan tempat wisata yang ada disini merupakan tempat wisata yang murah hal itu dikarenakan harga tiketnya yang murah. Setelah membayar tiket pengunjung yang datang kesini bisa mendapatkan satu gelas stroberi dengan gratis sebagai ucapan welcome. Memang lokasi wisatanya tidak luas, namun mengesankan. Bagi anda yang membawa anak anak, anda bisa mengajak anak anda ke rumah koboi. Anak anda bisa menunggang kuda layaknya koboi. Selain strawberry, bagi yang ingin berwisata kuliner juga bisa disini yaitu anda bisa mencicipi tahu gejrot, colenak, pisang penyet dan masih banyak lagi lainnya.

ads

Baca : Tempat wisata di JepangTempat wisata di Ngawi

  1. Kampung Cireundeu

Kampung CireundeuIni adalah kampung yang lokasinya di Cimahi Selatan yang masih memegang teguh adat istiadat nenek moyangnya. Kehidupan masyarakat di sini pun unik karena makanan pokok mereka bukanlah nasi, melainkan singkong. Nah, di sini anda dapat melihat peninggalan sejarah, keindahan alam, adat istiadat yang semuanya tentu menarik perhatian para pengunjung atau wisatawan. Nama kampung ini berasal dari Pohon Reundeu. Dulunya kampung ini banyak ditumbuhi dengan pohon reundeu sehinggaa dsa ini disebut dengan desa Cireundeu. Letak dari kampung ini ada di Kelurahan Leuwigajah, kecamatan Cimahi Selatan. Di desa ini tidak dihuni oleh banyak orang layaknya desa umum lainnya. Desa Cireundeu ini hanya dihuni oleh 50 kepala keluarga dan ssetidaknya ada 800 jiwa yang ada di kampung ini. Mata pencaharian penduduk yang ada disini adalah bertani ketela. Penduduk disini konsisten untuk memegang teguh apa yang mereka yakini dan mereka suka untuk melestarikan kebudayaan sampai sekarang. Kepercayaan yang dipegang teguh oleh penduduk kampung adat ini adaah Sunda Wiwitan. Seperti dengan namanya kampung adat, penduduk yang tinggal disini melestarikan adat istiadat yang telah leluhur mereka wariskan.

Baca : Tempat wisata di Surabaya

  1. Curug Malela

Curug MalelaTempat wisata selanjutnya adalah Curug Malela. Curug yang ketinggiannya antara 60 sampai dengan 70 meter ini lebarnya kurang lebih 50 meter. Dengan hulu sungai asalnya dari bagian utara Gunung Kendeng, lalu mengalir membentuk sebuah jaringan Sungai Cidadap, dan bermuara di Cisokan. Aliran air begitu deras, terkadang anda juga dapat melihat adanya monyet ekor panjang yang minum di bagian bawah Curug Malela. Curug Malela termasuk dalam rangkaian air terjun sepanjang 1 km. Yang jika diurutkan dari yang teratas adalah Curug Malela, Katumiri, Manglid, Ngebul, Sumpel, Palisir, dengan penutup Curug Pamengpeuk. Semua berlokasi di Desa Cicadas, Bandung Barat.

Curug ini sangat indah sebab terdiri dari beberapa aliran air terjun di bawahnya. Saking indahnya, banyak yang mengatakan bahwa curug ii aalah Air Terjun Niagara mini. Meski indah, untuk mencapai tempat wisata satu ini cukup melelahkan sehingga diperlukan fisik yang kuat dan persiapan bekal makanan ataupun minuman yang lengkap. Jika ingin datang ke curug ini sebaiknya jangan saat hujan, sebab akses jalan belum bagus dan memadai. Saat hujan akses jalan ini licin dan juga becek sehingga menyulitkan pengunjung yang datang kesana.

  1. Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga CihideungCihideung adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Parongpong. Tempat ini sekarang telah berkembang jadi kawasan wisata bunga. Sebabnya adalah di sepanjang desa ada beragam jenis bunga yang ditanam. Sebagian besar penduduk Desa Cihideung bekerja sebagai petani bunga, baik itu petani bunga hias maupun bunga potong. Untuk bunga hias sendiri banyak dimanfaatkan sebagai tanaman yang mempercantik kebun atau halaman rumah, sementara bunga potong biasa dipergunakan untuk keperluan dekorasi. Lokasi wisata Taman Bunga Cihideung ini sekitar 20 km dari Kota Bandung. Nah, untuk mencapainya dapat menggunakan angkutan umum atau pribadi.

Bagi anda yang berlibur bersama dengan pasangan anda, anda bisa berlibur ke taman bunga ini. Taman bunga ini sangat unik dan menarik. Sungguh disayangkan jika anda tidak berselfie ria di taman ini.  Anda bisa berslfie ria dengan gambar latar belakang beraneka bunga yang indah mewarni. Bunga yang ada disini adalah bunga hias dan juga bunga potong. Pemasok bunga terbesar dari Bandung adalah taman ini sehingga tidak mengherankan jika taman ini terdiri dari beraneka jenis tanaman bunga.

Baca : Tempat wisata di BangkokTempat wisata di Cilacap

  1. Kampung Gajah

Kampung GajahWah, pasti kita bisa melihat banyak gajah, nih! Salah, Kampung Gajah cuma namanya saja, kok. Di dalamnya berisi bermacam wahana permainan tak hanya untuk anak, tetapi untuk keluarga. Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin liburan bersama dengan keluarga anda. Bagi yang ingin bermain air pun bisa berada di tempat ini.Kampung Gajah sangat seru dijadikan untuk tujuan wisata, sehingga bagi anda yang datang ke Cimahi Bandung jangan lupa untuk menyempatkan diri mengunjungi tempat wisata yang satu ini.

Berbagai macam fasilitas yang ada di Kmapung Gajah ini sangat lengkap. Tiket masuk dibanderol seharga Rp 10.000 (Senin-Kamis) dan Rp 20.000 (Jumat-Minggu). Tiket yang ada di Kampung Gajah ini bervariasi, ada yang tiket biasa, tiket terusan dan juga ada tiket atraksi. Untuk yang menggunakan tiket terusan, pengunjung yang datang di Kampung Gajah bisa masuk ke Futuristic Buggy, Buggy Family, Tubby, Sky Rider, Formula Kart, Moto Golf, Mini Buggy, Delman Royal, Horse Riding da lain sebagainya. Untuk tiket atraksi ini beraga tergantng dengan jenis taraksinya masing masing.

Baca : Tempat wisata di Bontang

Sponsors Link

  1. Natural Hill

Natural HillSalah satu lokasi wisata keluarga yang memiliki panorama indah dan terletak di Lembang Bandung. Di sini anda dapat temukan adanya air terjun dengan ketinggian sekitar 50 meter, lalu melakukan kegiatan trekking alam. Untuk mencapai lokasi air terjun Natural Hill, anda dapat menempuh perjalanan dalam waktu 45 menit sampai dengan 1,5 jam. Lokasi ini adalah wisata keluarga yang lengkap, ada area bermain anak yang menarik juga. Udara yang segar berteman panorama memukau, sangat menyenangkan berlibur kemari.

Bagi pecinta alam sungguh disayangkan jika anda tidak mengunjungi tempat ini.  Selain bisa digunakan untuk tempat wisata, Natural Hill juga bisa digunakan untuk tempat outbond. Bagi yang ingin menginap, ada berbagai jenis penginapan yang bisa dicoba disini.  Contohnya saja adalah penginapan konsep barak dengan kapasitas orang berjumlah 160. Selain itu ada penginapan konsep tenda dan cottage. Daya tampung konsep penginapan tenda itu adalah 200 orang. Sedangkan yang paling mahal adalah penginapan dengan konsep cottage

  1. Rumah Bunga Rizal

Rumah Bunga RizalIni adalah kebun produksi yang lokasinya ada di Lembang Bandung dan sudah ada sejak 33 tahun yang lalu. Pendirian tempat ini bermula dari hobi bertanam aneka bunga seperti anggrek, kaktus, dan tanaman hias yang lainnya. Seiring berjalannya waktu, Rumah Bunga Rizal pun mulai memproduksi beragam produk kreatif penunjang hobi dan berkebun. Seperti kawat untuk menyangga tanaman atau kawat gantung, dan sebagainya. Selanjutnya tahun 2002 konsep Rumah Bunga Rizal pun berubah jadi kebun wisata.

Lokasi wisata ini menawarkan suasana kebun yang teramat bersih, rapi, ditambah tersedianya beraneka makanan dan minuman seperti es krim, makin membuat pengunjungnya merasa nyaman. Pengunjung yang datang ke temat wisata ini jangan lupa untuk membeli oleh oleh souvenir khas dari tempat wisata ini. Souvenir khas dari Rumah Bunga Rizal adalah bunga atau tanaman mini yang dimasukkan ke dalam mika. Bunga yang jadi souvenir pun adalah bunga khas dari tempat wisata ini adalah kaktus, anggrek dan tanaman lainnya.

  1. Pasar Terapung Lembang

Pasar Terapung LembangPasar Terapung Lembang atau yang terkenal dengan sebutan floating market ini adalah sejenis tempat wisata kuliner di kawasan Lembang, Bandung. Mirip seperti Pasar Terapung di Kalimantan, di mana penjualnya memakai perahu untuk menjual beragam barang dagangan (seperti buah, sayuran, dan aneka keperluan dapur). Bedanya adalah floating market hanya menjual aneka makanan atau kuliner khas Kota Kembang dengan cara jual yang unik, yaitu di atas perahu-perahu yang berjajar dengan rapi.

Tempat wisata ini sangat unik sebab pengunjung bisa merasakan berlayar menggnakn perahu. Penjual pun berada di atas air. Selain itu bagi pembeli yang ingin membeli barang barang yang ada di sana harus menggunakan kon yang sebelumnya sudah ditkukarkan menggunakan mata uang biasa. Sangat unik bukan?, untuk harga tiket masuk ke sini adalah 15 ribu rupiah, parkr mobil adalah 30 ribu rupiah sedangkan parkir motor 5 ribu rupiah. Jam buka saat weekdays pukul 9 pagi sampai dengan 5 sore, sedangkan saat weekend bisa sampai pukul 8 malam.

Itulah beberapa tempat wisata di Cimahi yang menarik untuk dikunjung. Jangan lupa untuk membawa perbekalan seperti obat-obatan jika sewaktu waktu diperlukan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Sunday 08th, May 2016 / 09:55 Oleh :
Kategori : Jawa Barat