Sponsors Link

11 Tempat Wisata di Cibubur yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Cibubur adalah kota yang merupakan bagian dari Jakarta Timur. Banyak obyek wisata yang indah dengan harga terjangkau dan cocok untuk liburan bersama keluarga di Cibubur ini. Berikut destinasi wisata di Cibubur dan sekitarnya yang bisa menjadi referensi wisata anda.

  1. Taman Wiladatika

taman wiladatikaTaman Bunga Wiladatika merupakan singkatan dari Taman Bunga Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. Lokasi tersebut mempunyai pemandangan yang indah serta hawa segar. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Lokasi taman yang cantik serta dekat dengan Bumi Perkemahan Cibubur membuatnya sering dijadikan tempat syuting beberapa program televisi. Aktivitas yang dapat kita lakukan ketika tengah liburan di Taman Bunga Wiladatika yaitu bermain di taman bunga sampai dengan berenang.

Fasilitas yang tersedia di lokasi ini antara lain air terjun buatan, area bermain anak-anak, kolam air mancur, kolam renang, perahu air, becak mini, gua mini, dan taman bunga. Untuk masuk ke tempat ini anda peru membayar tiket sebesar 8 ribu rupiah. Untuk parkir bus atau truk parkirnya seharga 10 ribu rupiah, parkir mobil 6 ribu rupiah dan untuk parkir motor biayanya adalah 3 ribu rupiah.

Alamat : Jalan Jambore No. 1.

Baca : tempat wisata di thailand

  1. Buperta Cibubur

buperta-cibuburDestinasi wisata Cibubur selanjutnya adalah Buperta Cibubur atau singkatan dari Bumi Perkemahan Pramuka dan Graha Wisata Cibubur. Selain bumi perkemahan, tempat ini pun merupakan area wisata terbesar yang ada di Kota Cibubur.

Berbagai fasilitas dan perminan yang tersedia di Buperta antara lain yaitu paintball, kolam renang, outbond, dan tentunya lokasi perkemahan, taman lalu lintas, permainan air danau, penginapan, kafetaria, pemancingan, lapangan sepak bola, dan lain sebagainya. Selain itu di sini adalah sarana untuk perlindungan flora. Lokasinya di tepi Tol Jagorawi. Tempat liburan yang sangat tepat untuk sarana liburan bersama keluarga ini luasnya kurang lebih 210 hektar.

Alamat : Jl. Raya Jimbore, Cimanggis, Jawa Barat, Indonesia

Baca : kebun binatang ragunan 

  1. Kampoeng Cibubur

kampoeng cibuburObyek wisata Kampoeng Cibubur mempunyai beberapa tempat diantaranya adalah Kampoeng Main, Kampoeng Tradisional, Kampoeng Keluarga. Wisata kemari sangat tepat dilakukan bersama dengan keluarga.

Beberapa wahana dan permainan yang dapat dinikmati tatkala berwisata ke Kampoeng Cibubur antara lain adalah ketapel raksasa, permainan pancingan bambu, pukul kentongan, dan lain sebagainya. Di tempat wisata ini terbagi menjadi beberapa kampoeng atau kampung misalnya saja adalah kampoeng permainan, kampoeng keluarga, kampoeng tradisional, kampoeng rasa dan kampoeng karya. Setiap kampoeng memiliki kegiatan dan fasilitas yang berbeda beda. Kegiatan yang dilakukan pun sesuai dengan nama kampoeng itu masing masing.

Alamat : Ujung Timur Laut kompleks Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, sekitar 1,1 km dari pintu gerbang Buperta.

Baca : tempat wisata yang dekat dengan kawah putih

  1. Telaga Arwana

telaga arwanaSalah satu lokasi wisata Cibubur yang banyak dikunjungi wisatawan adalah Telaga Arwana. Tempat yang satu ini sangat tepat digolongkan menjadi obyek wisata edukasi. Kegiatan yang bisa dilakukan ketika berlibur kemari antara lain belajar menanam padi dan membajak sawah, memancing, berenang, dan lain-lain. Telaga Arawana ini memiliki visi berupa melakukan kegiatan wisata yang edukatif dimana tidak hanya kesenangan semata namun juga mendapatkan ilmu pendidikan dan juga pengetahuan ketika berada di tempat wisata ini.

Fasilitas yang tersedia antara lain adalah kolam renang serta area pemancingan, danau, outbond, floating donut, dan masih banyak lagi. Petugas ada di setiap wahana dan siap membantu para wisatawan untuk menjajal semua yang ada di Telaga Arwana.

Alamat: Jalan Jambore RT. 05 / RW. 06, Harjamukti, Cimanggis, Jawa Barat, Indonesia

Baca : pantai matras di bangka belitung

  1. Kampung Cina

kampung cinaObyek wisata yang ada di dalam Kompleks Perumahan Kota Wisata Cibubur ini dapat anda nikmati tanpa membayar tiket alias gratis. Berada di Kampung Cina, suasananya benar-benar dibuat mirip dengan negeri asalnya, negeri panda. Dan wahana yang ada di lokasi Kampung Cina juga tidak dipungut biaya, kok. Alamat: Jl. Boulevard Kota Wisata, Cibubur, Jawa Barat, Indonesia

Ada beberapa cara yang bisa anda gunaka untuk bisa sampai di Kampung Cina ini. Berikut ini adaah cara menuju ke Kampung Cina yang bisa anda lakukan :

  • Akses ini dimulai dari Jakarta. Anda bisa memulainya dari Kuningan, Tanjung Priok, Cawang, Grogol dan juga Mampang.
  • Melalui akses jalan tol lingkar dalam kota.
  • Setelah itu anda bisa mengambil arah menuju ke tol Jogorawi.  Kemudian keluar dari arah Tol menuju ke Cibubur.
  • Perjalanan anda akan menuju ke Jalan Transyogi. Jalan ini akan membawa anda menuju ke Jonggol.
  • Jika tidak amcet perjalanan anda menuju ke kampung wisata Cibubur kurang lebih 45 menit. Ketika macet bisa lebih dari itu.
  • Jika sudah sampai di Kampunh Wisata Cibubur anda bisa dengan mudah menemukan kampung ini. ( Baca : tempat wisata di pelabuhan ratu )
  1. Taman Mini Indonesia Indah

taman mini indonesia indahTaman Mini Indonesia Indah atau yang biasa disebut dengan TMII merupakan sebuah tempat wisata dengan tema budaya Indonesia. Taman Mini berdiri pada lahan seluas sekitar 150 hektar. Tempat wisata yang satu ini menawarkan rangkuman dari kebudayaan Indonesia dari 26 provinsi. Diantaranya adalah anjungan daerah dengan gaya arsitektur tradisional, bermacam tari daerah, busana daerah/pakaian adat, dan aneka tradisi yang terdapat di daerah seluruh Indonesia. Selain itu, pada bagian tengan Taman Mini, ada sebuah danau yang merupakan gambaran miniatur Kepulauan Indonesia.

Setiap harinya TMII selalu ramai pengunjung, terlebih ketika liburan atau akhir pekan. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga. Beberapa wahana yang terdapat di Taman Mini, antara lain : Taman Among Puro, Kolam renang Snow Bay, kereta gantung, Taman Ria Atmaja, dan beragam wahana menarik lainnya. Selain berekreasi, di Taman Mini kita dapat menambah ilmu pengetahuan dan  belajar mengenai beragam kebudayaan nusantara.

Alamat : Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Baca : Taman Mini Indonesia IndahTaman Impian Jaya Ancol

  1. Cibubur Garden Dairy

Cibubur-Garden-DairyLokasi wisata Cibubur yang seru dan jangan luput dari kunjungan anda adalah Cibubur Garden Dairy. Tempat ini sangat tepat dijadikan destinasi wisata edukasi bagi anak-anak. Karena di sini anak akan diajari bagaimana caranya memerah susu sapi dengan baik dan benar.

Tempat wisata ini disebut juga dengan Cibugary. Cibugary sendii ternyata wisata milik personal bukanlah wisata yang dikembangkan oleh perusahaan tertentu. Cibugary ini merupakan milik Bapak Rachma Bagory. Cibugary dulunya merupakan kawasan untuk berternak sapi perah dan juga kambing perah. Namun Bapa Rachmat kemudian ingin mengubat tempat itu menjadi wisata agro namun juga sarat akan nilai pengetahuannya. Tujuan didirikan tempat ini adalah agar wawasan anak anak menjaid bertambah terutama dalam hal beternak sapi. Tidak hanya itu saja, dengan hadirnya tempat wisata ini diharapkan kesadaran untuk meminum susu sapi segar atau kambing segar semakin bertambah. Hal itu dikarenakan susu sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun kecerdasan anak anak.

Alamat : Komplek Peternakan DKI Blok C No.1 Rt 01 Rw 02 Pondok Ranggon Cipayung Jakarta Timur

Baca : tempat wisata yang cocok untuk backpacker

sponsored links
  1. Jakarta Gems Center

jakarta gems centerBagi anda yang menyukai atau koleksi batu akik, tempat ini sangat direkomendasikan. Pasalnya di Jakarta Gems Center, anda dapat temukan lebih dari 1.300 kios yang menjual beraneka ragam batu dengan bermacam ukuran dan warna. Pokoknya bisa dibilang surganya batu, deh. Para pecinta akik dan batu pasti betah lama-lama di lokasi yang satu ini. Alamat : Jl. Raya Bekasi Barat, Rw. Bunga, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Indonesia

Untuk menuju ke tempat ini anda bisa melalui rute berikut ini :

  • Pertama. Rute ini berawak dari Juanda / Gondangdia / Cikini. Anda bisa mengambil jalur menuju ke Bekasi kemudian anda bisa berhenti di bagian stasiun Jatinegara. Setelah itu anda bergerak ke arah selatan selama 2 menit. Anda pun bisa menemukan tempat ini.
  • Kedua. Jalur kedua ini anda bisa tempuh dari Tanah Abang. Dari Tanah Abang anda bisa menempuh Jalur Kuning menuju dareah Jatinegara. Setelah itu anda bisa berjalan ke arah selatan selaa 2 menit lamanya.
  • Ketiga. Bisa ditempuh dari Sudirman kemudian anda bisa mengambil arah  menuju Jatinegara.  Kemudian ke arah selatan selaa dua menit. ( Baca : tempat wisata di semarang )
  1. Monumen Pancasila Sakti

Monumen Pancasila SaktiSelanjutnya beralih ke wisata sejarah. Ada Monumen Pancasila Sakti. Di tempat tersebut, anda dapat mengenang kejadian G30S/PKI. Tiket masuk ke monumen ini terolong murah, hanya Rp 5.000,-. Akan tetapi perlu dicatat bahwa harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu, ya.

Monumen ini menjadi heboh ketika ada beberapa anak muda yang meakuka pengambilan foto di monumen ini. Tanpa sungkan ada pemuda yang mengambil pose dengan duduk di atas patung pahlawan. Tindakan pemuda tersebut mengundang reaksi negatif dari netizen. Seperti yang kita ketahui, pahlawan sangat berjasa bagi kemerdekaan Bangsa Indonesia. Meskipun hanyalah sebuah patung tidak selayaknya bisa melakukan tindakan diluar batas dan tidak wajar tersebut. Lagipula di beberapa tempat seperti museum atau monumen pasti ada patung pahlawan yang bertujuan untuk mengingatkan kita arti pentingnya kemerdekaan dan susahnya mendapatkan kemerdekaan Indonesia tersebut. Sudah selayaknya kita tetap mengenang dan menghargai jasa para pahlawan kita.

Alamat : Jl. Raya Pondok Gede Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur.

Baca : tempat wisata untuk bulan madu

  1. Museum Fauna Indonesia (Museum Komodo) dan Taman Reptilia

Museum Fauna Indonesia (Museum Komodo) dan Taman ReptiliaIni adalah museum yang mempunyai tema dunia satwa Indonesia dalam bentuk yang diawetkan. Bentuk gedungnya termasuk unik yaitu berbentuk komodo. Ya, komodo yang merupakan kadal raksasa yang banyak ditemui di Pulau Komodo dan sekitarnya.

Kadal ini tubuhnya besar dan panjang dengan berat dapat mencapai 70 kg. Lahannya memiliki luas 10.120 meter persegi dan luas bangunannya adalah 1500 meter persegi. Pembangunan berlangsung dari tanggal 1 Oktober 1975 sampai dengan 1 Juli 1976 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 20 April 1979. Sangat cocok mengajak anak atau pengunjung yang masih pelajar berkunjung kemari karena dapat menambah pengetahuan mereka tentang aneka fauna yang ada di Indonesia. Ada setidaknya 150 jenis binatang yang telah diawetkan dan dipajang dalam kotak-kotak kaca. Pada lantai pertama ada banyak koleksi binatang mamalia, reptil, dan serangga yang lengkap dengan keadaan alam di mana ia tinggal, beragam hewan mamalia yang dilindungi, gajah, beruang, harimau. Dan terdapat pula aneka jenis kupu-kupu yang hidup di timur sampai barat. Dengan keong serta keanekaragaman kerang, kepiting, dan udang, yang merupakan hewan laut dan melambangkan betapa kaya lautan Indonesia. Selain itu ada juga binatang beruas atau berbuku-buku seperti kaki seribu, kalajengking, dan laba-laba. Semua bisa kita saksikan di sini dan merupakan sarana pembelajaran yang fun bagi anak-anak.

Lokasi : TMII

Baca : tempat wisata di Lombok

Sponsors Link

  1. Museum Perangko

museum perangkoIni adalah tempat diselenggarakannya pameran perangko secara tetap. Berdirinya museum atas gagasan dari Ibu Tien Soeharto. Timbul ide membangun museum ini adalah saat Ibu Tien berkunjung ke pameran perangko yang diadakan oleh PT Pos Indonesia ketika jambore pramuka Asia Pasifik yang ke-6 di Cibubur tahun 1981. Museum Perangko dibangun dengan gaya arsitektur Bali pada lahan yang luasnya mencapai 9590 m2. Peresmian dilakukan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 29 September 1983. Pada sayap kiri dan kanannya ada 2 bangunan. Untuk sayap kana nada kantor pengelola dan tempat pertemuan. Sedangkan untuk sayap kirinya ada kantor pos tambahan. Koleksi perangko yang terdapat di museum ini asalnya dari Indonesia juga luar negeri. Di sekeliling gedung berhiaskan ukiran dan patung Bali. Dikelilingi oleh pagar tembok dengan dua buah pintu gerbang bergaya candi bentar. Selain sebagai pintu, pagarnya juga berguna sebagai pemisah antara halaman luar dan halaman kompleks bangunan Museum Perangko. Pada bagian depan ada bola dunia dan burung merpati yang membawa surat pada paruhnya sebagai lambang tugas dari PT Pos Indonesia. Patung hanoman berada di depan pintu masuk gedung. Pada bagian kiri dan kanan pintu masuk ada lukisan Bali karya pelukis Drs. Wayan Sutha S dan merupakan cerita pewayangan menurut versi Bali.
Pada ruang penyajian 2 menampilkan proses pembuatan perangko mulai dari melukis sampai dengan mencetaknya menjadi sebuah perangko, patung perancang perangko, dan lain-lain. ( Baca : tempat wisata di surabaya )

Pada ruang penyajian 3 menampilkan perangko terbitan tahun 1864-1950, masa pemerintahan Jepang, Belanda, dan masa perang kemerdekaan. Pada ruang penyajian 4 menampilkan souvenir sheet dan perangko cari kenangan yang terbit sejak 1950. Masa penerbitan 1950-1959, tahun 1959-1966, 1966-1973, 1973-1983, serta tahun 1983-1993. Pada ruang penyajian 5  menampilkan perangko dengan susunan yang didasarkan pada periode serta tema tertentu. Misalnya tema pariwisata, satwa, sosial, lingkungan hidup, kemanusiaan. Pada ruang penyajian 6 menampilkan perangko dengan tema tematik yaitu olahraga dan kepramukaan.

Alamat : TMII

Baca : tempat wisata di bogortempat wisata di bali

Itulah berbagai macam tempat wisata di Cibubur yang bisa anda kunjungi bersama teman atau keluarga. Semoga informasi dari berbagai sumber ini bermanfaat. Selamat liburan!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 06:06 Oleh :
Kategori : Jawa Barat