Sponsors Link

14 Tempat Wisata Air Terjun di Bogor yang Paling Indah

Sponsors Link

Bogor sebagai Kota Hujan sangat kaya akan tempat wisata alam, apalagi curugnya. Wisatawan yang ingin merasakan suasana berbeda dari tempat liburan yang ada di kota, boleh mempertimbangkan tempat wisata air terjun di Bogor yang akan diulas kali ini. Dapatkan pengalaman liburan berharga di curug-curug ini yang merupakan tempat wisata di bogor .

ads

Curug Tujuh

Curug TujuhWisatawan sebaiknya tidak melewatkan Curug Tujuh yang ada di Cilember, 20 kilometer dari pusat kota Bogor. Dengan lokasi yang tepatnya ada di Desa Jogjogan, memang Curug Tujuh sangat sesuai dengan namanya di mana sesampainya di sana Anda akan menemukan 7 air terjun yang tersebar di seluruh desa. Apabila dilihat dari pintu masuknya, air terjun yang pertama cukup dekat dan di tempat inilah terdapat sebuah taman yang cantik untuk dinikmati sambil belanjar suvenir atau wisata kuliner di tempat makan setempat dan tempat wisata ini merupakan air terjun di Indonesia.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk hanya sebesar Rp 12 ribu per kepala.
  • Bila membawa kendaraan pribadi, ada biaya parkir yang harus dikeluarkan, yaitu sekitar Rp 10 ribu untuk penitipan helm.
  • Untuk fasilitas toilet pun Anda perlu membayar kurang lebih Rp 2 ribu.

Curug Cikaracak

Curug CikaracakBerwisata di Bogor sebaiknya tidak lupa untuk menjejakkan kaki di Curug Cikaracak yang mempunyai dua terjunan air di mana terdapat dua terjunan air masing-masing yang tingginya 20 meter dan 40 meter dengan aliran air yang deras namun sangat bening sehingga menjadi daya tarik tersendiri di tempat wisata ini dan tak heran banyak sekali.

Masih termasuk di dalam daerah Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, air terjun tepatnya berada di Dusun Cibeling yang ada di Kecamatan Caringin dan Anda hanya perlu datang langsung ke Desa Cinagara untuk menemukan curug satu ini. Jika dari Ciawi, jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 15 kilometer.

Curug Luhur

Curug LuhurAir terjun ini berada di Ciomas, Bogor yang tepatnya ada di Desa Gunung Malang Tapos dan jika Anda tidak membawa kendaraan sendiri, lebih baik memanfaatkan kendaraan umum dengan mengambil arah dari Kampung Rambutan kemudian lanjut ke Terminal Baranangsiang dan Ramayana lalu ke Ciapus dengan mengatakan pada supir angkot bahwa destinasi Anda adalah Curug Luhur.

Tingginya yang kurang lebih 624 meter, terdapat dua buah air terjun sejajar yang akan ditemukan wisatawan ketika menyambangi Curug Luhur yang ada di Gunung Salak dengan jarak 70 kilometer di sebelah selatan Jakarta.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 40 ribu per kepala.
  • Bagi yang membawa sepeda motor, tarif parkir yang dikenakan adalah Rp 8 ribu, sementara pengunjung dengan kendaraan roda empat perlu membayar Rp 20 ribu.

Curug Nangka

Curug NangkaTempat wisata alam ini ada di daerah wisata air terjun di Ciapus dengan 3 tahap air terjun dengan ketinggian masing-masing mencapai 10 hingga 20 meter. Panorama yang cantik ditawarkan oleh curug dengan tinggi 750 meter di atas permukaan laut ini walau memang kondisinya kurang begitu mendukung akibat kebersihannya yang kurang gara-gara wisatawan meninggalkan sampah. Untuk mengganjal perut atau mengisi energi setelah puas berjalan-jalan, terdapat warung makan di kawasan ini yang akan memuaskan rasa lapar dan dahaga Anda.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp 5 ribu yang masih ditambah dengan biaya masuk ke kawasan taman Nasional Gunung Halimun-Salak sebesar Rp 2.500.
  • Pengunjung dengan kendaraan pribadi, khususnya yang membawa mobil perlu membayar parkir sebesar Rp 3 ribu saja.

Curug Cilember

Curug CilemberBerlibur ke Bogor, terutama memasuki kawasan Cisarua, jangan ketinggalan untuk mendatangi Curug Cilember dengan tinggi mencapai 1000 meter di atas permukaan laut. Inilah tempat wisata asyik dan menyegarkan karena hawanya yang benar-benar sejuk dengan suhu yang hanya berada di sekitar 20 derajat Celsius. Jalur Puncak adalah yang bisa dimanfaatkan bagi wisatawan untuk bisa sampai di curug ini.

  • Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp 12 ribu sebagai biaya tiket masuk.
  • Curug Cilember menerima pengunjung dari pagi sampai dengan sekitar jam 6 petang.
    ads

Curug Naga

Curug NagaWalau kaya akan tempat wisata air terjun, sejumlah curug di Bogor masih belum terdengar namanya di kalangan wisatawan, termasuk Curug Naga. Berada di Mega Mendung, air terjun ini tidaklah jauh apabila dari kawasan wisata  Curug Panjang. Lokasi air terjun ini lebih direkomendasikan untuk para wisatawan yang menyukai tantangan karena terdapat sungai dengan panjang 100 meter untuk mencapainya. Ditambah lagi, Anda perlu melompat dari atas curug untuk benar-benar bisa sampai di Curug Naga sehingga tempat ini kurang begitu cocok untuk pengunjung anak-anak atau lansia.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 9 ribu per kepala.
  • Terdapat berbagai wahana yang bisa dinikmati dan dijelajahi dengan membeli tiket sesuai dengan paket yang diinginkan.

Curug Panjang

Curug Panjang...Berbeda dari Curug Naga yang akan memacu adrenalin para wisatawan, Curug Panjang yang berada di daerah Mega Mendung ini sangat pas untuk dijelajahi bersama keluarga. Tempat ini dilengkapi dengan fasilitas yang baik dan terawat serta menjamin pengamanannya sehingga sangat direkomendasikan bagi keluarga yang ingin berwisata alam di Bogor. Untuk menjangkau lokasi air terjun tidaklah sulit karena ketika sudah menemukan Masjid Mega Mendung, mobil hanya tinggal dibelokkan ke jalan yang terdapat di sampingnya.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp 12 ribu yang sudah termasuk asuransi.
  • Bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor, tarif parkir yang dikenakan adalah sekitar Rp 3 ribu.
  • Curug Panjang buka dari Senin sampai Jumat dengan jam operasional dari jam 7 pagi hingga 4 sore. Sedangkan khusus di akhir pekan akan buka 24 jam untuk wisatawan yang ingin ber-camping.

Curug Seribu

Curug SeribuSatu lagi tempat wisata air terjun yang penuh dengan tantangan, yaitu Curug Seribu. Hal ini dikarenakan medannya yang begitu licin dan curam pada jalan setapaknya. Pesona utama dari lokasi wisata ini adalah ketinggiannya yang sampai 100 meter dengan besarnya curahan air yang luar biasa. Curug ini diberi nama Seribu karena saat melakukan perjalanan untuk sampai di tempat ini, Anda akan menemukan di sepanjang jalan terdapat banyak sekali air terjun kecil.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Ro 5 ribu.
  • Jangan coba-coba untuk mandi di air terjun ini karena sangat kuatnya pusaran air sehingga berbahaya bagi pengunjung.

Curug Cihurang

Curug CihurangWisata air terjun di Bogor ini mempunyai dua tumpahan air terjun yang masing-masing tidak begitu tinggi. Terdapat di ketinggian kurang lebih 890 meter dari atas permukaan air laut, curug ini sangat terawat dan bersih sehingga membuat kekaguman wisatawan tidak ada habisnya. Pengunjung juga dapat secara bebas berfoto ria di depan dinding air terjun karena kolam air bagian bawahnya sama sekali tidak dalam. Bagi yang tertarik dan ingin mencoba menelusuri tempat ini, kunjungi langsung Kecamatan Pamijahan, tepatnya di Desa Gunung Picung.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp 2.500 per kepala untuk ke Curug Cihurang.
  • Harga tiket untuk bisa berkunjung ke kawasan Wisata Gunung Salak Endah sendiri dikenakan Rp 7 ribu.

Curug Pangeran

Curug PangeranLokasi wisata curug ini termasuk sepi, namun liburan di sini akan semakin puas karena tidak akan terlalu banyak orang memadati air terjun ini. Para wisatawan harus menyiapkan fisik karena perjalanan 500 meter harus ditempuh demi dapat mencapai air terjunnya. Karena pemandangannya begitu indah dan menyejukkan, maka perjalanan tidak akan terasa terlalu lelah dan Anda malah justru bakal keasyikan menyaksikan panorama di sepanjang jalan.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp 15 ribu saja.
  • Bagi yang ingin menginap, fasilitas penginapan tersedia di kawasan Curug Pangeran.

Curug Ngumpet

Curug NgumpetTerletak di Kecamatan Pamajihan, curug ini berjarak sekitar 38 kilometer bila dari pusat kota Bogor. Dengan tinggi yang mencapai kurang lebih 45 meter, curug ini dinamakan Ngumpet atau bersembunyi karena seolah air terjun ini tampak malu menunjukkan sisi cantiknya sebab sesampainya di sini Anda akan menemukan bahwa curug ini terdapat diantara sejumlah tebing tinggi. Akses menuju air terjun ini tidak sulit meski memang terbilang jauh dari Bogor karena lokasinya yang ada di kawasan Gunung Salak.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5 ribu saja.
  • Dari pintu masuk atau loket, Anda masih harus berjalan sekitar 100 meter untuk sampai di curug.
    Sponsors Link

Curug Cigamea

Curug CigameaBerada di kecamatan yang sama dengan Curug Ngumpet, yakni di Kecamatan Pamajihan, air terjun yang dipenuhi dengan bebatuan berwarna hitam ini berada di kawasan Gunung Salak Endah. Panorama indah makin lengkap dengan adanya 2 air terjun yang menawarkan panorama yang beda. Curug yang satu aliran airnya berasal dari tebing curam di mana airnya tidak terlalu deras, sementara curug satunya lagi memiliki aliran air deras dengan ketinggian yang tidak terlalu tinggi.

  • Curug Cigamea buka dari jam 7 pagi sampai dengan sekitar setengah 5 sore.
  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 7.500 per kepala.
  • Bila berkunjung ke Curug Cigamea di akhir pekan, rogoh kocek sebesar Rp 20 ribu untuk bisa menikmati keindahan curug dari ketinggian, belum lagi terdapat wahana flying fox yang menantang.

Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi HejoDatang ke Bogor belum akan lengkap bila belum ke Curug Leuwi Hejo yang tepatnya ada di Kampung Wangun Cileungsi, Sentul, Bogor. Air terjun ini memiliki nama lain yang lebih terkenal di kalangan masyarakat sekitarnya, yaitu Curug Bengkok. Curug ini memang lebih kecil bila dibandingkan dengan curug-curug lain di Bogor dan oleh sebab itulah disebut dengan air terjun mini. Tidak usah bingung bagaimana cara menjangkau tempat ini karena Anda bisa melewati Citeureup Bogor atau Sentul City untuk dapat sampai ke sini.

  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5 ribu.
  • Tarif yang dikenakan untuk penitipan kendaraan sepeda motor adalah Rp 5 ribu, sementara untuk mobil dikenakan Rp 15 ribu.

Curug Cibadak

Curug CibadakDi kawasan Bogor, terdapat sebuah desa bernama Loji di mana Anda akan menemukan air terjun lainnya yang asyik dijadikan lokasi rekreasi, yaitu Air Terjun Cibadak. Tidak hanya pemandangan air terjun yang apik di tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati area penangkaran elang. Pecinta alam yang menyukai tantangan, tempat wisata air terjun ini sangat tepat untuk disambangi karena jalannya yang panjang dan tidak mudah. Di 900 meter di atas permukaan laut, air terjun ini tidak begitu deras.

  • Pengunjung hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5 ribu per kepala untuk bisa masuk.
  • Untuk bisa masuk ke kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, pengunjung wajib membayar tiket masuk lagi sebesar Rp 2.500 per orang.

Demikianlah daftar tempat wisata air terjun di Bogor yang bisa didatangi bersama keluarga maupun sahabat. Jangan lupa membawa pakaian ganti karena bermain di air terjun pasti ada waktunya berbasah-basahan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 09th, April 2016 / 02:44 Oleh :
Kategori : Jawa Barat