Kawah Putih Ciwidey Bandung Jawa Barat

Sponsors Link

Kawah putih Ciwidey atau kawah putih di Bandung tentu sudah tidak asing lagi. Hal itu dikarenakan tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata ketika sedang mengunjungi Bandung. Bisa dikatakan jika Bandung merupakan salah satu kota besar yang sering dijadikan sebagai tujuan wisata seperti kota Jakarta dan juga Yogyakarta. Selama ini Bandung menyimpan banyak sekali potensi tempat wisata misalnya mulai dari wisata sejarah, budaya, wisata alam dan juga wisata buatan lainnya. Selain Trans Studio Bandung yang sangat fenomenal, Bandung memiliki wisata alam yang keren dan legendaris yaitu Kawah Putih Ciwidey. Berwisata di tempat ini akan memberikan pengalaman liburan yang mengesankan dan tidak terlupakan. Bagi anda yang ingin berkunjung kesini alangkah baiknya anda mengetahui berbagai macam informasi tentang Kawah Putih ini.

Baca : Tempat wisata di CibuburTempat wisata di Cimahi

Rute Kawah Putih Ciwidey

Lokasi kawah putih ini ada di Jalan Raya Soreang Ciwidey. Lokasi wisata ini sekitar 25 km dari pusat kota Bandung, Jawa Barat. Untuk menuju ke lokasi wisata ini bisa ditempuh dengan sangat mudah. Untuk menuju kesini anda bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dan juga mengguakan kendaraan umum. Berikut ini adalah rute yang bisa anda tempuh saat akan berkunjung ke Kawah Putih :

  1. Kendaraan Pribadi

Berkunjung ke Kawah Putih menggunakan kendaraan pribadi merupakan sesuatu yang menyenangkan, selain lebih santai dan jam kunjung yang fleksibel. Anda tidak perlu berdesak desakan di angkutan umum dan menahan rasa pengap. Bagi anda yang berkunjung menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya anda mengecek dulu kondisi kendaraan pribadi anda apakah dalam keadaan prima atau tidak. Dikhawatirkan jika di tengah jalan mengalami kemacetan atau kerusakan. Berikut ini adalah rute yang bisa anda tempuh saat berkunjung ke kawah putih menggunakan kendaraan pribadi :

  • Tol Buah Batu menuju ke Jalan Adhyaksa Raya. Jarak tempuhnya adalah 400 meter.
  • Menuju Jalan Raya Bojongsoang. Jarak yang ditempuh sekitar 2,9 kilometer.
  • Belok kiri kemudian menuju ke Jaan Raya Dayeuhkolot. Jarak yang ditempuh sekitar 700 meter.
  • Belok ke arah kanan sediki kemudian menuju ke Jalan Raya Banjaran. Jarak yang ditempuh sekitar 1,1 kilometer.
  • Menempuh Jalan Raya Banjaran sekitar 3,6 kilometer.
  • Setelah melewati Jalan Raya Banjaran, belok kanan menuju Jalan Bojong Waru sampai dengan Bojong Malaka dengan jarak 150 meter.
  • Belok ke arah kiri menuju ke Jalan Bojong Pulus. Wisatawan bisa menempuh jalan Bojong Pulus menuju ke Sukasari. Jarak yang ditempuh sekitar 1,4 kilometer.
  • Setelah itu, berjala terus ke Jalan Kampung Rancaenggang. Jarak yang ditempuh sekitar 400 meter.
  • Setelah menempuh Jalan Rancaenggang, wisatawan bisa menuju ke Jalan Kampung Kalapatilu. Jarak tempuhnya sekitar 650 meter.
  • Belok kiri menuju ke Jalan Rancangtungku. Jarak yang ditempuh ketika melewati jalan ini adalah 1,1 km.
  • Belok kanan menuju ke arah Jalan Sukamaju. Jarak tempyhnya adalah 400 meter.
  • Belok kanan menuju ke Jalan Sukamaju. Jarak tempuh di jalan ini sekitar 400 meter.
  • Setelah itu wisatawan bisa berbelok ke arah kiri. Jalan yang dilalui adalah Jalan Gandasoli. Jarak yang bisa ditempuh adalah 2 kilometer.
  • Setelah itu belok kanan menuju ke Jalan Gandasari. Jarak tempuh dari jalan ini adalah 800 meter.
  • Sehabis dari Jalan Gandasari, wisatawan bisa belok ke kiri menuju ke Jalan Raya Soreang. Jarak yang ditempuh ketika melalui jalan ini sekitar 3,2 km.
  • Menyusuri Jalan Raya Ciwidey dengan jarak 9,8 km.
  • Setelah itu menuju ke jalan Rancabali. Jarak yang ditempuh sekitar 4,2 km.
  • Dari Jalan Rancabali anda bisa menuj ke jalan Babakan Jampang. Jarak yang bisa ditempuh adalah 1 km.
  • Menuju ke Jalan Cibuni dengan jarak tempuh 4,7 km.
  • Dari Jalan Cibuni belok kiri menuju ke Kawah Putih. Jarak yang ditempuh adalah 190 meter.
  1. Kendaraan Umum

Meski lumayan jauh dari pusat kota Bandung dan memiliki rute yang panjang tidak menyurutkan wisatawan untuk berkunjung ke Kawah Putih Ciwidey ini. Rombongan wisatawan yang datang ke Kawah Putih kebanyakan menggunakan mobil travel, sebab menghemat waktu dan juga hemat biaya. Tidak hanya itu saja, wisatawan pun tidak perlu pusing untuk menghafal rute ke Kawah Putih tersebut. Namun bagi anda yang ingin mendapatka pegalaman saat berkunjung ke Bandung tidak ada salahnya mencoba menggunakan kendaraan umum dan melewati rute yang biasa digunakan untuk kendaraan umum. Yang harus diingat disini, saat anda menggunakan kendaraan umum jenis apapun sebaiknya rute pertama yang ditempuh adalah ke Terminal Leuwi Panjang. Berikut ini adalah rutenya :

  • Dari Terminal Leuwi Panjang, wisatawan bisa menggunakan minibus dengan jurusan Bandung sampai dengan Ciwidey. Setelah itu anda bisa berhenti di Terminal Ciwidey.
  • Dari arah terminal Ciwidey, wisatawan bisa naik angkot atau angkutan umum menuju ke jurusan Ciwidey sampai denan Situ Patenggang. Angkutan yang bisa digunakan menuju ke Situ Patenggang adalah warnanya kuning. Saat berada di dalam angkutan umum, wisatawan bisa meminta untuk diturunkan di Pintu Gerbang Kawah Putih.
  • Setelah sampai Kawah Putih, wisatawan tidka perlu khawatir lagi sebab di Pintu Gerbang Kawah Putih wisatawan bisa naik angkutan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola Kawah Putih yaitu dengan naik mobil shuttle.

Biaya

sponsored links
Hal yang perlu dipertimbangkan saat akan berlibur atau mengunjungi suatu tempat adalah biaya yang harus dikeluarkan. Perkiraan biaya yang akan diperlukan saat liburan sangat diperlukan agar tidak kehabisan uang saat sedang berada di tempat tujuan wisata. Kalau bisa, jangan sampai kurang dan juga jangan berlebihan. Berikut ini adalah hal hal yang berhubungan dengan biaya yang mungkin akan wisatawan keluarkan saat berada di Kawah Putih Ciwidey :

  1. Harga Tiket Masuk

Hal pertama yang banyak dicari wisatawan ketika berlibur ke suatu tempat adalah harga tiket masuk. Harga tiket masuk ini penting untuk diketahui saat akan berkunjung ke suatu tempat. Hal itu dikarenakan harga tiket masuk ini dihitung personal. Sehingga semakin banyak anggota keluarga yang masuk ke tempat wisata ini, maka semakin banyak pula biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan. Berikut ini adlaha harga tiket masuk kawah putih Ciwidey :

  • Wisatawan domestik atau lokal, harga tiket masuk sebesar Rp. 18.000 per orang.
  • Turis atau wisatawan mancanegara, harga tiket masuk sebesar Rp. 50.000 pe orang.
  • Prewedding harga tiket masuknya adalah Rp. 500.000
  1. Tarif Parkir

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi, tarif parkir ini juga tidak boleh dilupakan. Hal itu dikarenakan tempat wisata satu dengan tempat wisata lainnya memiliki tarif parkir yang berbeda beda. Berikut ini tarif parkir yang harus diperhatikan oleh wisatawan Kawah Putih :

  • Parkir bawah. Tarif parkir bawah ini berbeda dengan tarif parkir atas. Hal itu dikarenakan parkir atas lebih dekat dengan lokasi Kawah Putih. Tarif parkir bawah ini untuk motor seharga Rp. 3.000 rupiah, mobil seharga Rp. 6.000 sedangkan unttuk bus tarifnya adalag Rp. 25.000
  • Parkir atas. Parkir atas ini dikhususkan untuk mobil saja. Tarif parkirnya pun lebih mahal dibandingkan dengan tarif parkir bawah. Tarif parkir atas ini Rp. 150.000. Harganya mahal sebab area parkirnya dekat dengan lokasi wisata Kawah Putih.
  1. Mobil Shuttle

Tempat wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung buka setiap hari pukul 7 pagi sampai dengan pukul 5 sore. Oleh sebab itu wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Putih harus sesuai dengan jamnya. Selain itu jangan datang ke kawasan ini saat hujan, sebab saat hujan berbagai macam kondisi bisa terjadi sehingga dataglah saat cuaca sedang cerah dan bersahabat. Biaya lainnya yang akan wisatawan keuarkan saat berada di Kawah Putih adalah biaya naik mobil ontang anting atau mobil shuttle. Mobil iniah yang nantinya akan mengantarkan wisatawan dari parkir bawah menuju area Kawah Putih. Biaya yang dikeluarkan untuk naik mobil ini sebeser Rp. 15.000 untuk tiap orangnya. Sehingga biaya yang dikeluarkan akan dihitung pe orangnya.

Wisata Kuliner

Berlibur ke suatu tempat tidak akan lengkap jika tidak diikuti dengan wisata kuliner yang khas. Setiap daerah memiliki ikon kulinernya masing masing, sehingga kuliner merupakan hal wajib yang musti dilakukan ketuka berlibur. Misalnya saja ketika berlibur di Jogja, wisatawan harus mencoba gudeg Jogja, saat di Palembang jangan lupa untuk mencoba empek empek khasnya. Begitupula saat berlibur di Bandung atau di daerah Ciwidey ini, wisatawan jangan lupa untuk merasakan kuliner khas yang ditawarkan disini. Berikut ini adalah kuliner khas Ciwidey Bandung yang patut untuk dicba :

  1. Peuyeum

Peuyeum BandungSaat anda belibur ke Bandung atau di daerah Ciwidey, jangan lupa untuk mencba kuliner khas yang satu ini. Bandung merupakan kota yang terkenal dengan peuyeumnya sehingga wisatawan tidak bisa dikatakan berlibur ke Bandung jika belum merasakan peuyeumnya. Oleh sebab itu bagi anda yang berencana pergi ke Bandung jangan lupa untuk mencicipi peuyeum dan menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Peuyeum merupakan makanan yang bahan pembuatannya terbuat dari singkong. Dulunya peuyeum ini hanya tersedia rasa original saja, namun seiring berkembangnya waktu peuyeum ini mulai tersedia aneka rasa misalnya saja adalah rasa stroberi, rasa durian, rasa pandan dan masih banyak lagi lainnya. Peuyeum ini rasanya seperti tape singkong bedanya adalah singkong yang digunakan dalam bentuk utuh tanpa dipotong potong terlebih dahulu. Cara pembuatan peuyeum ini sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut ini :

  • Siapkan beberapa buah singkong yang sudah berukuran sedang.
  • Siapkan ragi secukupnya.
  • Kupas kulit singkong sampai benar benar bersih.
  • Setelah dikuas langkah selanjutnya adalah singkong dicuci bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu, rebus singkong yang telah dicuci bersih itu. Merebusnya setengah matang saja jangan sampai singkon terasa empuk dan lembek.
  • Tiriskan.
  • Setelah singkong dingin, oleskan ragi ke singkong terseut kemudian taruh di tepat yang tertutup agar ragi bekerja dengan maksimal.
    Sponsors Link

  1. Bebek Unti

bebek untiMakanan khas lainnya yang patut dicoba di dekat Kawah Putih adalah bebek unti. Lokasi rumah makan ini dekat sekali dengan lokasi kawah putih. Sama halnya dengan nama rumah makan tersebut, rumah makan satu ini menawarkan menu bebek goreng yang garing dan lembut. Tidak hanya itu saja, pengunjung yang ada disini bisa memesan gurame bakar yang lezat dan legit. Rumah makan ini merupakan rumah makan yang cocok dijadikan sebagai tempat makan keuarga terutama untuk anak-anak. Selain tempatnya yang luas, rumah makan ini memiliki pemandangan yang luar biasa.

Sambil menunggu masakan datang, wisatawan bisa berkeliling di area sekitar rumh makan. Di rumah makan bebek unti ini terdapat danau dimana diatasnya ada perahu. Pengunjung yang datang kesini bebas untuk menaiki perahu itu dan mengelilingi danau. Air danau yang bersih membuat pengunjung betah berlama lama di dalam rumah makan ini. Fasilitas di Bebek Unti tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa memetik buah stroberi. Kebetulan aa kebun stroberi di rumah makan ini sehingga pengunjung yang datang kesini bisa berwisata memetik buah strberi. Sayangnya buah stroberi tidak akan ada di musim pancaroba sehingga saat msim pancaroba pengunjung tidak akan melihat buah stoberi satupun disana.

  1. Ubi Madu Cilembu

ubi madu cilembuMakanan khas yang lain dan tidak boleh terlewatkan adalah ubi madu cilembu. Memang ubi madu ini bisa ditemukan di daerah lain, namun yang harus diketahui adalah bahwa ubi madu tersebut asalnya dari daerah Cilembu Bandung. Daerah Ciwidey pun juga banyak yang menjual ubi madu ini. Dikatakan sebagai ubi madu dikarenakan rasanya yang sangat legit seperti rasa madu.

Selain itu ubi ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut sehingga anda akan ketagihan dengan rasanya. Anda bisa memilih ubi madu Cilembu yang original atau masih mentah atau bisa dengan cara dibakar. Faavorit wisatawan yang datang ke Bandung menyukai ubi madu dengan cara dibakar. Selain membuat rasanya gurih, tekstur dagingnya akan semakin manis jika dibakar dengan cara yang tepat.

  1. Bandrek Abah

bandrek abah ciwideyKota Bandung terkenal dengan cuacanya yang dingin. Begitupula dengan daerah Ciwidey. Ciwidey merupakan dareah yang didominasi dengan pegunungan yang berhawa sejuk. Karena hawanya yang sejuk tersebut ada beberapa minuman khas yang bisa digunakan untuk menghangatkan tubuh ketika berada disana, salah satunya adalah Bandrek Abah. Ketika berkunjung di Ciwidey jangan lupa untuk menyempatkan diri mencicipi minuman khas yang satu ini. Bandrek adalah minuman tradisional dari tanah Sunda. Rasanya yang hangat dan sedikit pedas membuat tenggorokan dan tubuh menjadi hangat. Salah satu Bandrek yang terkenal adalah Bandrek Abah. Bandrek ini sudah berdiir sejak tahun 1982 yang dibuat oleh almarhum kakek yang dulunya akrab dengan sebutan Abah. Komposisi bahan untuk membuat Bandrek semuanya alami yaitu gula aren, lada, jahe dan ditambahkan dengan rempah rempah lainnya.

Itulah berbagai macam informaasi tentang Kawah Putih Ciwidey Bandung yang bermanfaat. Saat anda berkunjung ke suatu tempat sebaiknya tetap menjaga kesehatan dan berhati hati saat di lokasi tujuan. Pertimbangkan pula perkiraan cuaca dengan baik baik, sebab berwisata alam tidak akan terasa seru jika cuaca tidak mendukung.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 27th, August 2016 / 00:16 Oleh :
Kategori : Jawa Barat