Sponsors Link

Air Terjun Bidadari Sentul Bogor Jawa Barat

Sponsors Link

air terjun bidadari sentulAir Terjun Bidadari Sentul merupakan air terjun yang sering dikunjugi wisatawan di Sentul dan luar daerah saat musim liburan tiba. Lokasi Air Terjun Bidadari Sentul ada di Desa Bojongkoneng, Kota Sentul, Jawa Barat Indonesia. Dinamakan Air Tejrun Sentul sebab lokasi Air Terjun ini berada di Bukit Sentul. Tepatnya air terjun ini berada di daerah pemukiman kecil modern yang ada di Bogor. Untuk menuju ke tempat ini anda bisa menempuh perjalanan sekiar 48 km dari Jakarta. Selain berada di Bukit Sentul, pemandangan di sekitar air terjun juga terlihat asri. Hal itu dikarenakan lokasinya dikelilingi oleh Gunung Salak dan Gunung Mas yang dipenuhi oleh pepohonan rindang.

ads

Saat ini daerah Sentul memiliki kemajuan yang pesat, hal itu ditandai dengan munculnya pusat perbelanjaan, pusat pabrik konvensi, pusat rehabilitasi obat berskala Nasional, pengembangan eco-tour dan Sentul memiliki dua buah lapangan golf yang tidak pernah sepi dari pengunjung. Tempat wisata di Sentul yang sudah terkenal dan tersohor adalah Jungleland. Setelah Jungleland kini ada Air Terjun Bidadari yang mulai banyak dilirik oleh wisatawan lokal maupaun wisatawan luar daerah.

Rute Menuju Air Terjun Bidadari Sentul

Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Bidadari Sentul yang ada di Desa Bojongkeneng, Sentul Kabupaten Bogor anda bisa menggunakan satu rute. Berikut ini adalah rute yang bisa anda tempuh untuk menuju ke air terjun ini :

  • Jika anda menggunakan kendaraan roda empat, anda bisa menempuhnya dari Jakarta. Akses dari Jakarta ini cukup mudah.
  • Dari Jakarta anda bisa memilih jalur menuju Tol Jogorawi, setelah memilih Tol Jogorawi andaa bisa memilih jalur menuju Tol Sentul City.
  • Dari gerbang Tol Sentul City anda bisa mengambil arah sisi kiri.
  • Setelah mengambil sisi kiri dan melakukan perjalanan beberapa meter, anda akan menemukan perempatan.
  • Anda bisa memilih perempatan yang paling sempit dimana anda juga akan menemukan petunjuk yang akan memandu anda menuju ke Sentul Paradise Park.
  • Air Terjun Sentul sendiri berlokasi di Sentul Paradise Park sehingga menjadi salah satu tempat wisata yang ada disana.

Sejarah

Tidak kenal maka tidak sayang. Oleh sebab itu sebelum anda berkunjung ke suatu tempat sebaiknya anda mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan dengan mengetahui sejarah yang ada, anda akan semakin kagum dengan tempat wisata yang nantinya akan anda kunjungi. Berikut ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan sejarah Air Terjun Bidadari Sentul yang patut untuk anda ketahui :

  • Lokasi. Lokasi air terjun ini awa mulanya sangat tersembunyi. Bahkan wisatawan yang ingin datang dan mengunjungi lokasi wisata tersebut harus bersusah payah terlebih dahulu menempuh perjalanan dengan berjalan kaki sejauh 2 km hanya untuk menuju ke air terjun. Sayangnya terdapatnya bukit yang bisa membentuk lembah membuat penampakan air terjun ini hanya terlihat sebagian saja dan tidak bisa terlihat secara keseluruhan. Akibatnya keindahan dari air terjun ini tidak bisa terlihat secara detail dan menyeluruh.
  • Dibuat akses jalan. Pihak pengelola mencari ide, bahwa tidak selamanya air terjun sentul tersebut harus tersembunyi dari wisatawan dan masyarakat luas. Oleh sebab itu pihak pengelola membuat akses jalan yang nantinya memudahkan untuk menuju air terjun. Akses jalan ini menggali dan memanfaatkan bukit yang tadinya membentuk lembah tersebut untuk dibentuk jalan. Penggalian jalan ini memiliki tujuan untuk pembuatan kolam yang bisa menampung air dari air terjun yang mengalir tersebut.
  • Kendala. Yang namanya usaha pasti ada kendala begitupula dengan pembuatan akses jalan air terjun tersebut. Kendala yang muncul saat itu adalah adanya batu besar yang lokasinya berada dii depan air terjun persis. Batu itu selain menghalangi akses juga menghalangi keindahan dari Air Terjun Bidadari Sentul tersebut. Alhasil batu itu dibelah menjadi dua bagian dan dijadikan sebagai hiasan pemanis pemandangan di Air Terjun Bidadari Sentul. Ketika dilihat secara seksama, batu besar tersebut seolah olah terbelah menjadi dua akibat aliran air terjun dan belahan batu itu jga memberikan akses untuk mengalirnya aliran air terjun tersebut.
  • Legenda. Setiap tempat pasti diselimuti dengan mitos dan legenda. Begitupula dengan Air Terjun Bidadari Sentul ini. Legenda yang beredar di masyarakat adalah batuan raksasa yang ada di depan air terjun tersebut memiliki celah dimana celah tersebut dulunya dijadikan sebagai persembunyian Jaka Tarub untuk mengintip para Bidadari dari kahyangan yang sedang mandi di bawah air terjun tersebut. Oleh karena itulah, air terjun yang ada di Sentul ini dinamakan sebagai Air Terjun Bidadari. Hal itu sesuai dengan legenda para Bidadari yang mandi di air tejun tersebut.

Keindahan

Salah satu daya dukung wisata di suatu tempat adalah keindahannya. Tidak mungkin jika tempat itu tidak indah kita mau pergi kesana. Oleh sebab itu ada baiknya kita mengetahui apa saja keindahan Air Terjun Bidadari Sentul ini. Dengan mengetahui keindahan air terjun ini siapa tahu saat liburan tiba, air terjun ini menjadi destinasi wisata bersama keluarga atau bersama dengan teman-teman anda. Berikut ini adalah keindahan dari Air Trjun Bidadari Sentul yang harus anda ketahui :

  1. Tiket yang Murah

ads
Keindahan pertama yang harus anda ketahui adalah tiketnya. Tidak jarang masalah tiket merupakan hal yang dipertimbangkan ketika akan berkunjung ke tempat wisata. Apalagi jika liburannya bersama dengan rombongan besar, bisa anda bayangkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk sekedar membayar tiket saja. Belum lagi ditambah dengan biaya lain lain seperti biaya makan, uang bensin dan lain sebagainya.

Tiket masuk di Air Tejun Bidadari Sentul ini sebesar 30 ribu rupiah, saat liburan dan weekend harga tiket bisa berubah. Jam buka dari air terjun ini pukul 8 pagi. Biaya parkir kendaraan sebesar 5 ribu rupiah. Bagi pengunjung yang baru sekali datang ke Air terjun ini sebaiknya memperhatikan satu hal yang penting yaitu ketika anda diminta untuk membayar tiket masuk kembali atau pungutan tiket masuk jangan pernah membayarnya. Hal itu dikarenakan pungutan tiket itu adalah pungutan liar yang dilakukan oleh masyarakat atau warga yang ada si sekitar Sentul. Hal itu dikarenakan pungutan tiket resmi hanya ada di gerbang utama saja tidak ada lokasi lainnya untuk pembungutan tiket tersebut.

  1. Pemandangan yang Eksotis

Setelah anda membayarkan uang tiket di pintu gerbang, anda harus melakukan perjalanan lagi. Sayangnya jalan yang akan anda lalui selanjutnya tidak dalam kondisi baik melainkan jalanan yang akan anda lalui jalannya masih terjal dan belum diaspal secara sempurna. Namun tenang saja, perjalanan anda akan tetap menyenangkan sebab selepas dari pintu gerbang pembayaran tiket anda akan disuguhkan dengan berbagai macam pemandangan yang eksotis. Anda bisa melihat perbukitan nan hijau, melihat hamparan sawah yang menguning atau menghijau serta banyaknya pepohonan dengan background Gunung Salak.

  1. Tinggi Air Terjun

Air Terjun Bidadari yang anda kunjungi hanya memiliki ketinggian sekitar 50 meter saja. Berbeda dengan air terjun lainnya yang ketinggiannya bisa mencapai beberapa kilometer. Kelebihan lainnya dari air terjun ini adalah debit air yang ada di air terjun itu tidak terlalu deras. Untuk bisa mengakses ke air tejun wisatawan perlu mengakses tangga dan juga jembatan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola tempat wisata.

  1. Kolam

Sarana penunjang lainnya yang menjadi daya tarik dari air terjun ini adalah adanya kolam yang dijadikan sebagai daya tampung dari debit air terjun yang mengalir. Di bawah air terjun itu dibangun kolam yang dikhususkan untuk anak-anak. Kedalaman kolam tersebut hanyalah 30 cm saja sehingga anak-anak yang berenang disitu akan aman aman saja tanpa harus takut tenggelam. Tidak hanya kolam anak kecil saja yang ada di bawah air terjun itu namun ada juga kolam khusus untuk anak dewasa yang ingin bermain air di sekitar air terjun tersebut. Kedalaman kolam tersebut sedalam 1,5 meter sehingga kolam tersebut tidak aman untuk anak anak yang ingin berenang disana.

Kedua kolam yang ada di sekitar air terjun memiliki air yang sangat jernih, bahkan sinar matahari pun bisa menembus ke dalam air kolam tersebut. Kelebihan lainnya kolam yang ada di sekitar air tejun itu adalah adanya pasir putih yang dikirimkan langsung dari Pulau Belitung atau Pulau Laskar Pelangi. Adanya pasir putih yang ada di pinggir kolam tersebut akan membuat suasana kolam tersebut seperti pantai buatan yang sangat indah. Pengunjung pun bisa berlama lama duduk di pinggir kolam sambil menikmati pemandangan di air terjun yang ada. Bisa dikatakan bahwa lokasi air terjun ini merupakan lokasi wisata yang cocok dijadikan sebagai destinasi wisata bagi anda yang ingin berlibur bersama dengan keluarga anda.

  1. Air Jernih dan Segar

Air Terjun Bidadari Sentul merupakan air terjun yang dikelola secara modern, namun bukan berarti air yang ada di kolam diolah secara modern pula menggunakan obat obatan kimia dan penjernih buatan. Air kolam yang ada di sekitar air terjun merupakan air jernih dan bersih serta terbebas dari kontaminasi bahan kimia apapun. Air yang ada di kolam tersbeut merupakan air jernih yang munri berasal dari mata air murni sehingga anda atau anak anak yang berenang di air tejrun tersebut tidak akan mengalami gatal gatal dan terkena iritasi kulit.

  1. Fasilitas Lain

Bagi anda yang bosan bermain air jangan khawatir karena di lokasi wisata ini disediakan fasilitas wisata penunjang lainnya misalnya saja adalah permainan Flying Fox. Namun bagi anda yang menginginkan permainan air yang tidak biasa anda bisa mencoba berbagai macam wahana permainan yang ada di Air Terjun Bidadari Sentul tersebut. Wahana permainan yang bisa anda coba adalah Wave Pool, Lazy Pool dan juga permainan perahu tangan. Bagi yang tidak membawa peralatan untuk berenang pun disini disediakan penyewaan peralatan renang seperti pelampung berbentuk donat dengan harga yang sangat terjangkau.

Tips Berwisata di Air Terjun Bidadari Sentul

Bagi anda yang ingin atau akan menuju ke Air Terjun Bidadari Sentul sebaiknya anda memperhatiakn beberapa tips wisata ketika berada disana. Tips itu berguna untuk membantu anda ketika melakukan perjalanan wisata sehingga wisata yang anda lakukan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan harapan. Berikut ini adalah tips berwisata di Air Terjun Bidadari Sentul yang bisa anda lakukan :

  1. Pagi Hari

Kemanapun anda ingin berwisata sebaiknya biasakanlah untuk selalu datang di pagi hari. Pagi hari akan membuat anda terhindar dari macet dan tentunya menghindari suasana tempat wisata yang terlalu ramai. Jika tempat wisata terlalu ramai akibatnya anda tidak akan bebas bergerak kemanapun anda suka, selain itu suasana akan berubah menjadi tidak nyaman akibat suasana yang terlalu ramai. Suasana ramai tersebut terjadi tidak hanya di air terjun saja namun terjadi di semua tempat wisata lainnya. Meski begitu, anda tetap harus berwisata saat libur sekolah atau saat musim liburan. Bukan karena ingin beribur dan tempat wisata sepi, lantas anda menyuruh anak atau saudara untuk libur sekolah atau libur bekerja.

  1. Topi dan Payung

Peralatan wisata yang tidak boleh terlewatkan adalah topi dan payung. Memang air terjun tersebut berada di area pegunungan, namun bukan berarti anda bisa terbebas dari teriknya sinar mathari. Sinar matahari tetap bisa menggigit kulit anda kapan saja sehingga anda membutuhkan topi dan payung. Agar kulit anda tidak terbakar sinar mathari pun sebaiknya anda eakai sun block mengingat radiasi matahari sangat tidak bagus untuk kesehatan kulit.

  1. Peralatan Piknik

Bagi anda yang liburan bersama dengan keluarga besar tidak ada salahnya anda membawa peralatan piknik berupa makanan, minuman, bekal serta  tikar untuk duduk. Hal itu dikarenakan di sekitar lokasi air terjun tersebut sangat minim tempat duduk sehingga anda yang ingin duduk bersantai bersama dengan keluarga harus siap siap gigit jari jika ternaya semua tempat duduk yang ada disana telah penuh.

Sponsors Link

  1. Alas Kaki yang Nyaman

Ingatkan kepada orang yang akan mengikuti piknik menuju ke Air Terjun Bidadari untuk selalu menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman. Berwisata alam bukan saatnya untuk tampil modis menggunakan sepatu hak tinggi. Sepatu hak tinggi sangat tidak efisien jika harus digunakan untuk berjalan mengitari sekitar lokasi wisata Air Terjun. Alas kaki yang nyaman dan aman tersebut bermanfaat untuk melindungi kaki anda saat lokasi wisata air terjun ada bagian yang becek sehingga licin dan bisa membaut anda terpeleset jika menggunakan sepatu hak tinggi. Alas kaki yang tepat dan nyaman untuk digunakan berwisata di Air Terjun Bidadari adalah sandal jepit dan sandal gunung.

  1. Jaga Kebersihan

Tips wisata lainnya yang mutlak untuk anda patuhi ketika berada di air terjun adalah jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Jika lokasi pembuangan sampah terlalu jauh dari tempat anda duduk bersama dengan keluarga, anda bisa menyimpan sampah tersebut ke dalam tas kresek. Sehingga pastikan sebelum anda pergi dari tempat anda duduk jangan sampai ada satu buah plastik pun yang tersisa. Anda bisa membuang tas kresek berisi sampah tersebut ke tong sampah terdekat yang ada di lokasi air terjun itu saat anda pulang nanti. Jangan membuang tas kresek berisi sampah itu di jalan sebab sampah itu akan mengotori jalan.

  1. Membawa Uang Cukup

Di sekiatr lokasi air terjun tidak ada ATM atau mesin ATM. Sehingga saat anda akan berwisata kesini usahakan untk membawa uang tunai yang cukup. Uang tersebut nantinya bisa anda gunakan untuk keperluan saat anda berada di air terjun misal sewa pelampung, membeli makanan dan minuman serta masih banyak lagi lainnya. Jangan membawa uang terlalu banyak juga sebab uang yang terlalu banyak sangat rawan terutama saat lokasi wisata sedang ramai.

Itulah berbagai macam informasi penting tentang wisata Air Terjun Bidadari Sentul. Perencanaan yang baik akan membuat wisata anda semakin lancar dan menyenangkan. Oleh sebab itu pertimbangkanlah segala sesuatunya ketika akan berkunjung ke lokasi wisata salah satunya adalah Air Terjun Bidadari Sentul.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 25th, June 2016 / 16:53 Oleh :
Kategori : Jawa Barat