Sponsors Link

9 Tempat Wisata Air Terjun di Aceh yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Aceh memiliki segudang pesona alam yang mungkin belum diketahui banyak orang. Aceh dapat menjadi salah satu destinasi liburan seru bagi Anda para pecinta alam. Tempat wisata air terjun di Aceh lumayan banyak dan dapat dikatakan sangat mengagumkan dan merupakan bagian dari air terjun di Indonesia, dan ini dia daftarnya yang bisa dijadikan referensi.

ads

Air Terjun Akang Siwah

Air Terjun Akang SiwahObyek wisata satu ini masih sangat alami dan dapat menjadi tempat yang tepat untuk merasakan kesejukan dan ketenangan untuk menjauh dari hiruk-pikuk kota. Bila ke Aceh, jangan lupa untuk bertandang ke tempat wisata di aceh yaitu Air Terjun Akang Siwah yang mempunyai tiga tingkat; pertama 8 meter, kedua 14 meter dan ketiga adalah 40 meter.

Hawa ademnya serta suara gemuruh dari airnya yang jatuh benar-benar akan mengusir segala kepenatan Anda, namun tetap berhati-hati bila mendekat ke air terjunnya karena cukup licin. Berada di kabupaten Aceh yang ibukotanya adalah Blangkejeren, air terjun ini bisa diakses dengan menggunakan mobil atau sepeda motor.

Air Terjun Kuta Malaka

Air Terjun Kuta MalakaLokasi wisata ini sebetulnya masih belum begitu terkenal dan hanya populer di kalangan penduduk seetmpat. Untuk menuju ke Air Terjun Kuta Malaka pun tidak mudah karena medannya cukup sulit dan belum diaspal. Tapi sesampainya di area ini, Anda bisa berwisata alam sepuasnya dan akses yang sulit akan terbayar dengan segala kecantikan alam yang ada di sini.

Membutuhkan energi dan kekuatan fisik yang bagus untuk bisa sampai di air terjun ini sebab terdapat bukit terjal yang harus dilewati. Inilah air terjun yang mempunyai banyak tingkatan dengan tinggi yang berbeda-beda. Tidak hanya spot air terjunnya saja yang bisa dinikmati, tapi bagian puncak Kuta Malaka pun seru juga untuk disambangi, namun bersiaplah menggempur jalan yang berliku-liku, menanjak dan licin pada musim hujan.

  • Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp 10 ribu.
  • Harga tiket masuk tersebut sudah termasuk menikmati wisata air terjun atau mendatangi puncak Kuta Malaka yang berada tepat di bagian atas pegunungan Bukit Barisan, atau kedua-duanya.

Air Terjun Krueng Ayon

Air Terjun Krueng AyonTempat wisata air terjun lainnya yang akan membuat liburan Anda semakin lengkap adalah Air Terjun Krueng Ayon yang mempunyai tinggi sekitar 30 meter. Karena letaknya yang ada di tengah-tengah hutan belantara serta perkebunan sawit di Gunung Idieng, maka aksesnya memang terbilang sulit dan untuk menuju ke air terjun ini Anda perlu menumpang truk sawit atau naik ojek.

Berada di Kabupaten Aceh Jaya, air terjun ini tepatnya bisa dijumpai di Kecamatan Sampoiniet, khususnya jika Anda berkunjung langsung ke Desa Ayon. Untuk menghemat pengeluaran, membawa bekal makanan sendiri adalah sangat disarankan.

Air Terjun Mengaya

Air Terjun MengayaMungkin sebagian dari Anda sudah tahu di mana obyek wisata Danau Lut Tawar. Jika ingin menghabiskan waktu liburan di Air Terjun Mengaya, lokasi dari air terjun ini tidaklah jauh dari danau karena sama-sama terletak di Kabupaten Aceh yang tepatnya di Kecamatan Bintang. Anda hanya tinggal menuju Desa Mengaya untuk dapat menikmati air terjunnya.

Untungnya, medan yang perlu dilewati untuk dapat tiba di lokasi air terjun sudah termasuk berkondisi baik dengan jalanan beraspal sehingga wisatawan akan menikmati perjalanan. Selama menempuh perjalanan ke tempat ini, Anda pasti merasa puas dan segar karena kesejukan hawa serta keasrian panorama hutan yang sangat indah.

Sponsors Link

Air Terjun Kedabuhan

Air Terjun KedabuhanWisata air terjun di Aceh yang tidak kalah indah dari yang sudah disebutkan sebelum-sebelumnya adalah Air Terjun Kedabuhan yang berada di Kabupaten Aceh Singkil. Hampir seperti rata-rata lokasi air terjun di Aceh yang masih sangat alami, Air Terjun Kedabuhan pun demikian.

Anda yang tertarik untuk menyambangi ketika berlibur di Aceh boleh langsung menuju Kecamatan Penanggalan, tepatnya di desa yang bernama Desa Lae Ikan. Jika Anda dari pusat kota Subulussalam, maka jarak yang harus ditempuh adalah sekitar 7 kilometer. Ambil jalur barat untuk bisa tiba di tempat ini apabila Anda memutuskan untuk menuju Sumatra Utara dan air terjun ini bisa dijumpai di sisi kanan jalan.

Air Terjun Suhom

Air Terjun SuhomBila bermain ke daerah Aceh besar, Air Terjun Suhom wajib berada di daftar destinasi liburan Anda yang merupakan tempat wisata di aceh besar. Letaknya yang terbilang dekat dari ibukota Aceh, Banda Aceh, akan semakin memudahkan setiap pengunjung untuk menjangkau lokasi.

Kurang lebih Anda akan menempuh 1 jam perjalanan untuk dapat tiba di air terjun ini karena medan yang ditempuh pun sangat bagus sehingga tidak akan ada masalah selama dalam perjalanan. Air terjun satu ini cukup populer sehingga tidak heran bila setiap hari libur tempat ini dipenuhi wisatawan yang ingin berelaksasi untuk menghlangkan beban dan pikiran.

Air Terjun Gunung Pandan

Air Terjun Gunung PandanWisata air terjun lainnya yang akan memanjakan Anda selama di Aceh adalah Air Terjun Gunung Pandan dengan banyaknya tingkatan yang dimiliki. Inilah salah satu air terjun yang menawarkan tantangan bagi Anda yang haus untuk memacu adrenalin. Terletak di Kabupaten Aceh Tamiang, area air terjun ini sendiri tidaklah jauh dari kawasan parkir yang berada di bawah tempat pemandian Gunung Pandan.

Meski demikian, Anda tetap dituntut untuk berfisik kuat dan bugar karena untuk dapat tiba di lokasi air terjun Anda perlu menempuh waktu sekitar 45 menit dengan berjalan kaki dari area parkir. Pecinta alam sejati pasti menyukai aktivitas trekking ini, dan disarankan untuk mengolesi kaki dengan garam lebih dulu sebab selama perjalanan pasti akan menjumpai pacat.

Sponsors Link

Air Terjun Blang Kolam

Air Terjun Blang KolamTerletak di Kabupaten Aceh Utara, air terjun satu ini bakal membuat Anda terpesona dengan segala pesonanya. Kunjungi Kecamatan Kuta Makmur, tepatnya di Desa Sidomulyo untuk dapat menikmati panorama Air Terjun Blang Kolam yang berada sekitar 21 kilometer dari pusat kota Lhokseumawe. Dengan tingginya yang mencapai 75 meter, para wisatawan akan terkagum-kagum akan panorama serta atmosfer menyenangkan ala pedesaan yang bakal menyejukkan mata. Hanya saja, fasilitas seperti tali pembatas jalur, MCK dan mushola belum tersedia.

  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 2 ribu per orang sebagai biaya kebersihan obyek wisata ini.
  • Pengunjung yang membawa kendaraan sendiri perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5 ribu sampai 10 ribu per kendaraan.

Air Terjun Terujak

Air Terjun TerujakTidak ketinggalan Air Terjun Terujak yang bisa disambangi oleh Anda yang siap menjelajahi kawasan Kabupaten Aceh Timur. Terletak di Kecamatan Serbajadi, tepatnya di Desa Terujak, obyek wisata satu ini memberikan kesejukan yang luar biasa bagi setiap wisatawan. Pemandangan air terjun bukanlah satu-satunya karena Anda pun akan terkagum akan pemandangan hutan alamnya yang cantik. Akses untuk menuju tempat ini pun begitu mudah hanya dengan mengandalkan sepeda motor atau bahkan mobil. Di lereng gunungnya Anda dapat berelaksasi sepuas mungkin karena ada sebuah pemandian air panas dengan sumber belerang berikut juga pemandian air dingin yang bisa dicoba.

Itulah beberapa tempat wisata air terjun di Aceh yang bukan hanya layak untuk masuk dalam daftar destinasi, melainkan sangat patut untuk segera disambangi. Lokasi-lokasi tersebut akan sangat sayang jika sampai dilewatkan, maka siapkan fisik untuk dapat bertandang ke semua tempat ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 02:52 Oleh :
Kategori : Aceh