Sponsors Link

11 Tempat Wisata di Ukraina yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Anda tengah mempersiapkan liburan ke Ukraina? Sebagai negara paling besar di benua Eropa, memang penduduk di Ukraina tidaklah sebesar Jerman dan Perancis, namun soal wisata tentu tidak perlu diragukan. Walau mungkin Jerman dan Perancis juga merupakan negara-negara paling populer untuk berwisata, tempat wisata di Ukraina tidak kalah seru dengan yang ada di kedua negara tersebut.

St. Michael’s Golden-Domed Monastery

St. Michael’s Golden-Domed MonasteryWisatawan tanah air yang tertarik untuk berwisata bangunan dan religi, silakan datang ke biara yang sampai sekarang masih digunakan di Kiev, ibukota Ukraina ini. Berlokasi di sisi kanan Sungai Dnieper di tepi sebuah tebing yang berada di sebelah timir Katedral Saint Sophia. Pembangunan dari biara ini adalah pada Abad Pertengahan atas perintah dari Sviatopolk II Iziaslavych. Jika dilihat secara cermat pada bagian luar bangunan ini, Anda akan mendapati bahwa gaya yang dibawa adalah Baroque Ukraina yang terkenal di abad ke-18, sementara untuk interiornya bergaya Byzantine.

Terdiri atas sebuah katedral yang dibangun pada tahun 1713, bangunan aslinya sudah sempat dihancurkan oleh pemerintah Soviet di masa lampau. Penghancuran tersebut diketahui sudah terjadi di tahun 1930-an, namun kemudian dibangun kembali. Akhirnya setelah selesai direkonstruksi, bangunan ini dibuka lagi di tahun 1999 mengikuti kemerdekaan Ukraina yang terjadi di tahun 1991. Lokasi ini sangat inspiratif dan menarik sehingga sayang jika sampai dilewatkan.

  • Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk dapat masuk ke biara atau katedral ini.
  • Michael’s Golden-Domed Monastery buka setiap hari dan akan menerima pengunjung dari jam 7 pagi sampai 7 malam.

Marble Arch Caves

Marble Arch CavesLokasi wisata yang juga bisa disebut sebagai Goa Marmer ini dapat ditemukan di Krimea dan menjadi salah satu obyek pariwisata yang terbilang paling sering didatangi oleh para wisatawan. Termasuk goa paling populer di Eropa yang memiliki keunikan yang tak banyak orang ketahui sebelum mendatangi goa ini.

Alasan mengapa Anda tidak boleh sampai melupakan tempat ini adalah karena Goa Marmer ini adalah salah satu dari 7 keajaiban alam di Ukraina. Disebutkan juga oleh para speleologis bahwa goa ini masuk di dalam 5 goa paling indah di bumi ini jadi wajib bagi anda mengunjungi goa ini untuk melihat keindahan yang ada di dalam goa ini.

St. Sophia Cathedral

St. Sophia CathedralSebagai gereja yang paling tua di Kiev, tentu wisatawan wajib untuk datang dan melihat-lihat. Dibangun pada tahun 1037, katedral ini adalah salah satu landmark kota yang paling populer dan tidak heran apabila lokasi ini akan masuk ke dalam daftar Warisan Dunia UNESCO bersama dengan kompleks Kiev Cave Monastery. Tidak hanya bangunan utamanya yang mengagumkan, namun menara lonceng dan House of Metropolitan adalah yang paling penting dalam bangunan ini.

  • Untuk bisa berkeliling ke semua ruangan, pengunjung dewasa dikenakan biaya masuk sebesar UAH 50 atau sekitar Rp 25 ribu, sedangkan untuk anak-anak dan pengunjung yang masih pelajar dikenakan biaya sebesar UAH 20 atau sekitar 10 ribu.
  • Bagi yang ingin memasuki Menara Lonceng atau Bell Tower-nya saja, maka pengunjung harus membayar sebesar UAH 10 / UAH 6 yang bila dirupiahkan sebesar Rp 5 ribu / Rp 3 ribu.
  • Sementara bila hanya ingin berjalan-jalan di area katedral, pengunjung hanya dikenakan UAH 3 atau sekitar Rp 1.500.
  • Sophia Cathedral buka dari hari Jumat sampai dengan hari Rabu, yang artinya setiap hari Kamis tutup. Gereja ini akan menerima pengunjung dari jam 10 pagi hingga 6 petang saja.
    sponsored links

Askania-Nova

Askania-NovaLokasi lainnya yang juga merupakan salah satu dari 7 keajaiban alam di Ukraina adalah Askania-Nova. Cagar alam atau cagar biosfer satu ini bisa ditemukan di Kherson Oblast. Obyek wisata ini terdiri dari wilayah terbuka stepa, taman botani, dan taman zoologi yang pastinya akan menambah keseruan berlibur di Ukraina. Friederich-Jacob Eduardovich adalah seorang jenius dibalik cagar alam ini karena beliaulah yang mendirikan di tahun 1898, yaitu pada masa koloni Jerman.

  • Pengunjung dikenakan biaya sebesar UAH 15 atau sekitar Rp 7 ribu untuk dapat menikmati kawasan kebun binatang dan reservasi. Sementara itu, minibus yang digunakan untuk tur mengenakan biaya UAH 35 per kepala atau sekitar Rp 17 ribu.
  • Askania-Nova buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 5 sore.

Svityaz Lake

Svityaz LakeDanau Svityaz juga tidak boleh sampai ketinggalan karena keajaiban alam satu ini dikenal sebagai danau paling dalam yang ada di Ukraina yang diketahui memiliki maksimum 58,4 meter. Sebagai danau yang juga paling besar di peringkat dua di Ukraina, Anda bisa datang ke Taman Nasional Alam Shatsky untuk mendapatkan pemandangan danau ini karena Svityaz Lake masih berada dari taman nasional tersebut.

Khusus saat masuk musim panas, maka danau ini airnya akan menghangat dan dengan airnya yang bersih beserta dasarnya yang berpasir, situs pariwisata menjadi sangat terkenal.

Synevir Lake

Synevir LakeDanau lainnya yang tidak kalah impresif adalah Danay Synevyr dan memang tidak salah lagi danau inilah yang paling besar di Pegunungan Carpathian di Ukraina. Menjadi bagian dari Cagar Alam Nasional Synevyr, letak dari danau ini sama sekali tidaklah jauh dari Desa Synevyr Poliana.

Cagar alamnya sendiri memang baru dibentuk di tahun 1989, namun khusus untuk danau ini, diketahui bahwa sudah eksis dari sekitar 10 ribu tahun yang lalu. Baru diakui dan dimasukkan ke dalam keajaiban alam Ukraina di tahun 2008. Di kawasan taman nasional ini, memancing, kemping dan berenang di danau sama sekali dilarang.

Dniester Canyon

Dniester CanyonUkraina juga memiliki Dniester Canyon yang lokasinya ada di kawasan Lembah Sungai Dniester dan Sungai Dniester juga diketahui menjadi sungai paling besar kedua di Ukraina, bahkan juga paling bersih. Pemandangan dan lanskap yang unik bisa didapat ketika Anda memilih untuk berwisata alam ke tempat ini dan hal tersebut dikarenakan panorama geologi, hidrologi, arkeologi dan botani yang sangat mendukung.

Di Sungai Dniester, sudah jelas bahwa Dniester Canyon adalah yang terindah sehingga para wisatawan harus menginjakkan kaki di obyek wisata ini. Para pecinta alam dijamin puas karena lerengnya sendiri dipenuhi oleh tanaman-tanaman langka dan bahkan memiliki ratusan jenis burung dan hewan lainnya.

Tunnel of Love

Tunnel of LoveAda apa dengan Terowongan Cinta di Ukraina? Mungkin bagi Anda yang belum pernah melihat pasti merasa penasaran dengan terowongan yang konon memiliki sejumlah misteri ini. Warga lokal memandang terowongan kereta ini dengan cara yang berbeda, yaitu seperti yang ada di negeri dongeng. Tidak heran kalau banyak fotografer dan wisatawan yang kemudian tertarik untuk datang dan melihat sendiri kecantikan dan pesona dari terowongan ini. Bila biasanya terowongan kereta adalah berupa goa dan terbuat dari tembok, Tunnel of Love sangat berbeda karena dinding-dinding yang ada di kanan kirinya adalah berupa pepohonan hijau yang sangat rapat dengan panjang 3 kilometer.

Sampai sekarang pun rel kereta ini masih digunakan dan rupanya masih beroperasi sehari 3 kali untuk jalur kereta pengantar kayu ke pabrik. Konon, bagi pasangan kekasih yang datang ke lokasi ini dan memanjatkan doa atau permohonan, maka apapun yang diminta akan terkabul. Hanya saja, itu sebatas mitos yang boleh dipercaya atau tidak tergantung dari pribadi masing-masing. Terowongan ini tidak hanya menjadi spot romantis untuk para pasangan kekasih, tapi banyak juga yang memilih Tunnel of Love sebagai latar dari foto pre-wedding mereka. Anda tertarik juga untuk berfoto-foto di terowongan ini?

Sponsors Link

House with Chimaeras

House with ChimaerasBerkunjung ke tempat ini akan otomatis membuat liburan Anda terasa makin lengkap karena gedung ini adalah sebuah bangunan Art Noveau. Berlokasi di lingkungan bersejarah Lypky yang ada di ibukota Ukraina, bangunan ini memiliki fungsi sebagai kediaman presiden untuk acara-acara penting dan resmi sedari tahun 2005. Perlu diketahui bahwa kendaraan tidak boleh berlalu-lalang di jalan depan gedung dan memang sudah ditutup bagi lalu lintas kendaraan dan sekarang diperuntukkan kepada para pejalan kaki.

Bagi yang belum tahu, nama lain dari House with Chimaeras ini adalah Rumah Gorodetsky dan gedung ini begitu menarik dan unik untuk diabadikan. Wisatawan yang suka dengan beragam arsitektur bangunan boleh mengunjungi tempat ini walau tidak akan bisa melihat banyak dikarenakan masalah aksesibilitas yang terlalu ketat. Bangunan ini dihiasi oleh penggambaran adegan berburu dan juga binatang-binatang eksotis yang menjadi ornamen penting. Arsitek Emilio Sala-lah yang memahat semuanya itu.

Hedgehog Monument

Hedgehog MonumentObyek wisata lainnya di Ukraina yang seru bagi keluarga adalah Hedgehog Monument atau bisa juga disebut Monumen Landak. Alasan mengapa lokasi ini begitu direkomendasikan bagi yang berlibur bersama keluarga karena pasti anak-anak akan menyukai patung landak tersebut.

Terbuat dari kayu serta baut logam, patung ini begitu menarik sehingga pastinya Anda tidak akan mau melewatkan kesempatan berfoto bersama si patung landak ini. Para wisatawan sebaiknya segera menikmatinya sebelum akhirnya patung ini digantikan dengan patung lainnya dan anda tidak dapat melihat lagi keunikan patung ini yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung kesini.

The Motherland Monument

The Motherland MonumentLokasi satu ini juga lebih dikenal dengan nama Rodina Mat yang berupa patung monumental dan bisa ditemukan di pusat kota Kiev sendiri. Patung ini rupanya masih menjadi bagian dari Museum of The History of Ukraine pada Perang Dunia II dan mungkin sebagian dari Anda sudah banyak yang tahu akan sebuah adegan di novel World War Z pada tahun 2006 yang melibatkan Rodina Mat. Didirikan di tahun 1981, tempat ini dapat menjadi lokasi berfoto yang cukup seru.

Demikian sejumlah tempat wisata di Ukraina yang akan membuat setiap momen liburan Anda bukan hanya menyenangkan, melainkan betul-betul sempurna dan tidak terlupakan. Ukraina adalah negara yang tepat untuk disambangi karena memiliki banyak ciri khas yang bisa dikenal lebih dalam dan tentunya mencerminkan Eropa Timur. Jadi, bersiaplah untuk menjelajah setiap tempat tersebut dan selamat berlibur.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 15th, March 2016 / 10:18 Oleh :
Kategori : Ukraina