Sponsors Link

10 Tempat Wisata di Hungaria Paling Terkenal

Sponsors Link

Salah satu kota yang menarik dan memiliki obyek wisata yang patut dikujungi di Hungaria adalah ibukotanya yaitu Budapest. Tak cuma jembatan rantai megah yang membelah Kota Buda dan Pest saja, akan tetapi ada beberapa obyek wisata lain yang dapat anda singgahi. Berikut ulasannya :

ads
  1. Kastil Buda / Buda Castle

Kastil BudaTempat bersejarah ini masuk ke dalam daftar salah satu situs warisan budaya dunia UNESCO sejak 1987. Kastil ini dibangun ketika abad 14 dan 15. Inilah istana pertama yang bergaya gothic dengan arsitektur ornamen baroque. Letak kastil ini ada di Puncak Vargehy yang menghadap ke bagian kota. Kastil ini terletak di atas ketinggian 48 meter di atas Danube. Kastil Buda ini memiliki sejarah yang sangat penting bagi Hungaria. Kastil ini juga menjadi simbol akan naik atau turunnya keberuntungan dari Hungaria. Sekarang kastil ini banyak digunakan untuk kegiatan lembaga budaya seperti adanya dua museum yang ada di kastil tersebut. Dua museum tersebut adalah Museum Galeri Nasional dan Museum Sejarah Budapest. Kastil Buda yang ada sekarang strutur utamanya disebut dengan Royal Palace. Khusus untuk desain interiornya, dibuat tanpa ornamen yang mengelilinginya. Hal itu berbeda dengan Candi Borobudur yang dijadikan sebagai peninggalan kerajaan Buda yang penuh dengan ornamen.

Baca : Tempat wisata di Magelang Tempat wisata di Klathen

  1. Heroes Square

Heroes SquareAlun-alun bersejarah ini dapat anda temui di ujung wilayah Andrassy Avenue. Di dalam Heroes Square terdapat Monumen Millenium dan Museum Seni Rupa yang pembangunannya dilakukan tahun 1896 sebagai peringatan ulang tahun ke-1000 dari kedatangan Basin Carphatian ke Negara Hungaria ini. Letak dari Heroes Square ini ada di bagian ujung jalan Andrássy Avenue dan di letaknya tepat sebelah City Park. 

Tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya itu saja Heroes Square pun dikelilingi oleh beberapa tempat yang penting. Dua banguann penting itu adalah Museum of Fine Arts yang ada di sebelah kiri Heroes Square dan Kunsthalle (Hall of Art) di sebelah kanan. Ketika monumen itu dibangun saat itu Hungaria berada di kekuasaan Kekaisaran Austro Hungaria.  Pada tahun 1989 banyak warga Hungaria yang berkumpul di monumen ini, sedikitnya ada 25 ribu warga Hungaria yang ada di Monumen tersebut untuk menyaksikan eksekusi mati Imre Nagy, Mantan Perdana Menteri Hungaria kala itu.

  1. Sinagog Dohany Street

Sinagog Dohany StreetTempat menarik selanjutnya adalah Sinagog Dohany Street yang terletak di Distrik Old Jewish. Inilah pusat ajaran Neolog Yudaisme dan tempat ibadah umat Yahudi paling besar yang ada di Eropa. Di sini terdapat pemakaman Yahudi, Museum Yahudi, serta Monumen Peringatan Holocaust. Jika anda berkunjung kemari, anda akan temukan arsitektur yang indah dan juga kaya akan sejarah.

Tempat ini merupakan tempat yang sangat bersejarah. Sinagog Dohany Street juga sering disebut dengan The Great Synagog. Teletak di distrik 7 Hungaria, sinagog ini merupaan sinagog terbesar yang ada di Eropa. Tempat ini pun dinobatkan sebagai singaog terbesar kedua yang ada di dunia. Di dalam sinagog ini tersedia 3000 kursi.  Dibangun pada awal 1854 dan tahun 1859 sinagog di desain oleh arsitek Ludwig Forster.Sinagog ini memiliki gaya arsitekstur orang Yahudi dimana terlihat teknik arsitektur kelompok kelompok etnis oriental.

  1. Jembatan Chain

Jembatan ChainJembatan ini sebagai penghubung Kota Buda dan Pest yang bahan pembuatannya adalah batu alam permanen. Jembatan terbentang di atas Sungai Danube dan berhiaskan rantai raksasa. Dari sinilah anda dapat menyaksikan betapa spektakuler Buda Castle dan indahnya kota. Ini adalah ikon wisata Hungaria dan merupakan lokasi paling populer yang wajib dikunjungi wisatawan. Jembatan ini mempunyai struktur dan desain menawan.

Jembatan ini disebut dnegan jematan chain dikarenakan disebut dengan jembatan rantai.  Jembatan rantai ini adalha jembatan terbesar yang ada di Hungaria. Meski namanya adalah Jembatan Chain, masyarakat di sekitar jembatan ini sering menyebutnya sebagai jembatan budapest. Chain bridge ini menyatukan dua wilayah yaitu wilayah Buda dan Pest. Kedua wilayah tersebut terpisahkah oneh sungai Danube. Jembatan Chain dibangun pada tahun1849, daya dukung pesona jembatan ini lainnya terletak pada gerbang jembatannya berwarna krem. Silakan buktikan keindahannya saat berkunjung kemari.

  1. Kota Budapest

kota budapestBudapest dijuluki Kota Spa? Ya, hal ini bukan tanpa alasan. Karena Budapest merupakan satu-satunya ibukota negara di dunia yang punya sumber mata air panas. Tradisi yang awalnya dilakukan ketika abad ke-2 yaitu ketika orang Romawi banyak yang memanfaatkan sumber mata air panas sebagai pengobatan. Kini Budapest menawarkan 15 tempat pemandian air panas yang bebas dinikmati khalayak umum. Ada beberapa fakta menarik dari kota ini yang bisa anda ketahui diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Budapest merupakan kota terbesar yang ada di negara Hungaria. Negara Hungaria dan kota Budapestnya terletak di kawasan Eropa Tengah. Budapest dijadikan sebagai kote penting untuk perkembangan kebudayaan, pendidikan dan juga ilmu pengetahuan.
  • Budpaest letaknya ada tepi Sungai Danube. Bagian utama kota ini dalah Budaa dan Pest.
  • Leih dari 100 mata air panas ditemukan disini, oleh sebab itu banyak resort atau spa yang dibangun disekitar sumber mata air panas tersebut.
  • Budapest dijadikan sebagai tempat pusat transportasi, manufaktur dan juga perbankan di Hungaria. Pabrik yang ada di Hungaria ini berkecimpung dalam alat elektronik, komunikasi, bahan kain, makanan olahan dan masih banyak lagi lainnya. ( Baca : Tempat wisata di Batam )
Sponsors Link

  1. Gul Baba

gul babaMenjelajahi Budapest, anda dapat mengunjungi Gul Baba yang merupakan tempat ziarah untuk muslim. Menariknya adalah di sekitar lokasi ini dapat dijumpai banyak bunga mawar. Kota ini letak tepatnya di Rose Hill, salah satu lingkungan elite dan terkaya di Budapest. Gul Baba adalah seorang penyair Ottoman yang hidup di abad ke-16.

Tokoh Gul Baba meninggal pada tahun 1541, Gul Baba ini dikenal dengan sebuta jafer. Gul Baba ini juga sering ikut serta dalam kampanye di Eropa sejak awal pemerintahan Mehmed II sampai dengan pemerintahan seterusnya.Penyebab kematian Gul Baba ini masih belum jelas dengan pasti. Sumbe rmengatakan jika Gul Baba meninggal akibat pertempuran di bawah tembok kota pada tanggal 21 Agustus 1541. Makam Gul Bab kini sering dijadikan sebagai tempat wisata sejarah terutama bagi yang beragama islam.Makam ini letaknya di dalam bangunan Masjid Budapest. Makam tersebut dibangun menyerupai seperti bentuk masjid dibangun oleh penguasa ottoman pada tahun 1543 dan juga 1548.

Baca : Danau Kaolin Bangka

  1. Gereja St Stephen Basilica

Gereja St Stephen BasilicaGereja ini adalah yang paling besar di Budapest. Gereja St Stephen Basilica dapat menampung 8.500 orang dengan tinggi kubah mencapai 96 meter. Pembangunan rumah ibadah ini memerlukan waktu yang cukup panjang, lebih dari 50 tahun. Dari sini pun anda bisa saksikan panorama kota yang memukau. Orang yan dtanag ke Hungaria saah satu faktornya karena gereja ini. Banyak wisatawan yang datang kesini untuk melihat penghormatan Raja St. Stephen yang meningga di Tahun 1038. Dulunya gereja ini menjadi gereja terbesar nomor 6 di Hungaria, namun saat ini gerje tersebut menjadi gereja terbesar nomor tiga di Hungaria.

Saat berada di gereja ini pengunjung aka  melihat agaya arsitekstur gereja yang begitu menawan. Dengan denah salib Yunani dan berlabuh kepada dua lonceng yang ada di gereja tersebut. Lonceng yang ada di gereja memiliki berat sekitar 9 ton. Bagi pengunjung yang ingin melihat lonceng tersebut bisa menggunakan dengan elevator atau bisa dengan menaiki 364 tangga. Letak lonceng tersebut berada di sudut 360 ° menghadap Budapest .

Baca : Tempat wisata di EropaTempat wisata di Frankfurt

  1. Gellert Hills

Gallert HillsPanorama kota yang indah dapat anda saksikan ketika berada di bukit dengan ketinggian kurang lebih 235 meter ini. Butuh waktu sekitar 15 menit untuk mencapainya. Anda juga dapat berkunjung ke benteng yang ada di sini. Tempat wisata ini sangat cocok sekali bagi anda yang menyukai pemandangan alam. Selain bisa melihat pemandangan alam yang membentang dan menghijau, keunikan lainnya dari tempat ini adalah adanya cable car skyway yang bisa mengangkut pengunjung. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga bisa naik ke atas bukit untuk melihat pemandangan yang ada di Koa Budapest. Bagi yang memiliki anak anak, ajak anak anak anda untuk mendaki bukit ini. Di bukiy Gellert anda bisa berkumpul bersama dengan keluarga, bersantai dan memaka beka bersama sama.

Bukit terebut memiliki banyak cerita sejarah hal tiu ditandai dengan adanya monumen bersejarah yang ada di Gellert Hills. Patung besar sambil memegang salib pun ada di bukit ini.  Patung tersebut menghadap ke Jembatan Elizabeth.  Tis bagi anda yang membawa anak anak untuk berwisata kesini, saat mendaki bukit perhatikan dengan baik keselamatan anak anda. Jangan sampai anak anda bermain ke area bukit tanpa sepengetahuan anda. Hal itu dikarenakan bukit Gellert dipenuhi dengan spot yang curam dan terjal. Sangat membahayakan jika anak anda terpeleset kemudian terjerembab masuk ke dalam tebing yang curam. Tidak hanya itu saja, meski memiliki pemdangan yang indah tebing ini tidak mensuport peralatan baby seperty stroller.

Baca : Tempat wisata di Edinburgh Skotlandia

  1. Hungarian Parliament

Hungarian ParliamentHungarian Parliament atau dikenal juga dengan Gedung Parlemen Hungaria. Bangunan gedung parlemen ini menurut ceritanya terinspirasi oleh Istana Westminster, London. Lokasinya sangat indah, apalagi dinikmati dari tepi Sungai Danube atau malam hari. Gedung ini akan terang oleh cahaya lampu berwana keemasan. Gedung ini memiliki sejarah yang masih diingat oleh masyarakat Hugaria sampai saat ini. Sejarah gedung ini adalah gedung ini salah satu bentuk megah arsitektur neo gothic.  Pada tahun 1880 an tender dibuka untuk memperebutkan desain gedung parliamen terbaik. Konstruksi gedung ini dimulai pada tahun 1885. Untuk peresmiannya, gedung ini diresmikan pada ulang tahun ke -1000 negara Hungaria. Ulangtahun Hungaria ke-100 itu terjadi pada tahun 1896. Meski sudah diresmikan pembangunan gedung tersebut belum selesai. Pembangunan gedung tersebut benar benar selesai pada tahun 1902. Gedung Parlemen Hungaria ini ada di alun alun Hungaria. Alun alun Hungaria itu disebut dengan Lajos Kossuth. Sosok yan dijadikan nama alun alun itu adalah seorang pengacara, jurnalis, politisi dan gubernur presideng Hungaria.

Baca : Tempat wisata di InggrisTempat wisata di Finlandia

  1. Holocaust Shoes Memorial

Holocaust Shoes MemorialLokasinya di promenade Danube sisi Kota Pest. Pemandangan yang akan menyambut saat pertama kali berkunjung adalah banyaknya sepatu-sepatu tidak  bertuan tercerai berai di sepanjang promenade Danube. Menurut sejarah, ini terjadi saat Perang Dunia II. Banyak orang Yahudi yang diperintahkan untuk melepas sepatunya dan ditembak di tepian Danube sampai mereka jatuh ke sungai dan jasadnya terbawa arus.

Untuk mengenang peristiwa ini, sepanjang promenade menempel banyak sepatu hitam yang terbuat dari besi. Tak disangka bahwa Danube yang menawan, dengan kanan dan kirinya adalah Buda dan Pest menjadi saksi bisu sebuah peristiwa sejarah yang menyayat hati. Meluhat banyaknya sepatu yang ada di tepi Sungai Danube ini kita dapat menyimpulkan berapa banyak orang yang telah menjadi korban saat terjadi Perang Dunia keda tersebut. Sepatu sepatu tersbeut telah ditinggalkan oleh pemiliknya dan pemiliknya tidak akan pernah kembali lagi.

Baca : Tempat wisata di Aachen Jerman  – Tempat wisata di Swiss

Sponsors Link

Keunikan Budapest, Hungaria

Berikut ini ada beberapa keunian dari Budapest Hungaria yag harus anda ketahui :

  1. Tur Gratis Keliling Kota

Keunikan atau daya tarik Budapest yang pertama adalah anda dapat menikmati tur gratis keliling kota dengan ditemani tour guide. Perlu diperhatikan bahwa tur gratis ini cuma 2 kali dalam satu hari yaitu pada pagi dan sore. Nah, agar tak ketinggalan, anda harus cermat mencatat tempat dan jam berkumpulnya.

  1. Adanya Bus Amfibi

Di Budapest anda dapat temukan bus amfibi yang bernama River Ride atau Floating Bus. Ini angkutan bus khusus untuk wisatawan yang dapat berjalan di air dan juga darat. Pokoknya unik, deh.

  1. Adanya Sistem Transportasi Kuno Yellow Underground

Yang ini juga tak boleh anda lewatkan saat liburan di Budapest. Mencoba sensasi naik metro kuning atau yellow underground/millenium underground untuk menuju ke Heroes Square. Tak hanya desain kereta bawah tanah yang bergaya lama, akan tetapi pelayanannya pun kuno. Tiketnya tak dibeli lewat mesin, melainkan ke petugas tiket. Wajar saja, karena metro bawah tanah ini adalah metro yang pertama dibangun di wilayah Eropa yaitu pada 1896 dengan penumpang metro pertama yaitu Kaisar Franz Joseph. Tiap peron pun dibuat dengan desain kuno dan menarik.

  1. Budapest Card

Ini adalah kartu yang memungkinkan anda untuk menggunakan seluruh transportasi kecuali taksi dalam kurun waktu tertentu dan ini juga berlaku sebagai kartu diskon saat di restoran, hotel, sampai dengan tempat wisata.

  1. Sensasi Naik Funicular

Funicular pun tak boleh anda lewatkan. Bisa dibilang ini mirip seperti kereta, atau roller coaster, sama-sama punya jalur khusus/rel. Anda dapat naik funicular ke Buda Castle. Perjalanannya kira-kira cuma 2 menit saja.

Itulah beberapa tempat wisata di Hungaria yang terkenal. Anda bisa menjadikan tempat wisata tersebut sebagai destinasi wisata yang menarik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 07th, May 2016 / 00:47 Oleh :
Kategori : Wisata Eropa