Sponsors Link

14 Tempat Wisata di Edinburgh Skotlandia yang Terbaik

Sponsors Link

Skotlandia merupakan negara yang memiliki banyak tempat wisata yang memukau, sama memukaunyadengan tempat wisata di Inggris, yang merupakan negara tetangga Skotlandia. Edinburgh yang merupakan ibukota dari Skotlandia memiliki banyak bangunan menakjubkan yang bergaya abad pertengahan. Sama seperti tempat wisata di Aberdeen yang wajib dikunjungi, Edinburgh ini juga penuh dengan tempat wisata yang wajib anda kunjungi. Selain itu kotanya juga sangat bersih, termasuk ketika musim dingin. Lalu, ada apa lagi di Edinburgh? Simak uraian di bawah ini yang merupakan Tempat Wisata di Edinburgh :

Edinburgh Castle

Exif JPEG

Obyek wisata Edinburgh, Skotlandia, yang pertama bernama Edinburgh Castle. Tempat ini merupakan ikon dan bangunan yang paling penting di Edinburgh bahkan Skotlandia. Nah, tempat yang satu ini ada di atas Bukit Castle Rock yang tingginya sekitar 130 meter di atas permukaan air laut. Pembangunan Edinburgh Castle yang terbuat dari bebatuan gunung berapi ini dimulai pada abad ke-12 oleh King David I yang merupakan putra termuda dari Raja Skotlandia yang sebelumnya bernama King Malcolm III dan Queen Margareth. Benteng itu jika diperhatikan tampak kokoh dan kuat.

Jika anda berencana untuk mengunjungi istana ini, akan ada banyak pemandu yang siap mengantar anda jalan-jalan menyusuri istana ini sekaligus memberikan beragam sejarah mengenai istana ini. Kerennya, para pemandu di istana ini dapat menguasai bermacam-macam bahasa mulai dari Bahasa Jepang, Russia, Jerman, Inggris, Perancis, Italia, Spanyol, bahkan Mandarin. Jadi, anda bisa memilih mau dipandu dengan bahasa apa.

Royal Mile

royal mile

Inilah jalanan teramai dan paling banyak dikunjungi wisatawan yang ada di Edinburgh, Skotlandia. Ya, lokasinya memang strategis. Penghubung dua bangunan penting, Edinburgh Castle di Castle Rock dengan Holyrood Palace di Old Town. Jalan Royal Mile sekarang terbagi jadi beberapa jalan raya, antara lain adalah Lawnmarket, Castlehill, Canongate, High Street, sampai dengan Holyrood.

Disini anda dapat melakukan berbagai macam aktivitas karena begitu strategisnya tempat ini. Jika anda menginginkan suatu atraksi, anda dapat mengunjungi The Real Mary King’s Close atau Scottish Storytelling Centre. Atau jika anda ingin memanjakan mata anda dengan kemegahan arsitektur bangunan di Royal Mile ini, anda bisa melihat gereja St.Giles’ Cathedral. Jika anda ingin menikmati kuliner, Royal Mile memiliki banyak tempat makan dan minum yang strategi dengan tempat yang nyaman. (Baca Juga: Tempat Wisata di Paris Yang Wajib Dikunjungi)

Royal Edinburgh Military Tatoo

royal edinburgh military tattoo

Di Royal Edinburgh Military Tatoo ini, anda dapat menyaksikan suguhan atraksi tari, musik, dan demonstrasi yang dilakukan oleh The Royal Army serta partisipan lainnya yang latar belakangnya adalah Edinburgh Castle. Karena acara ini hanya digelar setahun sekali, maka pastikan anda telah mengetahui jadwal pertunjukan ini terlebih dulu sebelum berkunjung kemari.

Selain atraksi musik, tari, dan demonstrasi, ada pula flying gunners motorcycle, beratus-ratus peniup pipe dan penabuh drum, dancer diiringi musik orchestra, permainan lampu dan kembang api sampai dengan horse artillery. Pastikan anda semua menyaksikan atraksinya sampai selesai, karena jika anda pulang sebelum atraksinya selesai anda akan menyesal. Pada bagian penutupnya, perpaduan antara nyanyian dengan suara yang lantang, perta kembang api nan megah, hingga parade pesawat jet militer diangkasa dipastikan akan membuat anda berdecak kagum. Memang semua atraksi di event ini sangat menarik dan spektakuler.

Calton Hill

View of the castle from Calton Hill at sunset

Tempat yang satu ini merupakan sebuah bukit yang sering dijadikan lokasi foto dan obyek lukisan. Hal ini dikarenakan pemandangan yang indah dengan banyak monumen di sekitarnya. Diantaranya adalah Nelson Monument dan juga National Monument. Nah, dari bukit ini pula anda dapat saksikan indahnya Kota Edinburgh, Kota Leith, sampai dengan cantiknya aliran laut Firth of Forth (bagian utara).

Karena akses pemandangannya yang cantik, bukit ini akan selalu ramai dikunjungi jika terdapat pesta kembang api yang biasanya diadakan di Edinburgh Castle. melalui bukit ini, anda akan meilihat salah satu pemandangan terindah di dunia yang paling menakjubkan. Untuk menuju ke tempat ini tidak sulit aksesnya. Secara keseluruhan, hanya dibutuhkan waktu selama 5 menit saja dari dasar bukit ini untuk mencapai puncak bukit Calton Hill ini. masyarakat Edinburgh menganggap bahwa lokasi ini sangat berpengaruh besar bagimereka. Bahkan ketika ada investor yang ingin membuat sebuah taman bermain di bukit ini, masyarakat Edinburgh menolak secara keras sehingga proyek taman bermain tersebut dibatalkan.

National Museum of Scotland

national museum edinburg

Wisata selanjutnya adalah National Museum of Scotland. Museum ini mempunyai beragam koleksi yang sangat lengkap. Tak heran, sih, karena sejarahnya yang panjang dan National Museum of Scotland juga merupakan gabungan dari beberapa museum.

Beberapa koleksi yang menarik antara lain adalah barang antik dan budaya Skotlandia, barang-barang sains dan teknologi, sampai dengan koleksi sejarah alam dan barang kebudayaan dunia, semua dapat anda saksikan di sini. Museum-museum di Skotlandia khususnya di Edinburgh juga telah disesuaikan dengan selera anak muda lho sehingga museum merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk anak muda.

Holyrood Palace

holyrood palace

Lokasi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan saat berkunjung ke Edinburgh selanjutnya adalah Holyrood Palace. Istana yang merupakan kediaman Raja serta Ratu sejak abad ke-16 ini sekarang difungsikan untuk tempat acara seremonial kerajaan. Pendirian Holyrood ini bermula saat pemerintahan King David I abad ke-12. Letaknya berseberangan dengan Edinburgh Castle.

Saat mengunjungi Holyrood Palace ini, anda akan dapat menikmati beragam karya seni yang terpampang disetiap sudut istana ini. Secara spesifik, anda dapat melihat 28 mahakarya dari bagian Royal Collection. Karya-karya yang dianggap masterpiece itu merupakan karya Gerrit Dou, Gabriel Metsu, Jan Steen, dan karya terkenal ciptaan Johannes Vermeer yang berjudul A Lady at the Virginal with a Gentlemen. Selain itu, di istana ini anda juga dapat melihat taman khas istana yang biasanya hanya anda lihat di film-film

sponsored links

Writers Museum

Writer's Museum1.JPG

Museum ini menyimpan beragam benda yang pernah digunakan oleh penulis-penulis Skotlandia yang fenomenal, seperti, Sir Walter Scott, Robert Burn, sampai dengan Robert Louis Stevenson. Ketiganya merupakan penulis besar yang mewakili penulis-penulis pada masanya. Nah, museum ini menempati sebuah rumah tua di Lawnmarket yang dikenal dengan nama Lady Stairs House.

Beberapa koleksinya adalah portrait, benda pribadi, serta hasil karya para penulis besar Skotlandia. Secara spesifik, disini anda juga akan melihat mesin print yang digunakan Sir Walter Scott untuk menerbitkan novel Waverley-nya, kemudian terdapat foto diri Robert Burn, dan kail pancing dan cerutu favorit Robert Louis Stevenson. Arsitektur bangunan yang indah, melengkapi cantiknya deretan bangunan sepanjang rute Royal Mile.

Scott Monument

Scott-Monument-39065

Monumen yang tujuan pembangunannya adalah untuk mengenang Sir Walter Scott ini dari bagian atas monumen dapat tampak keindahan Edinburg dan segala aktivitas kota. Tak jauh dari monumen terdapat sebuah museum kecil dimana anda dapat mengetahui sejarah pendirian monumen dan juga mengenal lebih dekat Sir Walter Scott, seorang penulis asli kelahiran Edinburgh yang sangat terkenal berkat novel sejarahnya.

Dengan berkunjung ke tempat ini, anda akan dapat melihat patung-patung dari 64 karakter yang terdapat dalam buku ciptaan Sir Walter Scott. Selain itu, anda juga dapatt menikmati foto-foto pada masa-masa pertama monumen ini dibangun pada tahun 1840-an silam. Di dasar monumen ini, anda juga bisa melihat patung Sir Walter Scott bersama anjing kesayangannya yang bernamaMaida. Patung tersebut merupakan mahakarya seorang pemahat bernama Sir Jon Steell

Scottish Parliament

Scottish-parliament

Edinburgh adalah kota yang dinobatkan sebagai UNESCO World Heritage pada tahun 1995. Jarak antara tempat wisata yang satu dengan lainnya di sini begitu dekat. Perlu diketahui bahwa nama jalan di sini, tiap anda berjalan beberapa menit, sudah berubah. Jadi agak susah, ya, kalau menghafalnya hehe …. Menikmati keindahan kota, lebih disarankan berjalan kaki daripada memakai kendaraan (karena jarak lokasi yang berdekatan tadi). Kalau berjalan kaki anda bisa menikmati keindahan bangunan dengan arsitektur yang menawan.

Royal Mile yang menawarkan beragam souvenir khas Skotlandia (tartan, kilt, bagpipes), restoran, dan juga café. Yang menarik perhatian salah satunya adalah Scottish Parliament. Bangunan yang berbeda dengan gedung-gedung di sekitarnya yang punya atap tinggi meruncing. Scottish Parliament justu adalah bangunan berbentuk daun dengan biaya pembangunan mencapai sekitar 6 trilyun rupiah. Bangunannya sungguh indah dengan rerumputan yang  ditanam menghiasi bagian atap.

Museum of Childhood

museum of childhood

Museum yang berdiri pada 1995 ini adalah sebuah ruko dengan 3 lantai dan didirikan oleh seorang warga asli bernama Patrick Murray. Memiliki koleksi lebih dari 60.000 mainan dengan masing-masing mainan mengikuti revolusi. Seperti sepeda masa lampau sampai dengan masa kini, boneka puppet yang dulu sangat populer sampai sekarang zamannya Barbie dan Ken. Untuk berkunjung kemari, anda tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Bernostalgia ke masa kecil yang menyenangkan.

Berkunjung ke tempat ini, anda akan melihat begitu banyak game maupun mainan dari generasi ke generasi. Saat berkunjung ke museum ini, pastikan bahwa anda mengunjungi rumah bonekanya yang terkenal bernama The Stanbirg Eorl. Rumah boneka ini memiliki total 21 ruangan yang berisi total 2000 items. Orang tua yang mengajak anak kecil mereka dijamin akan tersenyum sendiri bernostalgia dengan masa kecil mereka ketika mengunjungi museum ini, mengingat bahwa museum ini memili mainan dari generasi ke generasi.

The Elephant House

elephant-house

Ini merupakan sebuah café yang pernah didatangi J.K Rowling untuk meminum kopi sambil mencari inspirasi karyanya. Dan di bagian depan juga tertulis ‘birthday place of Harry Potter’.The elephant house sendiri merupakan sebuah cafe yang didirikan pada tahun 1995 silam, dan kafe ini telah menancapkan namanya sebagai salah satu kafe terbaik di kota Edinburgh.

Tampaknya, cafe ini memiliki sentuhan keajaiban karena di kafe inilah banyak penulis-penulis yang dapat menemukan inspirasi akan hasil karyanya. Selain J.K. Rowling yang berhasil menemukan inspirasi cerita untuk novelnya pada awal karirnya sebagai penulis di cafe ini, terdapat pula Ian Rankin, penulis novel bestseller mengenai kisah Inspektur John Rebus dalam memecahkan berbagai kasus mistei. Ian Rankin menemukan inspirasi cerita novelnya ketika ia menyeruput kopi di tempat ini. Selain itu, ada pula Alexander McCall-Smith yang merupakan penulis novel berjudul The No.1 Ladies’ Detective Agency. Jadi, anda para penulis yang ingin mencari inspirasi cerita, mungkin anda harus berkunjung ke The Elephant House ini dan rasakan keajaibannya.

Sponsors Link

St Giles’ Cathedral

St. Giles Cathedral

Ini merupakan bangunan dengan gaya gotik dan atap runcing berkesan vintage. Walau tempat ini tak lagi difungsikan sebagai gereja, akan tetapi para wisatawan banyak yang berkunjung ke dalam untuk berfoto. Yang unik dan menarik adalah 4 pilar cokelat yang menopang gereja ini diperuntukkan untuk Santo Giles, seorang santo terkenal di Edinburgh yang hidup pada abad pertengahan.

Saat anda mengunjungi gereja ini, anda dapat menjumpai banyak sekali pertunjukkan musik. Bahkan, ada beberapa diantara pertunjukkan musik di gereja ini yang dapat anda hadiri secara gratis. Selain itu, di tempat ini anda juga dapat membeli pernak-pernik maupun souvenir, ataupun buku karena anda akan menumpai banyak sekali toko di sekitar tempat ini. Atau, anda yang ingin berkeliling gereja ini juga akan diakomodasi seorang tour guide yang akan menginformasikan kepada anda sejarah-sejarah gereja ini. Jadi, disini anda akan mendapatkan wisata edukasi sekaligus juga wisata religi dan temukan manfaat wisata religi tersebut. (Baca Juga: Tempat Wisata di Roma Yang Wajib Dikunjungi)

Menikmati Kuliner Haggis dan Pembacaan Puisi

haggis

Kuliner khas dari Skotlandia bernama haggis. Ini adalah makanan yang bahan pembuatannya dari jeroan domba, jantung, paru, hati, dan lainnya. Jeroan itu dihaluskan kemudian dibentuk bulat dan dimasak pakai bawang bombay, lemak sapi, oatmeal, lada, garam lalu direbus.

Teman makan haggis ini adalah sayuran dan mashed potato (kentang lumat). Biasanya sebelum menyantap haggis, akan ada ritual unik berupa pembacaan puisi berjudul Address to a Haggis karya Robert Burns tahun 1786. Oh ya, ketika anda berkunjung ke Edinburgh, jangan lupa untuk mampir ke toko bernama Macsween. Macsween ini merupakan produsen Haggis yang paling terkenal di kota Edinburgh lho. (Baca Juga: Tempat Wisata di Filipina Paling Populer dan Wisata Kuliner Khas)

Princess Street

princess

Sehari-harinya tempat ini menjadi pusatnya kesibukan kaum urban Edinburgh. Lokasi perayaan tahun baru pun biasa dilakukan di sini. Di sini, anda akan menemukan berbagai macam lokasi yang dapat memenuhi kebutuhan anda. Bagi anda yang sangat hobi shopping, maka anda dapat berbelanja di beberapa tempat seperti Boots, BHS, Debenhams, House of Fraser, Marks & Spencer, Topman, dan Topshop.

Selain itu, bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara yang berniat mengunjungi Edinburgh dan tempat wisata di Edinburgh, mungkin Princess Street ini merupakan pilihan yang tepat untuk mencari hotel dikarenakan disepanjang jalan ini, anda akan menemui banyak sekali hotel seperti Caledonian Hotel, North British hotel, dan old Waveley Hotel.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 04th, May 2016 / 04:36 Oleh :
Kategori : Skotlandia