Sponsors Link

13 Tempat Wisata di Portugal yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Portugal adalah salah satu negara yang kita bisa temukan di benua Eropa dan memiliki nama latin Lusitania, sedangkan nama resmi negara ini sendiri adalah Republik Portugal. Perlu diketahui bahwa Portugal adalah sebuah negara yang sangat maju karena kondisi perekonomian, politik dan sosialnya sangat luar biasa stabil, bahkan dapat dipertahankan dengan baik bersama dengan tingginya Indeks Pembangunan Manusia. Lalu, seperti apa tempat wisata di Portugal yang dianggap sebagai negara maju ini?. Berikut adalah tempat wisata di portugal yang merupakan tempat wisata di Eropa :

ads

Douro

DouroMenjadi salah satu sungai utama dari Semenanjung Iberia, Douro adalah lokasi wisata yang sangat pas untuk dikunjungi untuk mendapatkan kesejukan dan ketenangan jiwa. Air sungainya mengalir dari sumbernya yang tidak jauh dari Duruelo de la Sierra yang ada di provinsi Soria, dan diketahui bahwa di lokasi ini terdapat 15 bendungan yang pembangunannya berada di atas Douro.

Fungsi dari bendungan tersebut pastinya untuk mengatur aliran air serta mengeluarkan listrik tenaga air. Berwisata alam di sungai terpanjang ke-3 setelah Ebro dan Tagus di Semenanjung Iberia dengan panjang 897 kilometer ini tidak akan membuat Anda menyesal.

Lisbon Oceanarium

Lisbon OceanariumLokasi wisata satu ini adalah salah satu yang terbaik untuk dikunjungi bersama keluarga selama di Portugal. Inilah akuarium indoor paling besar yang ada di Eropa dan terletak di Lisbon, tepatnya di Parque das Nacoes. Sesampainya di tempat ini, Anda akan dikejutkan dengan desain arsiketurnya yang begitu konseptual dan memang dibangun seperti struktur dan bentuk pesawat. Peter Chermayeff adalah yang mendesain bangunan oceanarium ini dan ia jugalah yang terkenal sebagai desainer dari bangunan Osaka Oceanarium (salah satu akuarium terbesar di dunia).

  • Lisbon Oceanarium buka dari jam 10 pagi sampai 8 malam di waktu musim panas, sementara pada musim dingin akan muka dari jam 10 pagi sampai 7 malam saja.
  • Pengunjung dikenakan biaya masuk sebesar EUR 13 atau sekitar Rp 188 ribu. Pengunjung anak-anak dengan usia antara 4-12 tahun serta lansia berumur 65 tahun ke atas dikenakan EUR 9 atau sekitar Rp 130 ribu. Sedangkan untuk anak-anak berusia 3 tahun ke bawah digratiskan.

Jeronimos Monastery

Jeronimos MonasteryNama lain dari Biara Jeronimos ini adalah Biara Hieronymites dan merupakan sebuah biara Ordo Saint Jerome yang lokasinya tidaklah jauh dari pantai paroki Belem. Wisatawan yang baru akan puas setelah berwisata bangunan, wajib untuk datang ke tempat ini karena selain karena memang menjadi salah satu contoh bangunan dengan gaya Gothic Manueline, lokasi ini pun telah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO pada tahun 1983.

  • Jeronimos Monastery buka hanya dari hari Selasa sampai dengan Minggu dari jam 10 pagi sampai 5 sore saja.
  • Untuk harga tiket single, pengunjung dikenakan EUR 10 atau sekitar Rp 145 ribu.
  • Untuk tiket kombinasi di mana ada lebih dari satu spot di kawasan biara ini yang ingin dikunjungi, seperti halnya Tower of Belem, Museum of Popular Art, National Archaeological Museum, Coach Museum, dan National Museum of Ethnology, maka siapkan uang sebesar EUR 12-25 atau sekitar Rp 174-362 ribu.

Clerigos Church

Clerigos ChurchBerlokasi di kota Porto, gereja Baroque ini memiliki sebuah menara lonceng yang tinggi dan paling menarik perhatian wisatawan. Menara tersebut dikenal dengan nama Torre dos Clerigos dan dapat terlihat dari beragam sudut kota di manapun Anda berada menjadikan menara ini salah satu simbol khas. Gereja ini sudah eksis sejak dari abad ke-18 dan dirancang khusus oleh Nicolau Nasoni yang diperuntukkan bagi para rohaniwan.

  • Clerigos Church buka setiap hari dari jam 9 pagi sampai dengan jam 7 malam.
  • Pengunjung bisa masuk ke dalam gerejanya secara gratis, namun untuk menuju ke menaranya dikenakan sekitar EUR 1 atau Rp 15 ribu.

Porto Cathedral

Porto CathedralKatedral Porto bisa dikunjungi di pusat sejarah kota Porto dan alasan mengapa situs ini begitu wajib disambangi adalah karena katedral ini termasuk dalam monumen kota paling tua dan menjadi monumen Romawi paling penting di Portugal. Katedral paling anyar telah mengalami konstruksi di tahun 1110 dan selesai pada abad ke-13 di bawah perlindungan Uskup Hugo. Berwisata ke kawasan ini akan memberikan Anda kesempatan mengabadikan bangunan katedral dengan teras Baroque-nya serta jendela bergaya Romawi yang cantik.

  • Porto Cathedral buka setiap hari dengan dua waktu operasional, yakni dari jam 9 pagi sampai 12 siang, lalu dilanjutkan kembali buka dari jam setengah 3 siang sampai 7 malam.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk masuk ke katedral ini.
    ads

Madeira

MadeiraWisatawan dengan hobi hiking tidak boleh melewatkan Madeira karena pulau yang dipenuhi dengan pegunungan, fauna, flora dan hutan ini sangat cocok sebagai tempat ber-hiking ria. Kayanya ekosistem dan luasnya hutan Luurisilva rupanya menjadikan spot ini masuk ke dalam jajaran warisan dunia UNESCO. Para pengunjung yang suka berenang juga bisa melakukan aktivitas ini tepat di sisi utara Madeira yang berupa kolam air garam vulkanik dan diketahui asalnya adalah dari Porto Moniz.

Pulau ini juga memiliki pantai yang sangat atraktif, Anda pasti puas karena bisa menyelam serta menyaksikan aksi ikan paus dan lumba-lumba. Sayangnya, pulau ini tidak direkomendasikan bagi Anda yang membawa anak-anak karena pasirnya tidaklah halus dan justru berupa kerikil. Jadi, alangkah baiknya untuk tidak mengajak anak-anak berlibur di pulau ini walau memang sangat menarik untuk tidak dilewatkan.

Marvao

MarvaoPortugal menawarkan sebuah desa yang memiliki tinggi sekitar 900 meter dari permukaan laut. Berdiri di atas bukit, bangunan-bangunan yang ada di desa ini rata-rata memiliki gaya bangunan ala abad pertengahan sehingga sangat layak untuk diabadikan sesampainya Anda di desa ini.

Ada pula sebuah kastil abad ke-13 yang menjadikan desa ini makin unik dan istimewa. Negara Portugal yang luas, berikut gunung Estrela dan negara Spanyol bisa terlihat dari desa Marvao ini seraya menikmati makanan buatan warga lokal.

Casa de Musica

Casa de MusicaBangunan yang digunakan untuk konser musik ini adalah gedung besar berlokasi di Porto. Tempat ini juga dikenal sebagai tempat lembaga kebudayaan yang bangunannya dirancang oleh Rem Koolhaas seorang arsitek Belanda. Casa de Musica kini dianggap sebagai salah satu ikon kota Porto dengan sebuah auditorium besar yang bisa menawarkan 1.300 kursi. Inilah satu-satunya gedung konser yang memiliki dua dinding yang dibuat dari kaca.

  • Gedung konser, kantor pelayanan tiket dan toko buka setiap hari; di hari Senin sampai dengan Sabtu buka dari jam setengah 10 pagi hingga 7 malam, sedangkan pada hari Minggu dan hari libur lainnya buka dari jam setengah 10 pagi hingga 6 petang saja.
  • Restoran pun tersedia di gedung konser ini dengan jadwal buka dari Senin sampai Kamis dari jam setengah 1 siang sampai 3 sore, kemudian dilanjutkan dari jam setengah 8 pagi sampai 11 malam. Sementara di hari Jumat dan Sabtu waktu operasional siang hari sama, namun akan buka lebih lama di malam hari hingga jam 12 malam.

Guimaraes Castle

Guimaraes CastleCobalah untuk datang ke kota Guimaraes yang ada di sebelah utara Portugal untuk menemukan Guimaraes Castle yang merupakan istana abad pertengahan utama di kota ini. Istana tersebut sudah terbilang tua karena pembangunannya dilakukan pada abad ke-10 di bawah perintah dari Mumadona Dias.  Kastil ini memang terbilang cukup terisolasi dengan berada di sebuah bukit kecil yang tercipta secara alami dari batu granit serta taman hutan kecil yang mengelilinginya. Namun, para wisatawan boleh tenang karena ada sejumlah jalur pejalan kaki yang bisa ditempuh demi mengakses lokasi ini.

  • Guimaraes Castle buka dari hari Selasa hingga Minggu dengan jam operasional mulai dari 10 pagi sampai 6 petang.
  • Guimaraes Castle biasanya tutup di hari Senin dan hari-hari libur tertentu lainnya, seperti pada Hari Paskah Minggu, 1 Januari, 1 Mei, dan 25 Desember.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya untuk bisa masuk ke dalam kastil.

Azores

AzoresSatu lagi pulau dengan panorama yang indah di Portugal, yaitu Azores. Letusan gununglah yang akhirnya menciptakan pulau menakjubkan ini dan itupun sudah dari beberapa ratus tahun yang lalu. Ada 9 pulau yang terbentuk dan masih berada dalam wilayah yang sama dengan Azores. Pulau Villa Franka do Campo adalah yang paling populer di wilayah ini, jadi wajib bagi Anda untuk menyambangi tempat ini.

Bukan hanya pemandangan lautnya saja yang sempurna, melainkan danau dan lagunanya pun begitu spektakuler, bahkan wisatawan pun juga akan dapat menjumpai atraksi lumba-lumba di laut berikut paus liar. Ada sebuah danau di pulau Azores yang bentuknya menyerupai lingkaran sempurna dan terkoneksi ke laut secara langsung. Yang membuat danau ini dapat terhubung dengan laut adalah celah Baqute namanya. Sewalah perahu untuk bisa sampai ke pulau ini dan nikmati aktivitas snorkeling, menyelam, berenang, dan juga berjemur santai di pulau ini.

Vicentin Beach

Vicentin BeachPortugal juga mempunyai sebuah wisata pantai yang seru untuk dinikmati, yaitu Pantai Vicentin yang akan sangat ramai dipadati wisatawan khususnya pada saat musim panas tiba. Untuk menjangkau pantai ini tidaklah sulit dan ketika sampai di pantai ini, Anda akan menemukan sejuta keindahan yang tak terungkapkan.

Mulai dari pemandangan sejumlah tebing batu di mana ombah seolah-olah melukis di sana dengan mengikisnya pelan-pelan hingga menikmati makanan lezat di area pantai sambil diiringi tarian dan musik.

Sponsors Link

Sintra

SintraKota ini adalah salah satu kota di Portugal yang memiliki situs warisan dunia UNESCO, yaitu sebuah kastil bernama Palacio National da Pena. Kota ini pun terkenal akan atmosfer dan suasananya yang romantis karena terdapat bangunan-bangunan cantik yang desain arsitekturnya mengombinasikan gaya Neo-Renaissance, Neo-Manueline, Neo-Islamic, dan Neo-Gothic yang betul-betul luar biasa. Segala barang-barang kuno pun masih tersimpan dan terawat dengan baik hingga saat ini, seperti peralatan makan dan sejumlah lukisan.

Tidak ketinggalan, ada pula beberapa kastil lain selain dari Palacio National da Pena yang bisa ditemukan di Sintra, yakni Castelo Mauros yang pembangunannya sudah dari abad ke-8 sampai ke-9. Walau sudah terbilang sangat tua, bangunan kastil masih kelihatan megah dan kokoh dan bagi yang ingin mendapatkan pemandangan kota Sintra secara menyeluruh, boleh menuju ke atas kastil.

Kastil lainnya yang tidak patut dilewatkan adalah Palace of Monteiro the Millionaire yang memiliki nama lain Quinta da Regaleira. Terdapat lima lantai di dalam bangunan kastil ini dan lebih indahnya lagi, Anda akan dapat menemukan cantiknya kastil karena pemandangan perbukitan serta taman turut mengelilinginya. Spot lainnya yang bisa ditemukan di kastil ini adalah terowongan yang menjadi penghubung sejumlah tempat di kastil ini dan juga sebuah danau menawan.

Roman Temple of Evora

Roman Temple of EvoraTempat wisata ini adalah bisa juga dikatakan berupa kuil atau candi dan memiliki nama lain yang terkenal, yaitu Templo de Diana. Bangunan ini bukanlah bangunan baru, melainkan merupakan sebuah bangunan kuno yang ada di kota Evora. Dianggap sebagai salah satu landmark yang sangat penting dalam hubungannya dengan peradaban Lusitania dan Romawi dari Evora pada kawasan Portugis, tidaklah heran apabila akhirnya spot satu ini dimasukkan ke dalam klasifikasi situs warisan dunia oleh UNESCO karena menjadi bagian dari pusat sejarah kota juga.

  • Roman Temple of Evora buka setiap hari selama 24 jam, maka sangat fleksibel untuk merencanakan kunjungan ke tempat ini.
  • Pengunjung tidak dikenakan biaya masuk sama sekali untuk bisa masuk dan melihat-lihat di kawasan kuil ini.

Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Portugal yang sangat populer akan bintang sepak bolanya, yaitu Christiano Ronaldo. Melihat begitu banyaknya obyek yang bisa dinikmati, semakin tak sabar bukan untuk datang dan menghabiskan waktu liburan di negara Portugal?

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 19th, March 2016 / 02:08 Oleh :
Kategori : Portugal