14 Tempat Wisata di Aachen Jerman yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Temen-temen ada yang tau kota Aachen di Jerman? Ada yang masih ingat mantan Presiden kita nggak Bapak BJ Habibie orang Indonesia yang pertama kali berhasil membuat pesawat terbang. Yap! Bapak B.J Habibie adalah alumni dari RWTH (Rheinisch-Westfälische Technische Hochschule) Aachen (Universitas Tehnik Aachen), Jerman Barat pada tahun 1955. Pada tahun 1965, Habibie menyelesaikan studi S-3 nya dan mendapat gelar Doktor Ingenieur (Doktor Teknik) dengan  indeks prestasi summa cum laude. Diperkirakan ada sekitar 2500 Pelajar Indonesia yang belajar di RWTH, yang terkenal sebagai Universitas Tehnik terbesar dan salah satu dari Universitas tertua di Eropa dengan reputasi yang sangat baik, disamping terkenal, biaya kuliah di RWTH juga tidak mahal.

Namun penulis disini tidak akan menceritakan tentang Habibie atau Universitas Tehnik Aachen, penulis hanya ingin memberikan informasi mengenai tempat wisata yang berada di Aachen. Aachen merupakan sebuah kota di Jerman Barat. Aachen berada tak jauh dengan perbatasan dua negara di Eropa Barat lainnya, yakni Belanda dan Belgia.

Ini dia obyek tempat wisata aachen jerman :

  1. Dom Aachen

Dom AachenDibangun atas perintah salah satu kaisar ternama, Karl Yang Agung, Dom adalah lambang utama kota Aachen. Kubahnya berbentuk segi delapan dan selesai dibangun kira-kira tahun 800 masehi. Bangunan ini, bersama Domschatz menjadi cagar budaya kedua di dunia yang ditetapkan oleh UNESCO.

Keren banget dengan segala keindahan dan keunikan yang berada di dom achen ini, sehingga tak heran jika banyak para wisatawan yang ingin datang berkunjung ke tempat wisata ini dan gedung ini tak pernah sepi dengan dengan pengunjung.

  1. Balai Kota Bersejarah

Balai Kota Bersejarahkalau temen-temen sudah ada yang pernah ke Aachen, wajah balai kota Aachen sekarang sebenarnya berasal dari pembangunan bertahap berabad lamanya. Menara Granusturm berasal dari jaman Karl Yang Agung (abad 8 masehi).

Di abad 14 warga Aachen mendirikan bangunan balai kota bergaya gotik di tempat yang sama. Antara abad 17  dan 18, bangunan ini direnovasi menjadi sebuah istana bergaya baroque sehingga banyak para wisatawan yang ingin berkunjung ke balai kota bersejarah ini karena didalamnya sudah menjadi tempat yang bagus dan banyak di sukai oleh para pengunjung.

  1. Grashaus

GrashausDi Fischmarkt berdiri Grashaus, dimana fasade-nya berasal dari balai kota tertua kota ini, yakni dari tahun 1267 masehi. Setelah balai kota baru berdiri tahun 1349 masehi, Grashaus berfungsi sebagai pengadilan. Setelahnya menjadi sebuah penjara.

Tahun 1886, gedung ini dibangun menjadi bentuknya sekarang dan beralih fungsi sebagai kantor arsip kota dan banyak sekali para pengunjung yang datang kesini untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan, dan tak heran jika gedung ini tidak pernah sepi dengan pengunjung..

  1. Haus Lowenstein

Haus LowensteinBangunan di daerah Markt ini mulai dibangun bersamaan dengan balai kota, dan diperkirakan rampung tahun 1345. Selain Dom dan balai kota, gedung bergaya gotik ini adalah salah satu yang bertahan dari kebakaran kota tahun 1656.

Saat ini gedung antik ini menjadi pusat arsip dan dokumentasi karnaval. Bngunan ini pun sudah di desain seindah mungkin agar para pengunjung tidak pernah bosan jika sudah berkunjung ke tempat wisata ini. Dan tempat ini pun tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan yang membuat tempat ini tidak pernah sepi pengunjung.

 5. Elisenbrunnen 

Elisenbrunnen Bangunan Elisenbrunnen terdiri dari ruang terbuka berpilar di bagian depan dan masing-masing satu pavilyun dengan ruangan di kiri kanannya. Dari dua mata airnya, mengalir air hangat berkadar belerang tinggi hingga 52°C. Sebelum hancur akibat perang, di rungg bawah tanah air panas ini dikumpulkan untuk diminum. Sebab dianggap berkhasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit.

Tempat wisata ini juga tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan karena hanya ingin melihat keunikan yang ada didalam bangunan ini. Dan jika anda sedang berada di aachen jerman wajib untuk mengunjungi tempat wisata ini.

sponsored links

6. Katedral Aachen

Katedral AachenGereja Katedral Aachen, merupakan bangunan sejarah penting bagi orang Eropa yang telah melahirkan Raja-Raja Prancis di abad pertengahan. Gereja Katedral Aachen didirikan oleh Charlemagne yang menyimpan banyak peninggalan berupa arsitektur emas menghiasi gereja Katedral. Inti bangunan ini dikenal sebagai bangunan bersejarah yang paling terawat dari masa dinasti Karolingia dan pada 1978 merupakan bangunan bersejarah Jerman pertama yang masuk dalam daftar warisan budaya dunia UNESCO.

Di Katedral Aachen Kaisar Karl yang Agung dimakamkan dan di kapelnya sampai tahun 1531 dilaksanakan pemahkotaan hampir semua raja Jerman. Gereja ini ternyata tetap menjadi salah satu gereja tertua di Jerman yang berisi banyak harta dari periode awal abad pertengahan diantaranya Tahta Charlemagne (tahun 800), Altarpiece emas (tahun 1000), Mimbar emas (tahun 1020), Kuil emas Charlemagne (tahun 1215), tempat suci Perawan Maria (tahun 1238), dan koleksi peninggalan menarik lainnya.

  1. Burtscheid

BurtscheidDi daerah Burtscheid, ada tiga bangunan penting berdekatan. Gereja St. Johann-Baptist dan St. Michel, serta Pavilyun Couven di taman Burtscheid. Di pusat kota, selain gedung-gedung kuno diatas, pengunjung disuguhi pula banyak monumen dan air mancur sehingga membuat para wisatawan banyak berkunjung ke tempat wisata ini.

Di depan balai kota ada air mancur tertua kota ini bernama Karlsbrunnen. Dan di Krämerstrasse sebuah monumen air mancur berbahan perunggu bertema anak-anak buatan pematung terkenal Bonifatius Stirnberg di tahun 1975.

  1. Katschhof Aachen

Katschhof AachenKatschhof adalah sebuah public square yang terkenal di kota Aachen. Di Katschhof ini biasanya diselenggarakan berbagai konser serta merupakan tempat diadakannya flea market. Tempat ini terletak di antara katedral dan balai kota.

Karena terkenalnya itulah, tempat ini seringkali dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Aachen untuk menikmati segala suguhan yang ada di tempat ini sambil merefresh diri berkunjung ke tempat wisata ini.

  1. Aachen Town Hall

Aachen Town HallAachen Town Hall adalah balai kota Aachen yang merupakan salah satu tempat yang sebaiknya kamu kunjungi ketika kamu memiliki kesempatan untuk mengunjungi Aachen. Katschhof terletak tidak begitu jauh dari Aachen Town Hall, sehingga kamu dapat berjalan kaki sepanjang 138 meter selama 2 menit. Balai kota Aachen ini dibangun sejak abad ke 16 dan masih tetap berfungsi dengan baik hingga sekarang. Balai kota ini dibangun oleh Charlemagne dan dibangun pada masa Carolingian.

Balai kota ini juga memiliki dua menara yang merupakan sisa-sisa peninggalan kerajaan Charlemagne. Jika sedang tidak ada acara pernikahan atau rapat pemerintahan, kamu dapat memasuki balai kota ini. Bahkan, kamu juga dapat mengunjungi White Room yang merupakan pusat kegiatan di balai kota ini. Balai kota ini dibuka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 6 sore. Harga biaya tiket masuk yang harus kamu keluarkan jika kamu ingin memasuki balai kota Aachen ini adalah sekitar 5 Euro.

  1. International Newspaper

International NewspaperInternational Newspaper Museum ini terletak di Pontstraaye 13, 52062 Aachen. International Newspaper Museum ini dibuka setiap hari pada pukul 10 pagi hingga pukul 6 sore. Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan jika kamu ingin memasuki museum ini adalah sekitar 5 Euro. International Newspaper Museum merupakan salah satu museum yang berpengaruh di bidang media massa saat ini. Di tempat ini, terdapat berbagai macam koleksi mengenai bidang media dari abad 15 hingga 21.

Museum ini awalnya merupakan sebuah tempat yang terdiri dari koleksi media cetak pribadi milik seseorang kelahiran Aachen bernama Oskar von Forckenbeck. Ia mengoleksi berbagai media cetak dari mulai edisi awal hingga edisi terakhir bahkan lengkap dengan edisi ulang tahunnya. Museum ini juga merupakan salah satu museum media cetak terbesar di dunia dengan koleksi setidaknya 200.000 isu dari abad 17 hingga 21. Namun, saat ini koleksi yang tersedia di museum ini kemudian dikembangkan menjadi tidak terbatas hanya pada koran saja, namun mencakup media cetak secara keseluruhan.

  1. Suermondt-Ludwig-Museum

Suermondt-Ludwig-MuseumSalah satu museum seni yang terdapat di Aachen. Museum ini mulai dibangun pada tahun 1877. Museum ini diberi nama Suermondt karena diambil dari nama Barthold Suermondt yang menyumbangkan lebih dari 105 lukisan karyanya kepada Kota Aachen. Sebagian dari lukisan ini juga telah resmi terjual ke Kota Berlin. Museum ini dibuka setiap hari dari pukul 12 siang hingga 6 sore.

Tempat ini dulunya dijadikan sebagai salah satu istana yang terletak di Kota Aachen. Namun, saat ini tentunya telah berubah fungsi menjadi museum seni. Selain lukisan, Suermondt-Ludwig Museum juga mengoleksi berbagai jenis sculpture, serta berbagai macam koleksi lukisan lainnya. Di museum ini, kamu juga dapat menemukan berbagai koleksi seni medieval yang berasal dari Jerman dan Belanda. Beberapa pelukis yang menaruh hasil karyanya di museum ini antara lain adalah Joos van Cleve, Aelbrecht Bouts and Cornelis Engebrechtsz.

Sponsors Link

  1. Dolls Fountain

Dolls FountainDolls Fountain merupakan sebuah air mancur yang berbentuk boneka. Dolls Fountain juga merupakan salah satu air mancur terbaik yang terdapat di kota Aachen. Air mancur ini tergolong unik karena boneka yang menjadi sculpture dari air mancur ini dapat digerakkan.

Dolls Fountain terletak di Kramerstraye, 52062 Aachen, Jerman. Di tempat ini kamu dapat menikmati pemandangan dan berfoto-foto sesuai dengan keinginanmu dan sangat cocok bagi anda yang suka berselfie sehingga tempat ini tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat ini untuk melihat keunikan air mancur yang ada ditempat ini.

 

  1. Fischpuddelchen di Aachen

Fischpuddelchen di AachenFischpuddelchen adalah sebuah air mancur dengan sculpture berbentuk anak kecil yang sedang memegang ikan di kedua tangannya. Fischpuddelchen terletak di Fischmarkt di Aachen. Tempat ini terletak tidak begitu jauh dari Dolls Fountain dan tidak pernah sepi juga dari pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini.

Untuk mencapai Fischpuddelchen dari Doll Fountain, kamu dapat berjalan kaki selama sekitar 207 meter. Atau, apabila diukur dengan menggunakan waktu, perjalanan ini akan memakan waktu sekitar 2 menit. Sculpture ini memiliki warna bronze.

  1. Lindt Chocolate Factory di Aachen

Lindt Chocolate Factory di AachenPabrik cokelat Lindt ini beralamat di Suesterfeldstrasse 130, 52072 Aachen, North Rhine-Westphalia. Menurut Trip Advisor, Lindt Chocolate Factory ini merupakan tempat berbelanja cokelat nomor satu di Aachen. Tempat ini juga dinobatkan sebagai salah satu tempat wajib jika kamu ingin membeli cokelat di Aachen.

Dan bagi kamu pecinta cokelat, mengunjungi Lindt Chocolate Factory ini tentunya dapat kamu masukkan dalam daftar kegiatan wisatamu selama berada di Aachen. Sebagai tips, jangan lupa untuk mempersiapkan uang cash atau kartu debit ketika kamu berbelanja cokelat di pabrik cokelat ini karena mereka tidak menerima kartu kredit. Harga yang ditawarkan oleh pabrik cokelat Lindt ini juga tergolong terjangkau jika kamu bandingkan dengan cokelat Lindt di tempat lainnya.

Nah, keren-keren kan tempat wisata di aachen jerman. Bagi kalian yang ingin liburan atau mengenyam pendidikan di Aachen, Jerman jangan sampai melewatkan tempat-tempat wisata diatas ya…!!

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 21st, March 2016 / 07:12 Oleh :
Kategori : Jerman