Sponsors Link

20 Tempat Wisata di Florence Italia yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Kali ini kita akan menjelajah obyek wisata yang ada di Benua Eropa. Tempat wisata di Eropa memang sanygat layak untuk dikunjungi. Berwisata ke Kota Florence yang ada di Negara Italia juga bukan pengecualian. Tempat wisata di Italia ternyata bukan hanya di kota Milan, lho. Kota yang satu ini terkenal dengan panorama yang menawan, banyaknya museum dan galeri seni, juga bangunan dengan arsitektur menakjubkan. Florence yang dikenal juga dengan nama Firenze pun mempunyai tempat-tempat menarik yang sayang dilewatkan ketika menghabiskan waktu libur di kota itu. Apa sajakah destinasi tempat wisata di Florence italia? Berikut ulasannya.

ads

Galleria degli Uffizi

wifi-galleria-uffizi-firenzeBagi anda yang ingin mengunjungi museum seni paling besar dan paling tua di Florence, anda bisa berkunjung ke Galleria degli Uffizi. Museum yang berada tepat di jantung kota Florence ini dikenal sebagai salah satu museum paling populer di dunia. Mengapa bisa demikian? Karena beberapa koleksi utama yang dapat anda nikmati ketika berwisata ke tempat yang satu ini adalah lukisan buatan Michelangelo, Boticelli, Raffaelo, hingga sang pelukis termasyhur dunia, Leonardo da Vinci. Bangunan ini punya 45 ruangan serta 2 galeri.

Berdasarkan survey yang dilakukan oleh para wisatawan mancanegara, museum Galleria degli Uffizi ini masuk ke peringkat 2 besar daftar museum yang wajib dikunjungi lho di Italia, bersama dengan Museum Vatikan. Ketika anda mengunjungi tempat ini, anda juga akan takjub akan antrian panjang dari para pengunjung museum ini.

Piazza Del Duomo

4999773294_533cf54845_bDestinasi wisata Florence selanjutnya adalah Piazza Del Duomo. Bangunan yang bentuknya persegi panjang, letaknya di pusat kota, ruang publik terpopuler di Florence. Museum ini memiliki 3 lantai dan 25 ruangan yang berbeda. Di sekeliling bangunan ada Cupola Duomo yang merupakan sebuah katedral dengan desain buatan Brunelleschi.

Ketika mengunjungi museum ini, anda dapat memilih 5 macam destinasi tur yang berbeda, masing-masing tur tersebut bernama Baptistery Women’s Gallery and Attick, Duomo’s Terraces, The Sacristy of Cathedral, Restoration Workshop, dan Aglimpse of Florence. Durasi dari setiap tour pun bermacam-macam, mulai dari 30 menit hingga ada yang 1 jam. Wajar di museum ini akan ada banyak destinasi tur, karena museum ini memiliki 750 karya seni antik dan ada yang berusia 720 tahun lho.

Pallazo Vecchio

981397398044Istana ini apabila diperhatikan akan tampak seperti benteng. Bangunan bergaya militer abad 14 dengan menaranya setinggi 308 kaki ini sungguh menawan. Lihat juga keindahan lukisan fresco yang terdapat di dinding masa keluarga Medici berkuasa. Oleh masyarakat Florence, Pallazo Vecchio ini dianggap sebagai simbol kekuatan rakyat karena istana ini dibangun setelah keruntuhan menara Ubert Gibelline.

Di Istana ini, anda akan menjumpai banyak lukisan ornamen di dinding – dinding istana ini. Lukisan ornamen tersebut dilukis langsung oleh Leonardo da Vinci dan Michaelangelo Buonarroti, dua seniman paling termasyur di Florence. Memasuki ke lantai 2, anda akan menemukan berbagai tempat privat lho, contohnya ruangan pribadi Eleonora Toledo hingga ruang belajar privat milik Duchess Bianca Capello, yang dianggap sebagai selir dari Francesco I de’Medici, sebelum akhirnya ia disahkan menjadi istri keduanya. Dari lantai 2, anda juga bisa langsung menuju ke puncak menaranya dimana anda harus melewati 416 anak tangga.Di puncak menara, anda dapat menyaksikan pemandangan kota Florence yang luar biasa.

Museo Nazionale del Bargello

16163-Immagine_scheda_luogo_Museo_del_BargelloBangunan satu ini adalah museum nasional di mana banyak menyimpan koleksi seni dari seniman-seniman terkemuka di Florence. Museum yang sudah ada sejak abad ke-13 ini mempunyai beberapa karya yang berharga. Contohnya adalah lukisan pertama yang dibuat oleh Michelangelo dengan judul Baccus yang dihasilkan pada tahun 1470 hingga lukisannya yang berjudul Apollo di tahun 1530. Selain itu, di museum ini anda juga akan menemukan hasil karya pelukis terkenal seperti Donatello, Ghiberti, Verrocchio Celini, Brunelleschi, Ammanati, Sansovino sampai dengan Giambologna.

Selain menikmati lukisan, di museum ini anda juga dapat menjumpai berbagai macam patung maupun pahatan-pahatan klasik yang dibuat pada abad 14. Uniknya, ada diantara pahatan tersebut yang terbuat dari emas di abad 16 lho. Pahatan-pahatan yang terdapat di museum ini merupakan mahakarya dari Mino de Fiosole dan Pollaiolo.

Oltrarno

oltrarno_ponte_vrcchioKemudian ada Oltrarno, merupakan salah satu perumahan di Florence yang tergolong cantik seperti lukisan dan berhias warna beragam. Pemandangan yang dapat anda saksikan di lokasi yang letaknya di selatan Sungai Arno ini antara lain toko barang-barang antik, banyaknya restoran, sampai dengan jalan setapak yang terbuat dari bebatuan.

Oltrarno ini merupakan daerah yang kaya akan karya seni maupun kebudayaan. Bahkan, disini anda juga bisa membeli karya-karya seni yang antik nan artistik dari para seniman yang dibuat secara hand-made ataupun dengan bantuan teknologi. Kota ini memang sangat membanggakan sisi artistik dari setiap bangunannya. Bahkan jika anda mengunjungi kafe dan restoran-restorannya sekalipun, nuansa artistik pasti akan hadir disana. Lokasi ini dapat menjadi tempat wisata untuk bulan madu yang sangat romantis bukan?

Piazza Repubblica

PH2009060802845Ini adalah ruang publik yang sangat menunjang untuk tempat santai ditemani secangkir espresso dan kue. Suasana di sini membuat para pelancong yang datang seakan-akan dilemparkan ke masa abad-19, di mana banyak terdapat seniman yang berkarya.

Di Piazza della Repubblica ini, anda akan melihat  tempat lapang berbentuk persegi yang dibatasi oleh semacam gerbang nan artistik. Walaupun tempat ini bisa dibilang tidak begitu besar, tetapi disini anda akan melihat berbagai macam kafe yang memiliki sejarah sangat gemilang seperti Caffee Gilli, Caffee Paskowski, dan Caffe della Giube Rosse, dimana kafe-kafe tersebut sering dijadikan tempat berkumpul para seniman papan atas ataupun para penulis terkenal di masa lampau. Selain itu, di Piazza della Repubblica ini anda dapat menikmati alunan lagu dari artis jalanan yang akan menghibur anda dengan suara mereka.

Galleria dell’Accademia

UffiziKembali, obyek wisata berupa galeri yang termasuk ramai dikunjungi wisatawan bernama Galleria dellAccademia. Di sini tersimpan 7 karya spektakuler Michelangelo, termasuk lukisan karya dari seniman masa renaissance, seperti Gozzoli, Benozzo, Perugino, Botticelli, dan masih banyak lagi.

Ketika anda mengunjungi Galleria dell’Accademia, anda akan menemukan berbagai macam hal menarik. Seperti yang telah dijelaskan diatas, disini terdapat lukisan karya seniman legendaris dunia, seperti lukisan berjudul David and Prisoners karya Michelangelo, Rope of Sabines karya Giambologna, hingga Madonna and Child and Madonna of the Sea karya Botticelli. Bagi anda para pecinta musik klasik dan opera, museum ini juga menyimpan koleksi Grand Ducal yang berisi 40 intsrumen klasiknya. Hal menarik lainnya yang dapat anda temukan di museum ini adalah lukisan berjudul Slaves karya Michelangelo yang belum sempat ia selesaikan sepanjang hidupnya.

Giardino di Boboli

giardino-di-boboli-florence-11Taman yang berlokasi di bukit dekat dengan Istana Pitti ini dapat anda masukkan ke dalam list jalan-jalan di Florence. Dari Giardino di Boboli, akan tampak panorama Italia yang masih asli dan tradisional, namun tetap menawan. Menurut cerita yang beredar, dari amphiteater taman ini, sejarah kesenian opera bermula.

Pada dasarnya, Giardino du Boboli ini bukan hanya sekedar taman, namun juga merupakan sebuah museum yang menganut konsep ‘green architectur’ yang sangat luar biasa. Di tempat ini, anda akan menemukan berbagai macam air mancur, pohon oak tua, dan patung-patung klasik yang sungguh mempseona. Brikut spot-spot yang wajib anda kunjungi saat berada di tempat ini:

  • Ampitheatre – Disini anda akan menemukan air mancur yang sangat terkenal bernama “Neptune’s Fountain”, serta patung berjudul Abundance karya Giambologna.
  • Viottolone – Disini anda dapat merilekskan diri dengan duduk-duduk sambil bercengkrama dan membaca buku karena disini akan ada banyak kursi taman. Selain itu, disini anda akan melihat jalan setapak nan menakjubkan dengan dikelilingi oleh tanaman rambat yang rapi. Disini anda juga akan melihat sebuah kolam yang ditengahnya terdapat air mancur berjudul Ocean karya Giambologna.
  • Grotta Grande – Anda dijamin akan terpukau saat mengunjungi tempat ini karena dekorasinya yang terbuat dari stalaktit layaknya berada di gua. Di tempat ini anda akan menemukan berbagai macam karya seni dari Michelangelo, Giambologna, dan Vincenzo de’Rossi.

Ponte Vecchio

Ponte_Vecchio_FirenzePonte Vecchio memiliki arti jembatan tua. Memang ini adalah jembatan tua yang punya arsitektur tahun 1345. Jembatan ini lokasinya di Mercato Nuevo. Dari sini akan tampak panorama klasik Kota Florence. Sekarang di jembatan tersebut banyak ditemukan para pedagang perhiasan sampai dengan fashion, lengkap.

Jembatan ini pada zaman dahulu didirikan untuk menghubungkan Uffizi dengan Palazzo Pitti demi memudahkan komunikasi antara bangsa Medici dengan para pekerja yang menjadi anak buah mereka. Disini terdapat kompleks pertokoan yang telah berdiri sejak abad 13, dimana zaman dahulu kompleks pertokoan ini hanya diperbolehkan untuk menjual perhiasan dan barang bernilai lainnya demi kemakmuran para rakyatnya. Namun, saat ini tidak hanya perhiasan saja yang dijual karena anda dapat menemukan barang fashion disini.

ads

Piazzale Michelangelo

Piazzale_Michelangelo_Florence_ItalyPiazzale Michelangelo merupakan sebuah tempat yang dikhusukan untuk sebagai wahana menikmati pemandangan kota Florence yang didesain pada tahun 1869 oleh arsitek asli Florence bernama Giuseppe Poggi.

Bagi warga sekitar, ini adalah lokasi paling sempurna untuk menikmati keseluruhan kota, apalagi ditambah dengan keindahan sunset yang begitu mempesona. Di sini, anda dapat menyaksikan salah satu pemandangan terindah di dunia. Tempat ini banyak dikunjungi wisatawan. Tak sedikit juga yang menjual souvenir berupa replika patung Michelangelo yang diberi nama David.

Yang unik dari tempat ini adalah Giuseppe Poggi, selain mendesain teras bagi para wisatwan untuk menikmati indahnya pemandangan kota Florence, ia juga membangun sebuah museum yang ia dedikasikan untuk menghormati mendiang Michelangelo. Namun karena suatu alasan yang misterius, bangunan yang awalnya disiapkan untuk menyimpan koleksi karya Michelangelo tersebut berubah fungsi menjadi sebuah restoran.

Cathedral of Santa Maria del Fiore

5c3d11d1-1a2f-4804-ba85-5b6e5f4f26e4Pembangunan katedral yang paling terkenal di Florence ini dimulai pada 1296 dan bangunan diresmikan tahun 1436. Gereja ini dapat menampung sampai dengan 20.000 orang. Di luarnya terdapat patung-patung cantik dan untuk bagian luar ini juga terbuat dari marmer berwarna-warni, merah muda, putih, dan hijau. Pintu-pintunya pun memiliki gaya unik dan rumit.

Cathedral of Santa Maria del Fiore ini dinobatkan menjadi gereja terbesar keempat di dunia, setelah Gereja St. Peter di Roma, Gereja St. Paul di London, dan Gereja Duomo di Milan. Disini, anda akan melihat desain karya seni dari seniman terkemuka dunia, yaitu Giorgio Vasari yang berjudul Last Judgment. Namun, lukisan ini dilukis bukan oleh Giorgio Vasari, namun dilukis oleh muridnya yang dianggap tidak kompeten dalam hal melukis, yaitu Frederico Zuccari. Yang menarik, anda dapat memasuki gereja ini dengan gratis, sehingga jangan heran jika banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Anda hanya perlu membayar jika anda ingin menyewa audio yang berfungsi sebagai pemandu wisata anda di gereja ini.

Baptistery

battisteroSalah satu bangunan tua di Florence yang sudah ada dari abad ke-11 ini di bagian luarnya terbuat dari marmer yang berwarna putih dan juga hijau. Tiga pintu yang bahannya dari perunggu makin mempercantik bangunan tersebut. Untuk dalamnya ada mosaik serta trotoar marmer.

Sama seperti Cathedral of Santa Maria del Fiore, Baptistery ini merupakan salah satu bangunan yang paling berpengaruh di kota Florence. Bangunan ini dibangun untuk menghormati santo pelindung kota Florence, yaitu Santo Yohanes. Di sini anda akan melihat berbagai dekorasi maupun ornamen nan memanjakan mata.

Di pintu bagian Selatan bangunan ini, anda akan menemukan sepasang pintu terbuat dari perunggu yang dibuat oleh Andrea Pisano tahun 1330, dimana di pintu tersebut tedapat 28 lukisan yang menggambarkan kisah hidup Santo Yohanes. Sedangkan di pintu Utara, anda akan melihat pintu yang dibuat oleh Lorenzo Ghiberti yang menggambarkan kisah hidup Yesus Kristus menurut kitab perjanjian baru. Temukan manfaat wisata religi dengan mengunjungi Baptistery ini.

Piazza della Signoria

001Jika anda ingin berkunjung ke jantung dari pusat kota bersejarah, silakan berkunjung ke Piazza della Signoria. Nah, di alun-alun terpopuler di Florence ini ada pameran patung gratis, lho. Patung-patung penting dapat pula anda nikmati, termasuk juga salinan David Michelangelo.

Piazza della Signoria merupakan pusatnya politik kota Florence sejak abad pertengahan. Di sekitar lokasi yang satu ini pun dapat dijumpai banyak restoran dan juga café yang dapat anda pilih untuk mengisi perut. Disini, anda akan menemukan berbagai macam patung yang menggambarkan kisah-kisah perjalanan politik kota Florence, seperti patung berjudul David yang menyimbolkan perjuangan kaum Republik dalam melawan tirani bangsa Medici. Selain itu disini juga terdapat patung berjudul Hercules and Cacus karya Bandinelli yang menggambarkan kekuatan bangsa Medici sesaat setelah mereka kembali dari masa pengasingan.

Pitti Palace

ssPitti Palace atau yang disebut juga dengan Istana Pitti ini merupakan salah satu dari monumen arsitektur terbesar di kota Florence dan memiliki taman yang menawan bernama Boboli Garden. Taman ini ada di sisi bukit belakang Istana Pitti. Taman inilah yang mempercantik Istana Pitti, terlebih ditambah dengan adanya air mancur di taman, bisa pula melihat panorama indah Kota Florence.

Saat ini, anda dapat melihat berbagai macam karya seni dari seniman-seniman bangsa Tuscan di abad 19 dan 20, juga koleksi lukisan dari seniman-seniman Italia pada abad 16 dan 17. Yang menarik lagi, disini anda dapat melihat koleksi-koleksi berharga dari Bangsa Medici lho.

Santa Croce

Great-Accommodation-in-Florence-Piazza-Santa-Croce---Taddeo-169419Selanjutnya ada Santa Croce. Tempat yang satu ini adalah gereja Fransiskan paling besar yang ada di Italia dan mempunyai makam Florentines penting, diantaranya adalah Dante serta Michelangelo. Cappela dei Pazzi yang merupakan karya terkenal Brunelleschi juga dapat ditemukan di Santa Croce. Tempat ini buka mulai hari Senin sampai dengan Sabtu (09.30-17.30) dan Minggu (13.00-17.30).

Selain itu, tempat ini dikenal sebagai tempat pemakaman dari tokoh-tokoh terkemuka kota Florence, seperti Michelangelo, Rossini, Machiaveli, hingga sang termasyhur Galileo Galilei lho. Di gereja ini anda juga akan melihat lukisan-lukisan nan artistik yag menceritakan kisah hidup Santo Fransiskus dan Santo Yohanes dari Evangelista. Di sini anda juga dapat menemukan kisah-kisah berkaitan dengan salib suci atau yang dalam bahasa Italian disebut santa croce.

Wisata Populer Lain di Italia

Colosseum

largeWisata di Italia yang terkenal sampai ke seluruh dunia yang pertama bernama Colosseum. Ini merupakan landmark Kota Roma yang berupa reruntuhan amphiteater. Bangunan di jantung Roma ini, disebut-sebut sebagai sebuah karya terbaik arsitektur Romawi yang jadi lambang kekaisaran Roma.

Memang tempat ini hanya berbentuk reruntuhan saja, akan tetapi tidak membuat wisatawan lokal atau mancanegara mengurungkan niat untuk berkunjung ke tempat wisata Roma, Italia tersebut. (Baca: Tempat Wisata di Roma)

Sponsors Link

Pantheon

PantheonDestinasi wisata Italia yang selanjutnya adalah Pantheon. Ini semula adalah bangunan kuil pada masa kekaisaran Roma, akan tetapi kini telah beralih fungsi menjadi gereja katolik Roma. Bangunan ini memiliki atap segitiga dan bentuk lingkaran. Tiang-tiang di terasnya tinggi, memberinya bentuk khas. Pantheon, bangunan Romawi kuno yang masih sangat terjaga kelestariannya. Tak heran banyak bangunan lain seperti perpustakaan bahkan universitas, meniru model Pantheon yang indah. Terutama untuk bagian terasnya. Ada bangunan lain yang punya nama serupa, sebagai contoh adalah Pantheon yang ada di Paris.

Roman Forum

italy-rome-roman-forum-overviewDalam bahasa Italia lokasi ini dinamakan Fora Romano. Roman Forum, sebuah alun-alun yang disekelilingnya terdapat reruntuhan dari bangunan kuno ini terletak di jantung kota Roma, antara Capitoline Hill dan Palatine Hill.

Lalu, apa fungsi didirikannya Roman forum? Roman Forum didirikan sebagai bentuk penghormatan bangsa Italia atas jasa seorang Julius Caesar. Mengunjungi tempat ini akan membuat anda bernostalgia dengan nuansa-nuansa zaman peperangan di era Romawi kuno yang sering kita lihat di film-film Hollywood lho. Disini terdapat 9 macam pilar reruntuhan yang masing-masing memiliki namanya sendiri, seperti The Temple of Castor and Polux hingga The Temple of Antonius and Faustina.

Trevi Fountain

trevi_2456115bDalam bahasa Italia lokasi ini dinamakan Fontana di Trevi. Sebuah kolam air mancur yang sudah terkenal namanya sampai mancanegara. Air mancur bergaya baroque yang paling besar di Roma. Hal menarik yang dapat dilakukan saat berkunjung adalah melempar koin ke kolam. Konon, jika kita melempar koinnya, segala keinginan akan terkabul. Mengenai koin ini, anda tidak diperbolehkan memungut koin yang telah dilempar ke kolam ini, karena anda bisa dituntut melakukan tindakan kriminal karenanya.

Fakta menarik dari Trevi Fountain ini adalah bahwa ternyata ini merupakan air mancur tertua di Italia, karena air mancur ini didirikan pada tahun 19 Sebelum Masehi lho. Sebagai bahan pembuatannya pun, air mancur ini menggunakan batu travertine, batu yang dipakai untuk membuat Colosseum yang terkenal.

Castle Sant Angelo

22405_rome_castel_sant_angeloIni adalah bangunan kastil kuno berbentuk silindris di sisi kanan Sungai Tiber. Di bangun pada abad ke-2, dulunya bangunan ini merupakan makam untuk Kaisar Hadrian. Akan tetapi lama kelamaan beralih fungsi menjadi benteng, tempat tinggal Paus, penjara dan kini menjadi museum nasional.

Disini, anda akan menemukan berbagai karya seni mulai dari patung-patung pahatan, lukisan-lukisan antik, peralatan-peralatan militer, dan senjata yang digunakan para prajurit di era Medieval. Di lantai atas kastil ini, anda akan menjumpai interior-interior klasik bergaya Renaissance, dan patung-patung dari Sala Paolina.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 09th, May 2016 / 06:45 Oleh :
Kategori : Italia