26 Tempat Wisata di Inggris yang Terkenal

Sponsors Link

Siapa yang tak kenal Inggris, Negara yang terkenal dengan kerajaan serta sepak bolanya ini ternyata juga memiliki banyak sekali objek wisata yang ramai mengundang wisatawan asing untuk datang mengunjunginya. Sudah tidak dapat dipungkiri lagi kalau Inggris juga merupakan salah satu Negara di dunia yang terkenal dengan berbagai macam tempat wisatanya, terutama London yang merupakan ibukotanya. Selama lebih dari 2000 tahun lamanya, London telah menyimpan berbagai macam hal yang menakjubkan dan menghibur bagi para wisatawan asing yang datang berkunjung. Apalagi kalau bukan karena berbagai macam tempat wisata yang memiliki daya tarik dan juga nilai sejarah yang tinggi.

Selain itu, London juga merupakan kota terbesar yang berada di Inggris atau United Kingdom (UK). Wilayah London sendiri terbagi menjadi dua bagian, yaitu City of London dan Greater London. City of London sendiri merupakan pusat kota, sedangkan Greater London merupakan kawasan yang meliputi urban area Middlesex, Essex, Surrey, Kent, dan Hertfordshire. Apalagi saat ini London termasuk salah satu kota modern di dunia yang terkenal dengan art, entertainment, fashion, pendidikan, perdagangan, media, dan tentu yang terakhir ialah pariwisatanya.

Sedemikian sehingga tidaklah heran apabila banyak turis dari berbagai belahan dunia yang datang hanya untuk berwisata ke London, Inggris. Berikut berbagai macam tempat wisata di Inggris, terutama London, antara lain:

  1. British Museum

British MuseumBristish Museum merupakan tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. British Museum merupakan museum tertua di dunia yang memiliki koleksi tidak kurang dari 6 juta koleksi, di mana koleksi tersebut mencakup 1,8 juta tahun peradaban. Contohnya ialah Mummified Cat (mumi kucing) yang berasal dari Abydos dan tercacat sejak 30 SM.

Selain itu, di lantai dasar Anda juga dapat menjumpai Parthenon Sculptures yang merupakan dekorasi luar biasa abad ke-5 SM dari Parthenon yang dibuat pada masa pemerintahan Pericles. Sedemikian sehingga tak heran apabila tempat wisata yang satu ini menyedot banyak sekali wisatawan dari berbagai belahan dunia.

  1. London Eye

London EyeLondon Eye merupakan tempat wisata kedua yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. London Eye merupakan sebuah kincir angina raksasa terbesar kedua yang pernah dibangun di dunia. Kincir raksasa ini terletak di seberang Houses of Parliament, South Bank. Meskipun antrian untuk bisa menaiki wahana ini cukup panjang setiap harinya, namun Anda dijamin tidak akan menyesal apabila ingin mencoba menaikinya apabila datang ke London, Inggris.

Apabila menaiki wahana ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan menakjubkan kota London serta Sungai Thames-nya yang juga sangat terkenal di London, Inggris. Wahana ini dibuka sejak tahun 2000 dan dikenal juga dengan sebutan Millennium Wheel atau Ferris Wheel. Wahana ini memiliki tinggi struktur 135 meter dan dilengkapi dengan 32 kapsul yang siap untuk mengangkut para wisatawan.

  1. Natural History Museum

Natural History MuseumNatural History Museum merupakan tempat wisata ketiga yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Museum ini terkenal dengan koleksinya yang sangat besar dan beragam. Terdapat sekitar 70 juta specimen yang ditampilkan, yang mana koleksi-koleksi tersebut berasal dari barang-barang yang dibawa oleh Charles Darwin dan ahli botani Kapten Cook, Joseph Bank. Selain itu, ada juga berbagai aktraksi khusus yang disiapkan untuk anak-anak, seperti koleksi dinosaurus.

Museum ini memiliki arsitektur bangunan ala Eropa yang terkenal elegan, di mana di dalamnya terdapat berbagai koleksi bersejarah, seperti kerangka hewan paus biru hinggu fosil dinosaurus. Museum ini sendiri terletak di Cromwell Road London SW7 5BD. Selain itu, museum ini juga gratis dan menyediakan WiFi yang bisa Anda nikmati selama jam buka mulai pukul 10.00-17.50 waktu setempat setiap harinya.

  1. Buckingham Palace

Buckingham PalaceBuckingham Palace merupakan tempat wisata keempat yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan kediaman ratu yang sangat terkenal di Inggris. Yang mana, Anda dapat menyaksikan pergantian penjaga istana dengan seragam merah dan topi tingginya yang terbuat dari bulu beruang pada pukul 11.00 setiap hari atau pukul 10.00 pada hari minggu dan hari-hari musim dingin.

Pergantian penjaga ini dilakukan seperti sebuah upacara yang turut pula diiringi oleh musik kerajaan. Selalu saja banyak para pengunjung yang datang memadati depan gerbang istana untuk menyaksikan acara pergantian penjaga ini.

  1. Tower of London

Tower of LondonTower of London merupakan tempat wisata kelima yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tower of London merupakan sebuah benteng besar yang sangat megah dan cerita masa lalu yang menakjubkan serta tragis.

Benteng yang terletak di sisi sungai ini dikenang sebagai penjara, di mana Henry VIII menghukum mati dua istrinya, yaitu Katharine Howard (1542) dan Anne Boleyn (1536). Di benteng ini Anda juga dapat menjumpai 6 ekor gagak yang dipelihara oleh Ravenmaster. Bahkan pepatah Inggris mengatakan bahwa ketika gagak meninggalkan menara, maka bangunan ini dan monarki akan runtuh.

  1. Madame Tussauds London

Madame Tussauds LondonMadame Tussauds London merupakan tempat wisata keenam yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan museum yang memamerkan patung lilin berupa tokoh-tokoh terkenal dari seluruh dunia dan dibuat sangat mirip hingga hamper sama dengan aslinya.

Adapun patung-patung lilin yang merupakan tokoh-tokoh terkenal, meliputi pimpinan dunia, ilmuwan, penulis, seniman, atlet, para aktor dan aktris legendaris, serta tidak ketinggalan pula keluarga kerajaan yang memang menjadi symbol Negara Inggris selaku Negara Kerajaan di dunia. Jadi, apabila Anda ingin mengenal atau mengetahui tokoh-tokoh terkenal dunia, cobalah untuk berkunjung ke Madame Tussauds London ini.

  1. Piccadilly Circus

Piccadilly CircusPiccadilly Circus merupakan tempat wisata ketujuh yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Piccadilly Circus merupakan kawasan persimpangan yang sangat ramai di Inggris. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berjalan-jalan santai sambil berbaur dengan masyarakat Inggris.

Di samping itu, di sini juga terdapat berbagai jajaran toko dan Museum Ripley’s Believe It or Not!. Pemandangan menjadi semakin menarik dengan adanya air mancur yang memiliki patung cantik di tengahnya serta layar-layar iklan raksana yang dikemas cukup menarik di sekitaran Piccadilly Circus sendiri.

  1. Portobello Road Market

Portobello Road MarketPortobello Road Market merupakan tempat wisata kedelapan yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat ini merupakan tempat wisata yang berupa pasar dengan berbagai dagangan barang-barang antik.

Jadi, tempat ini sangat cocok bagi Anda para penyuka barang-barang antik, seperti furnitur, pakaian hingga perhiasan. Pasar ini merupakan pasar paling terkenal di London yang terletak di area Nothing Hill. Selain itu, pasar ini juga dilengkapi dengan berbagai kafe dan restoran yang bisa Anda nikmati untuk bersantai dan bersantap setelah lelah mengelilingi pasar.

sponsored links

  1. Istana Kensington

Istana Kensingtonstana Kensington merupakan tempat wisata kesembilan yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat ini merupakan istana yang dibentuk oleh generasi perempuan kerajaan dari Queen Mary ke Victoria, di mana baru-baru ini adalah Diana, Princess of Wales.

Istana ini mempunyai beberapa taman yang bergaya elegan, seperti Sunken Garden, yaitu sebuah oasis yang tenang dan nyaman serta tempat yang tepat untuk berwisata di hari sibuk. Istana ini dijadikan sebagai tuan rumah berbagai pameran menarik sepanjang tahunnya yang diadakan di London, Inggris. Tempat wisata yang satu ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan harga tiket masuk sebesar 12,5 euro (sekitar 170 ribu rupiah).

  1. Shakespeare’s Globe Theatre

Shakespeare’s Globe TheatreShakespeare’s Globe Theatre merupakan tempat wisata kesepuluh yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah taman bermain anak terbuka, di mana penulis drama, Shakespreare, banyak menulis drama terbesarnya.

Taman terbuka ini terletak di Soutwork, tepi selatan sungai Thames yang secara resmi mulai dibuka pada tahun 1997 dan tidak pernah sepi dengan pengunjung yang berdatangan ke tempat wisata ini. Dan bagi anda yang sedang berlibur ke inggris jangan pernah melewatkan tempat wisata ini.

  1. Sungai Thames

Sungai ThamesSungai Thames merupakan tempat wisata kesebelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Dengan mengunjungi tempat wisata yang satu ini Anda dapat melakukan sebuah pelayaran untuk melihat pemandangan dan kemegahan kota London dengan menggunakan kapal pesiar.

Yang mana, semua kapal memiliki dek atas terbuka dan saloons rendah yang luas dengan panorama jendela. Kocek yang perlu Anda keluarkan untuk bisa menikmati pelayaran ini ialah sebesar 13,5 euro (sekitar 183 ribu rupiah) dan tempat wisata inipun tidak pernah sepi dengan pengunjung.

  1. ZSL London

ZSL LondonZSL London merupakan tempat wisata keduabelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. ZSL London merupakan sebuah tempat wisata kebun binatang ilmiah yang dibuka sejak 1828 sehingga menjadikannya sebagai kebun binatang ilmiah tertua di dunia. Lokasi kebun binatang ini terletak di Regent’s Park, London, dengan 650 spesies binatang yang berbeda. Di sinilah Anda dapat merasakan pengalaman menyaksikan binatang besar, seperti jerapa dan gorilla.

Koleksinya yang lebih dari 12.000, dijamin tidak akan membuat Anda kecewa mengunjungi kebun binatang yang satu ini. Kebun binatang ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan tiket seharga 18 euro (sekitar 250 ribu rupiah).

  1. Hampton Court Palace

Hampton Court PalaceHampton Court Palace merupakan ketigabelas wisata pertama yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat ini merupakan istana bekas kediaman Raja Henry VIII yang sangat megah. Istana kerajaan ini terletak di barat daya London dengan berbagai perabotan istana menakjubkan yang dimilikinya, seperti permadani dan lukisan.

Di dalam istana ini juga terdapat kebun seluas 60 hektar yang memiliki labirin terkenal dan Great Vine. Anda dapat mengunjungi dan mengelilingi istana ini yang dibuka setiap hari mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dengan tiket seharga 14 euro (sekitar 190 ribu rupiah).

  1. Victoria and Albert Museum

Victoria and Albert MuseumVictoria and Albert Museum merupakan tempat wisata keempatbelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Museum ini merupakan salah satu museum seni terbaik di dunia. Yang mana, di dalamya terdapat berbagai macam koleksi seni yang dibuat sejak 3000 tahun lalu, seperti patung, perhiasan, dan lukisan.

Museum ini terletak di Cromwell Road, South Kensington, London. Museum ini bisa Anda nikmati setiap hari mulai pukul 10.00-17.45 waktu setempat, di mana khusus hari Jum’at dibuka lebih lama hingga pukul 22.00 waktu setempat

  1. Tower Bridge

Tower BridgeTower Bridge merupakan tempat wisata kelimabelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tower Bridge merupakan sebuah struktur dan situs paling mengesankan yang berada di ibukota London, Inggris. Yang mana, Tower Bridge ini sudah berdiri sejak tahun 1894 yang sangat terkenal di dunia.

Di tempat ini Anda dapat melihat mekanisme dan panel informasi yang menjelaskan tentang teknologi yang telah dipakai selama bertahun-tahun untuk menjaga Tower Bridge bergerak. Tempat wisata yang satu ini dapat Anda kunjungi setiap hari mulai pukul 10.00-18.30 dengan tiket seharga 7 euro (sekitar 95 ribu rupiah).

  1. Windsor Castle

Windsor CastleWindsor Castle merupakan tempat wisata keenambelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini merupakan salah satu kastil dari sekian banyak kastil yang berada di Inggris. Namun keunggulan dari kastil ini ialah kastil terbesar dan tertua di dunia yang masih dihuni, di mana telah menjadi rumah bagi 39 raja/ratu Inggris. Kastil megah ini terletak di Windsor, Beckshire, Inggris. Kastil ini juga merupakan salah satu rumah favorit ratu Inggris dan tempat menerima kunjungan Negara selain Istana Buckingham.

Seperti halnya dengan Istana Buckingham (pada poin 4), istana ini juga bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Selain melihat berbagai ruangannya yang mewah dan royal serta menikmati taman kastil, Anda juga dapat membeli aneka oleh-oleh khas yang tersedia di toko souvenis kastil, seperti kartu pos, buku, mainan, perhiasan, pakaian, keramik hingga perlengkapan rumah tangga.

  1. Big Ben

Big BenBig Ben merupakan tempat wisata ketujuhbelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Hampir semua orang di dunia tahu bahwa Big Ben merupakan jam raksasa sekaligus ikon terkenal Negara Inggris yang terletak di ibukota London. Big Ben yang juga dikenal dengan sebutan Great Bell ini berada di sebelah utara Westminster Palace.

Jam raksasa ini berada di atas Elizabeth Tower yang berarsitektur Gothic Revival dengan tinggi 96 meter. Menara ini dibangun pada tahun 1834, di mana bagian jamnya sendiri memiliki diameter sebesar 7 meter dan bel seberat 16 ton. Selain karena merupakan sebuah maskot serta simbol kota London dan Inggris, Big Ben banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena nilai sejarah yang juga menarik.

  1. Westminster Palace

Westminster PalaceWestminster Palace merupakan tempat wisata kedelapanbelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Westminster Palace merupakan kompleks istana Kerajaan Inggris yang berada di tepi Sungai Thames, di City of Westminster, Central London. Di kompleks inilah Big Ben berada, di mana kompleks istana ini juga dikenal dengan sebutan Houses of Parliament. Hal ini dikarenakan Dewan Parlemen Kerajaan Inggris yang biasanya mengadakan pertemuan di tempat tersebut.

Kompleks istana ini sebenarnya terdiri dari dua bagian, yaitu Old Palace yang dibangun pada abad pertengahan namun pada tahun 1843 mengalami insiden kebakaran dan New Palace yang ada saat ini. Selain itu, kompleks megah ini juga memiliki tiga tower, yaitu Victoria Tower terletak di sebelah selatan, Elizabeth Tower (Big Ben) terletak di sebelah utara, dan Central Tower terletak di bagian tengah. Ditambah lagi beberapa taman yang berada di sekeliling istana, meskipun sebenarnya yang paling menyedot wisatawan adalah Victoria Tower Gardens.

  1. Science Museum

Science MuseumScience Museum merupakan tempat wisata kesembilanbelas yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Tempat wisata yang satu ini lebih cocok dan bermanfaat untuk anak-anak. Yang mana, museum megah ini mengeksplorasi dunia sains dengan sangat menarik dan menakjubkan. Sehingga dapat membantu anak untuk menambah wawasan di bidang sains.

Berbagai macam perkembangan sains dan teknologi dapat Anda temui di museum ini. Beberapa contohnya, seperti roket, satelit, probe ruang angkasa, dan pesawat pendarat yang ditampilkan bersama satelit pertama di dunia, yaitu Sputnik, hingga Launchpad, yaitu sebuah galeri khusus untuk anak-anak yang membuat prinsip sains menjadi menyenangkan dan mudah untuk dimengerti.

  1. Tate Modern dan Tate Britain

Tate Modern dan Tate BritainTate Modern dan Tate Britain merupakan tempat wisata keduapuluh yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Kedua galeri ini merupakan rumah bagi koleksi-koleksi seni Internasional yang menakjubkan.

Tate Modern merupakan galeri yang menyimpan karya-karya kontemporer pasca tahun 1900, sedangkan Tate Britain merupakan galeri yang menyimpan koleksi-koleksi seni nasional Inggris dari tahun 1500 hingga saat ini. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang merupakan pencinta koleksi seni, di mana letaknya berada di London.

  1. National Gallery dan Portrait Gallery

National Gallery dan Portrait GalleryNational Gallery dan Portrait Gallery merupakan tempat wisata keduapuluh satu yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Yang mana, galeri ini memiliki koleksi 2.300 lukisan dari masa Renaisans awal hingga Impresionis (1250-1900).

Salah satu lukisan yang ditampilkan ialah The Virgin and Child with St. Anne and St. John the Baptist. Lukisan berukuran besar tersebut merupakan salah satu karya besar yang dibuat oleh Leonardo da Vinci (1452-1519) pada masa Renaisans.

Sponsors Link

  1. Hyde Park

Hyde ParkHyde Park merupakan tempat wisata keduapuluh dua yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Hyde Park merupakan taman kota terbesar yang ada di London, Inggris, di mana termasuk dalam Royal Park.

Taman kota yang dibuka pertama kali pada tahun 1637 oleh Pangeran Charles I ini memiliki luas sebesar 142 hektar. Taman kota yang satu ini terkenal dengan Speaker’s Corner-nya dan sering dipakai sebagai area demonstrasi. Tamain ini terbagi atas dua wilayah, yaitu Serpentine dan The Long Water. Selain itu, di sebelah taman ini juga terdapat taman Kensington Gardens yang juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

  1. Trafalgar Square

Trafalgar SquareTrafalgar Square merupakan tempat wisata keduapuluh tiga yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Trafalgar Square merupakan lapangan kota yang letaknya berada di Central London. Lapangan yang sudah ada sejak tahun 1840 ini dulunya dikenal dengan nama Charing Cross. Bagi Anda yang pernah membaca novel Negeri 5 Menara karya A. Fuadi pasti mengenal Trafalgar Square ini.

Nama Trafalgar sendiri diambil dari peristiwa Battle of Trafalgar, di mana armada laut Inggris meraih kemenagan ketika bertempur melawan Perancis dan Spanyol dalam Perang Napoleon. Selain itu, yang menarik dari tempat ini ialah monumen Nelson’s Column-nya yang berada di tengah-tengah lapangan. Ditambah lagi, beberapa patung dan air mancur yang terdapat di bagian lain lapangan, yang juga dipenuhi dengan banyak burung merpati (pigeon).

  1. Stonehenge

StonehengeStonehenge merupakan tempat wisata keduapuluh empat yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Stonehenge merupakan salah satu situs sejarah di masa lampau yang paling penting di dunia. Yang mana, Stonehenge ini merupakan peninggalan sejarah yang dibangun oleh budaya dengan tidak meninggalkan catatan tertulis di dalam sejarah sehingga sampai saat ini menimbulkan perdebatan di kalangan para penelitinya.

Adapun bukrti bahwa batu-batu raksasa yang menunjukkan Stonehenge ini dibangun pada sekitar tahun 2500 SM. Meskipun belum dapat dipastikan apa sebenarnya tujuan dibangunnya Stonehenge ini, namun para peneliti yakin bahwa bangunan ini digunakan sebagai acara ritual, upacara, dan agama oleh penduduk saat itu.

  1. Hadrian’s Wall

Hadrian’s WallHadrian’s Wall merupakan tempat wisata keduapuluh lima yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Hadrian’s Wall merupakan salah satu tempat wisata di Inggris yang mengandung unsur budaya sehingga banyak juga pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini untuk semakin memperdalam mengenai budaya.

Yang mana, tembok ini membentang sepanjang 117 km (setara dengan 73 mil) di utara Inggris, tepatnya mulai dari Laut Irlandia ke Laut Utara. Menurut sejarah, Hadrian’s Wall dibangun oleh bangsa Romawi dengan tujuan untuk melindungi bangsa koloni Britania dari ancaman suku di Skotlandia.

  1. Lake District

Lake DistrictLake District merupakan tempat wisata keduapuluh enam yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Inggris. Lake District merupakan Taman Nasional terbesar di Inggris. Yang mana, lokasi dari Lake District sendiri berada di utara barat Inggris, County Cumbria. Daya tarik utama yang dimiliki oleh tempat wisata yang satu ini ialah danau dan perbukitan (berupa gunung dan bukit) sehingga memberikan pemandangan yang dramatis, inspiratif, dan spektakuler.

Lake District menjadi salah satu tempat wisata yang cocok bagi Anda pecinta hiking (mendaki) dan pemandangan alam. Taman Nasional ini setiap tahunnya mampu menyedot wisatawan sekitar 14 juta orang, baik wisatawan Nasional (lokal) maupun wisatawan Internasional (mancanegara).

Demikian berbagai tempat wisata di Inggris, terutama kota London. Menarik bukan? Tertarik untuk mencoba? Silahkan datang ke Inggris (United Kingdom).

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 23rd, March 2016 / 08:25 Oleh :
Kategori : Wisata Inggris