Sponsors Link

9 Tempat Wisata di Hiroshima Jepang yang Wajib di Kunjungi

Sponsors Link

hiroshima castle

ads

Hiroshima merupakan salah satu kota yang ada di Jepang, tepatnya di bagian barat Prefektur Hiroshima, barat daya pulau Honshu, dan bagian selatan wilayah Chugoku. Dulunya, kota ini merupakan ibukota Provinsi Aki dan sekarang merupakan ibukota ibukota Prefektur Hiroshima. Selain itu, Hiroshima juga merupakan kota pelabuhan di tepi Laut Pedalaman Seto yang terkenal dengan pusat industri tekstil dan barang-barang karetnya. Kota ini mulai berdiri sejak abad ke-16 sebagai kota istana yang berada di delta Sungai Ota. (baca juga : Pemandangan Terindah di Dunia yang Paling Menakjubkan)

Di samping itu, kota ini juga merupakan kota yang memiliki nilai sejarah paling tragis di dunia. Yang mana, kota ini merupakan kota pertama di dunia yang pernah dijatuhi bom atom, tepatnya di akhir Perang Dunia II pada tanggal 6 Agustus 1945. Sedemikian sehingga tak heran apabila saat ini Hiroshima terkenal dengan salah satu objek wisatanya, yaitu Monumen Perdamaian Hiroshima yang berada di kawasan Hiroshima Peace Memorial Park.

Bahkan bukan hanya itu saja, Hiroshima juga menyimpan berbagai objek wisata yang mampu menyedot para wisatawan asing untuk mendatangi. Sehingga tidak salah kalau saat ini Hiroshima juga dikenal dengan berbagai tempat wisatanya yang menarik dan memiliki nilai sejarah yang tinggi, walaupun sebenarnya menyimpan cerita yang tragis. Berikut beberapa tempat wisata di hiroshima, Jepang, antara lain:

1.Hiroshima Downtown
hiroshima downtownHiroshima Downtown merupakan tempat wisata pertama yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Hiroshima Downtown merupakan pusat kota yang berkembang dan maju. Salah satu tempat yang sering menjadi tujuan para wisatawan apabila berkunjung ke tempat ini ialah Hondori Street. Hondori Street atau Jalan Hondori merupakan jalan yang dikhususkan hanya untuk para pejalan kaki saja.

Kawasan Hondori Street ini berjajar toko-toko dan restoran. Jalan Hondori ini dimulai dari taman peringatan perdamaian (Hiroshima Peace Memorial Park) sampai ke arah timur sejauh 1,5 km. Sedemikian sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh atau souvenir khas Hiroshima dan juga Jepang. Akses untuk menuju tempat ini hanya memakan waktu sekitar 5 menit dengan menggunakan bus atau tram dari stasiun Hiroshima. (Tempat Wisata di Harajuku Jepang yang Wajib Dikunjungi)

2.Kastil Hiroshima
hiroshima castleKastil Hiroshima merupakan tempat wisata kedua yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Kastil Hiroshima merupakan kastil yang dibangun pada tahun 1589 oleh bangsawasan Mori Terumoto. Kastil ini juga memiliki cerita saat terjadi ledakan bom atom di Hiroshima pada akhir Perang Dunia II, di mana beberapa bagian kastil sempat runtuh akibat ledakan bom atom tersebut. Salah satunya ialah menara kastil yang terkenal megah tak kuat menahan dahsyatnya ledakan bom atom tersebut.

Kisahnya, pada zaman Edo kastil ini ditinggali oleh keluarga Fukushima dan Asano. Setelah sempat rusak karena bom atom, kastil ini kembali bangkit setelah direnovasi pada tahun 1958. Daya tarik lain yang mengundang para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini adalah bangunannya yang memang bagus sehingga cocok untuk djadikan tempat berfoto. Desain bangunannya yang menjulang tinggi sangat cocok dengan tanaman yang tumbuh di sekitarnya sehingga menciptakan panorama yang menawan. (Tempat Wisata di Hakone Jepang yang Wajib Dikunjungi)

Kastil semakin terlihat kokoh karena juga dikelilingi oleh parit-parit pertahanan yang dulunya juga dipakai ketika masa peperangan. Sedangkan di dalam kastil Anda akan menjumpai reruntuhan dan kuil yang dulunya pernah berfungsi sebagai tempat ibadah penduduk pada masa itu. Anda bisa mengunjungi kastil ini setiap harinya mulai pukul 09.00-18.00 dengan tiket seharga 370 Yen (sekitar 44 ribu rupiah).

3.Miyajima
miyajima islandMiyajima merupakan tempat wisata ketiga yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Miyajima merupakan sebuah pulau indah dan terkenal romantis di Hiroshima. Akses untuk bisa sampai ke pulau ini hanya memakan waktu sekitar satu jam dari Hiroshima. Selain itu, pulau Miyajima juga terkenal dengan gerbang torrii-nya yang apabila dilihat dari jauh seperti mengambang di atas air. (Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi)

Nama resmi pulau Miyajima sebenarnya ialah Itsukushima, nama penduduk setempat memang lebih akrab menyebutnya Miyajima karena sesuai dengan artinya, yaitu pulau kuil. Sedemikian sehingga tak heran bahwa di pulau ini terdapat sebuah kuil yang terkenal dan dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Hiroshima, yaituyaitu Kuil Itsukushima. Selain itu, tempat wisata lain yang juga terkenal di Miyajima ialah akuariumnya yang bernama Akuarium Miyajima. Berikut adalah gambaran tempat-tempat wisata yand ada di Miyajima :


1. Kuil Itsukushima

Kuil ItsukushimaKuil Itsukushima ini terkenal dengan torii-nya (gerbang) yang seperti pengapung di atas air (lautan). Namun sebenarnya bukan hanya gerbangnya saja, tetapi kuil Itsukushima pun juga dibangun di atas air sehingga tampak seperti mengapung di atas lautan. Kuil ini dibangun pada tahun 1168 oleh Taira no Kiyomori. Kuil ini sebenarnya dibangun dengan penyangga di bawahnya, di mana ketika ombak Laut Pedalaman Seto sedang pasang, maka kuil akan tertutupi oleh air laut.

Kuil ini terdiri dari beberapa ruangan, diantaranya main hall (ruang utama), area berdoa, dan panggung noh. Anda juga bisa melihat kuil ini lebih dengan cara berjalan kaki di atas jalan kayu yang dibuat diantara bangunan-bangunan yang mengapung. Ketika sore hari, kuil ini biasanya dijadikan spot oleh para wisatawan untuk menikmati keindahan senja. Sedengkan malam harinya kuil ini semakin terlihat indah dengan percahayaan lampu yang ditata sedemikian rupa. (Manfaat Wisata Religi yang Wajib Diketahui)


2. Akuarium Miyajima

Akuarium MiyajimaAkuarium Miyajima : Akuarium Miyajima terletak di ujung barat kota Miyajima. Akuarium ini kini semakin megah sejak dikembangkan dan dibangun kembali pada tahun 2011 lalu. Seperti akuarium-akuarium pada umumnya, akuarium Miyajima juga memamerkan kehidupan air yang sebagian besar terdiri dari berbagai spesies ikan air laut dan ikan air tawar. Namun di akuarium ini rata-rata spesies ikannya berasal dari kawasan perairan di mulai Miyajima dan kepulauan Seto, meskipun ada juga spesies ikan yang berasal dari Negara-Negara lain di seluruh dunia. Salah satu fenomena yang bisa Anda jumpai apabila berkunjung ke akuarium yang satu ini ialah adanya peternakan kerang yang cukup besar di sekitaran pulau Miyajima..


3. Museum Kaca

glass museumMuseum Kaca : Museum Kaca merupakan tempat wisata keempat yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Museum Kaca ini juga dikenal dengan nama Glass Village Hiroshima, di mana letaknya berada di Obayashi, Asakita, Hiroshima. Museum ini memiliki banyak sekali karya seni yang terbuat dari kaca, di mana kacanya berasal dari abad ke-15. Karya-karya seni tersebut dulunya sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari warga Jepang pada zaman Edo hingga zaman Showa.

Di museum ini Anda dapat menikmati karya-karya cantik dari tangan para seniman handal pada masanya, di mana setidaknya ada sekitar ratusan lebih koleksi yang dipajang di dalam ruang pameran museum. Selain karya seni kaca yang berasal dari Jepang, museum ini juga memiliki koleksi dari berbagai negeri lainnya yang tentunya karya seninya terbuat dari kaca.

Baca juga : Tips – tips berhemat saat liburan tiba

Sedangkan bagi Anda yang ingin membeli pernak-pernik khas Glass Village Hiroshima ini, Anda bisa membelinya di toko-toko cendera mata yang sudah tersedia di sekitar museum. Selain itu, juga ada beberapa restoran yang bisa Anda gunakan untuk bersantap sambil beristirahat setelah mengunjungi museum ini. Anda dapat mengunjungi museum ini setiap harinya mulai pukul 09.00-17.00 waktu setempat dengan tiket seharga 1000 Yen bagi dewasa (umum), 700 Yen bagi siswa SMA, serta 500 Yen bagi siswa SMP dan SD.

Adapun akses yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke tempat wisata yang satu ini, antara lain:

  • Menaiki mobil pribadi dengan melewati jalur Chugoku Expressway selama 20 menit.
  • Menaiki kereta dari stasiun Hiroshima selama 1 jam.
  • Menaiki bus dari Hiroshima Bus Center selama 1 jam.


ads

5.Tomonoura

TomonouraTomonoura merupakan tempat wisata kelima yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Tempat wisata yang satu ini memang belum begitu dikenal oleh para wisatawan, di mana lokasi berada di sebelah selatan Hiroshima, tepatnya di kota Fukuyama. Tomonoura merupakan sebuah kota nelayan yang sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang sudah pernah mengunjunginya.

Selain menyajikan pemandangan indah berupa Laut Pedalaman Seto, Tomonoura juga memiliki daya tarik dengan kehidupan tradisionalnya yang masih kental dengan gaya old-fashioned. Yang mana, rumah-rumah kayu masih akan terlihat lekat di sini meski saat ini telah berkembang teknologi modern yang juga merupakan tatanan bangunan rumah. Tempat ini sebenarnya pernah di ekspos di salah satu film dari Studio Ghibli yang berjudul Ponyo on the Cliff by the Sea. Yang mana, salah satu latar dari film tersebut diambil di Tomonoura.

(Pantai Terindah di Indonesia yang Wajib Dikunjungi)

Namun sayangnya kota nelayan ini memang sangat sulit untuk diakses, baik menggunakan kereta, bus maupun kapal. Sedemikian sehingga bagi Anda yang ingin berkunjung kesini harus melalui sedikit perjuangan. Tetapi apabila Anda mampu sampai, maka dijamin bahwa perjuangan yang telah Anda lakukan akan terbayar. Salah satunya dengan berbagai makanan laut (seafood) yang sangat menggiurkan dan banyak dijual di tempat-tempat makan yang ada di Tomonoura.

Selain itu, Tomonoura juga memiliki kuil dan museum yang bisa Anda kunjungi sebagai pelengkap wisata yang berada di sekitaran pantai. Ada pula yang tak kalah menarik lainnya, yaitu workshop pembuatan garam, pembuatan shochu (arak Jepang), dan Edo Bath. Edo Bath merupakan sebuah pemandian pada zaman Edo yang serupa dengan sauna. Di situ Anda dapat berendam dengan suasana pemandian antik dan air hangatnya.

6. Hiroshima Peace Memorial Park
Hiroshima Peace Memorial ParkHiroshima Peace Memorial Park merupakan tempat wisata keenam yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Kawasan taman memorial ini akan mengajak Anda untuk mengenang peristiwa tragis yang pernah terjadi di dunia, tepatnya pada tanggal 6 Agustus 1945 silam, ketika kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat. Hiroshima Peace Memorial Park dibangun di atas area yang dulunya merupakan tempat meledaknya bom atom Amerika Serikat tersebut.

Taman ini memiliki luas yang cukup besar sekitar 120.000 m2. Yang mana, di dalam taman ini Anda akan menjumpai beberapa bangunan yang dibangun sebagai objek wisata sekaligus untuk mengenang memori terjadinya ledakan bom atom di akhir Perang Dunia II. Berikut beberapa bangunan yang dapat Anda jumpai di Hiroshima Peace Memorial Park, antara lain:


1. Monumen Perdamaian Hiroshima

Monumen Perdamaian HiroshimaMonumen ini merupakan sisa-sisa gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima yang tidak hancur oleh ledakan bom atom. Monumen ini memang terlihat paling mencolok daripada bangunan lainnya sehingga ditetapkan oleh UNESCO sebagai Situs Warisan Dunia sejak tahun 1996.

 

 


2. Peace Memorial Museum

Hiroshima Peace Memorial ParkPeace Memorial Museum ini merupakan bangunan utama yang berada di dalam komplek Memorial Park. Museum ini memberikan kesempatan bagi Anda untuk mempelajari dampak nyata dari ganasnya sebuah bom atom atau senjata nuklir. Di museum ini Anda akan dapat melihat beberapa barang peninggalan korban bom atom berupa foto, panorama model, dan video yang memperlihatkan sejarah kota Hiroshima sendiri, baik sebelum maupun sesudah terjadinya ledakan bom atom. (Tempat Wisata di Gili Trawangan Lombok)

Selain itu, didekat kompleks museum Anda akan menjumpai tugu peringatan atau Memorial Cenopath yang berisi nama-nama korban yang meninggal dalam peristiwa ledakan bom atom silam. Sehingga tak heran apabila banyak orang-orang yang melakukan do’a atau sekedar melakukan mengheningkap cipta untuk mengenang kejadian yang memilukan tersebut dan memberikan rasa empati kepada para korban yang meninggal.


3. Bomb Dome

Bomb DomeBomb Dome merupakan sisa-sisa bangunan yang masih bertahan meski telah terkena ledakan bom atom. Awalnya, bangunan ini adalah Hall (gedung) yang digunakan untuk melakukan promosi industry di Hiroshima. Setelah peristiwa ledakan terjadi, bangunan inilah satu-satunya yang masih berdiri kokoh, di mana bangunan lainnya sudah rata dengan tanah.

(Baca juga : Tempat Wisata di Inggris yang Terkenal)

Bomb Dome menjadi simbol sebuah kehancuran yang disebabkan oleh bom atom atau senjata nuklir, namun sekaligus sebagai sebuah harapan dan perdamaian dunia tanpa adanya bom atom atau senjata nuklir. Sedemikian sehingga Bomb Dome pun masuk sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996.


4. Children’s Peace Monument

Children’s Peace MonumentBangunan ini dibangun untuk mengenang seorang anak perempuan yang memiliki harapan agar dunia terbebas dari senjata nuklir dengan 1000 burung kertas origami. Namun sayangnya, anak perempuan yang bernama Sadako Sasaki tersebut meninggal akibat radiasi bom atom sebelum selesai membuat 1000 burung kertasnya.

Sedemikian sehingga monumen ini dibuat berwujudkan patung seorang anak perempuan yang sedang merentangkan kedua belah tangannya dengan origami burung Jenjang di atasnya. Bahkan hingga saat ini, setiap tanggal 6 Agustus, para wisatawan yang datang ke monument ini selalu membawa lipatan burung kertas atau origami burung Jenjang yang berwarna-warni. Hal ini dijadikan bukti sebagai pesan perdamaian dunia. (Tempat Wisata di Finlandia yang Wajib Dikunjungi)


5. Monumen Orang Korea Korban Bom Atom

Monumen Orang Korea Korban Bom AtomMonumen ini dibangun untuk mengenang orang korea yang menjadi korban bom atom di Hiroshima, di mana jumlahnya sekitar 20.000 orang dan sebagian merupakan pekerja paksa. Meskipun monumen ini selesai dibangun pada tahun 1970, namun baru dimasukkan ke dalam taman memorial pada tahun 1999

 

 


6. Monumen Api Perdamaian

Monumen Api PerdamaianMonumen Api Perdamaian dibangun dengan maksud bahwa api pada monumen ini akan terus menyala hingga planet bumi terbebas dari ancaman penghancuran massal.

 

 

 

 


7. Plakat Peringatan

Plakat PeringatanPlakat ini merupakan bangunan berbentuk lengkung yang ada di tengah-tengah taman. Yang mana, dari lengkungan yang terbuka tersebut dapat terlihat Monumen Perdamaian Hiroshima dan Monumen Api Perdamaian.

 

 

 


8. Genta Perdamaian

Genta PerdamaianGenta (Lonceng) Perdamaian ini dapat Anda bunyikan dengan berada di dekat Monumen Anak Korban Bom Atom atau Children’s Peace Monument.

 

 

 

 


9. Gerbang Perdamaian

Gerbang PerdamaianGerbang Perdamaian yang dimaksud ialah monumen yang terdiri dari 6 buah gerbang, di mana pada permukaannya bertuliskan kata “damai” dalam semua bahasa yang ada di dunia. Setiap gerbang perdamaian ini memiliki ukuran setinggi 5 meter dan lebar 2 meter.

 

 

 

 


7.Shukkeien Garden

Shukkeien GardenShukkeien Garden merupakan tempat wisata ketujuh yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Shukkeien Garden merupakan sebuah taman yang didirikan pada tahun 1620. Lokasi dari taman ini sekitar satu setengah kilometer dari Hiroshima Peace Memorial Park. Taman ini mempunyai riwayat sejarah yang cukup panjang, yang mana dibangun pada zaman Edo atas perintah Asano Nagaakira, yaitu tuan tanah yang saat itu memerintah Hiroshima. Asano sendiri sengaja mendatangkan ahli konstruksi taman dari Kyoto untuk merancang taman yang indah ini. (Tempat Wisata di Dago Pakar Bandung)

Sejak zaman Meiji, taman ini menjadi kediaman keluarga Asano. Yang mana, ketika pemerintahan Jepang sempat direlokasikan ke Hiroshima, sang raja sempat tinggal di taman ini. Setelah kemudian secara resmi keturunan Asano menyerahkan kepemilikan taman ini kepada Negara secara sukarela pada tahun 1940. Meski sempat hancur ketika peristiwa bom atom, namun taman ini kembali dibangun dan menjadi salah satu tujuan wisata sampai sekarang.

Di taman ini selain Anda dapat bersantai dan penikmati pemandangan yang mampu memanjakan mata, Anda juga bisa datang ke Hiroshima Prefectural Art Museum yang ada di dalam taman. Sedangkan untuk pemandangan indahnya disebabkan karena taman ini dikelilingi oleh pegunungan, bukit, pepohonan rindang, dan sebuah kolam besar. Yang mana, di sana juga ada jembatan yang melintang di atas kolam tersebut dan beberapa rumah minum teh. Pemandangan yang terdapat di sini cocok sekali untuk anda yang ingin melaukan liburan Bulan madu lho. (Tempat Wisata Honeymoon di Bandung Wajib untuk Menginap )

8. Hiroshima Museum of Art
Hiroshima Museum of ArtHiroshima Museum of Art merupakan tempat wisata kedelapan yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Tempat wisata yang satu ini merupakan museum seni yang letaknya berada di Hiroshima Central Park. Museum seni ini dibangun pada tahun 1978. Museum seni ini juga menyimpan berbagai karya seni dari para pelukis dunia, seperti Claude Monet, Auguste Renoir, Vincent Van Gogh, dan Pablo Picasso. Sedemikian sehingga koleksi-koleksi lukisannya pun meliputi berbagai aliran, seperti romantisme, impresionisme, dan neo-impresionisme. (Tempat Wisata di Inggris yang Terkenal)

 

9. MAZDA Zoom-Zoom Stadium Hiroshima
MAZDA Zoom-Zoom Stadium HiroshimaMAZDA Zoom-Zoom Stadium merupakan tempat wisata kesembilan yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Stadium ini juga dikenal dengan nama Hiroshima Municipal Stadium, meskipun memang lebih sering disebut dengan MAZDA Zoom-Zoom Stadium Hiroshima. Tempat ini merupakan stadion baseball yang letaknya berada di is Minami-ku, Hiroshima.

Stadion ini merupakan markas dari salah satu peserta atau tim Japanese Central League, yaitu Hiroshima Toyo Carp. Yang mana mulai dibuka sejak tanggal 10 April 2009 dengan kapisitas penonton sebanyak 32.000 orang. Gaya arsitekturnya sendiri diaggap terinspirasi dari stadion gaya retro-klasik ala Amerika.

Sponsors Link

Wisata Kuliner Di Hiroshima

Demikian beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi apabila Anda datang ke Hiroshima, Jepang. Wisata tak lengkap apabila tidak diiringi dengan wisata kuliner. Oleh karena itu, berikut beberapa kuliner khas yang bisa Anda coba dan nikmati di Hiroshima, antara lain:

1.Okonomiyaki
OKONOMIYAKIOkonomiyaki merupakan salah satu makanan khas Jepang yang sangat populer di kalangan para wisatawan maupun penduduk Jepang sendiri. Meski sebenarnya makanan ini bisa Anda temui di berbagai rumah makan Jepang di Indonesia, namun biasanya yang Anda temui adalah okonomiyaki khas Osaka. Sedangkan okonomiyaki khas Hiroshima memiliki ciri special tersendiri.

Okonomiyaki yang biasanya merupakan campuran adonan dan isi, tetapi okonomiyaki khas Hiroshima dibuat isinya bertumpuk-tumpuk sampai tinggi dan terdapat tambahan mie soba-nya. Selain itu, okonomiyaki Hiroshima biasanya disajikan panas-panas dengan saus khusus okonomiyaki dan taburan aomori (rumput laut). Cara makannya pun juga cukup unik, yaitu langsung menggunakan spatula penggorengan.

2.Kaki Ryouri (Tiram)
Kaki RyouriSalah satu penyebab mengapa Hiroshima memiliki kuliner yang satu ini karena kawasannya yang memang dikelilingi oleh sungai dan laut. Sedemikian sehingga tidak mengherankan apabila Hiroshima kaya akan seafood segar, di mana salah satunya ialah oyster atau tiram seperti gambar disamping. Di samping itu, tiram Hiroshima juga terkenal lezat karena memiliki ukuran yang besar-besar, gurih, dan tebal. Apalagi Hiroshima memang merupakan penghasil tiram terbesar di Jepang, di mana 70% tiram yang ada di Jepang berasal dari laut Hiroshima. (Makanan Halal Di Korea Selatan )

Agar Anda bisa menikmati makanan ini sepuasnya, maka rekomendasi waktu untuk Anda mengunjungi Hiroshima ialah pada saat musim gugur dan musim dingin. Karena pada saat itulah biasanya panen tiram melimpah. Olahan tiram sendiri bermacam-macam, seperti dibakar, digoreng maupun dimakan mentah. Selain itu, tiram juga bisa dijadikan campuran berbagai masakan, seperti kaki-meshi (nasi goring tiram) atau nabe (hot pot berisi sayuran beserta kuahnya).

3.Saijo Sake
Saijo SakeSelain makanan atau masakan, Hiroshima juga terkenal dengan minumannya, yaitu Saijo Sake. Sebagaimana Anda tahu bahwa Jepang memang terkenal dengan minuman sake-nya. Saijo Sake merupakan sake lokal khas Hiroshima yang dapat Anda coba dan nikmati. Yang mana, di daerah Saijo memang terdapat pabrik penghasil sake dan Anda bisa mengikuti brewery tour atau kunjungan ke masing-masing pabrik sake untuk mengetahui sekaligus belajar lebih dalam tentang bagaimana cara membuat sake. Bahkan karena terkenalnya, di Saijo diselenggarakan festival sake pada setiap bulan Oktober. Sehingga apabila Anda datang pada acara festival tersebut, maka Anda memiliki kesempatan untuk mencoba berbagai macam sake.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 06th, April 2016 / 08:41 Oleh :
Kategori : Jepang