Sponsors Link

Pantai Sawarna Sukabumi Jawa Barat

Sponsors Link

Bagi anda yang suka berwisata dengan suasana pantai anda wajib berkunjung ke pantai yang satu ini. Hal itu dikarenakan Pantai Sawarna memiliki pemandangan yang indah. Pantai ini akan membuat siapapun bakal takjub dengan keindahan yang ada di pantai ini. Kondisi pantai ini sangat berbeda dengan pantai pantai yang ada di Indonesia khususnya pantai pantai yang ada di daerah Jawa Barat dan juga Banten. Pantai Sawarna Sukabumi memiliki keunikan dibandingkan dengan pantai pantai yang ada di Jawa Barat lainnya. Keunikan Pantai ini terletak pada ombak, hamparan pasir, cuaca, pemandangan, akses transportasi, akses ATM dan interaksi terhadap warga sekitar yang ada di Pantai tersebut.

Pantai Sawarna memiliki panjang sekitar 65 km. Air lautnya sangat jernih sehingga membuat anda betah berlama lama berada disana, pantai itu dilengkapi dengan pasir putih, dilengkapi perbukitan yang hijau, tidak terlalu ramai sehingga suasana pantai tenang serta adanya batu karang di pantai tersebut membuat keindahan Pantai Sawarna semakin lengkap. Pantai ini sering didatangi oleh wisatawan yang berasal dari Bandung, Jakarta dan Sekitarnya.

Rute Menuju Pantai Sawarna Sukabumi

Pantai Sawarna merupakan pantai yang menghadap ke bagian Samudera Hindia. Seperti yang kita pelajari di pelajaran geografi bahwa letak Indonesia ini diapit oleh dua samudera yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Pantai Sawarna ini menghadap ke bagian Samudera Hindia. Ciri khas dari pantai ini adalah memiliki ombak yang besar dan arus yang kuat. Bagi anda yang berkunjung kesini sebaiknya anda mengetahui rute yang tepat untuk menuju ke pantai ini.

  1. Jalur Serang dan Pandeglang

Rute pertama yang bisa anda lalui atau tempuh pertama kali adalah melalui Pandeglang atau Serang Banten. Alasan anda harus mempertimbangkan rute ini adalah saat berada di lokasi ini anda tidak akan terkena macet. Sayangnya di beberapa titik jalan anda akan menemukan rute jalan yang rusak dan tidak beraspal. Anda bisa menempuh jalan ini menggunakan kendaraan roda empat. Sayangnya anda harus memperhatikan kondisi kendaraam yang anda miliki. Pastikan bahwa kendaraan yang anda gunakan dalam kondisi prima. Berikut ini adalah rute yang akan anda lalui saat anda menempuh rute ini :

  • Jalur pertama yang anda lalui adalah Tol Jakarta sampai dengan Merak.
  • Dari Merak anda akan keluar melalui Tol Serang Timur.
  • Dari Tol Serang Timur anda sebaiknya menuju ke arah Terminal Pakupatan.
  • Setelah dari terminal itu anda bisa naik mobil lurus dan sampai di bagian lampu merah pertama. Lampu merah tersebut letaknya ada di dekat Pom Bensin pertamina.
  • Dari pom bensin itu anda bisa mengambil arah kiri menuju ke perlimaan Serang Banten.
  • Dari perlimaan anda bisa megambil arah ke bagian Baros dan juga Pandeglang.
  • Saat masuk Kota Pandeglang anda akan memiliki dua pilihan. Dua pilihan yang bisa anda tempuh adalah anda bisa melewati alun alun Pandeglang atau melalui pinggir kota Pandeglang.
  • Setelah sampai di Pandeglang anda bisa mengikuti arah menuju ke Saketi atau Labuan.
  • Saat sampai Saketi ambil arah kiri kemudian mengambil arah menuju Malingping. Jalan di Malingping inilah yang rusak, anda harus berhati hati ketika sampai jalur ini.
  • Sampai di Malingping anda bisa langsung menuju ke arah Pantai Sawarna.
  1. Bogor

Rute kedua yang bisa anda lalui adalah rute Bogor. Rute Bogor ini lebih mudah dibandingkan dengan rute yang pertama. Berikut ini adalah rute yang akan anda lalui ketika menggunakan rute dari Bogor ini :

  • Anda akan masuk ke Tol Jogorawi menuju ke Ciawi sampai ke Bogor.
  • Setelah sampai simpang tiga atau lampu merah di Ciawi Bogor, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke arah Sukabumi raya.
  • Setelah itu anda akan melalui daerah Lido Cicurug dan anda akan melewati Daerah Parung Kuda. Saat sampai di Parung Kuda anda bisa bertemu dengan simpang tiga Cikidang.
  • Saat anda memilih jalur Cikidang anda bisa menuju ke Pelabuhan Ratu. Perjalanan yang anda lewati saat memilih jalur Cikidang ini akan berkelok, menanjak dan juga menurun.
  • Setelah sampai di Pelabuhan Ratu, anda bisa melepas penat sejenak. Barulah saat itu anda bisa melajutkan perjalanan menuju ke Sawarna Banten. ( Baca : Tempat wisata di Pelabuhan RatuTempat wisata di Halmahera )
  • Anda bisa melanjutkan perjalana menuju ke daerah Bayah. Sampai di Bayah anda akan bertemu dengan sippang tiga Bayah-Sawarna. Dari arah situ, Desa Sawarna akan semakin dekat.
  • Saat di persimpangan, anda bisa memilih belok kiri. Perjalanan yang harus anda tempuh dari Desa Sawara sekitar setengah jam lamanya.
  • Total waktu tempuh dari aur Bogor menuju ke Pantai Sawarna ini sekitar 5 sampai 6 jam lamanya.

Akomodasi di Pantai Sawarna

Liburan tidak akan lengkap jika tidak membahas akomodasi yang ada disana. Akomodasi di Pantai Sawarna ini adalah hal penting mengingat jarak pantai ini lumayan jauh sehingga tubuh membutuhkan istirahat untuk memulihkan energi kembali. Berikut ini adalah daftar akomodasi atau penginapan yang bisa anda sewa saat berada di pantai ini :


1. ABC Homestay

Penginapan ABC Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 087772110430

 

 

 

 

 


2. Aditya Homestay

Penginapan Aditya Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 087741098046 atau 087773054917


3. Aldista Homestay

Penginapan Aldista Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah  081809422636.

 

 

 

 

4. Alfina Batara

Penginatan Alfina Batara Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi 087773298915.


5. Penginapan Andra

Penginapan Andra Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi 081911106115.


6. Andrew Batara 1

Penginapan Andrew Batara I Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 082312445800.


7. Angsana

Penginapan Villa Angsana Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 088820117329.


8. Penginapan Aura

Penginapan Aura Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 081906336111.


9. Cariang Resort

Penginapan Cariang Resort Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi adalah 085692450154.


10. Family Homestay

VIlla Family Penginapan Homestay Pantai SawarnaKontak yang bisa dihubungi 087772341843.


Tips Berwisata ke Pantai Sawarna

Agar memiliki liburan yang menyenangkan sebaiknya anda tahu tips apa saja yang bisa anda gunakan ketika berada di Pantai tersebut. Tips itu bermanfaat sebab akan memandu anda dan menjadikan wisata anda penuh persiapan. Perencanaan dan persiapan wisata itu diperlukan agar wisata yang anda jalani nantinya sesuai dengan harapan anda. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika berkunjung ke Pantai Sawarna :

  1. Lebih dari Satu Hari

Ketika anda datang dan bertamasya di Pantai Sawarna sebaiknya anda jangan liburan disana selama satu hari saja. Hal itu dikarenakan lamanya waktu tempuh di perjalanan sehingga menyebabkan anda akan kelelahan di jalan. Jika anda menempuh pulang pergi dalam hari yang sama ditakutkan anda akan mengalami kelelahan fisik. Fisik yang lelah mengendarai kendaraan sangat tidak dianjurkan sebab bisa menyebabkan kecelakaan terjadi.

Alasan lainnya adalah akan disayangkan jika anda menikmati keindahan pantai dalam waktu satu hari. Mungkin dalam waktu satu hari itu anda bisa melakukan foto foto di kamera anda, kemudian anda pulang ke rumah. Liburan yang seperti itu kurang berkesan. Terlebih lagi Pantai Sawarna ini merupakan pantai yang bisa dieksplorasi. Maksudnya anda bisa melakukan banyak hal di pantai ini tidak hanya sekedar berfoto saja. Oleh sebab itu ada baiknya anda menyewa homestay yang ada di sekitar Pantai Sawarna tersebut. Tarif homestay atau penginapan yang ada di sana lumayan murah dan ekonomis. Harga sewa bisa dimulai dari seratus ribu sampai dengan dua ratus ribu rupiah. Dengan harga segitu anda bisa mendapatkan makan sebanyak tiga kali dalam sehari. Untuk lebih hematnya lagi anda bisa menyewa homestay yang tidak menyediakan makanan. Namun hal itu tidak disarankan mengingat untuk mencari makanan disini lumayan sulit sehingga anda membutuhkan makanan dari pihak homestay.

sponsored links

  1. Siang Hari

Ketika ingin menuju ke pantai ini sebaiknya anda mulai perjalanan dari pagi hari, mengingat jarak tempuh yang lumayan lama dan saat malam hari lokasi pejalanan atau track yang anda lalui akan gelap dan sulit. Belum adanya lampu di jalanan sebagai penerang akan menyulitkan jalan anda menuju ke pantai ini. Usahakan saat di jalan, lokasi masih dalam keadaan terang. Jika anda berkendara saat suasana gelap akibatnya adalah kemampuan melihat anda tidak cukup bagus mengingat ada track jalan yang belum beraspal dan kondisi jalan yang jelek. Berkendara di saat terang bisa menghindarkan anda dari kecelakaan lalu lintas.

  1. Uang Cukup

Selama ini orang banyak yang menggantungkan pada mesin ATM, sehingga kapanpun mereka kehabisan uang, dengan mudah mereka bisa megambil uang di ATM. Sayangnya hal itu tidak berlaku saat berkunjung dan berwisata di Pantai ini. Hal itu dikarenakan belum ada mesin ATM di Pantai Sawarna. Selain itu anda juga harus membawa uang tunai yang cukup. Pembayaran yang dilakukan di pantai ini pun dilakukan dengan cara cash, tidak menerima pembayaran menggunakan kartu kredit atau pembayaran mengunakan kartu ATM. Oleh sebab itu sebelum anda sampai di pantai ini rinci baik-baik berapa uang yang anda butuhkan untuk sampai ke Pantai ini. Usahakan uang yang anda bawa cukup ( tidak kurang dan juga tidak lebih ).

  1. Bensin Cadangan

Bagi anda yang menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya anda membawa bensin cadangan. Hal itu dikarenakan jarak tempuh pantai yang jauh dan tempat pengisian bensin yang jauh. Saat melakukan perjalanan menuju Pantai Sawarna, anda tidak akan menemukan penjual bensin. Jika ada mungkin harga yang ditawarkan lebih mahal dbandingkan dengan harga bensin yang biasa atau normal. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin berwisata di pantai ini, isi penuh bensin kendaraan anda. Anda juga bisa membawa bensin cadangan untuk jaga jaga jika kendaraan yang anda bawa kehabisan bensin. Akan tidak mengasyikkan jika kendaraan yang anda bawa tiba tiba macet di tengah rute perjalanan yang jauh dari pemukiman penduduk. Oleh sebab itu lebih amannya anda tidak mengabaikan tips yang satu ini.

  1. Makanan Homestay

Tips lainnya yang perlu dibahas saat anda berwisata di Pantai Sawarna adalah hidangan atau makanan yang akan anda makan ketika berada di homestay. Jika anda tidak menyukai seafood atau hidangan laut sebaiknya anda bicara langsung kepada pihak homestay sejak awal anda menginap. Hal itu dikarenakan kebanyakan penyedia homestay akan menyajikan hidangan menu ikan laut atau olahan hasil laut kepada para tamunya. Memang wajar jika penyedia homestay akan menyajikan hidangan laut sebab hidangan laut adalah hidangan yang paling mudah didapat ketika anda berada di Pantai Sawarna.

  1. Booking Homestay

Bagi anda yang ingin berwisata ke pantai ini bersama denga teman teman anda, sebaiknya anda melakukan pembookingan homestay terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan saat musim liburan tiba, homestay akan dipenuhi oleh pengunjung sehingga bisa anda bayangkan jika anda kehabisan homestay anda tidak akan memiliki tempat untuk tidur dan beristirahat.

  1. Menggunakan Mobil Tinggi

Perjalanan yang akan anda tempuh akan sulit dilewati sebab track atau jalan yang berliku dan berkelok tajam. Oleh sebab itu anda harus menggunakan sedan atau mobil yang tinggi. Mobil itu haruslah dalam kondisi prima. Mobil yang senag tidak dalam kondisi prima mobil itu akan mudah sekali mogok di jalan. Tentunya jika mobil yang anda gunakan sering mogok bisa menghambat perjalanan anda. Waktu tempuh menjadi lama dari yang diperkirakan. Jika anda merental mobil tanyakan kepada perental apakah mobil sedang dalam kondisi prima dan kapa terakhir kali mobil it mendapatkan servis. Jika anda menggunakan mobil pribadi, servislah mobil anda terlebih dahulu sebelum digunakan untuk melaju ke Pantai Sawarna. Mobil dengan jok yang tinggi jenis sedan sangat diperlukan untuk melalui rute menuju Pantai Sawarna.

  1. Toilet

Fasilitas yang ada di Pantai Sawarna ini belum dibangun dengan baik sehingga masih banyak kekurangan fasilitas penunjang wisata di pantai ini. Salah satu fasilitas yang minim adalah fasilitas toiletnya. Pantai ini belum banyak dilengkapi oleh fasilitas toilet sehingga anda yang datang kesini sebaiknya pergi ke toilet setiap kali anda ada kesempatan. Terutama bagi wanita, bagi wanita sebaiknya memanfaatkan kesempatan dengan baik ketika ada toilet kosong. Jika pengunjung sedang ramai, toilet yang ada di pantai tersebut akan penuh sesak oleh pengunjung sehingga diperlukan waktu yang lama untuk antri di toilet.

  1. Obat-obatan

Tips berwisata ke Pantai Sawarna lainnya yang harus diperhatikan adalah jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi. Hal itu dikarenakan di pantai ini belum ada toko obat. Sehingga jika anda merasakan tidak enak badan atau penyakit yang anda derita kambuh anda bisa langsung meminum obat yang anda bawa. Jika tidak membawa obat obatan pribadi anda akan kesulitan dalam mengobati penyakit yang anda derita. Misalnya saja and amenderita asma, anda harus membawa obat asma atau inhaler di dalam tas anda. Saat sudah sampai di Pantai Sawarna, anda akan kesulitan bahkan tidak menemukan orang yang menjual inhaler. Begitupula jika anda terkena masuk angin. Angin pantai yang sejuk dan lembab bisa saja sewaktu waktu membuat anda terkena masuk angin. Oleh sebab itu anda harus membawa bekal obat obatan pribadi di dalam tas dan saku anda.

  1. Bawa Makanan, Minuman Serta Pakaian

Bagi anda yang ingin menginap di Pantai Sawarna sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman. Meski nantinya anda menemukan warung yang menjual makanan dan minuman, harga yang ditawarkan jauh lebih mahal. Tidak hanya itu saja, anda juga harus membawa bekal pakaian secukupnya. Saat malam hari udara di pantai bisa berubah menjadi dingin sehingga penting bagi anda untuk membawa pakaian hangat agar tubuh anda tetap fit dan terjaga suhu tubuh normalnya.

Tempat Wisata Lainnya di Desa Sawarna

Selain Pantai Sawarna, ada beberapa tempat wisata lainnya yang bisa anda jadikan sebagai tempat wisata ketika berada di Desa Sawarna. Semua tempat wisata itu akan sayang untuk anda lewatkan begitu saja. Berikut ini adalah tempat wisata di Desa Sawarna yang bisa anda kunjungi ketika liburan :

  1. Jembatan Gantung Sungai Cisawarna

jembatan gantung sungai CisawarnaDi Desa Sawarna memang banyak sekali jembatan gantung namun jembatan Gantung Sungai Cisawarna inilah yang terlihat kokoh dan layak untuk dilalui. Hal itu dikarenakan jembatan gantung lainnya terlihat sudah rapuh dan banyak kerusakan di sana sini sehingga tidak aman dan tidak layak untuk dilalui. Untuk menuju ke Pantai Sawarna, anda akan melalui jembatan gantung ini. Memang jembatan gantung ini lumayan sempit hanya bisa digunakan untuk lewat dua orang saja, oleh sebab itu saat weekend tiba atau saat musim liburan tiba jembatan gantung ini sangat macet dipenuhi oleh orang orang yang ingin menuju ke Pantai Sawarna. Di bawah jembatan gantung ada sungai Cisawarna. Sungai ini termasuk sungai dengan arus yang tenang dan tidak memiliki arus yang besar dan bergelombang.

Semakin banyaknya orang yang berada di atas jembatan membuat jembatan ini mudah bergoyang-goyang. Namun anda tenang saja sebab jembatan ini lumayan kokoh untuk dilewati. Saat liburan atau weekend anda dengan mudah akan meemukan wisatawan yang membawa sepedanya ke pantai dan mereka menuntun sepedanya saat berada di atas jembatan gantung ini.

  1. Pantai Teluk Legon Pari

pantai teluk legon pariTempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi ketika berada di Desa Sawarna adalah Pantai Teluk Legon Pari. Pantai ini terletak di Desa Sawarna Kabupaten Lebak Banten. Pantai ini termasuk dalam pantai yang memiliki ombak yang tinggi. Ombak sering menerjang bibir pantai dan membasahi badan pengunjung. Pantai ini memiliki jarak sekitar 1,5 km dari Desa Sawarna. Meski lokasinya lumayan jauh namun tidak sedikit wisatawan yang ingin berkunjung kesini ketika berada di Desa Sawarna.

Untuk menempuh pantai ini pengunjung bisa berjalan kaki selama 45 menit. Namun bagi anda yang ingin menghemat tenaga anda bisa menyewa jasa tukang ojek yang ada di sekitar Desa Sawarna. Saat melalui perjalanan ke pantai ini anda akan melewati jalan menanjak dan juga menurun khas dari perbukitan. Sesampainya di pantai anda akan disambut dengan hamparan pasir putih yang bersih dan sedikit berkilauan. Pantai Legon memiliki garis pantai sepanjang 4 km. Garis Pantai Legon melengkung sehingga sangat indah jika diabadikan menggunakan kamera.

Sponsors Link

  1. Bukit Cariang

bukit cariangTempat wisata lainnya saat anda berada di Desa Sawarna adalah anda bisa melihat keindahan Pantai Tanjung Layar  dari atas bukit. Bukit itu adalah Bukit Cariang. Bukit Cariang ini merupakan puncak selfie terbaik ketika anda berada di Desa Sawarna. Di sebelah timur Bukit Cariang terdapat area istirahat yang bisa digunakan oleh wisatawan atau masyarakat yang ingin melakukan selfie atau sekedar melihat keindahan Desa Sawarna dari atas bukit. Latar belakang foto sefie anda adalah Pantai Tanjung Layar dan juga Pasir Putih Sawarna. Bukit ini letaknya di atas area Pantai Tanjung Layar. Untuk bisa berada di bukit ini anda harus menaiki tangga lumayan banyak yaitu 200 anak tangga. Anak tangga yang harus dilalui merupakan anak tangga yang curam dan ekstrim. Di samping kanan dan kiri bukit itu terdapat padang ilalang yang luas dan juga sangat lebat.

Selain Bukit Cariang anda bisa menemukan berbagai macam bukit lainnya di Desa Sawarna, Bukit itu misalnya saja adalah Bukit Tanjung Layar Pantai Sawarna, Bukit Pasir Kadal Sawarna dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Goa Lalay

goa lalay sawarnaTempat wisata lainnya yang menarik dikunjungi ketika berada di Sawarna adalah Goa Lalay.  Goa Lalay ini merupakan goa yang menarik untuk dikunjungi sebab bentuk goanya sangat unik ditambah lagi adanya sungai yang ada di dalam goa menambah keunikan dari Goa Lalay ini. Untuk masuk goa yang sempit membuat tidak banyak orang bisa masuk secara bersamaan ke goa ini. Kondisi goa yang gelap membuat anda juga harus berhati hati ketika ingin masuk ke dalam goa tersebut. Di sekitar goa anda akan menemukan orang yang menjual senter dimana senter itu bisa anda gunakan untuk masuk ke dalam goa tersebut. Lalay memiliki arti kelelawar hal itu dikarenakan dulunya di dalam goa tersebut terdapat banyak kelelawar yang menempel di dinding goa. Oleh sebab itu goa itu diberi nama Goa Lalay. Untuk menuju goa ini anda bisa melalui pematang sawah dan menyeberangi sungai sebatas betis. Meski airnya dangkal, suungai itu berlumpur sehingga akan terasa licin ketika anda pijak. Di dekat goa ada penjaga saung yang bertugas menjual tiket. Setiap orang yang ingin masuk ke Goa Lalay dikenakan biaya sebesar 2 ribu rupiah saja.

Untuk masuk ke goa ini tidak hanya alat memadai saja yang harus disiapkan, namun anda harus menjaga sikap dan tutur kata ketika memasuki goa ini. Hal itu dikarenakan goa ini diselimuti dengan suasana mistis. Goa ini menurut penduduk setempat dihuni oleh belut yang sangat besar. Belut itu saat malam hari akan keluar dari goa namun tidak semua badannya menyembul dari mulut goa. Hanya kepala belut saja yang terlihat keluar menyembul dari dalam mulut goa. Oleh sebab itu pengunjung harus menjaga perkataan dan sikapnya agar penjaga Goa Lalay itu tidak tersinggung dan marah.

Itulah berbagai macam informasi mengenail Pantai Sawarna Sukabumi dan beberapa obyek wisata menarik lainnya di Desa Sawarna. Semoga informasi yang ada di dalam artikel ini bermanfaat bagi perjalanan wisata anda ke depannya.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 25th, June 2016 / 16:50 Oleh :
Kategori : Wisata Pantai