Pantai Cenang Malaysia yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Pantai CenangJika berlibur ke Malaysia, salah satu tempat yang paling atraktif dan wajib untuk tidak dilewatkan adalah Pantai Cenang. Pantai yang memiliki panjang sekitar 2 kilometer ini terlihat indah karena pasir putihnya.

Berada di Pulau Langkawi, Malaysia, pantai ini memiliki laut biru yang sangat menawan sehingga akan sangat sayang bila ke Malaysia namun tidak mendatangi lokasi ini. Tidak hanya kecantikan panoramanya saja yang bisa dinikmati, fasilitas wisata lengkap pun tersedia dan akan memuaskan setiap pengunjung.

Atraksi di Pantai Cenang

Pantai Cenang memiliki segudang obyek wisata yang begitu mengagumkan dan tidak lupa ada sejumlah atraksi yang bisa dinikmati ketika datang bersama keluarga. Mulai dari tempat belanja hingga museum dan lokasi wisata yang menambah pengetahuan diulas di bawah ini.

  1. Castaway Picnic

Selama di Pantai Cenang, Castaway Picnic bisa menjadi salah satu atraksi yang dinikmati. Atraksi ini sendiri merupakan sebuah layanan premiere yang Casa del Mar tawarkan kepada para pengunjung. Pada atraksi ini tamu dilayani untuk sebuah pelayaran singkat sebelum waktunya menikmati gourmet dining. Walau terbatas hanya satu sesi saja per hari, namun pelayanan ini tersedia bagi tamu dan juga pengunjung bukan tamu. Bila tertarik dengan atraksi satu ini, maka Anda disaranakn untuk segera melakukan reservasi sebelumnya di Casa del Mar.

  • Untuk mendapatkan paket Castaway Picnic, Anda perlu merogoh kocek sebesar RM 600 atau sekitar Rp 1,9 jutaan. Harga tersebut sudah termsuk tenda yang didirikan oleh pantai, keranjang piknik, serta perahu pribadi yang sudah termasuk kru yang mengemudikan/mengendalikan perahu tersebut.
  • Pelayaran ini akan melalui sejumlah pulau di Langkawi sebelum akhirnya tiba di pantai yang berada di sebuah pulau kecil di mana segalanya sudah diatur, baik itu mini bar dan tenda yang indah.
  1. Langkawi Underwater World

Bagi wisatawan yang membawa anak-anak, jangan ragu untuk mengunjungi Langkawi Underwater World yang berdiri di lahan seluas 6 hektar. Atraksi pulau paling populer di Pantai Cenang berada di ujung selatan dari Pantai Cenang. Lokasi wisata satu ini adalah berupa akuarium terbesar yang bisa Anda jumpai di Malaysia. Ada lebih dari 200 spesies berbeda yang bisa ditemukan di akuarium besar ini, termasuk ikan air tawar terbesar (arapaima Amazon), pari raksasa, hiu, anjing laut, serta pinguin rockhopper.

Sesampainya di dalam, arapaima akan dapat secara langsung yang tengah berada di tangki berukuran medium tepat di depan pintu masuk. Selain dari akuarium dengan beragam jenis ikan, para pengunjung akan lebih puas dengan berkunjung ke Educational Resource Centre-nya. Bahkan di kompleks ini juga terdapat teater 3D serta kafetaria.

  • Langkawi Underwater World buka dari hari Senin sampai Jumat pada jam setengah 10 pagi hingga setengah 7 malam. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu bakal buka dari jam setengah 10 pagi hingga setengah 11 malam.
  1. Mega Water Sports

Pantai Cenang adalah lokasi pantai yang paling tepat bagi yang ingin bermain air sepuasnya. Mega Water Sports adalah atraksi yang menarik untuk para penggemar olahraga air dan demi meningkatkan adrenalin, ada jet ski yang bisa dicoba dengan harga yang terjangkau. Selain jet ski, para wisatawan yang ingin berenang pun juga diperbolehkan, khususnya aktivitas berenang di danau air tawar. Trekking ke hutan pegunungan sekitar pantai juga menarik untuk dilakukan apalagi kalau datang ke pantai ini secara beramai-ramai.

Kayak dan berperahu dayung adalah aktivitas air lainnya yang pasti juga akan seru. Para pengunjung selama di Pantai Cenang juga akan dapat menjelajahi sejumlah pulau kecil yang terdapat di sekitar Langkawi, termasuk Pulau Beras Basah dan Pulau Dayang Bunting. Wisata alam pun begitu mengagumkan di Pantai ini, seperti hutan bakau, goa, tebing kapur, laguna dan danau yang akan dapat dijumpai di sepanjang jalan. Mega Water Sports sendiri menyediakan tempat penyewaan wakeboards, banana boat, parasailing, dan jet ski khusus bagi penggemar olahraga air dan ingin mendapat pengalaman seru dengan menikmati percikan air di pantai ini.

  • Mega Water Sports buka setiap hari, namun hanya akan melayani pada jam 9 pagi dan jam 2 siang.
  1. Thursday Temoyong Night Market

Wisatawan yang datang ke Pantai Cenang akan dipuaskan dengan kegiatan berbelanja dan jalan-jalan sambil cuci mata di Temoyong Night Market yang selalu buka di hari Kamis petang. Segala macam hal bisa ditemukan di pasar malam ini, seperti halnya produk-produk segar, makanan berat dan ringan, pakaian, DVD bajakan, lukisan, tas dan dompet, kacamata hitam, jam tangan, pernak-pernik, dan masih banyak yang lainnya. Berwisata kuliner di tempat ini jelas sangat memuaskan karena sama sekali tidak akan mahal, dan Anda akan berkesempatan untuk mencicipi menu seperti salad mangga hijau, martabak, sate ayam atau sate sapi, serta seafood bakar.

  • Jika ingin berkunjung, sebaiknya meluangkan waktu pada hari Kamis dengan jam kunjungan antara jam 5 sore sampai 8 malam.
  • Posisi dari pasar malam ini adalah di muara Sungai Temoyong.
  1. Teratai Spa by the Aspara

Di Meritus Pelangi Beach Resort, Teratai Spa oleh Aspara akan memanjakan Anda yang ingin merasakan relaksasi secara menyeluruh. Beraneka jenis perawatan spa tradisional Melayu pun ditawarkan oleh lokasi ini, termasuk terapi pijat tubuh, mandi santai, facial, melembabkan tubuh, dan mengangkat sel-sel kulit mati pada tubuh. Para pelanggan pun ditawarkan minuman spa yang spesial dibuah oleh seorang terapis profesional dan terlatih.

Yang paling direkomendasikan di tempat spa ini adalah proses melembabkan tubuh dengan Frangipani body wrap. Ada juga Kelapa Scrub atau 60 Menit Urut Melayu yang akan membuat otot-otot tegang dan lelah kembali rileks dan nyaman. Peremajaan secara komplit juga bisa didapatkan di tempat ini, termasuk menikmati beberapa perawatan kecantikan modern, seperti halnya perawatan dan penataan rambut serta manikur yang biasanya menjadi kebutuhan dan keinginan para wanita. Teratai Spa ini buka dari jam 10 pagi sampai 9 malam, jadi Anda bisa kapan saja berkunjung ke tempat ini.

sponsored links

  1. Alun-Alun Spa

Kalau biasanya mendengar kata alun-alun akan terbayang sebuah tempat outdoor yang luas, maka yang satu ini beda, dan memang menjadi sebuah nama tempat spa. Alun-Alun Spa akan memanjakan para wisatawan sehabis berkegiatan selama seharian. Ada sekitar 30 lebih perawatan penyembuhan spa holistik Asia yang ditawarkan oleh tempat ini. Perawatan kuku, wajah, dan tubuh semuanya ada dan termasuk juga pijat tradisional. Lebih menyenangkannya lagi, para staf di tempat spa begitu ramah dan akan membantu memenuhi setiap kebutuhan pelanggannya secara cepat, tanggap dan baik.

Dibandingkan dengan tempat spa lain di Pantai Cenang, Alun-Alun Spa memang terbilang lebih mahal untuk perawatannya, namun terapis yang akan melayani Anda sudah terbukti profesional dan terlatih sehingga pelanggan dijamin mendapatkan pelayanan terbaik. Para terapis pun sudah berpengalaman sehingga dijamin aman dan nyaman selama berelaksasi di tempat ini.

  • Servis 1 Jam Pijat Shirodara adalah yang paling direkomendasikan di sini untuk mengurangi rasa lelah pada tubuh serta stres dan Anda akan dikenakan biaya sebesar RM 160 atau sekitar Rp 508.500.
  • Servis 45 Menit Secret Balance body scrub yang dikenakan biaya RM 95 atau sekitar Rp 302 ribu.
  1. Morac International Karting

Kegiatan asyik nan seru selanjutnya adalah go-kart yang disediakan oleh Morac International Karting. Bagi para wisatawan yang ingin meningkatkan adrenalin, tentu go-kart adalah salah satu aktivitas yang boleh dicoba. Dari Pantai Cenang sendiri, Anda hanya perlu berjalan sekitar 10 menit ke tempat ini. Walau tidak berpengalaman sekalipun, Anda tetap bisa mencobanya dengan mengikuti kelas go-karting dan kursus yang akan menambah wawasan tentang peraturan keselamatan dan meningkatkan skill.

  • Pengunjung dapat menyewa dengan harga RM 70 atau sekitar Rp 223 ribu.
  • Pengunjung diberi pilihan tentunya dan bisa mencoba Fun Kart di mana pengemudi akan berada di belakang kemudi dari 6 sampai 8 putaran di waktu 10 menit dengan jarak 1 kilometer. Penyewaan dikenakan biaya sebesar RM 35 atau sekitar Rp 112 ribu.
  • Pilihan lainnya adalah YamahaKart KT100 yang terdiri dari 10 sampai 15 putaran per 15 menit dengan biaya sebesar RM 100 atau sekitar Rp 319 ribu.
  • Morac International Karting ini buka setiap hari dan akan melayani para pengunjung dari jam 10 pagi hingga 7 malam.
  1. Kiki Club di Meritus Pelangi Beach Resort

Pengunjung yang membawa anak-anak, silakan untuk menikmati kegiatan seni yang berupa kerajinan, memancing dan mini-golf yang akan menambah wawasan anak-anak Anda. Bahkan tersedia juga pelajaran renang yang tentunya akan baik bagi kesehatan dan tubuh anak-anak. Kini Meritus Pelangi Resort & Spa memiliki arena bermain dan belajar khusus untuk anak secara ekslusif, termasuk juga sebuah peternakan hewan yang pasti disukai oleh kebanyakan anak.

  • Anak-anak yang dapat mengakses tempat ini adalah yang berusia 4-12 tahun.
  • Kiki Club buka setiap hari dan melayani dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Pusat Perbelanjaan di Pantai Cenang

Pantai Cenang rupanya tidak hanya sebatas menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan seputar air dan spa, namun pusat perbelanjaan pun dapat ditemukan di area pantai. Mulai dari aksesoris, coklat, kosmetik hingga suvenir, semuanya ada di Pantai Cenang. Dengan informasi berikut kiranya akan memudahkan aktivitas berbelanja Anda.


1. Coco Valley

Penggemar coklat mari merapat dan kunjungi Coco Valley. Seperti namanya, ada beragam produk kakao yang dijajakan di tempat ini, termasuk juga berbagai pilihan sampanye, wiski dan anggur. Berlokasi di sebelah Underwater World Langkawi, coklat yang dijual di Coco Valley dijamin lebih murah bila dibandingkan dengan yang dijual di tempat lainnya. Produk coklat pun dari berbagai negara, mulai dari Ferrero Rocher dari Italia sampai Pepero dari Korea Selatan bisa didapatkan dan dibeli di sini. Jadi, tidak perlu pikir panjang untuk datang ke Coco Valley. Coco Valley buka setiap hari dan akan melayani pengunjung dari jam 10 pagi sampai setengah 7 malam saja.


2. Cinnamon’s Gift

Wisatawan yang ingin mencari suvenir apik dan lucu, semuanya ada di Cinnamon’s Gift yang menawarkan beragam perhiasan dan bahkan kerajinan lokal dengan harga yang sama sekali tidak mahal. Sesampainya di toko suvenir ini, Anda akan terkesima dengan hiasan interior tempat ini di mana sangat kental akan sisi eklektiknya apalagi dengan karya seni Asia kuno. Segala suvenir aksesoris yang ditawarkan oleh toko ini begitu unik dari segi desainnya, bisa dilihat pada produk tas, anting-anting, gelang, dan kalung, bahkan Anda pun akan menemukan batik di toko ini.

Batik yang ditawarkan dipajang di luar toko sehingga akan lebih menarik perhatian para pengunjung. Selain itu, toko ini pun mempunyai sebuah bar dengan meja dan kursi tinggi di dekat pintu masuknya. Apabila penasaran seperti apa menu di bar ini, iciplah koktail nikmat yang disajikan berikut makanan ringan. Pelayanan di tempat ini sangat baik dan ramah, Anda pun bisa mengajak mereka mengobrol dan bertanya-tanya tentang tempat terbaik di Pantai Cenang.

  • Cinnamon’s Gift buka setiap hari dari jam 11 siang hingga 12 malam.
  • Harga untuk gelang kaki atau gelang tangan bisa dibeli dengan harga sekitar RM 40 atau sekitar Rp 128 ribu


3. Total Shoppe

Menawarkan beragam jenis suvenir, pernak-pernik dan kerajinan tangan, pengunjung bisa secara puas berbelanja di tempat ini karena tersedia tote bag, t-shirt, mug serta gantungan kunci yang rata-rata bertemakan Langkawi. Oleh-oleh khas dari Pantai Cenang bisa didapatkan di Total Shoppe, bahkan ada juga baju renang yang dijual di sini, jadi kalau misalnya lupa membawa bisa langsung beli dari toko ini saja karena tergolong murah.

  • Membeli dua potong baju, Anda hanya perlu membayar sekitar RM 49 sampai dengan RM 59 atau sekitar Rp 156-188 ribu.
  • Total Shoppe buka setiap hari dari jam 11 siang sampai jam 11 malam dan bisa ditemukan di Langgura Baron Resort.


4. Langkah Tuah Enterprise

Satu lagi toko suvenir yang jangan sampai terlewat apabila ke Pantai Cenang, yaitu Langkah Tuah Enterprise. Sepintas toko ini kelihatan sederhana, namun bagi yang mencari kemeja batik, maka inilah salah satu tempat terbaik untuk mendapatkannya. Toko ini juga populer akan aneka jenis obat tradisional Melayu yang efektif menyembuhkan beberapa penyakit, meliputi kram perut dan sendi pegal. Dari Pantai Cenang, pengunjung hanya perlu berjalan kaki ke Langkawi Tuah Enterprise hanya dengan menempuh waktu 10 menit. Jadi, tidak heran kalau Anda akan dengan mudah bertemu banyak wisatawan memadati toko ini. Langkah Tuah Enterprise buka setiap hari dan buka dari jam 10 pagi hingga 12 malam, jadi waktu berbelanja bisa lebih fleksibel.


5. Exodus Zone

Berada di Baron Walk, Exodus Zone adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin mencari beragam pernak-pernik, seperti sandal buatan tangan. Di sini pembeli diberi kebebasan untuk menawar, sehingga pasti Anda kemungkinan bisa mendapatkan harga yang lebih murah. Tempat ini dapat secara mudah terlihat karena mencolok dengan dindingnya yang berwarna merah cerah ditambah dengan sebuah papan yang berwarna kombinasi biru, hijau, dan merah. Ragam suvenir yang ditawarkan antara lain adalah alat-alat tulis lucu, mug, gantungan kunci, serta tempelan magnet kulkas. Bila membeli dalam jumlah besar, harga yang dikenakan pun akan semakin murah. Exodus Zone buka setiap hari dan akan melayani pengunjung dari jam 11 siang hingga 11 malam.


6. Aishah Bt. Husin

Lokasi toko ini berada persis di sebelah motel Langkah Tuah Enterprise dan di sinilah Anda akan menjumpai bermacam-macam pernak-pernik lucu bertemakan Pantai Cenang yang bisa dijadikan oleh-oleh serta batik yang indah. Mungkin sekilas tidak terlihat begitu berbeda dari toko-toko suvenir lain yang ada di sekitarnya, namun toko ini diminati oleh para turis lokal dan mancanegara, khususnya para pecinta fashion. Suasana yang menyenangkan dengan pelayanan yang ramah akan membuat pengunjung lebih puas berbelanja pakaian batik di sini.

  • Aishah Bt. Husin buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 12 malam.
  • Para staf di Aishah Bt. Husin sangat ramah dan akan memberi saran tempat terbaik yang perlu dikunjungi selama berada di Pulau Langkawi.


7. Amitabha Primitive Art

Terletak di ujung jalan dari Laman Padi, toko ini cukup unik dengan segudang kerajinan tangan kayu yang diukir sebagai pernak-pernik handmade untuk dibawa pulang ke tanah air. Suvenir yang ditawarkan di tempat ini ramah di kantong sehingga tidak heran bila para turis banyak yang tertarik untuk datang berkunjung ke toko ini. Merchandise otentik adalah yang diunggulkan di tempat ini dan akan mampu melengkapi koleksi barang antik Anda.

  • Amitabha Primitive Art buka setiap hari dari jam 11 siang sampai 11 malam.
  • Lokasi Amitabha Primitive Art termasuk dekat dengan Alun-Alun Spa.


8. The Zon Duty Free

Berbelanja di The Zon Shopping Paradise dijamin menyenangkan dan memuaskan karena ini adalah sebuah kompleks perbelanjaan yang tidak dikenakan pajak. Berlokasi tepat di sebelah Underwater World Langkawi, pengunjung akan senang dengan tempat parkir yang memadai tanpa dikenakan biaya serta taksi yang akan tersedia berdasarkan permintaan. Berbagai hal bisa ditemukan di tempat ini, dan barang bermerek apapun yang dicari bisa dibeli di sini, seperti tas dan koper, kacamata hitam, barang-barang dari kulit, parfum, peralatan dapur, jam tangan, perhiasan, serta aneka ragam suvenir.

Segala yang diperjualbelikan di tempat ini biasanya 10-40% lebih murah dibandingkan dengan harga retail di luar duty-free. Kerennya lagi, di sinilah Anda akan secara mudah menjumpai koleksi anggur, wiski dan bir dengan harga yang tidak terlalu mahal. Para wisatawan tampaknya pun banyak yang tergoda dengan koleksi ini dan mungkin Anda juga turut tertarik membelinya dari The Zon Duty Free.

  • Harga 1 liter Absolut Vodka adalah sekitar RM 50 atau Rp 160 ribu.
  • Harga Johnnie Walker Red Label dan Black Label adalah sekitar RM 145 atau Rp 461 ribu dan RM 75 atau sekitar Rp 238 ribu, 1 liter masing-masing botol.
  • The Zon Duty Free buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 9 malam.


Sponsors Link

Informasi Lainnya

  1. Akses – Tidak akan sulit untuk menjangkau Pantai Cenang karena dari Bandara Langkawi saja termasuk dekat. Bila dari Bandara Langkawi, maka Anda bisa memilih untuk langsung ke Pelabuhan Kuala Kedah. Anda dapat memanfaatkan kendaraan darat untuk menuju pelabuhan dan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 20 menit saja. Dari Kuala Kedah, sewalah perahu untuk dapat sampai ke Pantai Cenang.
  2. Restoran – Di Pantai Cenang, para pengunjung tidak perlu takut kelaparan dan kehausan, ada sejumlah restoran yang bisa melengkapi wisata kuliner Anda. Yellow Cafe, Papadam Ria Indian Restaurant, Orkid Ria Seafood Restaurant, Tomato Nasi Kandar, Red Tomato Restaurang and Lounge, Nam Restaurant, The Cliff, serta The Brasserie adalah beberapa restoran yang bisa dikunjungi untuk mengisi perut sekaligus memanjakan lidah.
  3. Penginapan – Sejumlah penginapan tersedia di dekat Pantai Cenang, seperti Casa del Mar Hotel, Grand Beach Motel, Best Star Resort, Meritus Pelangi Beach Resort, serta Langgura Baron Resort. Pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget Anda.
  4. Tiket dan Jam Operasional – Pantai Cenang adalah sebuah pantai yang terbuka bagi umum dan dapat diakses selama 24 jam, jadi kapan saja Anda ingin mengunjungi, tempat ini selalu terbuka untuk kedatangan Anda. Tidak dikenakan biaya masuk untuk dapat menikmati pantai ini, namun sejumlah obyek wisata di sekitar pantai kemungkinan mengenakan biaya.
Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 18th, March 2016 / 09:42 Oleh :
Kategori : Wisata Pantai