17 Wisata Kuliner di Malang yang Wajib Dikunjungi

Sponsors Link

Malang tidak henti-hentinya menawarkan pesona dan daya tariknya bagi siapapun yang berkunjung kesana. Selain dikenal karena topografi alamnya yang luar biasa indah dengan deretan pegunungan terkenal seperti Bromo dan Semeru hingga arena bermain modern dan edukatif seperti Jatim Park dan Batu Night Spectacular, Malang juga menawarkan kemanjaan bagi para wisatawan baik domestik maupun mancanegara dengan petualangan kulinernya yang menggiurkan. Hal ini jelas membawa Malang sebagai ikon wisata Jawa Timur yang paling populer dan banyak membuat wisatawan penasaran untuk datang berkunjung.

Kuliner Malang yang selama ini dikenal secara luas hanya sebatas olahan buah apel dan cwi mie, padahal masih banyak lagi surga kuliner lain yang wajib Anda ketahui. Baca sampai tuntas deretan wisata kuliner di Malang di bawah ini sebagai panduan saat Anda berkunjung ke Kota Apel ini.

Baca : Wisata Kuliner Palembang Paling Terkenal

Daftar Wisata Kuliner di Malang

Sebelum pergi ke Malang, siapkan referensi petualangan kuliner Anda dengan daftar restoran-restoran di bawah ini yang menyajikan kuliner khas dari Malang yang dijamin membuat lidah Anda bergoyang. Semua jenis kuliner dari mulai yang sering Anda temui hingga yang baru pertama kali Anda dengar ada disini. Yuk simak penjelasannya mengenai beberapa wisata kuliner di malang .

1. Mie Gajah Mada

Bagi Anda yang gemar menyantap aneka hidangan mie dan pangsit, Malang adalah surganya. Kota ini memiliki banyak sekali restoran, cafe, warung hingga tenda makanan pinggir jalan yang menyajikan mie pangsit. Salah satu yang paling legendaris kelezatannya adalah Mie Gajah Mada yang terletak di Jl. Pasar Besar No.17, Malang. Tempat ini menyajikan hidangan aneka mie pangsit dengan menu Mie Ayam Jamur sebagai andalannya.

Menu yang disajikan sangat menggugah selera. Semangkuk mie pangsit disandingkan dengan suwiran ayam yang melimpaah, daun selada, wonton (siomay basah) dan dilengkapi taburan topping jamur. Di mangkuk terpisah disediakan kuah kaldu gurih dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Siapa yang tahan untuk tidak mencicipinya?

2. Burger Buto

Malang tak hanya menyimpan koleksi makanan bercitarasa nusantara, di Jl. Sarangan, Malang terdapat sebuah kedai makanan yang khusus menjajakan burger sebagai menu andalannya. Uniknya, burger disini dijual dengan berbagai ukuran dari mulai ukuran mini hingga besar dengan bentuk memanjang. Itulah kenapa warung ini dinamakan Burger Buto.

Buto yang dalam bahasa Jawa berarti raksasa, sama dengan ukuran burger di kedai ini yang ekstra besar. Seperti halnya roti burger lainnya, roti burger disini dilengkapi dengan aneka isian yang dapat Anda pilih seperti daging asap ayam atau sapi, sayuran, selada segar, tomat, saus mayonaise spesial dan rajangan bawang bombay yang crunchy dan segar.

3. Bakso President

Nah, kuliner Malang yang satu ini tentu sudah tak asing lagi bagi Anda. Ya, Bakso President yang menjadi salah satu andalan kota Malang dalam hal kuliner memang sudah sangat terkenal karena seringnya diliput oleh media baik cetak maupun televisi. Warung sederhana yang terletak di pinggir rel kereta api ini memang unik karena menyajikan sensasi makan bakso yang berbeda. Siapa yang tidak penasaran untuk mencoba sensasi makan bakso yang lezat sembari ditemani suara gemuruh kereta api yang lewat?

Warung bakso yang berada di Jl. Batanghari No. 5 ini menyajikan menu bakso yang lezat dengan olahan daging sapi asli dan kuah kaldu yang gurih. Cobalah untuk mencicipi bakso bakarnya yang dibakar dengan campuran olesan kecap, madu dan rempah khusus sehingga menciptakan paduan rasa yang mantap. Ssttt…jangan heran saat makan disini Anda akan bertemu dengan artis atau publik figur lain karena warung bakso ini memang sangat terkenal di kalangan mereka.

Baca: Tempat Wisata Kuliner di Jakarta dan Sekitarnya

4. Pecel Kawi

Saatnya beranjak ke menu makanan tradisional di Malang yang juga menjadi andalan wisata di Malang. Warung pecel kawi ini baru buka di tahun 2014, namun karena rasanya lezat dan otentik, banyak orang yang jatuh hati dan menjadi pelanggan tetap. Menyajikan pecel yang dilengkapi dengan segala macam ubo rampenya seperti tempe goreng, tahu, peyek, dan kerupuk, pecel kawi menjadi salah satu kekayaan kuliner Malang yang wajib Anda coba.

Rasanya memang menggoyang lidah dan harganya pun murah. Kuliner ini wajib dicicipi bila Anda datang ke Malang karena menu pecel kawi cukup sulit ditemukan di kota lain di luar Malang. Perpaduan bumbu kacang yang membalut sayuran dan menu lauk lainnya terasa sangat khas dan berbeda. Sungguh layak untuk menjadi teman santap siang kala Anda berada di Malang.

5. Sate Landak Bu Ria

Dari namanya saja, Anda pasti akan langsung mengernyitkan dahi. Ya, sate landak yang disajikan di warung ini adalah benar-benar daging landak! Bukan sate dari daging sapi atau ayam lalu dijual dengan merk dagang landak. Warung sate ini memang menyajikan sajian kuliner ekstrim yang membuat tidak sembarang orang berani datang dan mencicipinya. Namun bila Anda mengaku penikmat petualangan kuliner sejati, Anda pasti sangat tertarik untung berkunjung.

Di balik duri-duri landak, ternyata tersimpan daging yang empuk dan bercitarasa manis sehingga warung ini pun berinisiatif untuk mengolahnya menjadi sate. Selain menjual sate landak, warung yang berlokasi di Jl. Raya Bugis 47 Saptorenggo ini juga menjual kuliner unik dan ekstrim lainnya yaitu aneka masakan daging bulus dan daging biawak. Bagaimana, berani mencicipinya?

6. Soto Geprak Mbah Djo

Wisata kuliner di Malang selanjutnya yang harus Anda sambangi adalah soto geprak Mbah Djo. Warung soto yang sangat legendaris karena kelezatan rasanya yang tak pernah berubah sejak awal didirikan di tahun 1935 ini adalah salah satu kuliner paling lawas di Malang yang masih bertahan hingga saat ini. Tak heran, warung soto ini mempunyai pelanggan yang tak terhitung banyaknya.

Warung soto yang berlokasi di Jl. S. Parman ini menyajikan soto sebagai menu utama dilengkapi pelengkap lain seperti ayam goreng, bebek goreng, perkedel, bakso dan aneka jenis minuman. Asal muasal nama soto geprak adalah karena kono dulunya Mbah Djo sebagai empunya warung memiliki kebiasana menggeprak (memukul-mukul) daging bakal soto hingga menjadi empuk. Itulah kenapa warung soto ini lalu laris dikenal sebagai soto geprak.

Baca: Tempat Wisata di Hanoi dan Kulinernya

7. Hot Cwi Mie Gloria

Satu lagi kuliner khas Malang yang sudah sangat sering diulas di berbagai media cetak dan televisi nasional. Apalagi kalau bukan Hot Cwi Mie Gloria yang sudah memiliki empat cabang di penjuru Malang. Cabang paling ramai adalah yang terletak di Ruko Kawi Atas. Sesuai namanya, kedai makanan ini menjual aneka menu cwi mie dengan pilihan cwi mie saus pedas dengan topping jamur, hot cwi mie udang, kwetiau, nasi hainan, nasi ni hao dan olahan aneka masakan Cina lainnya.

Kedai makan ini sangat istimewa karena keunikan penyajiannya yang menggunakan mangkok pangsit sehingga bisa dimakan. Selain itu, taburan topping yang melengkapi cwi mie yang disajikan terasa sangat royal dan gurih.  Pelanggan bisa memilih jenis toppingnya seperti ayam, udang, daging sapi, jamur dan lainnya. Karena ukurannya yang besar dan mengenyangkan, tak heran bila kuliner jenis ini begitu digemari oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Malang.

sponsored links

8. Toko Oen

Kafe yang sangat terkenal tidak hanya di kota Malang, namun juga di berbagai kota lainnya di Indonesia. Bagaimana tidak, kafe ini sudah ada sejak tahun 1930 dan sampai menimbulkan pendapat bahwa orang belum sah pergi ke Malang bila belum pernah berkunjung ke kafe ini.

Ya, Toko Oen memang sangat legendaris dengan menu es krim sebagai andalannya. Toko ini terletak di Jl. Basuki Rahmat dan memiliki interior bangunan yang masih sangat khas tempo doeloe. Pada zaman dahulu, kafe ini adalah tempat favorit orang Belanda dan bangsawan pribumi untuk bersantai dan menikmati es krim dan kudapan manis. Siap-siaplah terbang ke nuansa masa lampau bila Anda berkunjung ke kafe ini.

9. Depot Tahu Lontong Lonceng

Jangan lewatkan untuk mencicipi lezatnya tahu telor lontong khas Depot Lonceng yang satu ini. Berlokasi di Jl. Laksamana Mardinata, depot ini telah berdiri sejak tahun 1935 dan menjadi salah satu kuliner legendaris Malang yang sangat disukai warga Malang dan wisatawan.

Sajian andalannya adalah tahu lontong dengan campuran aneka bahan seperti telur dan sayuran yang dibalut dengan manis gurihnya bumbu kacang bercampur sambal petis. Bila datang saat jam makan siang, sudah dapat dipastikan Anda harus mengantre karena banyaknya pelanggan yang ingin memesan. Jangan lewatkan sensasi menyantap menu tahu lontong di dalam depot yang berlokasi di kawasan pertokoan lama kota Malang yang syahdu dan sejuk.

10. Surabi Gendut

Anda tentu tidak asing dengan menu jajanan pasir manis bernama surabi bukan? Selama ini, kota Solo lebih terkenal dengan kuliner dan oleh-oleh surabinya, namun tahukan Anda, di Malang juga ternyata memiliki kuliner surabi yang tak kalah lezat. Cobalah bertandang ke Surabi Gendut di Jl. Mayjen Panjaitan No. 2015 ini. Anda akan menemukan olahan surabi lezat lengkap dengan aneka topping dari yang biasa seperti cokelat, keju, gula jawa hingga yang unik seperti durian.

Yang unik dari tempat ini adalah ukuran surabinya yang tak baisa. Ukuran surabinya besar sehingga dijamin Anda akan puas menyantapnya atau dijadikan sebagai oleh-oleh. Rasa khas surabi yang legit dan gurih juga sangat pas untuk disantap di tengah kota yang berhawa dingin seperti Malang.

Baca: Tempat Wisata di Madiun dan Sekitarnya

11. Bubur Ayam Agus

Resto bubur ayam yang satu ini menyajikan menu bubur ayam yang lain daripada biasanya. Bagi warga Malang yang hobi makan bubur atau sedang ngidam bubur, sudah dipastikan mereka pasti akan pergi makan ke resto yang berlokasi di Jl. Simpang Wilis No. 4 ini. Ya, bubur ayam ini memang telah sangat dikenal seantero Malang berkat kelezatan rasanya yang pekat dengan paduan kuah kaldu yang sempurna.

Tekstur bubur sangat lembut dan kuahnya pekat oleh aroma kaldu yang gurih namun terasa ringan. Belum lagi taburan topping ayam suwirnya yang melimpah. Selain bubur ayam, resto ini juga menyajikan mie pangsit, lumpia dan nasi bakmoy sebagai pilihan menu alternatif.

12. Pos Ketan Legenda 1967

Bila sampai di Malang di malam hari dan ingin mencicipi menu yang tidak terlalu berat namun mengenyangkan, maka Pos Ketan Legenda adalah tempat yang harus Anda datangi. Resto ini menyajikan aneka olahan kuliner berbahan dasar ketan.

Makanan yang oleh banyak orang dianggap kampungan ini ternyata bisa diolah menjadi hidangan lezat yang menggugah selera. Sebut saja olahan ketan hitam dengan aneka topping seperti bubuk kacang, susu, keju, cokelat, durian, hingga ayam suwir. Dijamin perut Anda kenyang dan lidah Anda pun terpuaskan oleh keunikan citarasanya.

Baca: Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur dan Kuliner Khasnya

13. Warung Ronde dan Angsle Titoni

Satu lagi kuliner malam khas Malang yang sangat cocok dinikmati di tengah hawa kota Malang yang dingin. Apalagi kalau bukan wedang ronde. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1948 dan menjadi tujuan nongkrong favorit warga Malang di malam hari untuk menghangatkan badan. Tentu Anda sudah sangat familiar dengan minuman bernama wedang ronde bukan? Ya, minuman yang terdiri dari air jahe dilengkapi berbagai isian seperti kolang-kaling, potongan roti tawar, kacang tanah, dan moci tepung beras ini sangat pas untuk menghangatkan badan di tengah hawa dingin kota Malang.

Selain wedang ronde, warung ini juga menyajikan menu unik lainnya yaitu angsle.Angsle sebenarnya hampir mirip dengan ronde, hanya saja isian angsle lebih bayak yaitu campuran potongan roti tawar, kacang hijau rebus, kembang mayang dan kacang tanah yang disangrai. Sebagai pelengkap minuman hangat, Anda bisa juga memesan roti bakar, jagung bakar atau kentang goreng sebagai cemilan.

14. Bakpao Boldy

Bakpao ini telah menjadi kuliner khas Malang yang dapat dijadikan oleh-oleh oleh wisatawan karena dikemas dengan apik dan ringkas. Bakpao Boldy disukai karena rasanya yang unik dan isian topping yang super lengkap dari mulai ayam cincang, sapi kecap, ayam kecap, babi kecap, kacang tanah hingga kacang hijau. Komplit sekali bukan?

Kuliner legendaris ini terletak di Jl. Mangun Sarkoro yang dapat Anda sambangi kala Anda penasaran dengan citarasa bakpao lezat ini. Jangan khawatir bila Anda ingin menjadikan bakpao ini sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kota asal Anda. Bakpao ini sudah dikemas dengan apik hingga mudah dibawa dan tahan di suhu ruangan selama 3 hari.

Baca: Tempat Wisata di Batam dan Kulinernya

15. Rujak Cingur Bude Ruk

Anda tentu sudah paham jika daerah Jawa Timur terkenal dengan menu kuliner khasnya yaitu rujak cingur. Malang pun juga demikian, kota ini menawarkan sajian rujak cingur yang lezat dan khas dengan campuran bumbu petis yang jarang ditemukan di kota lain.

Bagi Anda yang belum tahu, rujak cingur ini bukanlah seperti rujak buah yang biasa Anda santap. Rujak cingur adalah olahan rujak yang terdiri dari campuran lontong, tempe, tahu, kecambah, mangga muda, kedondong, timun dan satu bahan unik yaitu cingur atau moncong sapi. Cingur ini diolah sedemikian rupa sehingga menjadi empuk, kenyal dan bebas bau amis. Rasanya sungguh lezat dan segar dengan campuran saus sambal petis yang menggoda selera.

Sponsors Link

16. Putu Lanang Celaket

Selanjutnya, singgahlah ke warung yang menyajikan kue putu dan aneka kue tradisional lain seperti klepon dan lupis ini. Kue putu yang dihidangkan di warung Putu Lanang Celaket ini memiliki citarasa gurih dan lembut. Campuran gula jawa yang manis dan legit bercampur dengan gurihnya taburan kelapa akan menambah lengkap kelezatan kue putu ini.

Kue putu memang termasuk jenis camilan tradisional yang masih memiliki banyak penggemar hingga hari ini. Silakan datang ke Jl.Jaksa Agung Soprapto untuk dapat menikmati kelezatan kue putu khas Malang ini.

Baca: Tempat Wisata di Ngawi Jawa Timur

17. STMJ Glintung

Satu lagi kekayaan kuliner Malang yang sangat pas untuk menghangatkan badan Anda. Warung STMJ Glintung ini sesuai namanya menyajikan minuman kombinasi populer campuran susu, telur, adu dan jahe. Rasanya segar, hangat dan gurih yang akan membuat Anda betah duduk berlama-lama sembari menikmati keindahan Malang di malam hari. Ada juga menu roti bakar dan pisang bakar sebagai camilan pelengkap minuman STMJ.

Tak heran, warung yang menjadi tempat nongkrong favorit kawula muda Malang ini begitu terkenal dan selalu ramai disambangi tatkala mereka ingin mencicipi minuman hangat yang pas untuk menghangatkan tubuh.

Baca: Tempat Wisata di Lumajang Jawa Timur

Itulah deretan kuliner khas Malang yang enak dan sangat direkomendasikan untuk dicicipi bila Anda berkunjung ke Malang. Jangan lupa untuk menyempatkan mencicipi tempat-tempat kuliner di atas diantara keceriaan Anda dan keluarga menghabiskan waktu liburan di kota Malang. Dijamin, pengalaman kuliner Anda akan makin bertambah dan Anda pun akan merasa puas dapat memiliki kesempatan untuk mencicipi menu-menu kuliner legendaris nan lezat dari Malang tersebut.

Artikel tentang Jawa Timur terkait lainnya:

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 24th, December 2016 / 04:55 Oleh :
Kategori : Wisata Kuliner